PENDAHULUAN

Latar Belakang
Teknologi pada dasarnya memiliki kontribusi dalam menciptakan
keberagaman media. Dari sisi industri, biaya produksi media dan alat produksi
semakin murah dan canggih sehingga menyebabkan kemunculan media secara
massal. Misalnya seperti media cetak yang sudah tidak langka dan bisa dijumpai
di setiap sudut kota di Indonesia. Selain itu, media komunikasi seperti telepon
tenggam seolah-olah menjadi kebutuhan mendasar bagi semua orang untuk
melakukan koneksi komunikasi jarak jauh. Artinya, media saat ini tidak hanya
banyak dari sisi jumlah, tetapi juga khalayak diberikan pilihan untuk
mengonsumsi melalui jenis medianya mulai dari cetak, audio, visual, audio visual,
hingga online. Jika media selama ini merupakan pusat informasi dan informasi itu
diberikan atau dipublikasikan dengan satu arah, kini media menjadi lebih
interaktif. Khalayak tidak lagi sekedar objek yang terpapar oleh informasi, tetapi
khalayak telah dilibatkan lebih aktif karena teknologi menyebabkan interaksi di
media dapat terjadi.
Di era komunikasi yang sudah memanfaatkan teknologi modern ini, tidak
dapat dipungkiri setiap remaja memiliki alat komunikasi yang sudah canggih.
Kecanggihan teknologi komunikasi ini memberikan kemudahan tersendiri bagi
proses komunikasi manusia khususnya kalangan remaja dan dewasa awal. Pada
alat komunikasi atau gadget yang mereka miliki sudah dipastikan terdapat media
sosial didalamnya. Media sosial yang sedang digemari para remaja saat ini salah
satunya adalah Instagram. Instagram dapat dikatakan sama seperti jejaring sosial
lainnya, namun ia lebih terfokus pada foto atau edit foto. Melalui hal inilah
banyak pebisnis yang memanfaatkan Instagram sebagai lahan baru untuk
berbisnis. Salah satu kalangan yang memanfaatkannya adalah kalangan
mahasiswa komunikasi Institut Pertanian Bogor (IPB).

Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah yang dibahas dalam
penulisan Laporan Akhir ini adalah:
1. Bagaimana komunikasi dalam media sosial?
2. Apa itu Instagram dan fungsi Instagram?
3. Bagaimana mahasiswa memanfaatkan peran Instagram dalam dunia bisnis?

Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka adapun tujuan dari
penulisan Laporan Akhir ini antara lain:
1. Memberi informasi kepada pembaca mengenai sisi positif media sosial
Instagram.
2. Agar pembaca mengetahui bahwa saat ini media sosial sudah berkembang pesat
khususnya Instagram.
3. Agar pembaca mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram sebagai lahan
bisnis.

1

3) Studi Pustaka Penulis melakukan studi pustaka dengan mempelajari buku-buku referensi maupun melalui internet yang sesuai dengan kajian dan pembahasan yang diangkat dalam penulisan Laporan Akhir ini. Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data yang dilakukan antara lain: 1) Observasi Observasi atau pengamatan dilakukan dengan cara mengamati kebiasaan mahasiswa yang menggunakan media sosial instagram . Data ini diperoleh melalui akun instagram pelaku bisnis. 2 . buku catatan. buku-buku. Waktu pengumpulan data untuk penyusunan Laporan Akhir ini dilaksanakan selama 2 hari. Data dan Instrumen Jenis data yang dihimpun serta instrumen yang digunakan untuk penyusunan Laporan Akhir ini adalah sebagai berikut: 1) Data a) Data Primer adalah data dan informasi yang diperoleh langsung dari sumbernya. GAMBARAN BISNIS ONLINE Hal-hal yang berkaitan dengan informasi mengenai bisnis online ini bersumber dari akun Instagram pemilik bisnis online dan wirausaha bisnis online tersebut. 2) Instrumen Instrumen yang digunakan selama pengumpulan data untuk penyusunan laporan akhir ini antara lain: alat tulis. dan sumber-sumber pendukung lainnnya. Data ini diperoleh dengan cara wawancara kepada pengguna media sosial Instagram yang memanfaatkannya untuk berbisnis.00-17. dan laptop. b) Data Sekunder adalah data yang tidak langsung diperoleh dari sumbernya. yaitu pada 27 April 2017 dan 29 April 2017 pada kisaran pukul 07. METODE Lokasi dan Waktu Lokasi pengumpulan data dalam penyusunan Laporan Akhir ini dilakukan di Kampus Gunung Gede Institut Pertanian Bogor. daftar pertanyaan wawancara.00. 2) Wawancara Wawancara yang dilakukan untuk mendapatkan informasi dan penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan peran Instagram pada mahasiswa dalam berbisnis. handphone.

