BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengertian Komunikasi
Menurut Deddy Mulyana, M.A., Ph.D. (2005:41). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Kata
komunikasi atau communication dalam bahasa Inggris berasal dari kata Latin communis yang
berarti “sama”, 1 communico, 2 communicatio, atau 3 communicare yang berarti “membuat
sama” ( to make common ). Istilah pertama ( communis ) adalah istilah yang paling sering
disebut sebagai asal usul kata komunikasi, yang merupakan akar dari kata-kata Latin lainnya
yang mirip. Komunikasi menyarankan bahwa suatu pikiran, suatu makna, atau suatu pesan
dianut secara sama. Akan tetapi definisi-definisi kontemporer menyarankan bahwa komunikasi
merujuk pada cara berbagai hal-hal tersebut. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian
informasi ( pesan, ide, gagasan ) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling
mempengaruhi di antara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau
verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang
dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan
gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala,
mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal. Setiap sisi kehidupan manusia
tidak lepas dari kegiatan komunikasi. Apapun bentuk kegiatannya, manusia selalu melakukan
suatu proses yang berjalan secara berkesinambungan dan tidak dapat dihindari yaitu proses
komunikasi. Melalui komunikasi manusia dapat menyampaikan segala keinginannya, sehingga
pada akhirnya dapat memenuhi kebutuhan fisik, baik bagi dirinya sendiri maupun untuk
lingkungan sosialnya.
Berikut ini beberapa definisi komunikasi menurut para ahli komunikasi :
 “Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa,
mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat atau hasil apa?
(Who? Says what? In which channel? To whom? Whith what effect)” (Laswell,1960).
 “Memberi batasan lingkup communication berupa penyebaran informasi, ide-ide,
sikap-sikap, atau emosi dari seorang atau kelompok kepada yang lain terutama
melalui simbol-simbol” (Theodornoson and Theodornoson, 1969).
 “Communication dapat didefinisikan sebagai social interaction melalui
pesanpesan”(Garbner, 1967).
 “Komunikasi sebagai proses komunikasi pada hakikatnya adalah proses penyampaian
pikiran, atau perasaan oleh seseorang (komunikator) kepada orang lain (komunikan).
Pikiran bisa merupakan gagasan, informasi, opini, dan lain-lain yang muncul dari
benaknya. Perasaan bisa berupa keyakinan, kepastian, keraguan, kekhawatiran,
kemarahan, keberanian, kegairahan, dan sebagainya yang timbul dari lubuk hati”
(Onong Uchyana, 2002).
− “Komunikasi sebagai proses sosial psikologi dengan mana seseorang mampu
menerima sikap dan pandangan orang lain, bahwa dua orang atau lebih dapat

Kepada siapa ia berkomunikasi (penerima) adalah seorang yang akan mendengarkan bila seseorang berbicara dan bila seseorang menulis makna penerimanya adalah orang yang membaca. Komunikasi juga merupakan kebutuhan integral dan tidak mungkin dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. yaitu. Siapa yang berkomunikasi (sumber atau komunikator) sebagai titik awal proses komunikasi dengan membagi informasi. bertukar informasi selama berlangsungnya proses komunikasi. Sugiyo (2005: 23-24) menyatakan unsur . Intinya. with some effect and some immediate feedback). komunikasi antarpribadi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang atau di antara sekelompok kecil orang-orang. (Liliweri. maka terlihat bahwa komunikasi merupakan salah satu kebutuhan mendasar manusia. Park. Penerima yaitu sasaran proses komunikasi. 1887).Devito dalam bukunya The Interpersonal Communication Book (Devito. proses komunikasi tidak akan terjadi apabila tidak ada komponen-komponen yang terlibat di dalamnya. secara umum dapat dikatakan tujuan komunikasi adalah suatu usaha membawa orang lain ke sudut pandang pembicara atau sumber atau komunikator sehingga pada giliranya dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang diharapkan. oleh karena itu untuk mencapai proses komunikasi yang efektif perlu diperhatikan unsur atau komponen komponen penting yang sudah mutlak harus ada. Pengertian komunikasi antar pribadi Terdapat beberapa definisi komunikasi antarpribadi menurut beberapa ahli. . Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi yang dapat diungkapkan melalui banyak cara. 3. diantaranya adalah: 1. seperti bahasa lisan. 1991: 12) C. B. Setelah menelaah beberapa definisi komunikasi yang diungkapkan para ahli diatas. or among a small group of persons. ide kepada orang lain. Menurut Joseph A.unsur komunikasi. gerakan. 3. dimana masingmasing memberikan makna yang berbeda pada informasi yang diterimanya” (Robert E. Tan mengemukakan bahwa komunikasi antarpribadi adalah komunikasi tatap muka antara dua orang atau lebih. Tujuan. 2. 2. 1. 1989:4). dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik seketika (the process of sending and receiving messages between two persons. maupun melalui gambar-gambar tertentu. simbol-simbol. Menurut Rogers dalam Depari. Unsur-unsur komunikasi Dalam komunikasi harus ada unsur-unsur yang mendukung agar dapat berjalan lancar. komunikasi antarpribadi merupakan komunikasi dari mulut ke mulut yang terjadi dalam interaksi tatap muka antara beberapa pribadi.

