BAB I

PENDAHULUAN

Program kerja merupakan acuan untukmelaksanakan suatu kegiatan,yang setiap aktivitasnya selalu

didahului dengan Rencana Kegiatan (Program Kerja).

OSIS sebagai suatu Organisasi juga memiliki kegiatan yang telah terprogram. Hal ini dimaksudkan

agar seluruh aktivitas OSIS dapat terarah sesuai dengan program yang telah dirumuskan.

Program Kerja OSIS merupakan suatu uraian yang terdiri dari berbagai macam kegiatan OSIS yang

telah dilaksanakan oleh para Pengurus OSIS dan para siswa SMK NEG. 1 SESENAPADANG. OSIS

merupakan tempat berkreasinya para siswa melalui berbagai macam kegiatan sesuai dengan Program

Kerja yang telah disusun.

1. Dasar Pelaksanaan

Dasar pelaksanakan disusunnya program kerja OSIS ini adalah :

a. UU RI NO. 20 TAHUN 2003, Tentang system Pendidikan Nasional

b. UU RI NO. 14 TAHUN 2005, Tentang Guru dan Dosen

c. PP NO. 19 TAHUN 2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan

d. KEPMEN Pendidikan Nasional RI NO. 125/N/2002, Tentang Kalender Pendidikan dan

Jumlah Jam Belajar di Sekolah

e. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI NO. 34 TAHUN 2006, Tentang Pembinaan

Prestasi Peserta Didik Yang Memiliki Potensi Kecerdasan Bakat Istimewa.

f. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI NO. 38 TAHUN 2008, Pembinaan Kesiswaan

g. VISI dan MISI SMK NEG. 1 SESENAPADANG

h. Program Kerja OSIS SMK NEG. 1 SESENAPADANG

2. Tujuan Pelaksanaan

Tujuan dari Program Kerja ini adalah :

a. Agar seluruh kegiatan siswa dapat dilaksanakan secara terarah dan terprogram

b. Agar sasaran dan target yang ingin dicapai dalam suatu kegiatan dapat terukur dan diketahui

tingkat keberhasilannya

c. Agar menjadi dasar pijakan dalam melaksanakan suatu kegiatan

3. Bisnis Manajemen. dan Perikanan  Meningkatkan Usaha – Usaha Keterampilan dan Kerajinan Tangan  Meningkatkan Usaha dan Unit Produksi  Meningkatkan Penyelenggaran Perpustakaan sekolah/siswa . dan Kemandirian dalam Menghadapi Hidup”. Sasaran Sasaran dari Program Kerja OSIS ini adalah seluruh siswa dan para Pengurus OSIS SMK NEG. Pariwisata. Pertanian.  Meningkatkan Keterampilan demi menciptakan suatu Barang/Produk yang Lebih berguna  Meninngkatkan Keterampilan di bidang Tehnik Komputer. Keterampilan. 1 SESENAPADANG Sasaran Umum : “Mendorong tumbuhnya sikap mental Wirausaha Siswa sehingga timbul Kreatifitas.

Kesiswaan Pembina OSIS Guru yang ditunjuk Ketua OSIS Wakil Ketua 1 Wakil Ketua 2 Sekretaris 1 Sekretaris 2 Bendahara Bidang Kerohanian Bidang Pramuka Bid. BAB II STRUKTUR ORGANISASI 1. Keterampilan & Bidang Kesenian & Kewirausahaan Kreasi Bidang Kepemimpinan Bidang Olahraga Anggota . Bid. Susunan Pengurus/Struktur Organisasi Penanggung Jawab/Pelindung Kepala Sekolah Penasehat Wakasek.

