Gizi Seimbang yang Penting Bagi Tubuh Manusia

Regita Tanara (102015121) B1
Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana
Jalan Terusan Arjuna No. 6, Jakarta Barat 11510
E-mail: regita.2015fk121@civitas.ukrida.ac.id
Abstrak
Makanan merupakan salah satu hal penting untuk manusia dalam bertahan hidup dan untuk
melakukan aktivitas sehari-hari, layaknya kendaraan yang membutuhkan bensin sebagai
bahan bakar. Makanan yang kita konsumsi sangatlah berpengaruh, tentunya tidak semua jenis
makanan menghasilkan proses dan hasil yang sama bagi tubuh kita. Bahan makanan seperti
karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral memiliki fungsinya masing-masing serta
ada pula piramida makanan yang membantu kita dalam menentukan komposisi asupan gizi
seimbang yang dianjurkan. Apabila kita tidak mengonsumsi makanan dengan gizi atau
komposisi yang seimbang, dikhawatirkan akan mempengaruhi energi kita untuk melakukan
aktivitas dan tentunya kesehatan.
Kata kunci: Gizi, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral

Abstract
Food is one of the most important things for human to survive and do activities, like vehicle
needs gas for fuel. The food that we consume is really take effect, of course not all kind of
food produce the same process and result in our body. Food substance such as carbohydrate,
proteins, fat, vitamin, and mineral has their own function and there is a food pyramid that
helps us in deciding balanced nutrition composition. If we are not consuming balanced
nutrition food, maybe it can affect our energy to do activities and of course our health.
Key words: Nutrition, carbohydrate, protein, fat, vitamin, mineral

Pendahuluan
Ilmu gizi adalah ilmu yang mempelajari tentang zat gizi dalam makanan dan penggunaannya
dalam tubuh, meliputi pemasukan, pencernaan, penyerapan, pengangkutan (transport),
metabolism, interaksi, penyimpanan, dan pengeluaran, semuanya termasuk proses
pengolahan zat gizi dalam tubuh serta hubungannya dengan kesehatan tubuh manusia. Untuk
mencapai kesehatan yang optimal diperlukan gizi seimbang, sehingga antara gizi dan
kesehatan terjalin suatu lingkaran yang seling terkait. Penyimpangan gizi normal akan

sedangkan karbohidrat yang banyak mengandung gugus hidroksil dan mempunyai gugus karbonil atau gugus keton dikenal sebagai polihidroksi keton. ada gula yang mengklasifikasikan karbohidrat menjadi karbohidrat yang dapat dicerna dan karbohidrat yang tidak dapat dicerna. Karbohidrat yaitu sebagai salah satu bahan makanan sumber energi untuk tubuh. akhirnya. Karbohidrat yang banyak mengandung gugus hidroksil dan mempunyai gugus formil atau gugus aldehida dikenal sebagai polihidroksi aldehida. Dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai sumber-sumber asupan gizi seimbang. Dalam saluran cerna. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat sederhana adalah makanan yang terdapat dalam tanaman. Pembentukan monosakarida ini di dalam tubuh berasal dari pemecahan disakarida atau pemecahan polisakarida dari makanan kita sehari-hari. dan perbaikan jaringan tubuh2. dan akar atau umbi tanaman tertentu. Karbohidrat majemuk dapat mengalami hidrolisis oleh pengaruh asam mineral encer panas atau enzim glikosidase spesifik. Banyak monosakarida yang mempunyai rasa manis dan apabila dipanaskan mencair sambil memecah. baik di dalam jaringan hewan maupun dalam jaringan tanaman. pemeliharaan. karbohidrat tersebar luas di alam. Klasifikasi karbohidrat pada umumnya didasarkan atas kompleksitas struktur kumia. madu. Karbohidrat majemuk. Berdasarkan kompleksitasnya. karbohidrat dibedakan atas karbohidrat sedehana. monosakarida langsung diabsorpsi oleh dinding usus halus dan masuk ke dalam aliran darah. terutama dalam buah-buahan yang rasanya manis. yang lebih dikenal sebagai monosakarida.2. Contoh karbohidrat majemuk adalah . Selain itu. dan karbohidrat majemuk yang meliputi oligosakarida dan polisakarida.menyebabkan menurunnya derajat kesehatan dan meningkatkan risiko berbagai penyakit infeksi maupun degeneratif1. Molekul karbohidrat ini tidak dapat diperkecil lagi dengan cara hidrolisis. Ada yang hanya tersusun atas sedikit satuan monosakarida yaitu oligosakarida dan ada yang tersusun atas banyak satuan monosakarida yaitu poligosakarida. kebutuhan komposisi gizi yang seimbang dan yang dianjurkan untuk orang dewasa serta kebutuhan energi untuk manusia. membentuk arang. Zat Gizi Zat gizi atau nutrient merupakan substansi yang diperoleh dari makanan dan digunakan untuk pertumbuhan. monosa atau monosakarida adalah karbohidrat yang molekulnya lebih kecil dan susunannya lebih sederhana dibandingkan dengan molekul karbohidrat yang lain. mempunyai susunan yang lebih kompleks dibandingkan dengan susunan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana.

