PEMERINTAH KABUPATEN MERANGIN

DINAS KESEHATAN
PUSKESMAS MUARA MADRAS
Jl. Kesehatan No. 03 Desa Muara Madras Kode Pos 37372

KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS MUARA MADRAS
NOMOR : 800/ /PKM/SK/2017

TENTANG

VISI, MISI, TUJUAN DAN TATA NILAI PUSKESMAS MUARA MADRAS

KEPALA PUSKESMAS MUARA MADRAS,

Menimbang : a. bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas Muara
Madras harus dilaksanakan secara terpadu baik
dipandang dari pelayanan program maupun sumber daya
manusia;

b. bahwa kegiatan penyelenggaraan Puskesmas Muara
Madras baik di dalam gedung maupun di luar gedung
berdasarkan pada Visi, Misi, Tujuan dan Tata Nilai yang
ditetapkan oleh pimpinan Puskesmas agar mampu
memenuhi kebutuhan masyarakat;

c. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana
dimaksud dalam huruf (a) dan huruf (b), dipandang perlu
diterbitkan surat keputusan Kepala Puskesmas Muara
Madras tentang Visi Misi dan Tata Nilai Puskesmas;

Mengingat : 1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun
2009 tentang Kesehatan (Lembaran Negara Republik
Indonesia Tahun 2009 Nomor 144, Tambahan Lembaran
Negara Republik Indonesia Nomor 5063);

2. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor
741/MENKES/PER/VII/2008 tentang Standar Pelayanan
Minimal Bidang Kesehatan;

3. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor
75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor
1676);

4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor
46 tahun 2015, tentang Akreditasi Fasilitas Kesehatan
Tingkat Pertama;

MEMUTUSKAN :

Menetapkan : KEPUTUSAN KEPALA PUSKESMAS MUARA MADRAS
TENTANG VISI, MISI, TUJUAN DAN TATA NILAI
PUSKESMAS MUARA MADRAS;

KETIGA : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. SITI KOMIAH PENATA MUDA NIP : 197507132002122001 . KEDUA : Visi.KESATU : Menetapkan Visi. Januari 2017 KEPALA PUSKESMAS MUARA MADRAS Hj. Ditetapkan di Muara Madras Pada tanggal. Misi. Misi. Tujuan dan Tata Nilai Puskesmas MUARA MADRAS yang dimaksud dalam DIKTUM KESATU tercantum dalam lampiran surat keputusan ini. Tujuan dan Tata Nilai Puskesmas MUARA MADRAS.

Salam. Sapa. kelompok dan masyarakat. Meningkatkan Kesehatan Individu. Sopan dan Santun. Hidup dalam lingkungan sehat. MISI 1. keluarga. MISI. baik individu. TATA NILAI BERSATU Mempunyai Makna: 1. D. Menjadikan Puskesmas Muara Madras sebagai Pusat Informasi Kesehatan bagi Masyarakat 3. Kelompok. serta bertanggungjawab dengan segala apa yang telah diperbuatnya. LAMPIRAN : Keputusan Kepala Puskesmas Muara Madras Nomor :800/ /PKM/SK/2017 Tanggal : Januari 2017 VISI. Memiliki derajat kesehatan yang optimal. kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang yang bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi – tingginya. . 2. 2. Bertanggung Jawab: Petugas di Puskesmas Muara Madras harus memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi terhadap tugas dan pekerjaan yang dibebankan kepadanya. 4. sehingga petugas dapat memahami keadaan pelanggan serta dapat mengambil suatu keputusan/tindakan yang tepat. program dan kegiatan dalam rangka merealisasi misi. VISI Visi Puskesmas Muara Madrs adalah “Jangkat Sehat 2020” B. Secara garis besar Puskesmas Muara Madras Bertujuan: Mewujudkan masyarakat yang: 1. Bersatu dan Menggalang Kemitraan dengan Berbagai kalangan dan Unsur Masyarakat 4. masyarakat dan Lingkungan C. 3. kemauan dan kemampuan hidup sehat. Empati :Memiliki kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain. Mampu menjangkau pelayanan kesehatan bermutu 3. kebijakan. TUJUAN Tujuan akan mengarahkan perumusan sasaran. TUJUAN DAN TATA NILAI PUSKESMAS MUARA MADRAS A. strategi. Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi. Memiliki perilaku sehat yang meliputi kesadaran. Memberikan Pelayanan Maksimal dan Bermutu dengan sumber daya yang ada 2. Tujuan pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas secara umum adalah mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan nasional yakni meningkatkan kesadaran. Ramah :Mengedepankan kenyamanan klien dengan Senyum. Keluarga.

serta tidak bertentangan dengan kedua hal tersebut. Sopan&Santun :Bertingkah laku sesuai dengan cara yang diterima dan dihargai oleh lingkungan sosial. gigih. 7. jelas. 5. 6. Akuntabel :Segala bentuk perbuatan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. kepedulian dan perhatian kepada pelanggan. sebagai bentuk pengawasan awal terhadap setiap tindakan yang telah / akan di laksanakan. tidak gampang menyerah didalam menghadapi segala bentuk kesulitan. Transfaran :Dalam pelayanan diutamakan suatu hal yang nyata. terbuka.4. SITI KOMIAH . menunjukan rasa hormat. Ulet : Petugas yan penuh semangat. rajin. dan dapat dipertanngung jawabkan. tidak mudah goyah. Hj. KEPALA PUSKESMAS MUARA MADRAS.