AVES

 Ordo Pelecaniformes
1. Pelecanus occidentalis (pelikan putih)
Ciri-ciri :

Pelikan atau pelican adalah sejenis burung air yang memiliki kantung yang dapat membesar
pada bagian bawah paruhnya. Pelikan terdapat pada hampir setiap penjuru dunia. Beberapa jenis
pelikan merupakan burung laut, dan sebagian lainnya merupakan burung yang biasa di air laut dan di
air tawar.

Anatomi (Ciri Fisik)

Pelikan adalah burung yang terkenal dengan paruhnya yang memiliki kantung. Paruhnya yang
meruncing panjangnya bisa lebih dari 30 cm. Paruh sebelah atas memiliki ujung yang bengkok
membentuk kait. Pada paruh bagian bawah sampai tenggorokan terdapat kantung berupa kulit
elastis, yang digunakan untuk menangkap ikan. Kakinya pendek dan pada jari-jarinya terdapat
selaput yang memudahkannya berenang. Panjang tubuh pelikan mencapai 1,5 m. Bentangan
sayapnya antara 1,8 m sampai 2,7 m tergantung spesiesnya. Pelikan jantan memiliki rupa yang sama
dengan pelikan betina, namun tubuh pelikan jantan sedikit lebih besar dari pelikan betina.

Taksonomi

Klasifikasi ilmiah burung pelikan adalah sebagai berikut.
Kerajaan: Animalia, Filum: Chordata, Kelas: Aves, Ordo: Pelecaniformes, Famili: Pelecanidae, Genus:
Pelecanus,
Spesies burung pelikan antara lain: Pelikan Cokelat (Pelecanus occidentalis), Pelikan Peru (Pelecanus
thagus), Pelikan Paruh Tutul (Pelecanus philippensis), Pelikan Punggung Pink (Pelecanus rufescens),
Pelikan Putih Amerika (Pelecanus erythrorhynchos), Pelikan Great White (Pelecanus onocrotalus),
Pelikan Dalmatian (Pelecanus crispus), Pelikan Australia (Pelecanus conspicillatus).

2. Morus bassana (camar)
Ciri-ciri :
warna bulu didominasi putih keabu-abuan, kadang dengan warna kehitaman di bagian kepala
atau sayap, paruhnya runcing dan panjang serta kuat. Sayapnya panjang dengan bagian
ujungnya meruncing, ekornya bercangap seperti garpu, postur badannya langsing, kakinya
pendek dengan warna merah dan berselaput renang.

 Ordo Struthioniformes
1. Struthio camelus
Ciri-ciri :
Burung unta (Struthio camelus) merupakan hewan bertubuh besar, hidup bergerombol.
Kepala kecil dengan bulu tidak menyeluruh. Badan berwarna coklat dan ekor pendek warna
coklat kehitaman. Hewan ini tingginya mencapai 2,5 meter, mempunyai leher yang panjang

kadal. Gymnogyps sp (burung kondor)  Natatores 1. Badan. Memiliki selaput di kaki . bulunya lebat dan panjang 3. begitu pula caranya terbang. 2. juga beberapa jenis serangga bergantung ukuran tubuhnya.  Ordo Falconiformes 1. Falcon sp (elang) Ciri-ciri : elang adalah hewan pemangsa atau predator. rawa- rawa) sebagai makanan utama mereka. Memiliki telur yang lebih besar daripada telur bebek biasa. Memiliki sepasang telinga . paruh elang tidak bergigi namun melengkung serta kuat untuk mengoyak-oyak daging dari mangsanya. Gallus gallus (ayam kampung) Ciri-ciri : Bentuk Fisik Ayam . umumnya elang tersebut tinggal di lokasi perairan. makanan utamanya hewan mamalia kecil layaknya tikus. Jenis makanannya rerumputan. Angsa (Olor columbianus) Ciri-ciri : . Tubuhnya di tutupi oleh bulu . ukuran berat badannya sekitar 2 kilogram. tupai. ketajaman daya penglihatan tersebut sangatlah berguna dalam memburu mangsa dari jarak yang tidak bisa terkira juahnya. Memiliki warna bulu putih.  Ordo Galliformes 1. biak dengan cara bertelur . dan tidak dapat terbang. Memiliki kaki yang besar . jantung burung elang terdiri dari empat bilik layaknya manusia. Memiliki leher yang panjang . Memiliki paruh yang besar dan berwarna kuning dan ada pula yang berwarna hitam . cokelat. burung ini juga memiliki sepasang kaki yang kuat serta kuku yang tajam serta melengkung untuk mencengkeram mangsa dan burung elang memiliki daya penglihatan yang tajam. campuran . elang memiliki sistem pernapasan yang baik serta sanggup untuk membekali oksigen dalam jumlah banyak yang mana dibutuhkan saat terbang. bilik atas dikenal sebagai atrium. Buteo borealis (ekor merah) 4. sedangkan bilik bawah biasa di kenal sebagai ventrikel. ada beberapa elang yang menangkap ikan di daerah berair (sungai. badan besar mencirikan induk mampu bertelur dengan banyak serta besar . kepala tanpa bulu dan berwarnah merah. Tidak memiliki daun telinga . Burung unta (Struthio camelus) termasuk burung herbivora. ikan serta ayam. Cathartes aura (kepala merah) Ciri-ciri : tubuhnya seperti elang.

