MAKALAH

“STUDI KASUS DALAM ORGANISASI”

Disusun guna memenuhi tugas

Mata Kuliah :

PERILAKU ORGANISASI

Oleh:

Nurbayti (2140302194)

Jenti Rosalina (2140302123)

Arti Octaviani H (2140302311)

Ratna Juwita (2140302327)

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI PARIWISATA INTERNASIONAL

JL. Raya Kalimalang No. 2A Jakarta Timur

2014

Senin (31/10).” kata Busyro. mantan Menteri Keuangan. Sri Mulyani. serta mantan Wapres Jusuf Kalla. Jakarta.CO. KOMENTAR : Menurut pendapat saya kerja KPK sangat lambat.STUDI KASUS I REPUBLIKA. Namun demikian.” kata Ketua KPK Busyro Muqoddas di kantornya. Pihaknya akan terus melakukan penyelidikan dan terus berupaya mendapatkan bukti cukup untuk meningkatkan kasus itu menjadi penyidikan dengan ditetapkannya seorang tersangka. sedangkan masa jabatan pimpinanya akan segera berakhir tetapi kasus Bank Century belum naik tahapannya ke tingkat penyidikan. padahal keterangan yang disampaikan belum tentu benar apa adanya tapi ada apa-apanya. JAKARTA – Masa jabatan pimpinan KPK jilid II (Periode 2007- 2011) akan segera berakhir pada Desember mendatang. belum ada tanda- tanda bahwa kasus Bank Century yang ditangani KPK akan naik ke tingkat penyidikan. Dalam kasus ini menurut saya terjadi konflik internal dan eksternal pada badan KPK dan beberapa orang yang terkait dalam kasus tersebut. KPK hingga kini mengaku belum menemukan adanya indikasi korupsi dalam penggelontoran dana talangan untuk Bank Century tersebut. . Mereka diantaranya mantan pemilik Bank Century. yang saat penggelontoran dana menjabat sebagai Ketua KSSK. dan Wapres Boediono yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia. Robert Tantular. “Jalan terus kok. Busyro mengatakan bahwa pihaknya tidak akan menghentikan penanganan kasus yang masih dalam tingkat penyelidikan tersebut. gak berhenti. “Belum. Banyak saksi yang sudah diperiksa.ID. belum akan naik ke penyidikan. yaitu terdapat hal- hal yang menghambat jalanya proses pada kasus Bank Century dan susahnya mendapat keterangan dari orang-orang yang terkait dalam kasus tersebut. Namun.

dari kasus korupsi tersebut." tuturnya. hal itu menunjukan perilaku individu dalam organisasi sangat berdampak pada organisasi tempatnya bekerja. terdakwa Triasih menyatakan menerima hukuman yang dijatuhkan kepada dirinya. terdakwa Triasih mengaku dana yang digelapkannya tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadinya.5 tahun penjara terhadap Triasih Wahyu Sari. Teori jenjang kebutuhan karena dikasus tersebut Triasih memakai uang korupsi buat kebutuhan pribadinya jadi ia ngelakuin segala cara agar bisa memuasin kebutuhan pribadinya. seharusnya ia dapat mementingkan kepentingan organisasi/kelompok dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Sementara itu. karena prilaku individu yang baik akan membawa organisasi yang baik dan sesuai dengan tujuan. . KOMENTAR : Dari kasus tersebut. Triasih terbukti menyalahgunakan kesempatan ketika menjadi verifikator program Jampersal sehingga menguntungkan dirinya sendiri.7 miliar dana dicairkan berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan terdakwa." katanya Suprapto. "Menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 18 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dan ditambahkan dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. sekitar Rp 1. Atas putusan hakim tersebut. diketahui Triasih mengambil sebagian dana Dinas Kesehatan Kabupaten Blora untuk program Jampersal pada tahun 2013 lalu. Dinas Kesehatan Kabupaten Blora menerima kucuran dana untuk program Jampersal yang besarnya mencapai Rp 4. Dari sisi organisasi sendiri perlu diadakan pengawasan.5 juta. Hakim juga mewajibkan terdakwa membayar uang pengganti kerugian negara yang besarnya Rp 695. Triasih adalah sosok yang mementingkan kepentingan individu dan dapat mencoreng nama organisasinya. Dari dana tersebut. seorang bidan yang bertugas sebagai verifikator program Jaminan Persalinan Bidan Praktik Mandiri di Kabupaten Blora. kepercayaan yang telah diberikan kepada Triasih disalah gunakan.1 miliar. evaluasi berkala dan bimbingan agar tidak terjadi kecurangan dan adanya sanksi yang tegas. Selasa (8/9) pada tahun 2013. Jawa Tengah.STUDI KASUS II Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang menjatuhkan hukuman 3.

