YAYASAN BHINNEKA KARYA KABUPATEN BOYOLALI

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN “ BHINNEKA KARYA “ 1 BOYOLALI
( SMK “ BHINNEKA KARYA “ 1 BOYOLALI )
PROGRAM STUDI KEAHLIAN/KOMPETENSI KEAHLIAN
1. KEUANGAN/AKUNTANSI : TERAKREDITASI A
2. TATA NIAGA/PEMASARAN : TERAKREDITASI B
3. TATABUSANA/BUSANA BUTIK : TERAKREDITASI B
4. TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA/MULTIMEDIA : TERAKREDITASI B
Alamat : Jl. Kebon Ijo No.5 Simo - Boyolali 57377 Telp (0276) 3331038, 3294989 Fax : - E-mail : smkbk_1byl@yahoo.com

ULANGAN UMUM AKHIR SEMESTER GENAB
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MATA PELAJARAN : Kompetensi Kejuruan
KELAS/PAKET KEAHLIAN : X / Dasar Dasar Kejur Akuntansi
HARI/TANGGAL : 3 Juni 2017
WAKTU : 09.30 – 11.00 ( 90 menit )

I. PETUNJUK UMUM :

1. Tulislah dahulu nama, nomor peserta anda pada lembar jawab yang
tersedia.
2. Kerjakan soal-soal dengan menggunakan pulpen/ballpoint. Dengan
tinta warna hitam
3. Periksa dan bacalah soal-soal dengan teliti sebelum anda
menjawab.
4. Bentuk soal terdiri dari 2 ( dua ) macam , yaitu pilihan ganda
sebanyak 30 soal dan soal uraian terbatas sebanyak 10 soal
5. Laporkan kepada Pengawas Ruang, jika ada tulisan yang kurang
jelas atau rusak.
6. Kerjakan soal-soal yang anda anggap mudah terlebih dahulu.
7. Untuk menjawab soal-soal Pilihan Ganda, tulislah huruf : a, b, c, d,
atau e sebagai jawaban yang anda anggap paling benar pada lembar jawab yang telah
disediakan
8. Setelah anda selesai mengerjakan seluruh soal dan masih ada waktu
yang tersisa, periksa kembali jawaban anda.
9. Setelah tanda bel selesai mengerjakan dibunyikan silahkan
meninggalkan ruangan Ulangan Umum Akhir Semester Gasal dan letakkan lembar soal
dan lembar jawab di atas meja.

Ulangan Umum Akhir Semester Genabl – 2016/2017- - Kelas X- DKK 1

Sarung tangan e. c. Unsur-unsur penunjang keamanan yang bersifat material adalah sebagai berikut.. a. PETUNJUK KHUSUS A... dan proses kerja. 22 Tahun 1993 penyakit yang timbul karena hubungan kerja.. a. Pengertian K3 atau keselamatan dan kesehatan kerja ada. memperoleh keserasiaan antar tenaga kerja. memelihara kebersihan. a. Lima kali peringatan 6. d. 5. Baju kerja b. Kaca mata d. b. Salah satu tujuan pemerintah membuat aturan K3 yang dapat dilihat pada Pasal 3 ayat 1 UU No. Tulislah huruf a.. d atau e pada jawaban yang paling benar ! 1. Keselamatan kerja Ulangan Umum Akhir Semester Genabl – 2016/2017. a.. e.Kelas X.lingkungan. satu prasyarat yang ditetapkan dalam hubungan ekonomi perdadangan barang dan jasa antar negara yang harus dipenuhi oleh seluruh negara anggota.. b. pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata.. Berikut ini yang bukan merupakan UU penerapan K3 didalam sebuah perusahaan adalah . e. kesehatan dan ketertiban. 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja c. UU No. 3. a. Satu kali peringatan b...II. 14 Tahun 1993 tentang Penyelenggaraan program Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Upaya pencegahan (preventif) timbulnya kecelakaan kerja dan penyakit akibat hubungan kerja. Pemutusan hubungan kerja (PHK) diberikan kepada karyawan yang melakukan pelanggaran berat yaitu setelah diberikan…. mencegah dan mengurangi kecelakaan b.alat kerja.. c.DKK 2 . UU No.. suatu sistem untuk mengurangi biaya perusahaan apabila timbul kecelakaan kerja. b. sepatu c. Empat kali peringatan e. d. Tiga kali peringatan d. memberikan pertolongan pada kecelakaan d.cara. Kepres No. mencegah dan mengurangi bahaya huru hara c. e. Keamanan kerja b. a. Petugas keamanan 4. 2. PP No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan kerja adalah.. Dua kali peringatan c.. Bagian dari ilmu kesehatan sebagai unsur ilmu penunjang terhadap adanya jiwa raga dan lingkungan kerja yang sehat disebut…. serta memiliki derajad kesehatan yang setinggi tingginya.. Gambaran masyarakat Indonesia dimasa depan yang penduduknya hidup dalam lingkungan dan perilaku sehat. Helm. kecuali….lah. Kesehatan kerja c. 8 tentang perlindungan konsumen. UU No.

