LAPORAN RENCANA KERJA (LRK) KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA TINGKAT

DESA MANGUNREJO

I. Identifikasi Permasalahan
Dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan, identifikasi permasalahan merupakan tahapan
dasar yang perlu dilakukan untuk menangkap kondisi di lapangan. Tujuan dari dilakukannya
identifikasi permasalahan adalan untuk menemukenali permasalahan yang ada di lapangan dan
perlu untuk diselesaikan. Berdasarkan konsep pemberdayaan masyarakat yang digunakan dalam
KKN-PPM Tim I Tahun 2012/2013 ini, identifikasi permasalahan dilakukan secara partisipatif
bersama dengan masyarakat. Dengan adanya partisipasi dari masyarakat tersebut diharapkan
permasalahan yang disampaikan adalah permasalahan real yang benar-benar dirasakan oleh
masyarakat karena pada dasarnya masyarakat merupakan kelompok yang lebih mengenal kondisi
desa lokasi KKN-PPM. Oleh karena itu, berdasarkan hasil survey lapangan yang telah dilakukan,
maka permasalahan dirinci berdasarkan aspek pokok yang meliputi aspek fisik, sosial dan budaya,
kesehatan masyarakat, serta aspek peningkatan produksi seperti yang dijabarkan dalam Tabel 1.
Tabel 1. Identifikasi Permasalahan
Sumber
No Permasalahan Lokasi
(P/M/D)*
A. FISIK LINGKUNGAN/INFRASTRUKTUR DESA
1. Belum ada papan penunjuk nama Desa Mangunrejo P
jalan
2. Papan organisasi desa masih Desa Mangunrejo P
terbatas dan tidak terpelihara
3. Minimnya penerangan jalan Desa Mangunrejo P
lingkungan
4. Pemetaan terhadap informasi desa Desa Mangunrejo P
masih sangat terbatas
5. Belum adanya kalender musim (Time Desa Mangunrejo P
Line) Kegiatan yang memuat program
Kerja Perangkat Desa Mangunharjo
6. Belum tersedia TPS umum untuk Desa Mangunrejo P
masyarakat di Desa Mangunrejo
7. Belum adanya public space (Ruang Desa Mangunrejo P
Terbuka Hijau) khusus di Desa
Mangunrejo
8. Pengelolaan sampah masih sangat Desa Mangunrejo P
konvensional

Tidak tersedianya pendidikan tingkat Desa Mangunrejo P PAUD karena ketidaktersediaan tenaga pengajar dan dukungan pemerintah sehingga kurangnya pengenalan terhadap IPTEK terhadap anak usia dini 3. Rendahnya tingkat pendidikan Desa Mangunrejo P masyarakat sehingga sulit dalam melakukan perencanaan pembangunan desa yang bersifat partisipatif 5. Belum adanya pengetahuan dan Desa Mangunrejo P keahlian masyarakat untuk melakukan pengolahan terhadap hasil pertanian 2. Belum adanya kegiatan Desa Mangunrejo P pemberdayaan masyarakat khususnya wanita untuk memberikan keahlian tertentu guna meningkatkan . Minimnya pengetahuan masyarakat Desa Mangunrejo P dalam bidang IPTEK serta masih rendahnya minat dalam melakukan pembangunan desa secara partisipatif C. PRODUKTIVITAS MASYARAKAT 1. Sumber No Permasalahan Lokasi (P/M/D)* 9. Jumlah tempat sampah di lingkungan Desa Mangunrejo P permukiman masyarakat masih sangat terbatas B. Sebagian besar masyarakat bermata Desa Mangunrejo P pencaharian dan hanya memiliki keahlian sebagai petani sawah tadah hujan sehingga ketika sawah tidak produktif maka para petani akan menganggur 3. SOSIAL BUDAYA 1. Rendahnya budaya membaca Desa Mangunrejo P khususnya bagi anak usia sekolah (SD/SMP/SMA) 4.