Lemak netral. dan oksigen (O). Perbedaan antara lemak dan minyak hanya pada bentuk wujud fisiknya. Agar lemak dapat diserap oleh tubuh maka lemak harus diubah dalam bentuk yang paling sederhana. kita menyebutnya lemak. trigliserida atau trasil gliserol yang diperoleh dari hewan tingkat tinggi. misalnya daging. hydrogen (H). penahan rasa lapar.3 Berdasarkan sumber mendapatkannya. gula tetes dari akar bit. tetapi kadang mengandug fosfor (P) dan nitrogen (N). Lemak hewani. kelapa. dan beberapa tanaman tingkat tinggi3. jamur. pelindung jaringan tubuh. yaitu lemak yang didapat dari hewan. Padat atau cairnya lemak tergantung pada beberapa faktor. berupa zat cair sehingga dikenal sebagai minyak ikan. Lemak yang diperoleh dari tanaman disebut lemak nabati. alpukat. Lemak yang kita konsumsi adalah lemak dengan molekul yang masih besar. jika dalam suhu kamar berupa cair. Tubuh kita tidak dapat menyerap begitu saja molekul sebensar itu. lemak berfungsi sebagai sumber kalori dengan energi yang paling besar (karena 1 gram lemak mengandung ±9. Pada suhu kamar. Lemak adalah zat yang tersusun dari karbon (C). karena pada umumnya mengandung satu atau lebih asam lemak tak jenuh sebagai unit penyusunnya. Sebagian besar lemak hewani merupakan zat padat karena unit penyusunnya berupa asam lemak jenuh rantai panjang. gula tebu. yaitu lemak yang didapat dari tumbuh-tumbuhan. Jika pada suhu kamar berupa padat. lemak yang terdapat pada ikan paus. dikenal sebagai lemak hewani. penyeimbang suhu tubuh. dan telur. Lemak nabati merupakan zat cair. kita menyebutnya minyak.3 kalori). ikan kod dan ikan hering. dan di Indonesia biasanya merupakan zat cair (minyak). yaitu asam lemak dan gliserol4. dan di Indonesia pada umumnya berupa bahan padat (fat). panjang atau pendeknya rantai karbon asam lemak penyusunnya serta banyak atau sedkitnya ikatan rangkap asam lemak penyusunnya. . dan minyak goreng. dan tempat penyimpanan zat-zat makanan. misalnya kacang tanah. susu.gula kecambah. antara lain iklim. Namun. lemak terbagi dua sebaga berikut: a. keju. b. Lemak nabati.

Lemak pada jaringan adiposa berperan untuk menyediakan energi. dapat membantu proses emulsifikasi lemak. dan oleh pengaruh lipase yang ada di mukosa intestinum. sebagai isolator sehingga panas tubuh tidak banyak keluar. Hasil hidrolisis lemak diubah kembali menjadi lemak. proses hidrolisis diteruskan. terdispersi menjadi butiran-butiran lemak berukuran kecil. Kilomikron ditransfer ke aliran dalah melalui sistem limfa. Pencernaan lemak secara enzimatik yang sebenarnya terjadi di dalam usus halus akibat pengaruh enzim steapsin. yaitu enzim lipase yang berasal dari pankreas. Dalam lambung terdapat lipase lambung. . produk hidrolisis masuk ke dalam sel-sel mukosa intestinum. butiran-butiran lemak tersebut akan mengalami hidrolisis menjadi digliserida. Garam-garam empedu. gliserol. untuk dibawa ke hati dan jaringan adiposa. monogliserida. dan sebagai bantalan bagi alat-alat tubuh misalnya ginjal dan biji mata. melindungi organ vital terhadap gangguan mekanik. tetapi enzim ini hanya mampu mencerna lemak yang mempunyai rantai pendek. Lemak hasil sitsis ini dibungkus oleh protein dan butiran-butiran lipoprotein yang disebut kilomikron. dan asam lemak.Pencernaan dan Penyerapan Lemak Gambar 1. seperti natrum taurokolat dan natrium glikokolat yang masuk ke dalam usus. Akibat pengaruh steapsin. Langkah-langkah penyerapan lemak dalam sel-sel mukosa usus3 Dalam mulut tidak terjadi pencernaan lemak karena tidak terdapat enzim lipase yang mengatalisis proses hidrolisisnya. misalnya lemak mentega. Melalui membran mukosa intestinum. sehingga mudah diserang oleh enzim lipase yang larut dalam air. Lemak yang tidak larut dalam air.

