Sekilas Tentang Perusahaan

Pada tahun 1950, PT Samudera Indonesia Tbk (selanjutnya disebut "Perusahaan" atau "Samudera
Indonesia") memulai perjalanannya di industri transportasi dan logistik nasional sebagai agen
pengiriman. Dipelopori oleh Bapak Soedarpo Sastrosatomo, Samudera Indonesia secara resmi
ditunjuk sebagai perusahaan pelayaran pada 13 November 1964, sebagaimana diatur dalam Akta
Notaris No 33 tahun 1964, yang dibuat oleh Notaris Soeleman Ardjasasmita, S.H.

Sejalan dengan perkembangan bisnis yang cepat dan organisasi yang semakin kompleks, Perseroan
memutuskan untuk melakukan restrukturisasi bisnis dengan mendirikan kelompok konsolidasi yang
mengelola 4 unit (empat) bisnis, yaitu pengiriman (Samudera Shipping), agensi (Samudera Agencies),
logistik (Samudera Logistics), dan operasi pelabuhan (Samudera Terminal), menyediakan solusi
layanan logistik terpadu end-to-end.

Untuk menegaskan dan memperkuat keberadaannya di masyarakat dan di industri transportasi dan
logistik global, Samudera Indonesia menjadi perusahaan publik dengan mencatatkan sahamnya di
Bursa Efek Indonesia pada tanggal 5 Juli 1999 dengan kode ticker SMDR. Pada akhir 2015, SMDR
dioperasikan dengan dukungan 4.000 karyawan, lebih dari 40 anak perusahaan, dan 56 kantor di
berbagai daerah di Indonesia serta kantor perwakilan di seluruh Asia.

Shareholders Structures

1. Samudera Shipping Line Ltd
Sebagai salah cabang terbesar perusahaan, PT. Samudera Shipping Line (SSL) didirikan sebagai
salah satu lanjutan dari aktivitas pelayaran kontainer internasional Divisi Feeder di Samudera Indonesia
yang dimulai pada 1988. Divisi tersebut kemudian didirikan sebagai sebuah entitas independen di
Singapura pada 22 Desember 1993. Bersama dengan perkembangannya, SSL diputuskan untuk
menjadi perusahaa umum sebagai perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Singapura dengan nama
Samudera Shipping Line Ltd pada 13 September 1997.

Pelayanan utama SSL dalam bisnis pelayaran kontainer regional adalah sebagai berikut:
• Feeder

Mengangkut kontainer milik pengirim atau Shipper Owned Container (SOC) antara “hub” and “spoke”.
SSL juga menyediakan pelayanan feeder untuk Main Line Operators, Non-Vessel Operating Common
Carrier (NVOCC) dan Container Operator.

• Liner

Menggunakan Carrier Owned Container (COC), pengiriman kargo antara pelabuhan-pelabuhan
“spoke” ports dapat diselesaikan sesuai dengan cakupan pemasaran. SSL menyediaka layanan liner
untuk direct shipper, traders and freight forwarders.
Saat ini, fokusan utama SSL adalah untuk menyediakan layanan dengan cakkupan area termasuk INA
(pelabuhan Jakarta, Bandung, Surabaya, Jambi, Semarang, Palembang, Pontianak, Pekanbaru,
Panjang, Batam, Belawan); SMTV (Singapore sebagai pelabuhan “gerbang” untuk Malaysia, Thailand,
Vietnam, Myanmar dan Philippines); India Sub-Continent (India, Sri Lanka, Pakistan dan Bangladesh);
dan Far East (Hong Kong and China).