Setahun menjalankan bisnis ini membuat pelaku bisnis ini memiliki penghasilan sendiri dari usaha bisnis onlinenya ini. Bisnis online tersebut didirikan pada tahun 2016 saat dirinya duduk di tingkat dua. Tentunya prioritas mereka adalah Mahasiswa Diploma IPB. salah satu pendiri Bellezees MUA Bellezees MUA merupakan usaha yang didirikan oleh dua Mahasiswa Komunikasi Diploma IPB yaitu Nisa Rika Amelia dan Yohana Ramauli. JUMFALIDSHOP Gambar 1 Logo Jumfalid Shop Sumber : Akun Instagram Jumfalid Shop Jumfalidshop merupakan usaha yang didirikan oleh salah satu Mahasiswa Komunikasi Diploma IPB yaitu Vania Alice. BELLEZEES MUA Gambar 2 Logo Bellezees MUA Sumber : Nisa Rika Amelia. Kegemaran mereka terhadap make up berujungkan bisnis online yang sedang mereka jalani ini. yang digunakan juga untuk menggantung foto- foto cetakan polaroidsebagai hiasannya. Bisnis yang mereka jalani ingin menarik khalayak mahasiswa hingga dewasa dalam acara-acara penting. Usaha ini berdiri pada awal tahun 2016 saat mereka melihat banyaknya acara-acara kampus yang diadakan oleh mahasiswa yang tentunya memerlukan riasan untuk datang pada acara tersebut. 3 . Bisnis ini dilatarbelakangi dengan kegemaran mahasiswa untuk menghias kamar dengan lampu-lampu kecil yang biasa disebut dengan tumblr light. pelaku bisnis ini kemudian mengajak kedua temannya untuk ikut berbisnis tumblr light dengannya setelah setahun kemudian.

manusia senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lainnya. Komunikasi merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia di dunia ini. Salah satu media yang paling cepat penyebarannya yaitu melalui media online atau internet yang dapat menghubungkan manusia walaupun jaraknya jauh salah satunya dengan media sosial. Situs jejaring sosial juga sebagai media yang memberikan ruang bagi komunikasi dan interaksi dalam jejaring sosial di ruang siber (jaringan internet).ID Gambar 3 Logo MNSTUFF. Saat ini tidak hanya kontak lensa yang dijual. aktivitas. Pelaku bisnis kemudia mengajak satu temannya untuk bergabung setelah mengembangkan bisnisnya. skype dan instagram merupakan media yang digunakan untuk mempublikasikan konten seperti profil. Kehadiran situs jejaring sosial atau sering disebut media sosial seperti facebook. saat ini kontak lensa juga banyak diminati oleh banyak wanita untuk datang ke acara penting sebagai hiasan mata ataupun pengganti kacamata. bahkan ingin mengetahui yang terjadi dalam dirinya. Media sosial membuat kita dapat berinteraksi lebih mudah. MNSTUFF. Ia memulai bisnis onlinenya pada awal tahun 2016. pelaku bisnis mengembangkan bisnisnya dalam produk yang dijualnya. Awal bisnis onlinenya diawali dengan menjual berbagai produk kontak lensa untuk wanita. Manusia tentunya ingin mengetahui lingkungan sekitarnya.ID MNSTUFF. kita dapat 4 .setelah setahun menjalankan bisnis tersebut. Seperti halnya make up. atau bahkan pendapat pengguna akun.ID Sumber : Akun Instagram MNSTUFF.ID merupakan usaha yang didirikan oleh salah satu Mahasiswa Komunikasi Diploma IPB yaitu Nasya Sabilah. Sebagai makhluk sosial. Komunikasi massa merupakan komunikasi yang membutuhkan media sebagai perantaranya. Ada berbagai jenis komunikasi salah satunya komunikasi massa. Rasa ingin tahu ini memaksa manusia perlu berkomunikasi. manusia tidak lepas dari komunikasi. Misalnya jika kita ingin menghubungi sanak saudara ataupun kolega yang jauh. tetapi juga pernak-pernik dan alat elektronik yang memang sasarannya untuk anak muda. KOMUNIKASI DALAM MEDIA SOSIAL Dalam kehidupan sehari-hari. twitter.