kadang mengandung fosfor (P). susu. dan sebagai pembentuk zat antibodi. b. Protein sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan. Vitamin disebut juga mikronutrien karena dibutuhkan oleh tubuh manusia pada jumlah milligram atau microgram per hari. B2 (Ribovlavin). Niasin (Asam nikotinat). Asam amino essensial. protein merupakan unsur yang terdapat dalam jumlah besar di dalam tubuh kita. yaitu sebagai berikut: a. D . b. Asam amino non-essensial. Namun. kemudian masuk ke dalam siklus krebs dan rantai pernapasan sehingga diperoleh energi. Protein hewani. Protein nabati. asam amino dibagi menjadi dua jenis. Berdasarkan sumber mendapatkannya. lemak yang terdapat di hati juga dapat diperoleh dari karbohidrat atau protein melalui reaksi biosintesis yang rumit. yaitu protein yang didapat dari tumbuh-tumbuhan. Selain berasal dari lemak makanan. misalnya daging. oksigen (O). diperlukan dalam jumlah sedikit karena vitamin bekerja sebagai katalisator yang memungkinkan transformasi kimia mikronutrien yang biasa disebut metabolisme. yaitu asam amino yang dapat dibentuk oleh tubuh kita yang berasal dari asam amino lainnya. B12 (kobalamin). hydrogen (H). asam pantotenat. Protein berfungsi sebagai zat pelindung dan pembangun bagi tubuh karena protein banyak terkandung dalam struktur sel. dan nitrogen (N).4 Setelah air. dan telur. secara umum diartikan sebagai senyawa kimia yang sangat esensial dibutuhkan oleh tubuh walaupun dalam jumlah yang sangat kecil untuk keperluan pemeliharaan kesehatan dan pertumbuhan normal. protein terbagi dua sebagai berikut: a. ikan. yaitu protein yang didapat dari hewan. C (asam askorbat). kita tidak bisa mengatakan bahwa protein lebih penting daripada nutrient lainnya karena tanpa nutrien yang lain protein tidak bisa dimanfaatkan sepenuhnya oleh tubuh. Ada 13 vitamin yang kita kenal yaitu: Vitamin A (Akseroftol). Oleh karena itu. biotin. Agar protein dapat diserap oleh tubuh maka protein harus diubah dalam bentuk yang paling sederhana. membentuk hormon. yaitu asam amino. B1 (Tiamin). asam folin (asam pteroilglutamat. Protein adalah zat yang tersusun dari karbon (C). yaitu asam amino yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh kita. Berdasarkan kemampuan tubuh dalam membentuk asam amino. harus diapatkan dari luar. B6 (piridoksin). Lemak hati dapat mengalami perubahan melalui jalan yang panjang menjadi asetil-SKoA.5 Vitamin. misalnya kacang- kacangan. dan enzim yang diperlukan tubuh sebagai biokatalisator yang berfungsi untuk mempercepat reaksi dalam tubuh. Protein melaksanakan banyak fungsi fisiologik yang penting.