kisruh dalam PSSI tidak selesai sampai disitu saja. tapi apalah daya situasi yang terjadi seakan-akan berjalan di tempat. Hal ini disebabkan oleh kurang becusnya ketua PSSI tersebut dalam mengelola organisasi itu tersebut. yang paling utama adalah kasus korupsi yang Ia lakukan terhadap dana-dana yang harusnya di alokasikan untuk kemajuan sepakbola di negeri kita ini . Dan akibat dari kegagalan itu FIFAmelayangkan surat penurunan kepana Nurdin Khalid untuk meninggalkan kursisinggasananya sebagai ketua PSSI . Sudah banyak kasus yang menimpa ketua umum organisasi ini. Liga Primer Indonesia (LPI) yang diusung Johar Arifin kurang mendapatkan respon positif dari beberapa klub papan atas di Indonesia. akan tetapi Nurdin Khalid malah menutupi surat yangdilayangkan FIFA itu dari publik. tetapi malah dimasukan dalam rekening gembung miliknya. Di sini seorangpemimpin tidak bisa menjalankan amanatnya sebagai pemimpin dan kehilangan rasa kepercayaan dari bawahannya dan masyarakat. Perlu sekurang lebihnya 5 sampai 7 kali pemilihan ulang ketua umum PSSI. Padahal organisasi yang sebesar itu yang bernaung langsung dibawah pimpinan Indonesia dan organisasi sepakbola dunia yaitu FIFA(Federation International Football Asosiation). KOMENTAR Ini adalah kasus yang sulit karena yang berkonflik adalah pemimpin. dalam kebebasan maupun dalam kurungan. Mulai dari memberikan peringatan bagi pemain yang berlaga di Liga SuperIndonesia (LSI) tidak akan mendapatkan kesempatan membela Timnas Indonesia.Setelah Nurdin Khalid meniggalkan kekuasaannya . KONDISI ORGANISASI SAAT INI Kondisi PSSI sekarang bisa diibaratkan seperti Kecoa yang sedang terbalik? Kira-kira seperti itulah perumpamaannya.Namun pada akhirnya Johar Arifin pun menempati posisi yang telah ditinggalkan olehNurdin Khalid organisasi PSSI.STUDI KASUS III Disini saya mengangkat contoh konflik dalam organisasi yaitu seperti yang terjadi dalam konfliknya PSSI yang sudah lama terjadi dan sampai sekarang belum juga ada penyelsaian yang pasti. Sepertinya klub-klub tersebut lebih senang dengan konsep Liga Super Indonesia (LSI) yang diusung pengurusPSSI yang lama. PSSI di bawah komando Johar Arifin berusaha melanjutkan revolusi atau perubahan pada sepakbola Indonesia. Hal utama yang menyebabkan organisasi ini gagal dan boleh dibilang kacau dikarenakan oleh pemimpin organisasi PSSI yaitu Nurdin Khalid yang telah gagal dalam memimpin dan mengelola organisasi ini. Akan tetapi organisasi ini tidak menunjukan kinerja yang baik dimata masyarakan Indonesia sendiri bahkan dimata dunia. Jika saya berada dalam posisi ketua dan bawahannya ingin saya mundur karena kepemimpinan saya . dan itu sebagai bukti dia pernah dinyatakan sebagai terpidana atas kasus korupsi dalam PSSI .SOLUSI YANG TELAH DILAKUKAN ORGANISASI Ketua umum PSSI akhirnya mengumumkan mengundurkan diri dari jabatan yang ditelah diemban dalam suka maupun duka. Berbagai langkah dibuat PSSI sekarang untuk menanggapi masalah dualism kompetisi ini.