penataan manajemen keselamatan yang buruk d.. Lampu berkedip e. serta peralatan kebersihan. Mengkaji ulang terjadinya pencurian 10. penghentian alat produksi e. d.. a. a. Penunjang kesehatan lingkungan kerja d. repetitive injury strain b. Memblokir kawasan yang telah digunakan oleh pencuri d. Memberitahukan kepada bagian informasi c.. Berikut ini yang tidak termasuk kerugian yang langsung nampak dari timbulnya kecelakaan kerja yaitu. Adanya sarana dan prasarana. Ngantuk c.. kecuali…. office safety e.DKK 3 . terdapat tim kerja yang kurang kompak atau solid Ulangan Umum Akhir Semester Genabl – 2016/2017. memelihara sarana dan prasarana. Tanda telah terjadi bahaya atau hal-hal yang mencurigakan adalah ….. Melaporkan kejadian kepada petugas keamanan b. dan sebagainya adalah tujuan K3 untuk…. adanya water closed dan sebagianya merupakan unsur unsur….. lingkungan 9. Perusahaan b. Lampu kuning c. Karyawan c. repetitive motion c. Mushola e. Pekerja yang sering mendapat kecelakaan dalam melakukan pekerjaannya dilingkungan yang tidak aman sering terjadi disebabkan oleh. Penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan salah yang dilakukan secara berulang-ulang dalam jangka panjang disebut. adanya tempat sampah yang memadai. Gejala . a. kerusakan alat-alat produksi c. peralatan kantor yang ada menggunakan tehnologi canggih d. a. Lampu hijau b.. Penunjang kesehatan rohani c... Lampu merah d. a. Berdiri tidak seimbang b. Punggung terasa berat 14.. a. kecuali… a. Penunjang kebersihan lingkungan kerja 8.Kelas X. a. hilangnya waktu kerja 13. Penunjang kesehatan jasmani b. jumlah pegawai dalam satu rungan terlalu banyak e.... Prosedur kerja 7. ergonomik d. Apabila terjadi pencurian. Sekolah sekolah d.. Kepala pening e. Memutar kembali CCTV untuk memperjelas ciri ciri pencuri e. maka prosedur yang harus dilakukan sebagai berikut..gejala kelelahan yang tergolong gejala fisik adalah sebagai berikut. Penunjang kegiatan kerja e.. Menguap d.. pegawai merasa ahli dibidangnya dan belum pernah mengalami kecelakaan b. Lampu menyala 11. Hukum kesehatan e... adanya pengawasan atau manajer yang menguasai keselamatan kerja c. unsafe behaviour 12. mencegah kerugian. Meningkatkan kinerja dan omzet. biaya pengobatan dan kompensasi kecelakaan b.

. Segitiga 22.. banyaknya tumpukan kertas dan karpet b. pencahayaan yang terlalu terang c..DKK 4 . menambah gaji agar pegawai lebih taat pada peraturan keselamatan kerja 16. Untuk menunjukkan tempat atau barang-barang yang berbahaya dan dapat mematikan manusia seperti racun adalah…. setiap pegawai harus diberika pelatihan jika kantor membeli peralatan yang baru c. pada waktu tertentu . a. 15. kegaduhan diruangan e. Ulangan Umum Akhir Semester Genabl – 2016/2017. Melambaikan tangan b. teman-teman kerja 18.. peraturan mengenai pengunaan peralatan kantor 17. a. kegiatan mengarsipkan dokumen c. gerakan yang berulang-ulang e. Tengkorak c.. Dilarang menyalakan api c.... Diminta untuk menyalakan api e. Warna e. Label atau gambar 21. Rokok d.direparasi dan diganti komponen- komponennya a.Kelas X. a. tata ruang yang nyaman d. memberikan reward atau penghargaan terhadap mereka yang dapat menciptakan lingkungan yang aman e.. Salah satu yang harus diperhatikan dalam hal penggunaan alat-alat kerja adalah. kecuali… a. Gambar bunga api e.. alat-alat kerja perlu diservis. a. menghilangkan bahaya ditempat kerja dengan merekayasa faktor bahaya atau mengenalkan kontrol fisik b. a. dengan adanya peralatan yang baru pegawai harus dapat bekerja secara efisien 19... yang artinya adalah… a..... Tanda atau isyarat bahaya dapat berupa sebagai berikut. mengubah sikap pegawai agar lebih peduli dengan keselamatan dirinya c. alat harus menggunakan tehnologi canggih sehingga tidak ketinggalan jaman b. Symbol c. posisi tubuh yang salah ketika melakukan pekerjaan b. Berikut yang tidak tergolong masalah yang banyak dijumpai dikantor yang dapat menyebabkan lingkungan kerja tidak aman adalah. Berikut ini yang tidak termasuk langkah untuk meminimalisasi kecelakaan kerja dikantor atau perusahaan adalah. Gambar palang merah b. Dilarang membakar sampah d. merokok dan parfum d.. memberikan punishment atau hukuman terhadap pelaku yang menyebabkan terbentuknya lingkungan yang tidak aman d. Kode d. Masalah-masalah berikut yang tidak timbul berkaitan dengan daerah kerja adalah. peralatan diletakkan pada tempat kerja khusus sehingga tidak mengganggu pegawai yang lain d. Gambar di samping adalah rambu rambu yang ada di sebuah pabrik. Tempat untuk merokok 20. Dilarang merokok b.