fungsi. tiram. (P) gigi ikan -Bahan pembentuk tulang Besi (Fe) -Untuk pembentukan Sayuran. dan sumbernya Nama Fungsi Sumber Akibat defisiensi mineral Kalsium -Membantu proses pembekuan Susu. kerang Pembesaran (I) teroksin kelenjar gondok Flour (F) -Mencegah kerusakan gigi dan Susu. biji berkulit. ikan (K) Natrium -Membantu kontraksi otot Garam. susu. Tabel macam mineral. Besi adalah trace mineral yang sangat penting karena berfungsi sebagai komponen hemoglobin (protein pembawa oksigen dalam darah) dan merupakan bagian dari banyak enzim7. sayuran. Anemia hemoglobin hati Yodium -Pembentukan hormone Ikan laut. telur. Dari ke-13 vitamin tersebut digolongkan dalam 2 kelas.B6.(kalsiferol). daging (Na) Belerang -Membentuk rambut dan kuku Susu.D. kelompok yang diperlukan dalam jumlah relatif banyak dan kelompok yang diperlukan dalam jumlah sangat kecil.Biotin. daging.K) 2. susu. Rakhitis dan (Ca) darah ikan osteoporosis -Bersama magnesium membentuk tulang Phospor -Bersama kalsium membentuk Telur. yaitu.Asam pantoneat. sayuran Kerusakan gigi gusi Kalium -Membantu kontraksi otot Susu. Vitamin larut dalam air (B1.B2. Vitamin larut dalam lemak (A. 1. daging.E. B12. C)6 Mineral yang dibutuhkan dalam makanan dapat dibagi menjadi dua kelompok. E (tokoferol). daging.Asam Folin. mineral yang dibutuhkan dengan jumlah sangat kecil dikenal sebagai trace mineral. ikan (S) .Niasin. dan K (Fillokhinon).

tumbuh kembang serta produktivitas yang optimal. Piramida makanan9 Secara universal PUGS (pedoman umum gizi seimbang) dikenal sebagai food guide pyramid. .Piramida Makanan Cara terbaik untuk memastikan bahwa anda mendapatkan diet yang lengkap dan seimbang tanpa perlu menghitung jumlah kalori. yang bermanfaat bagi pencernaan. Makanan-makanan ini juga kaya akan serat. Keadaan itu tercermin dari derajat kesehatan. Di puncak piramida ada pemanis dan lemak yang merupakan elemen penting namun harus di batasi dan hanya dimakan secukupnya8 Gambar 3. zat-zat itu dikonsumsi seseorang dalam sehari. dan zat pengatur. Asupan Gizi yang Dianjurkan Hidangan gizi seimbang berupa menu makanan yang mengandung zat energi. Bentuk piramida yang mengecil ke atas digunakan untuk mewakili gambaran jumlah/porsi dari masing-masing tingkat kelompok kebutuhan. Para ahli gizi setuju bahwa piramida makanan ini memberikan gambaran mengenai diet yang lengkap dan seimbang. zat pembangun. sesuai dengan kebutuhan tubuh akan zat gizi. dan lemak adalah dengan mengikuti proporsi dalam “piramida makanan”.8 Di tingkat kedua piramida yaitu kelompok makanan sumber zat pengatur meliputi sayur- sayuran dan buah-buahan9 Di bagian tengah ada bahan pangan sumber protein. yang penting unutk tubuh namun berbahaya jika berlebihan. Biasanya. kolesterol. Di dasar piramida makanan ada biji-bijian yang merupakan sumber energi bagi tubuh kita. Uraiannya adalah sebagai berikut. serta buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral.

Kebutuhan protein orang dewasa rata-rata 46 gram per hari. Apabila energi yang diperoleh dari karbohidrat melebihi 60%. dan santan dari kelapa. Beberapa fungsi dari vitamin yaitu vitamin B merupakan unti metabolism semua sel. minyak kedelai. Konsumsi lemak dan minyak yang disarankan paling sedikit sebanyak 10% dari kebutuhan energi dan dianjurkan tidak lebh dari 25% dari total kebutuhan energi. Bahan makanan sumber karbohidrat adalah padi- padian (beras. yaitu zat yang berperan melancarkan kerja fungsi-fungsi organ-organ tubuh. Sumber lemak dan minyak yang baik adalah minyak nabati. disaran kan untuk mengonsumsi protein hewani yang berasal dari daging yang berwarna putih dengan serat lebih halus. Zat pembangun merupakan unsur proein yang berperan penting untuk perkembangan tingkat kecerdasan seseorang. biasanya kebutuhan akan protein. mengonsumsinya secara berlebihan akan mengurangi konsumsi makanan lain dan menyebabkan kecukupan gizi yang lain tidak terpenuhi. Bahan makanan sumber energi terbagi dalam dua kelompok. dapat dipenuhi dari bahan pangan hewani atau nabati tetapi bahan pangan hewani mempunyai mutu protein yang lebih baik dibandingkan dengan bahan pangan asal nabati. lemak juga membantu penyerapan vitamin yang larut. atau minyak nabati lainnya.K. dan Vitamin D untuk keseharan tulang. yaitu berasal dari sumber karbohidrat dan sumber lemak. Vitamin A berfungsi untuk kesehatan penglihatan. margarin. dan mineral sulit dipenuhi. kentang). yang berasal dari hewani adalah telur. tempe. ubi jalar. minyak jagung. dan tahu. daging. Lemak dan minyak yang terdapat di dalam makanan berguna untuk meningkatkan jumlah energi. Vitamin E&C serta beta karoten adalah antioksidan yang sangat penting dalam pemusnah radikal bebas yang dihasilkan dari oksidasi lemak tidak januh. Lemak dan minyak membuat kita mudah merasa kenyang. seperti minyak kelapa. lemak berfungsi menambah kelezatan makanan. vitamin. Mengonsumsi lemak hewan secara berlebihan dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner. jagung. ayam. dan susu serta hasil olahannya. Sumber karbohidrat lain adalah gula. Bahan makanan sumber energi yang berasal dari lemak adalah minyak goreng.D.E. Seharusnya. dan gandum). sagu serta pisang. sebaiknya berasal dari kedelai atau kacang-kacangan. talas. misalnya daging ayam atau daging ikan. Sementara. minyak kelapa sawit. umbi-umbian )singkong. sekitar 50-60% kebutuhan energi dipenuhi dari bahan makanan sumber karbohidrat atau setara dengan 3 piring nasi. Untuk protein nabati. Bahan makanan zat pengatur adalah viamin dan mineral. mentega. yaitu vitamin A. Bahan makanan zat pembangun yang berasal dari bahan makanan nabati adalah kacang-kacangan. Oleh karena itu. . ikan. selain itu.

