Delila Stefanya Pusparani

1406575992
Sejarah Konstitusi
Rabu, 26 April 2017

Peradilan Gubernemen pada Masa Hindia Belanda

1. Hooggerechstof
Hooggerechstof Ver Indonesie merupakan Mahkamah Agung pada zaman Hindia
Belanda. Hal ini berdasarkan Keputusan Gubernur Jenderal 3 Desember 1847 No. 2a
(St.1847 No. 23 yo No. 57) yang ditetapkan pada 1 Mei 1948 (R.O). 1 Hooggerechstof ini
adalah lembaga peradilan tertinggi di Hindia Belanda, akan tetapi kekuasaannya tidak
seluas Hooger Raad sebagai pengadilan tertinggi di Belanda, di mana pengadilan ini
dapat mengadili pada tingkat kasasi semua putusan pengadilan. Contoh kompetensi
Hooggrechstof adalah sebagai pengadilan tingkat pertama (dan terakhir) sengketa
kewenangan mengadili antara hakim gubernemen dan lainnya, pengadilan tingkat kedua
(dan terakhir), antara lain mengadili dalam perkara pidana dan perdata atas putusan Raad
van Justitie yang berada di seluruh Hindia Belanda. Hooggerechstof berkedudukan di
Batavia atau Jakarta.2

1 Saiful Imam, “Sejarah Mahkamah Agung,” http://pa-wonosari.net/index.php?
view=article&catid=42%3Aartikelbebas&id=126%3Asejarahmahkamahagung&format=pdf&option=com_content&It
emid=154, diakses 26 April 2017.
2 Miftakhul Huda, “Verplichte Procureurstelling (1),” Majalah Mahkamah Konstitusi Konsitutsi, No. 91
September 2014, h. 70.

Timor. Wilayah hukum RvJ Jakarta meliputi Jawa Barat. Kemudian. perampokan di sungai.2. Bali. RvJ merupakan pengadilan untuk golongan Eropa. Surabaya. Medan. Raad van Justitie Raad van Justitie (RvJ terletak di 6 (enam) kota. dan Makassar. pembajakan. Pengadilan juga dapat mengadili orang-orang di luar golongan Eropa dan Timur Asing. selama hal yang diperkarakan masuk ke dalam hukum Eropa. Dan wilayah hukum RvJ Makassar meliputi Sulawesi. Semarang. Lombok. Tapanuli. Untuk perkara pidana. tanpa memandang golongan masyarakat RvJ dapat mengadili perkara pidana mengenai perdangan budak. Wilayah hukum RvJ Semarang meliputi Jawa Tengah. dan Riau. Bangka Belitung. perampokan barang ketika transit di pantai. RvJ juga berwenang mengadili sengketa kewenangan mengadili dari pengadilan-pengadilan di bawahnya. terlepas dari golongan rakyat. 3. Kalimantan Selatan. dan Kalimantan Timur. Aceh. dan Maluku. Jambi. yaitu Jakarta. dan atau para pihak tersebut menundukkan diri pada hukum Eropa. Lampung. dan Bengkulu. pengadilan ini mengadili perkara perdata. RvJ juga merupakan pengadilan banding bagi putusan yang dikeluarkan oleh landraad dan residentierecht. Padang. Wilayah hukum RvJ Medan meliputi Sumatera Timur. Bagi golongan Timur Asing. dan Kalimantan Barat. Selain itu. tindak pidana ekonomi. Landraad . dan tindak pidana lainnya. baik untuk perkara pidana maupun perkara perdata. Wilayah hukum RvJ Padang meliputi Sumatera Barat. Palembang. RvJ berwenang mengadili kasus perdata atas barang yang ditemukan di teluk dan laut. Wilayah hukum RvJ Surabaya meliputi Jawa Timur dan Madura.

dan politierol. Landgerecht Landgerecht merupakan pengadilan yang muncul untuk menggantikan pengadilan Politierol sejak tahun 1914. Putusan landraad dapat diajukan banding. namun tetap saja hukum acara yang digunakan mengikuti masing-masing golongan. Putusan landgerecht tidak dapat diajukan banding. Perkara yang disidangkan adalah: a. Sedangkan. diajukan banding ke Hooggerechtshcof. Landgerecht mengadili perkara dari semua jenis golongan penduduk. Jenis perkara yang disidangkan landgerecht adalah perkara pidana dengan maksimal hukuman 3 (tiga) bulan penjara dan denda 500 gulden. Perkaa pidana di luar kewenangan districtrecht. regenscchapgerecht. 4. Dalam hal putusan perkara perdata dengan nilai objek di atas 100 gulden dan perkara pidana dengan putusan terdakwa bebas. Perkara perdata dengan nilai objek lebih dari 50 gulden atau kurang dari 50 gulden untuk golongan Eropa. 5. Pemeriksaan di landgerecht dilakukan oleh hakim tunggal. maka putusan tersebut dapat diajukan ke RvJ. dan putusan pidana selain bebas. Yurisdiksi landraad meliputi suatu kabupaten. untuk perkara perdata dengan nilai objek di atas 500 gulden. salah satunya adalah tindak pidana yang diancam pidana denda minimal 25 gulden. b. Residentiegerecht .