Memakai produk kosmetik 28. Makanan harus cukup mengandung karbohidrat.factor keserasian adalah…. a. Gas/ uap cairan c. Aliran listrik tegangan tinggi e. Faktor psikologis 29. a.sebaiknya 45 cm b. kecuali…… a. Debu d. a. Syarat makanan yang sehat memiliki ciri-ciri sebagai berikut. Makanan harus cukup mengandung unsur pengawet 26. Butiran Kristal e. Saku jangan penuh dan membengkak c. Berikut merupakan jenis-jenis peralatan peringatan apabila terjadi bahaya.. Ilmu matematika 24..Kelas X. Bunyi sirine kebakaran c. Ilmu geonometri d.. yang artinya adalah… a. Dilarang menyalakan api b. Gambar di samping adalah rambu-rambu yang ada di sebuah pabrik. yang tidak dipertimbangkan dalam berbusana pada factor. a. Bakteri. letakkan monitor sejajar dengan keyboard c. Alarm pencurian 25. Faktor biologis d. Bahan-bahan kimia yang mempunyai sifat racun 30. Agar nyaman bekerja didepan komputer. serangga tumbuh tumbuhan dan lain lain adalah mengidentifikasi situasi yang berbahaya dilihat dari…. Sirine mobil polisi e. Faktor fisik b.. cacing. Ilmu ergonomic b. Ventilasi yang kurang memadahi b. kecuali…. gunakan lampu baca untuk menyinari ruangan tempat kerja d. Ilmu ergometri c. jarak minimum antara mata dan layar komputer . Aliran air d. Jangan terlalu mewah dan glamour e. Diminta untuk menyalakan api c. Kancing baju jangan terbuka b..DKK 5 . Jangan urakan dan nyentrik d. Tanda hujan 23.. Alarm kebocoran gas d. Faktor faal e. Situasi atau kondisi yang dapat menjadi pemicu atau sumber-sumber bahaya bagi keamanan dan keselamatan tenaga kerja. dilihat dari factor kimia adalah sebagai berikut. kecuali…. Makanan harus cukup mengandung kalori b. Infeksi Ulangan Umum Akhir Semester Genabl – 2016/2017. virus. Faktor kimia c.. sebaiknya.lemak dan protein c. jamur. Ilmu automasi e. Alarm kebakaran b. a. Makanan harus cukup mudah dicerna d. naskah diletakkan diatas monitor e. dengarkan musik agar tidak jenuh 27. Makanan harus cukup mengandung vitamin dan unsur unsur mineral e. Salah satu penyakit yang disebabka oleh adanya kuman penyakit yang masuk dan berkembang biak di dalam tubuh di sebut penyakit… a. Ilmu untuk mengukur kemampuan kerja atau pemakaian tenaga sendiri oleh pekerja untuk pekerjaannya dengan daya fisik maksimum dari tenaga kerja adalah… a.

kondisi bahaya di lingkungan kerja dapat timbul dari lingkungan Nonteknis. Berilah 2 contoh himbauan dengan kata-kata yang biasanya digunakan untuk peringatan kerja! 39. Di dalam keselamatan kerja terdapat istilah imlu ergonomi. jelas dan tepat ! 31. . Jelaskan maksud dari gambar di bawah ini a. Uraian / Essay Untuk soal nomor 31 s/d nomor 40 jawablah dengan benar. Apa yang di maksud dengan keamanan kerja? 32. disentri B. Kusta e. b.. kesehatan dan keselamatan kerja bagi karyawan ! 35.DKK 6 . Sebutkan unsur. . c. TBC d. jelaskan apa itu ilmu ergonomi! 36. 37.unsur penunjang keamanan kerja yang bersifat non material! 33.Ditinjau dari segi lingkungan kerja. Sebutkan 3 tujuan keamanan. Virus c. Jelaskan bagaimana lingkungan kerja yang baik! 34. b. sebutkan 3 contohnya! ***** SELAMAT MENGERJAKAN ***** Ulangan Umum Akhir Semester Genabl – 2016/2017.Kelas X. Jelaskan apa yang di maksud dengan inveksi yang terjadi pada tubuh kita 40. Bagaimana kita harus berpenampilan serasi di tempat kerja? 38.Kurang dapat menjaga kesehatan dan keamanan kerja dapat mengakibatkan kecelakaan kerja contohnya terjadi inveksi.