Sumber bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral adalah sayuran dan buah. Mineral terdiri dari mineral makro yang berfungsi sebagai pembentukan tulang dan larutan fisiologis dan mineral mikro yang berfungsi sebagai enzim dan koenzim dari metabolism penting dalam tubuh. sedangkan sayuran mengandung lebih banyak mineral. dan aktivitas fisik yang diteteapkan secara berkala melalui survey penduduk. aman. Terutama daging yang merupakan sumber mineral besi dan seng. dan cukup jumlahnya. gender. Selain itu. AKG untuk Indonesia didasarkan atas patokan berat badan untuk masing-masing kelompok menurut umur. Di samping itu. Gambar 2. Buah-buahanmengandung vitamin lebih banyak. dianjurkan untuk mengonsumsi garam beriodium dan tidak lebih dari 6 gram atau satu sendok teh setiap harinya. kacang-kacangan dan daging juga merupakan sumber mineral yang cukup baik. yaitu bagi ibu hamil dan menyusui. . lihat tabel 2. Bahan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi untuk orang dewasa Untuk karbohidrat. dan juga minumlah air bersih. konsumsi lemak tidak kurang dari 10% dan tidak lebih dari 25%.10 Untuk mengetahui kecukupan gizi yang dianjurkan untuk laki-laki dan wanita. tiga piring nasi per hari sudah dapat memenuhi kebutuhan akan energi sekitar 50-60%. Kecukupan gizi yang danjurkan untuk laki-laki dan wanita10 Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan (AKG) AKG adalah tingkat konsumsi zat-zat gizi esensial yang dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi hampir semua orang sehat di suatu negara. AKG disusun pula untuk kondisi khusus.

dan melakukan balap sepeda. menjahit. sedang. Kebutuhan energi untuk berbagai aktivitas fisik dinyatakan dalam kelipatan AMB (lihat tabel 1). menyapu. Cara menaksir kebutuhan energi menurut aktivitas dengan menggunakan kelipatan AMB11 Kelompok aktivitas ditentukan dengan melihat jumlah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan selain duduk dan berdiri. memikul beban berat. Tabel 1. contohnya menulis. mengepel. 205% waktu digunakan untuk duduk atau berdiri. contohnya berkebun. Untuk aktivitas ringan. menggergaji. dan berat.AKG rata-rata seseorang dalam sehari dijabarkan ke dalam susunan makanan rata-rata sehari untuk tiap kelompok umur dan gender. 75% waktu digunakan untuk duduk atau berdiri. Sebagai contoh rata-rata anjuran makanan sehari untuk laki-laki berumur 20-45 tahun dengan berat badan 62kg adalah sebagai berikut11: Nasi 7 ½ gelas atau 5 piring (@140 gram/200 gram) Daging 2 potong (@50 gram) Tempe 3 potong (@50 gram) Sayur 1 ½ mangkok (@100 gram) Buah 2 potong (@100 gram) Minyak 2 ½ sdm (@10 gram) Gula pasir 3 ½ sdm (@10 gram) Cara menentukan kebutuhan energi untuk aktivitas fisik Aktivitas fisik dapat dibagi dalam 4 golongan. Untuk aktivitas berat. sedangkan sisanya untuk bergerak. yaitu sangat ringan. atau menyetrika pakaian. sedangkan sisanya untuk bergerak. sedangkan sisanya untuk aktif pada pekerjaan tertenu. ringan. dan mengendarai mobil. Kita dapat menaksir kebutuhan energi dengan cara: Faktor aktivitas x AMB + 10%(Faktor Aktivitas x AMB) . mencuic. menebang pohon. contohnya mencangkul. Untuk aktivitas sedang. dan mendongkrak. 40% waktu digunakan untuk duduk atau berdiri.