Ada pengirim (sender) yang mengirimkan informasi dan ada penerima (receiver) yang melakukan seleksi. 2002) E.A. 4. maka ia “menyuntikkan satu ampul” persuasi kepada orang lain itu.1 Model Komunikasi Linier. yaitu : 1. Seperti teori jarum hipodermik (hypodermic needle theory). menjelaskan 3 jenis komunikasi : . D. (2005:72). . Ph. interpretasi dan memberikan respons balik terhadap pesan dari pengirim (sender). dan tujuan ke dalam suatu sandi atau kode dan merupakan serangkaian simbol sistematik. Komunikasi Intrapribadi (Intrapersonal communication) . Dengan demikian.Si. Terjadi komunikasi umpan balik (feedback) gagasan. Makna pesan adalah tingkah laku dinyatakan dalam bentuk verbal dan non verbal yang berupa terjemahan. Jenis-jenis dan bentuk komunikasi Menurut Stewart L. sedangkan setiap pratisipan memiliki peran ganda. M.2 Model Komunikasi Dua Arah adalah jenis komunikasi interaksional. Proses komunikasi ini menekankan semua perilaku adalah komunikatif dan masingmasing pihak yang terlibat dalam komunikasi memiliki konten pesan yang dibawanya dan saling bertukar dalam transaksi (Sendajaja.D. di mana pada satu waktu bertindak sebagai sender. M.3 Model Komunikasi Transaksional yaitu komunikasi hanya dapat dipahami dalam konteks hubungan (relationship) di antara dua orang atau lebih. asumsi-asumsi teori ini yaitu ketika seseorang memersuasi orang lain. Sosiologi Komunikasi. Apa yang ia sampaikan atau pesan. proses komunikasi dapat digolongkan dalam beberapa bentuk. S. tanpa mengadakan seleksi dan interpretasi. Bentuk-bentuk Komunikasi Menurut Deddy Mulyana. seperti dikutip oleh Prof. . yaitu jenis komunikasi satu arah (one-way view of communication).M Burhan Bungin. Tubbs dan Sylvia Moss dalam buku Human Communication. sedangkan pada waktu lain berlaku sebagai receiver.. terus seperti itu sebaliknya. sehingga orang lain tersebut melakukan apa yang ia kehendaki. kelanjutan dari pendekatan linier. Dr. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. H. Di mana komunikator memberikan suatu stimulus dan komunikan memberikan respons atau tanggapan yang diharapkan.Sos. maksud. gagasan. (2007:253). komunikasi berlangsung dalam proses dua arah (two-way) maupun proses peredaran atau perputaran arah (cyclical process).

Komunikasi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses komunikasi dua orang. Menurut Ron Ludlow & Fergus Panton. adalah komunikasi melalui penggunaan media. karena yang terlibat dalam komunikasi ini hanya dua orang. radio. kuliah. dan sebagainya. karena sebelum berkomunikasi dengan orang lain.Misalnya karyawan dengan status sosial yang lebih rendah harus tunduk dan patuh apapun perintah yang diberikan atasan. Komunikasi publik (Public communication) Komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah besar orang (khalayak). Komunikasi Interpribadi (Interpersonal communication) Proses pertukaran informasi antara seseorang dengan paling kurang seseorang lainnya atau biasanya diantara dua orang yang dapat langsung diketahui balikannya. tabligh akbar yang sering disampaikan oleh para pendakwah. baik kita sadari atau tidak kita sadari. Hambatan atau gangguan komunikasi antar pribadi Di dalam komunikasi selalu ada hambatan yang dapat mengganggu kelancaran jalannya proses komunikasi.televisi. Beberapa pakar komunikasi menggunakan istilah komunikasi kelompok besar untuk komunikasi ini. karena menurut persiapan pesan yang cermat. karena sifatnya yang timbal balik dan terkonsentrasi. . Dengan perkataan lain.Adanya perbedaaan pengaruh status sosial yang dimiliki setiap manusia. merenung. Dalam hal ini adalah media massa seperti majalah. Komunikasi kelompok (Group communication) Komunikasi antara seseorang dengan sekelompok orang dalam situasi tatap muka.  