Terbatasnya tenaga kesehatan desa Desa Mangunrejo P Mangunrejo P : Perangkat Desa. Prioritas Pemilihan Permasalahan No Permasalahan Alasan Pemilihan Berdasarkan analisis KUWAT memungkinkan Pemetaan terhadap kondisi desa yang untuk diangkat sebagai program KKN PPM. dapat digunakan sebagai sumber Penyelesaian program ini bertujuan untuk 1. dan keikutsertaan stakeholders. Prioritas Pemilihan Permasalahan Penanganan terhadap permasalahan yang ada di lapangan tentu saja tidak bisa dilakukan sekaligus untuk semua permasalahan. 2. Pengelolaan sampah oleh masyarakat Penyelesaian program ini bertujuan untuk 3. Berdasarkan analisis KUWAT memungkinkan untuk diangkat sebagai program KKN PPM. Jumlah tempat sampah di lingkungan Berdasarkan analisis KUWAT memungkinkan . yang masih sangat konvensional memberikan pengetahuan masyarakat untuk mengelola sampah secara sehat dan ramah lingkungan 4. Dalam hal ini dibutuhkan suatu prioritas pemilihan permasalahan yang akan dilaksanakan dengan pertimbangan waktu. Belum berfungsinya fasilitas Desa Mangunrejo P kesehatan setempat (Polindes) 3. informasi kepada masyarakat Desa menyediakan informasi yang terbuka bagi Mangunrejo masih sangat terbatas masyarakat terhadap kondisi desa geografis yang disajikan dalam bentuk peta 2 dimensi. Berdasarkan hasil diskusi yang dilakukan bersama perangkat Desa Mangunrejo. KESEHATAN MASYARAKAT 1. maka prioritas permasalahan yang tersusun adalah sebagaimana dijabarkan dalam Tabel 2. D : Dinas Instansi Vertikal / Stakeholder II. Rendahnya pengetahuan mengenai Desa Mangunrejo P budaya hidup sehat. Tabel 2. Line) kegiatan yang memuat program Penyelesaian program ini bertujuan untuk Kerja Perangkat Desa Mangunharjo memberikan arahan pelaksanaan program kerja tahunan bagi Perangkat Desa Mangunharjo. Sumber No Permasalahan Lokasi (P/M/D)* produktivitas masyarakat D. dana. bersih dan sadar lingkungan 2. M : Masyarakat. Berdasarkan analisis KUWAT memungkinkan Belum adanya kalender musim (Time untuk diangkat sebagai program KKN PPM.

9. 8.No Permasalahan Alasan Pemilihan untuk diangkat sebagai program KKN PPM. keahlian masyarakat untuk melakukan meningkatkan pengetahuan dan keahlian pengolahan terhadap hasil pertanian masyarakat untuk melakukan pengolahan terhadap hasil pertanian. . Berdasarkan analisis KUWAT memungkinkan untuk diangkat sebagai program KKN PPM. Penyelesaian program ini bertujuan untuk permukiman masyarakat masih memberikan menyediakan fasilitas kepada sangat terbatas masyarakat untuk mengelola sampah secara sehat dan ramah lingkungan Berdasarkan analisis KUWAT memungkinkan Rendahnya budaya membaca untuk diangkat sebagai program KKN PPM. bersih dan sadar lingkungan Berdasarkan analisis KUWAT memungkinkan Belum berfungsinya fasilitas untuk diangkat sebagai program KKN PPM. meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam rendahnya minat dalam melakukan bidang IPTEK untuk mendorong minat pembangunan desa secara partisipatif masyarakat untuk berpartisipasi dalam melakukan pembangunan desa. Minimnya pengetahuan masyarakat Penyelesaian program ini bertujuan untuk dalam bidang IPTEK serta masih 6. Belum adanya pengetahuan dan Penyelesaian program ini bertujuan untuk 7. bersih dan sadar Penyelesaian program ini bertujuan untuk lingkungan meningkatkan kesadaran masyarakat akan budaya hidup sehat. budaya hidup sehat. kesehatan setempat (Polindes) secara Penyelesaian program ini bertujuan untuk optimal meningkatkan kesadaran masyarakat akan budaya hidup sehat. khususnya bagi anak usia sekolah Penyelesaian program ini bertujuan untuk (SD/SMP/SMA) meningkatkan minat membaca khususnya bagi anak usia sekolah (SD/SMP/SMA) Berdasarkan analisis KUWAT memungkinkan untuk diangkat sebagai program KKN PPM. 5. Berdasarkan analisis KUWAT memungkinkan Rendahnya pengetahuan mengenai untuk diangkat sebagai program KKN PPM. bersih dan sadar lingkungan 10.