6 x BB) + (1. dalam hal ini aktivitas ringan : = 1.8 x TB) – (4.8 Berarti berat badannya masih normal sehingga kebutuhan energi tetap 2015 kkal Kesimpulan Gizi Seimbang adalah makanan yang mengandung zat tenaga.95 kkal x kg BB x 24 jam = 0. 2.58 x 1.Perhitungan kebutuhan energi Contoh: cara menaksir kebutuhan energi untuk seorang perempuan berumur 30 tahun dengan berat badan 52 kg dan tinggi badan 158 cm dengan aktivitas ringan. Kebutuhan energi dengan aktivitas fisik Kalikan nilai AMB (rumus cepat 2) dengan kelipatan yang sesuai dengan jenis aktivitas. Rumus cepat 2 = 25 kkal x kg BB = 25 kkal x 52 = 1300 kkal d.4 kkal (dibulatkan 1260 kkal) Kebutuhan AMB menurut keempat cara di atas tidak menunjukkan perbedaan yang berarti. Rumus FAO/WHO/UNU = 14.6 (dibulatkan 1298 kkal) b. Kebutuhan energi untuk mencapai berat badan normal IMT = 52 / 1.6 x 52) + (1.7 x 30) = 1297. Harris Benedict = 655 + (9. dan zat pengatur yang dikonsumsi sesuai dengan kecukupan tubuh. khususnya untuk orang dewasa dapat diterapkan di lapangan. dengan menggunakan 4 cara adalah : 1. Kebutuhan energi untuk AMB a. Rumus cepat 1 = 0.55 x 1300 kkal = 2015 kkal 3. zat pembangun.7 x U) = 655 + (9. Gizi seimbang adalah keseimbangan antara zat-zat penting yang terkandung di dalam makanan maupun minuman .8 kkal (dibulatkan 1186 kkal) c.7 x 52 + 496 kkal = 1260.58 = 20.8 x 158) – (4. Oleh sebab itu cara menghitung AMB dengan rumus cepat 1 dan 2 yang lebih praktis.95 kkal x 52 x 24 = 1185.

4. Kamus gizi. Smith CM. panduan belajar dan evaluasi biologi. . Khomsan A. Yogyakarta: deepublish. Komponen gizi dan terapi pangan ala papua. 2006. Bebas masalah berat badan. Persatuan Ahli Gizi Indonesia (persagi). Jakarta: PT kompas media nusantara. 5. terapi gizi & diet rumah sakit. 11. 2006. Jakarta: Grasindo. 2014. Marks DB. Jakarta: EGC. 3. Sehat itu mudah. cipto mangunkusumo dan asosiasi dietisen Indonesia. sebuah pendekatan klinis. wujudkan hidup sehat dengan makanan tepat. 2009. Instalasi Gizi Perjan RS dr. 2010. Robertus. Jakarta: PT Gramedia pustaka utama. Yogyakarta: kanisius. Sumardjo D. pengantar kimia: buku panduan kuliah mahasiswa kedokteran dan program strata I fakultas bioeksakta. Simanjuntak TPT. Devi N. 2009. nutrition and food: gizi untuk keluarga. Datusanantyo A. Jakarta: PT kompas media nusantara. Jakarta: EGC. 9. Jakarta: PT gramedia pustaka utama. 7. Daftar Pustaka 1. 2008. Seluk-beluk food supplement. 2009. Tidak seimbang ataupun kurang asupan gizi akan dapat mempengaruhi tubuh seseorang. 2. 2006. Vitahealth. Matrix T. 6. 2009. Anwar F. Penuntun diet. biokimia pendekatan dasar. 10. Jakarta: Hikmah. Hartono A. Jakarta: EGC. 8. 2012.yang dikonsumsi oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Marks AD.