SEMANTIC PROBLEMS. Komunikasi publik ini biasanya berlangsung formal dan lebih sulit. Komunikasi ini efektivitasnya paling tinggi. komunikasi ini adalah proses penyampaian suatu pesan oleh seorang komunikator kepada perilakunya. dan sebagainya. maka jenis komunikasi ini sering disebut komunikasi diadik (dyadic communication). (umum). 4. Contohnya: berpikir. ada hambatan-hambatan yang menyebabkan komunkasi tidak efektif yaitu :  STATUS EFFECT. 2. ceramah. tiga orang. 3. dan sebagainya.yang tidak bisa dikenali satu per satu. keberanian. dan kemampuan menghadapi sejumlah besar orang. Sehingga informasi dan gagasan yang disampaikan tidak dapat diterima dan dimengerti dengan jelas oleh penerima pesan atau receiver. surat kabar. Komunikasi media massa (Mass Media communication) Sering disingkat menjadi komunikasi massa. biasanya kita berkomunikasi dengan diri sendiri terlebih dahulu (mempersepsikan dan memastikan makna pesan orang lain). 5.Faktor semantik menyangkut bahasa yang dipergunakan komunikator sebagai alat untuk menyalurkan pikiran dan perasaanya kepada komunikan. Komunikasi ini sering disebut pidato.Komunikasi yang dilakukan dengan diri sendiri. F. Maka karyawan tersebut tidak dapat atau takut mengemukakan aspirasinya atau pendapatnya.

suara radio yang hilang dan muncul.Hambatan ini disebabkan oleh gangguan lingkungan fisik terhadap proses berlangsungnya komunikasi. G. Seperti contoh : kata “jangan” dalam bahasa Indonesia artinya tidak boleh. Dalam suatu organisasi terdapat beberapa suku. Sehingga dalam komunikasi terjadi perbedaan persepsi dan wawasan atau cara pandang antara satu dengan yang lainnya. tetapi orang suku jawa mengartikan kata tersebut suatu jenis makanan berupa sup. Misalnya kesalahan pengucapan bahasa dan salah penafsiran seperti contoh : pengucapan demonstrasi menjadi demokrasi.Hambatan yang terjadi karena disebabkan adanya perbedaan kebudayaan. dan cahaya yang kurang jelas. Seperti contoh : Seorang manajer menerangkan suatu gagasan yang ditujukan kepada para karyawan. ras.  NO FEED BACK. huruf ketikan yang buram pada surat sehingga informasi tidak dapat ditangkap dan dimengerti dengan jelas.komunikasi antar pribadi. . dan bahasa yang berbeda. kedelai menjadi keledai dan lain-lain. Contohnya : suara riuh orang-orang atau kebisingan. Demi kelancaran komunikasi seorang komunikator harus benar-benar memperhatikan gangguan sematis ini. suara hujan atau petir. agama dan lingkungan sosial.  PERCEPTUAL DISTORSION. sebab kesalahan pengucapan atau kesalahan dalam penulisan dapat menimbulkan salah pengertian (misunderstanding) atau penafsiran (misinterpretation) yang pada gilirannya bisa menimbulkan salah komunikasi (miscommunication).  POOR CHOICE OF COMMUNICATION CHANNELS.Perceptual distorsion dapat disebabkan karena perbedaan cara pandangan yang sempit pada diri sendiri dan perbedaaan cara berpikir serta cara mengerti yang sempit terhadap orang lain. Sehingga ada beberapa kata-kata yang memiliki arti berbeda di tiap suku.  CULTURAL DIFFERENCES.Di komunikasi antar pribadi ini saya mendapatkan ilmu yang bermanfaa tetnang apa itu komunikasi. Dan saya sekarang mengetahui apa itu komunikasi verbal dan nonverbal dan etika dalam berkomunikasi terhadap seseorang. dalam penerapan gagasan tersebut para karyawan tidak memberikan tanggapan atau respon dengan kata lain tidak peduli dengan gagasan seorang manajer.Adalah gangguan yang disebabkan pada media yang dipergunakan dalam melancarkan komunikasi. unsur dan jenis dan cara komunikasi yang efektif. Contoh dalam kehidupan sehari-hari misalnya sambungan telephone yang terputus-putus.Hambatan tersebut adalah seorang sender mengirimkan pesan kepada receiver tetapi tidak adanya respon dan tanggapan dari receiver maka yang terjadi adalah komunikasi satu arah yang sia-sia. Manfaat komunikasi antar pribadi Menurut saya sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari hari maupun untuk menghadapi klien yang bermasalah.  PHYSICAL DISTRACTIONS. gambar yang kabur pada pesawat televisi.