8 Kg dan produksi telur 3 – 5 butir/ musim. Jengger merupakan bagian tubuh ayam kampung dan jika jengger betina lebih lebar dan besar mampu bertelur di atas rata-rata ayam kampung asli yakni 12-14 butir . Kelihatan lebih tambun dengan berat badan sekitar 1. berwarna hitam. . bundar. Pial berukuran kecil. Bulu.Bulu pantat dan pada paha agak mengembang berwarna hitam keabu-abuan.5 kg. tidak akan tampak dari depan. Ciri-cirinya utamanya adalah ukuran jenggernya yang paling besar dibandingkan dengan spesies ayam hutan lainnya dan berbentuk bilah yang sangat besar. Bulu badan sebelah bawah dan paha berwarna hitam abu-abu dan agak mengembang.Paruhnya berwarna kuning dengan pangkal hitam. Contoh induk betina petelur unggul 2. berwarna hijau. membulat atau sedikit meruncing dan tumpang tindih seperti sisik ikan. langit-langit. warnanya juga hitam kusam. . seperti kaki untuk pedaging kaki dipilih untuk warna kuning agak kemerahan . . Sedangkan ukuran ayam betinanya sekitar 40-45 cm dengan beratnya sekitar 0. Umur. Kulit dan telapak kakinya berwarna hitam kusam. tipis dan lemas berwarna hitam kusam. yang bisa berubah-ubah. Gallus varius (ayam hutan) Ciri-ciri : Ukuran panjang ayam jantan sekitar 70-75 cm dan berat badannya sekitar 0. . letaknya agak tersembunyi oleh lapisan kulit yang berkerut-kerut. tidak ditumbuhi bulu sedikit pun melainkan dilindungi oleh kulit tebal berlipat-lipat berwarna mrah berbercak-bercak putih dan kebiru-biruan. . Kaki. . Bagian bawah tubuh dan ekor berwarna hitam bercampur ungu dan hijau berkilauan. bila berdiri tegak berkesar sedikit datar. umur betina terbaik yaitu masih dalam masa produksi antara umur 9 bulan hingga 1 tahun 5 bulan. Sedikit perbedaan dengan pejantan terletak pada jengger kecil. pada bagian kepala sering dijadikan pedoman yaitu jengger. . . . berwarna merah muda dengan tepi membulat tanpa gerigi. Bulu ekor menyempit pada ujungnya. Nadi. tengkuk dan mantel tumbuh pendek. bentuknya besar dan panjang. Antara badan dan sayap sedikit berongga. . Melleagris gallopavo (kalkun) Ciri-Ciri Pejantan Ayam Kalkun . kuat dan tajam sehingga dapat memutuskan jari-jari kita. . . 3. berwarna abu-abu kehitam-hitaman. Paruhnya berwarna hitam dengan ujung abu-abu. daging dan kloakanya pun berwarna hitam. Lidah. Bulu leher. Matanya besar.Kepala berukuran besar. Bulu tertata rapi berarti tanda kalau ayam itu sehat . . .5 – 0. Ciri petelur unggul yakni berbulu mengkilat kehijauan atau halus. Kepala. yang semakin tua akan semakin panjang menjuntai. Ciri-Ciri Betina Ayam Kalkun . karena tertutup oleh lapisan lemak dan kulit yang tumbuh di depan hidung.Mata berwarna merah kehitam-hitaman. Biasanya untuk bulu berwarna hitam lebih mudah dikenali. .5 kg.7-1.