Alangkah lebih baik jika kita memilih pemimpin yang baik sebelum terpilihnya pemimpin. padahal tidak. dengan syarat saya tidak terpengaruh tindakan jelekpemimpin saya. Namun akan sangat sulit jika tidak ada bukti yangmendukung. Inilah mengapa kasus ini cukup sulit. maka saya akan berusaha membuka hati saya untuk menerima. Tidak ada yang bisa menurunkan saya kecuali lembaga yang berhak menurukan saya. yaitu memiliki pemimpin yang berkonflik. Jika saya dalam posisi sebagai bawahan. Ini adalah hal yanglumrah yang harus dihadapi seorang pemimpin Terima kasih . dan manajemen konflik tidak bisa dilakukan. maka saya akan keluar. Dia harus memiliki kualifikasi untuk memimpin perusahaan tersebut. Jika tetap tidak berhasil juga. Saya sebagai pemimpin. Akan sangat merepotkan jika terjadi. Tapi akan berbeda jika sifat saya seperti Nurdin Halidyang masih menginginkan kekuasaan dan menganggap anggotanya masih membutuhkan dia.yang kurang. Akan lebih baik jika saya adalah tangan kanan pemimpin saya. Daripada menyelesaikan konflik semacam ini. Konflik tersebut saat ini mungkin berakhir dengan terpilihnya Johar Arifin sebagai pemimpin baru. mungkin saya harus menghubungi lembaga yang berwenang (jika ada) untuk membicarakan masalah yang terjadi. dan saya yang berkonflik. Jika tetap tidak berhasil. Jelas akan menampakkan citra buruk perusahaan kepada pihak luar. Mungkin saya akan bersikukuh tetap dalam organisasi hingga saya menyerah atau masa jabatan saya habis. dan mundur demi membangkitkan kembali rasa percaya karyawan / anggotakepada pihak organisasi / perusahaan. mungkin yang saya lakukan hanya bisa pasrahkepada Tuhan. Ketika. saya harus memiliki peran aktif untuk menyadarkan atau paling tidak mempengaruhi pemimpin saya.Namun muncul lagi konflik baru yang harus diselesaikan Johar Arifin. bukan terpidana korupsi seperti kasus di atas. kondisi perusahaan / organisasi memburuk dan konflik tetap bisadiatasi.

Perusahaan yang baik harus bisa menghilangkan masalahsenioritas dalam perusahaan. Contoh lainnya dari konflik yang relatif besar yakni antara karyawan dan manajemen. Adanya perubahan kebijakan dalam perusahaan mengenai penghitungan gaji atau upah kerja karyawan . kesejahteraan. Konflik ini terjadi yang disebabkan oleh adanya miss communication antar atasan dengan karyawan. namun pihak perusahaan belum memberitahukan para karyawan. ataukah karena tuntutan hak asasi manusia karyawan. atau sirkulasi yang kurang baik. Secara kasat mata kita bisa ikuti berita sehari-hari di berbagai media. dan senioritas. bergerak dalam bidang konveksi atau textil. Para karyawan mengambil tindakan yaitu dengan mendemo perusahaan. Apakah hal itu karena tuntutan besarnya kompensasi. sehingga karyawan merasa diperlakukan semena-mena oleh pihak perusahaan. Konflik ini terjadi yang disebabkan oleh adanya miss communication antar atasan dengan karyawan. sehingga karyawan merasa diperlakukan semena-mena oleh pihak perusahaan. Adanya perubahan kebijakan dalam perusahaan mengenai penghitungan gaji atau upah kerja karyawan . misalnya tersinggung karena ejekan. Yang relatif kecil seperti masalah adu mulut tentang pribadi antarkaryawan.Mulai dari derajat dan lingkup konflik yang kecil sampai yang besar. Biasanya masalah timbul karena lingkungan yang kurang kondusif di suatu perusahaan. atasan juga harus sering berkomunikasi langsung dengan para karyawannya sehingga tidak terjadi miss . masalah ide yang dicuri. kelompok. keadilan promosi karir. Misalnya. Disitu tampak konflik dalam bentuk demonstrasi dan pemogokan. Perusahaan manapun pasti pernah mengalami konflik internal.STUDI KASUS IV PT Golden Castle . sampai yang relatif besar seperti beda pandangan tentang strategi bisnis di kalangan manajemen. dan temperature ruangan yang tinggi sangat mungkin untuk meningkatkan emosi seseorang. Hal ini dapat meminimalisir masalah yang akan timbul. kerena dengan suasanya yang harmonis dan akrab maka masalah akan sulit untuk muncul. mengalami konflik antara perusahaan dengan karyawan. Konflik dalam perusahaan juga sering terjadi antar karyawan. . KOMENTAR Seharusnya atasan harus bisa membaca pikiran atau keinginan para karyawannya. Mulai dari tingkat individu. Namun tindakan ini berujung pada PHKbesar-besaran yang dilakukan oleh perusahaan. sampai unit. jadi kondisi dari lingkungan juga harus di perhatikan. hal ini biasanya terjadi karena masalah diluar perusahaan. kondisi cahaya yang kurang. namun pihak perusahaan belum memberitahukan para karyawan.

karena perubahan kebijakan dalam suatu perusahaan harus segera di beritahukan kepada pihak yang bersangkutan termasuk para karyawan juga. dengan begitu atasan dapat mengetahui bagaimana sifat dan keinginan para karyawannya tersebut.communication. apalagi mengenai gaji . Dalam mengubah kebijakan mengenai perhitungan gaji atau upah kerja karyawan seharusnya ikut di bicarakan dengan para karyawan.