dan instagram merupakan media yang digunakan untuk mempublikasikan konten seperti profil. Inc. Instagram adalah sebuah aplikasi untuk berbagi foto yang dapat dilihat oleh followers dari pengunggah foto tersebut dan dapat saling memberikan komentar antara sesamanya. Media sosial memiliki peran positif tersendiri bagi mereka yang memanfaatkannya untuk berbisnis. Selain itu. Instagram merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membagi berbagai foto dan video. twitter. bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap. hingga bagaimana tanggapannya terhadap situasi. seseorang dapat meraih keuntungan yang besar. masyarakat banyak yang menggunakan media sosial sebagai lahan bisnis mereka. pada tahun 2010. pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. aktivitas. Setelah satu minggu mereka membuat sebuah versi pertama dari Burbn. Burbn. dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto dan akhirnya tercipta media sosial Instagram. pada masa kini. di dalamnya masih banyak beberapa hal yang belum sempurna. terlepas dari lokasi geografis. Nama Instagram sendiri berasal dari insta dan gram. Namun akhirnya mereka hanya memfokuskan pada bagian foto. yakni pengguna dapat mengunggah foto tentang aktivitas maupun informasi yang sedang disaksikan atau dialami. atau bahkan pendapat pengguna juga sebagai media yang memberikan ruang bagi komunikasi dan interaksi dalam jejaring sosial di ruang siber. “insta” yang berasal dari kata instant dan “gram” yang berasal dari telegram. Melalui media sosial.menghubunginya menggunakan sosial media. dapat disimpulkan dari namanya yang berarti menginformasikan atau membagikan foto kepada orang lain dengan cepat. Media sosial juga memungkinkan menyesuaikan konten untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna. komentar. ide. Melalui media sosial. memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja. namun kedua CEO. GAMBARAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Media sosial adalah sebuah media online yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Saat ini. merupakan teknologi startup yang hanya berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Media tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu. Kevin Systrom dan juga Mike Krieger . Media sosial juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan. Instagram didirikan oleh perusahaan Burbn. Misalnya fasilitas di Instagram. kita juga dapat memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk berbisnis. keadaan sekitar dirinya. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML 5 mobile. 5 . Pada awalnya. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback langsung. Inc. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial yang menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Kehadiran media sosial seperti facebook. Burbn. Inc.

melainkan juga memiliki 16 efek untuk menyunting foto-foto yang akan diunggah. Sistem endorse biasa dilakukan dengan mempromosikan pengguna Instagram yang terkenal seperti Selebgram(selebriti Instagram). Menarik perhatian pelanggan dapat mereka lakukan dengan mempromosikan dengan berbagai cara salah satunya melalui sistem endorse. Mahasiswa selalu dapat menemukan hal baru yang dapat menarik perhatian dari masyarakat. biasanya para pengguna Instagram menggunakan tanda pagar atau tagar (#) seperti di jejaring sosial twitter untuk memudahkan pengguna lain mencari produk. Bisnis online adalah istilah yang digunakan masyarakat Indonesia yang berbisnis atau melakukan aktivitas jual beli menggunakan media sosial. Pelaku bisnis biasa menggunakan Instagram untuk banyak hal dan salah satunya sebagai lahan bisnis kecil-kecilan. Selain itu. para mahasiswa pun memiliki pengalaman dan pelajaran menarik dari bisnis online. Mahasiswa dapat menciptakan hal baru yang up to date sesuai dengan trend masyarakat masa kini. Tentu sebagai aplikasi pasti memiliki berbagai fungsi. desain. travelling dan juga fashion. Pengalaman dan pelajaran yang di dapat sejak masa muda dapat dijadikan motivasi di masa yang akan datang. foto-foto Anda dapat diunggah melalui jejaring sosial seperti facebook. Twitter telah menyatakan minatnya untuk membeli Instagram pada 2011. Misalnya. Semakin banyak pelanggan yang 6 . foursquare. Ada beberapa bisnis onlineyang tidak dapat dilakukan di Instagram. Fungsi dan kegunaan Instagram tidak hanya untuk berbagi foto saja. twitter. Tagar (#) juga dapat menjadi ciri khas produk yang para pebisnis online jual. Tentu saja kondisi lingkungan dan perkembangan zaman sangat mempengaruhi daya pikir mahasiswa dalam membuat bisnis online. Saat mengunggah foto. kuliner. Dengan aplikasi Instagram. Sebelum dibeli oleh Facebook. jika usaha bisnis online fashion sudah tidak menarik perhatian masyarakat lagi. Berbisnisonline memungkinkan mahasiswa memiliki pelanggan banyak dan dapat menjalin hubungan yang baik. dan juga posterous. Bisnis online yang cocok dengan Instagram antara lain hiburan. flickr. tagar juga digunakan saat para pebisnis online di Instagram mengadakan kontes atau lomba untuk menarik konsumen lebih banyak lagi. Belajar mencari uang sejak di bangku pendidikan adalah hal yang diinginkan para mahasiswa apalagi mereka ingin memiliki pengalaman berbisnis untuk jenjang karir yang lebih luas lagi. PERAN INSTAGRAM DALAM DUNIA BISNIS BAGI MAHASISWA Kalangan mahasiswa adalah salah satu pengguna paling banyak di Instagram. Berkembangnya zaman membuat mahasiswa semakin kreatif dalam membuat usaha online. FUNGSI INSTAGRAM Instagram umumnya digunakan sebagai alat komunikasi melalui media visual. Para pebisnis online ini mengunggah foto-foto yang menarik di Instagram karena adanya daya tarik Instagram pada foto-foto tersebut. Tidak hanya meraih keuntungan dalam berbisnis. para pebisnis berpikir keras untuk dapat menarik perhatian pelanggan lagi dengan bisnis lainnya misalnya beralih dengan bisnis yang menawarkan jasa.