2. Uraian Tugas  Pembina OSIS  Bertanggungjawab terhadap seluruh Pembinaan dan Pengembangan OSIS  Memberikan nasihat kepada perwakilan kelas dan Pengurus OSIS  Mengesahkan keanggotaan Perwakilan Kelas  Mengesahkan dan melantik Pengurus OSIS  Mengarahkan penyusunan Anggaran Rumah Tangga dan Program Kerja OSIS  Menghadiri rapat – rapat OSIS  Mengarahkan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas OSIS  Ketua  Memimpin Organisasi secara baik dan bijaksana  Mengkoordinasikan seluruh aparat Pengurus  Menetapkan kebijaksanaan yang telah dipersiapkan dan direncanakan oleh aparat pengurus  Memimpin rapat-rapat OSIS  Menetapkan Kebijaksanaan dalam mengambil keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat  Setiap saat mengevaluasi kegiatan aparat Pengurus  Wakil Ketua  Bersama – sama ketua menetapkan kebijaksanaan  Memberikan saran kepada ketua dalam rangka mengambil keputusan  Menggantikan ketua jika ketua berhalangan  Menbantu ketua dalam melaksanakan tugasnya  Bertanggungjawab kepada ketua  Sekretaris  Mendampingi ketua dalam memimpin setiap rapat  Menyiapkan. surat hasil rapat dan evaluasi kegiatan  Bersama ketua menandatangani setiap surat  Bertanggungjawab atas tertib administrasi Organisasi  Bertindak sebagai notulen dalam setiap rapat . dan menyimpan surat serta arsip yang berhubungan dengan setiap kegiatan  Menyiapkan laporan. mendistribusikan.

 Bendahara  Bertanggungjawab dan mengetahui segala pemasukan/pengeluaran uang/biaya yang diperlukan  Membuat tanda bukti kwitansi setiap pemasukan/pengeluaran uang untuk pertanggungjawaban  Bertanggungjawab atas inventaris dan perbendaharaan  Menyampaikan laporan keuangan secara berkala .

2016/2017 Membentuk Pengurus Palang Merah Remaja OSIS (PMR) 4. 2016/2017 Mengikuti dan Melaksanakan Pelatihan PMR OSIS baik di sekolah maupun di luar Sekolah 5. BAB III RENCANA PROGRAM 1. 2016/2017 Melakukan Ajang pencarian bibit-bibit OSIS prestasi Akademik 6. bila pelaksanaan Kegiatan diakukan di luar Sekolah 3. Di laksanakan dalam setiap Tahun Ajaran b. 1 SESENAPADANG. Di Sekolah b. Uraian Program Uraian Kegiatan Bidang Kepemimpinan disusun dalam table di bawah ini : No. 2016/2017 Melakukan Pelatihan Baris Berbaris (PBB) OSIS 3. Peserta Kegiatan Siswa/Siswi SMK NEG. Di Luar Sekolah 4. Waktu Pelaksanaan Uraian Kegiatan Pelaksana 1. 2016/2017 Melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS 2. Semua Tingkatan dan Semua Jurusan :  Jurusan Bisnis Manajemen  Jurusan Pariwisata  Jurusan Perikanan  Jurusan Pertanian  Jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan ) . PMR dan MADING 2. Tempat Pelaksanaan Kegiatan a. Pelaksanaan Kegiatan harus atas ijin Sekolah/Koordinasi. 2016/2017 Melakukan Pengkaderan terhadap Pengurus OSIS PRAMUKA. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Bidang Keterampilan dan Kewirausahaan dilaksanakan sebagai berikut : a.

Pelaksanaan Kegiatan dilaksanakan oleh Pengurus OSIS SMK NEG.5. Peserta Didik . Usaha dari Kegiatan OSIS SMK NEG. 1 SESENAPADANG b. Sumber Dana a. 1 SESENAPADANG 6. Bantuan Sekolah c.

maka perlu ditetapkan Prioritas Sasaran Program Kerja. Tetapi kami menyadari sampai dimana batasan orientasi. namun keberhasilan sangat relatif dan amat ditentukan oleh tenaga terampil yang ada. . Adapun Prioritas Sasaran tersebut berfungsi sebagai Kesimpulan Program Kerja yang harus mewarnai setiap pelaksanaan Program. Oleh karena itu kami sebagai manusia biasa hanya dapat berusaha. Sehingga OSIS dapat menjadi Wadah pengkaderan Siswa/Siswi dalam Berorganisasi. BAB IV PENUTUP Program Kerja OSIS disusun sebagai Pedoman yang terarah serta terorganisir. kemampuan dan sumber daya yang kami miliki. dan semoga Tuhan yang akan membimbing dan mengarahkan. Program Kerja dibuat didasarkan pada upaya pemecahan setiap hambatan dan permasalahan yang terjadi dengan menetapkan arah kebijaksanaan sebagai Landasan Program kerja sehingga. Dalam Organisasi ini. kami sepenuhnya mengharapkan bimbingan yang berasal dari berbagai kalangan terkhusus Pihak Sekolah. maka dengan ini. dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tujuan serta MISI Organisasi yang hendak dicapai oleh aparat pengurus. Banyak Permasalahan dan Hambatan yang akan dihadapi dengan adanya Program Kerja ini.