e. . Klaim dalam penyewaan property. b. kecuali bahwa di persidangan. Klaim atas tindakan sewenang-wenang terhadap perencanaan penggunaan tanah.Pengadilan ini berada di mana terdapat landraad. terlepas dari harga sewa. Permohonan (putusan yang besifat deklaratoir) mengenai penyitaan properti yang telah dilakukan adalah sah selama dilakukan atas dasar klaim di bawah yurisdiksi residentiegerecht. penyewa dengan bukti tertulis membuktikan bahwa jangka sewa telah diperbaharui dan harganya melebihi 600 gulden per tahun. g. Perkara-perkara yang dapat disidangkan di Residentiegerecht adalah: a. yaitu pengosongan properti karena berakhirnya jangka sewa. Klaim atas pemutusan kontrak sewa dan pengosongan properti yang disewa. perbaikan dan kerusakan untuk properti nyata disewa. Permohonan (putusan yang bersifat deklaratoir) mengenai pengosongan atau pelegalan tawaran pembayaran atau pembayaran agar barang disimpan di pengadilan. semak-semak. pohon atau taman buah atau umbi-umbian. Perlawanan klaim atas suatu hal yang mana hal tersebut berada di bawah yurisdiksi residentiegerecht. d. c. yang berada di bawah penguasaan penyewa. bendungan. sungai. yang sah di bawah hukum adat indonesia. jika harga barang yang ditawarkan atau jumlah uang yang disetorkan tidak melebihi 500 gulden. Klaim pada kerusakan yang diakibatkan manusia atau perilaku hewan atas tanah. pagar. dan pengadilan ini juga memiliki ckupan yurisdiksi yang sama dengan landraad. h. f. dalam kasus penyewa diabaikan untuk membayar dan kemudian menyewa kecuali tidak melebihi 600 gulden. saluran air atau yang mengakibatkan kerusakan pada hal-hal tersebut. pembayaran untuk hak guna usaha. pohon. memperoleh kepemilikan properti pribadi. Klaim yang nilainya tidak melebihi 500 gulden pada kewajiban pribadi.

4 “Sekilas tentang Sejarah Struktur Lembaga Peradilan Masa Kolonial Hindia Belanda dan Jepang. i. b. . j. Regenschapgerecht Regenchapgerech beraada di kapupaten dan didpimpin oleh Bupati atau hakim duduk sebagai deputi. Putusan regentschapgerecht sendiri dapat dimintakan banding ke landraad.com/2015/09/08/sekilas-tentang-sejarah-struktur-lembaga-pengadilan-masa-kolonial- hindia-belanda-dan-penjajahan-jepang/. b. sedangkan putusan pidananya bersifat final dan langsung mengikat (tidak dapat dimintakan banding).4 3 “Sejarah Pengadilan Negeri pada Zaman Hindia Belanda.php/tentang-pengadilan/profile-pengadilan/2015-05-30-06-25-03?showall=&start=1. Perkara pidana yang diancam maksimal pidan penjara 6 hari atau denda 3-10 gulden Regentschapgerecht adalah pengadilan tingkat banding atas putusan districtgerecht. Perkara perdata dengan nilai objek kurang dari 20 (dua puluh) gulden yang tergtugatnya datang dari golongan pribumi3. diakses 26 April 2017. diakses 26 April 2017.” https://kanggurumalas.pn- kebumen.go. Perkara perdata dengan nilai objek 20-50 gulden.id/index. asalkan para pihak secara sukarela menundukkan diri pada hukum Eropa. Districtgerecht Districtgerect terletak di kecamatan dan dipimpin oleh Camat sebagai hakim. Penyelesaian perselisihan eksekusi hukuman jika para pihak adalah orang pribumi Indonesia atau timur asing non-cina. Perkara pidana yang diancam maksimal pidana denda 3 (tiga) gulden Putusan perdata dari districtgerecht dapat dimintakan banding ke regentschapgerecht. Perkara- perkara yang disidangkan di districtgerecht adalah: a. Sengketa ketenagakerjaan terlepas dari berapa nilai sengketa nya dan golongan yang menjadi para pihak.” http://www. Perkara-perkara yang disidangkan di regentschapgerecht adalah: a. 6. 7.