pada akhirnya ia menjual pernak- pernik. pertanyaaan yang dilontarkan seputar penghasilan dari bisnis online yang dijalankan. Saat mewawancarai narasumber. Menurutnya. dapat dibuktikan memang Instagram memiliki pengaruh positif terhadap bisnis seseorang. Nasya mencari peluang saat akan ada acara-acara kampus karena banyak mahasiswi yang menggunakan kontak lensa saat ada acara-acara tertentu. dan lain sebagainya yang digemari mahasiswa untuk menjadi produk tambahan bisnisnya dalam online. Beberapa kendala tersebut membuat Nasya ingin menjual produk lain selain kontak lensa untuk bisnis onlinenya. bisnis yang mereka lakukan ada yang menjual produk maupun jasa. Awal mula Nasya memulai bisnis sebenarnya dari mulut ke mulut antar mahasiswi yang sejurusan dengannya di kampus yaitu komunikasi. Nasya juga menjelaskan.sementara dalam bentuk jasa yaitu jasa MUA (make up artist) atau tata rias. keefektifan berbisnis di media online dan kendala dari berbisnis online itu sendiri. Beberapa Mahasiswa Komunikasi Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB) sudah mencoba bisnis online ini dengan menjual produk maupun jasa. semakin mudah pula para pebisnis untuk mempromosikan bisnisnya dari mulut ke mulut. Selain itu juga Nasya dapat mengunggah testimoni dari pelanggan sebagai alat untuk meyakinkan pelanggan. Akhirnya Nasya memutuskan membuat akun instagram khusus untuk bisnis online kontak lensanya. tetapi juga di eksternal kampus. Nasya memutuskan untuk berbisnis dengan jangkauan yang lebih luas yaitu tidak hanya di internal kampus. Beberapa kendala yang muncul saat berbisnis online menurutnya adalah masalah waktu.dikenal. Narasumber yang saya wawancara yaitu Nasya Sabilah. karena Nasyamelihat banyak sekali pengguna Instagram yang menggunakan akun instagramnya untuk berbelanja online juga. 7 . pelaku bisnis online memiliki tanggapan yang berbeda-beda mengenai hal tersebut. cara tersebut temasuk efektif. alat elektronik. bahwa berbisnis online di instagram sangatlah efektif karena hanya mengunggah foto produk yang dijualnya. Beberapa mahasiswa yang diketahui memiliki bisnis online yang menggunakan media sosial Instagram. Beberapa yang menjual produk diantaranya yaitu kontak lensa dan tumblr light. Karena ia melihat adanya peluang yang bagus untuk berbisnis di kampusnya. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Terkadang produk yang Nasya ambil dari toko tidak selalu tersedia sementara pelanggan banyak yang memesan. setelah mewawancarai beberapa mahasiswa pelaku bisnis online di Instagram. Pertama yaitu pelaku bisnis online kontak lensa.

sehingga Vania membuka bisnis online tersebut. tetapi lama kelamaan Vania membuat akun instagram untuk bisnisnya. Vania hanya menjual di media sosial Line saja dan menyebarkannya di grup-grup kelasnya maupun jurusan. 8 . Alasannya menjual tumblr light adalah karena barang tersebut sedang banyak diminati orang. Sebelumnya.000-Rp60. Gambar 4 Produk kontak lensa MNSTUFF_ID Sumber : Akun Instagram MNSTUFF_ID Gambar 5 Produk baru yag dijual MNSTUFF_ID Sumber : Akun Instagram MNSTUFF_ID Pelaku bisnis online yang kedua yaitu Vania Alice. Selama ini banyak tumblr light yang dijual dengan harga yang mahal.000. Vania memiliki bisnis online produk tumblr light. dengan kisaran Rp50.