cervix. Selain itu. Kakinya dapat digunakan untuk berjalan. Anggota badan (extrimitas) yang seluruhnya tertutup bulu kecuali pada paruh dan kakinya. biru kobalt dan kemudian kuning.Panjangnya berkisar antara 20-25 cm . . Kuku-kukunya berwarna hitam. Sebagian besar bulu yang ada di tubuhnya didominasi warna hijau keemasan.Kepalanya membulat kecil. Sedangkan pada merak betina. punggung hingga perut berwarna hijau dengan kombinasi warna hitam menyerupai sisik. Mulai bertelur setelah berumur 4 bulan. Ketika burung dilepas maka ia akan kembali ke sarangnya 2. Pada bagian sayap berwarna hijau kebiruan dengan sayap primer berwarna merah tua. Untuk ukuran. bulunya cenderung berwarna kusam yaitu berwarna hijau keabu-abuan dan tanpa dihiasi bulu hias penutup ekor. Burung ini termasuk hewan berdarah panas dan berkembang biak dengan ovipar atau bertelur. Sang jantan memiliki ukuran tubuh lebih panjang yaitu 300 cm. sedangkan betinanya hanya berukuran 100 hingga 110 cm. Dan bulu yang indah itu menandakan bahwa pemilik bulu itu adalah merak jantan. Mereka memiliki jambul tegak diatas kepalanya. nares terletak pada bagian lateral paruh bagian atas. tidak bergigi dan mempunyai paruh yang berbeda-beda sesuai jenis makanannya.berwarna abu-abu . Columba livia merupakan salah satu dari class aves. .Lehernya agak panjang dan ditumbuhi bulu-bulu halus . Tulangnya berwarna hitam mengkilap. rata-rata 30 butir per periode. Columba domestica mampu mengenal habitatnya. 1. Daerah sekitar mata berwarna biru hitam. Caputnya relative kecil. Columba livia (Burung Merpati) Ciri-ciri : Tubuh burung merpati (Columba livia) terbagi atas caput.Burung perkutut bertubuh kecil. Kaki bersisik kecil-kecil teratur rapi dan jari-jari kakinya berwarna hitam kehijau-hijauan. Darahnya berwarna merah kehitam-hitaman. Bulu di leher.panjang meruncing dengan berwarna biru keabu-abuan . Zenaidura macroura (perkutut) Ciri-ciri : . truncus dan cauda. . Pavo cristatus (merak) Ciri-ciri : Burung merak hijau dikenal memiliki warna bulu yang indah. 4. Bulu hias penutup ekor yang menyerupai mata berwarna hijau dengan biru ditengahnya yang berbentuk oval. bertengger maupun berenang (dengan selaput interdigital). . merak jantan dan betina berbeda. terdapat paruh yang dibentuk oleh maksilla dan mandibula. . besar-besar dan melengkung kuat. Merak hijau merupakan burung yang berukuran besar. Ordo Columbifomes 1.burung perkutut bulat dengan iris berwarna abu-abu kebiru-biruan .

Macaw terbesar adalah macaw hyacinth yang mencapai panjang 1 meter (dari ujung paruh sampai ujung ekor). dengan kekang dan kumis hitam. kaki abu-abu. dan memeriksa makanan. . cocok untuk memecah kacang- kacangan atau biji-bijian. Sayap yang dimiliki panjang dan memiliki tipe jari terangkat dengan cakar yang runcing. Kakak tua (Cacatua sulphurea) adalah burung berukuran sedang. dan ekor. Dada merah jambu. Bulu yang menutupi badan perkutut berwarna kecokelatan . Umumnya hanya merah dan hijau saja. dan kaki abu-abu 3. Kekangnya berwarna hitam. Bulunya yang cerah membuat ia terlihat menarik. sayap. dan permukaannya kasar menjadi sebuah alat yang efektif untuk mengorek buah-buahan atau biji-bijian keras. paruh merah. paruh merah. paha dan perut hijau pucat. Iris kuning. Mahkota dan pipi abu-abu ungu. sementara lidahnya yang kuat. punggung. Tengkuk. kering. Bulu disekitar dada dan leher membentuk pola garis melintang berwarna hitam dan putih . 3. Burung ini hampir semua bulunya berwarna putih. paruh bengkok dan kuat. Burung macaw terkecil adalah macaw bahu merah atau macaw Hahn. Betet Ciri-ciri : Burung ini berukuran sedang.Jadi jumlah jari sebelah kaki adalah 4 . kaki pendek dan lincah dengan dua jari menghadap ke belakang dan bulu berwarna-warni. kulit di sekitar matanya berwarna kebiruan dan kakinya berwarna abu-abu. Pada bulu sayap terdapat garis melintang berwarna cokelat tua . Burung makao Ciri-ciri : Burung macaw memiliki paruh besar yang kokoh. Spesies ini berparuh hitam. Bulu-bulu terbang dan ekornya juga berwarna kuning. dengan panjang sekitar 35 cm. Columba fasciata  Ordo Psittaciiformes 1. memegang. Jari-jari perkutut berjumlah 8 dengan kuku-kuku yang runcing. Tipe kakinya bertengger passerine dan ekor yang panjang. Burung betina serupa dengan burung jantan. Burung kakatua Ciri-ciri : Kakak tua (Cacatua sulphurea) memiliki bulu yang lengkap dan paruhnya pendek. Tiga dari empat jarinya ada di depan dan sebuah jari di belakang . yang panjangnya hanya sekitar 30 cm. 2. Ekornya anggun yang biasanya sangat panjang. Jari-jari perkutut berguna untuk bertengger. . dari kepala hingga ke ujung ekor sekitar 34 cm. Berkepala besar. hijau. Bulu ekornya yang juga berwarna cokelat agak panjang . Memiliki kepala coklat kuning tua. Iris kuning. Di kepalanya terdapat jambul berwarna kuning yang dapat ditegakkan. Macaw juga memiliki jari-jari kaki mencengkeram yang digunakan untuk berpegangan ke cabang dan untuk mengambil.