Ternyata hal tersebut berhasil membuat banyak orang memesan tumblr light dan Vania balik modal dan mendapat untung yang banyak dari penjualan tersebut. Sementara kendala yang ia dapat hampir sama dengan pelaku bisnis online kontak lensa.sementara peminatnya sangat banyak.000-Rp40.000. Gambar 6 Produk tumblr light yang dijual Jumfalid Shop Sumber : Akun Instagram Jumfalid Shop Gambar 7 Testimoni konsumen mengenai tumblr light Jumfalid Shop Sumber : Akun Instagram Jumfalid Shop 9 . Vania mengambil peluang dari hal itu dengan menjual tumblr light dengan harga yang sangat murah yaitu Rp35. yaitu masalah waktu adanya produk di tempat ia mengambil barang dagangannya. Maka dari itu.

Selain harus pintar mencari peluang. Awalnya baik Yohana maupun Nisa hanya menyenangi dan mengoleksi alat make up. Mereka sempat pesimis karena yang sudah membuat bisnis jasa seperti mereka sudah banyak di Instagram. ` 10 . Tak heran banyak yang beralih ke bisnis online karena lebih dilirik oleh banyak khalayak. Narasumber terakhir yaitu pelaku bisnis online jasa tata rias atau MUA yaitu Yohana Ramauli dan Nisa Rika. tetapi mereka tetap mencoba berbisnis dan mencari peluang. Mereka mengawali bisnis tersebut dengan melakukan percobaan make up dengan teman- temannya yang kemudian diunggah di akunInstagram bisnisnya sebagai contoh make up yang sudah mereka lakukan. Mereka memasang harga yang tidak terlalu mahal untuk ukuran MUA dan menargetkan untuk kalangan mahasiwa atau pelajar. namun mereka langsung terpikir untuk membuat ladang usaha melalui kegemarannya itu. Gambar 8 Jasa Bellezees MUA yang digunakan konsumen Sumber : Akun Instagram Bellezeez MUA Dapat disimpulkan bahwa berbisnis online melalui akun media sosial Instagram cukup efektif dan praktis untuk melakukan bisnis online walaupun pelaku bisnis harus pintar mencari peluang di dalamnya. pelaku bisnis juga harus dapat berkomunikasi dengan baik untuk menarik pelanggan agar tertarik terhadap dagangannya. dan banyak yang sudah lebih terkenal. Pelaku bisnisini sudah mulai bisnisnya semenjak mereka duduk di semester 3 selama berkuliah. Kemajuan teknologi seperti media sosial instagram ini juga memudahkan dan membuat praktis interaksi antara penjual dan pembeli dalam berkomunikasi jarak jauh.

SIMPULAN DAN SARAN Simpulan Simpulan penting yang dapat ditarik dari pembahasan diatas adalah sebagai berikut: 1) Akun Instagram memiliki peran yang sangat menjanjikan dalam berbisnis terutama dalam kalangan mahasiswa yang ingin memiliki penghasilan sendiri dan tertarik dalam dunia bisnis online. 2) Pelaku bisnis dalam media sosial Instagram memberikan harga yang tidak mahal dan menyesuaikan dengan khalayak yang menjadi sasaran bisnisnya agar berjalan dengan lancar. 11 . Saran Saran yang dapat diberikan dari pembahasan diatas adalah sebagai berikut: 1) Sebaiknya para pengguna akun instagram yang berbisnis harus lebih gencar mencari konsumen seperti memberi testimoni dan menambah followers Instagramnya agar lebih banyak yang melihat dan tertarik.

Djoko. Bandung: PT. DAFTAR PUSTAKA Nasrullah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group Purwanto. Jakarta: Erlangga Mulyana. Suatu Pengantar Ilmu Komunikasi.wikipedia. 2014. Rusli. Deddy.org/wiki/Instagram 12 . 2015. Komunikasi Bisnis Edisi Ketiga. 2006. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Remaja Rosdakarya https://id.

Related Interests