SSS memiliki 4 servis utama. Secara umum. keselamatan kerja/kesehatan dan lingkungan sebagai mana ditetapkan pada sertifikasi ISO 9001.2. minyak dan gas. yaitu: • Ship Owning Menyediakan kapal untuk liquid & gas tanker. • Off shore Support Services Menyediakan kapal offshore bersama dengan layanan laiin untuk industri minyak dan gas eksplorasi lepas pantai. Kegiatan SSS difokuskan pada katering untuk segmen pengiriman industri khususnya layanan pengiriman industri cairan kimia. • Shipping Agency Menyediakan layanan sebagai agen umum untuk kapal-kapal asing di Indonesia untuk perusahaan pelayaran di bidang liquid & gas. dan tanker di Indonesia. offshore. 3. petroleum dan bulk shipping). Layanan SSS juga harus memenuhi standar kualitas. ISO 14001 and OHSAS 18001. • Ship Chartering Menyediakan ruang bagi kapal tanker untuk mengangkut liquid cargo di wilayah Indonesia dan Asia Tenggara berdasarkan kontrak voyage charter. dry bulk dan marine offshore berdasarkan kontrak time charter. Foremost Maritime Pte Ltd . PT Samudera Shipping Services PT Samudera Shipping Services (SSS) didirikan pada 12 Oktober 2000 sebagai perpanjangan tangan SSL untuk mengelola bulk carrier. dan bulk cargo (liquid petrochemical. dry bulk dan marine offshore. sehingga mampu memberikan layanan yang memuaskan bagi pelanggan dan memenuhi harapan mereka.

Cumawis telah melayani berbagai pelanggan kontraktor minyak dan gas di Indonesia.Didirikan pada tanggal 7 Januari 1995. kapal pendarat. PT Cumawis PT Cumawis didirikan pada tanggal 31 Januari 1975. yang melakukan pengiriman curah untuk tujuan di Indonesia dan luar negeri. 6. Anak perusahaan ini mengkhususkan diri dalam menyediakan layanan pengiriman tanker. SSL memiliki kepemilikan saham sebesar 25%. perusahaan ini berganti nama menjadi PT Perusahaan Pelayaran "Tankindo Perdana". LNG Tangguh Batur dimiliki oleh LNG North-South. Tangguh Towuti dengan kapasitas 145. . Saat ini. Oleh karena itu. LNG East-West juga mengoperasikan kapal Tangguh Batur untuk mengakomodasi kebutuhan pengiriman.700 CBM. 4. Sejak berdirinya. LNG East-West Shipping Company (Singapore) Pte Ltd Pada tahun 2006. minyak bumi. Samudera Indonesia melalui SSL mengumumkan bahwa Perusahaan telah membuat perjanjian dengan Nippon Yusen Kabushiki Kaisha (NYK) dan JSC Sovcomflot untuk berinvestasi di LNG East-West Shipping Company (Singapore) Pte Limited yang berbasis di Singapura. Foremost Maritime Pte Ltd telah ditetapkan oleh Samudera Indonesia sebagai anak perusahaan SSL untuk mengelola kegiatan pengiriman industri dengan SSS. Beberapa jenis kapal yang dioperasikan dan dimiliki oleh Cumawis adalah kapal crew. dan kapal pemadam kebakaran. kegiatan utama Foremost ini mencakup layanan pengiriman untuk petrokimia cair. Tangguh Towuti memperoleh kontrak jangka panjang dari BP Berau Limited yang mewakili Tangguh Production Sharing Contractors yang terdiri dari BP Berau Limited dan 9 perusahaan minyak kelas dunia dan gas lainnya untuk membawa LNG dari Bintuni Papua Bay. Foremost yang berbasis di Singapura mengoperasikan armada operasional yang terdiri dari 2 kapal curah dan 1 kapal tanker. 5. Berdasarkan Akta Nomor 28 tanggal 23 Januari 1985.LNG East-West Shipping Company (Singapore) Pte Ltd memiliki kapal LNG. untuk mengelola kegiatan pendukung lepas pantai. PT Tankindo Perdana Didirikan dengan nama PT Perusahaan Pelayaran Khusus Angkutan Muatan Cair "Tanker Indonesia Perdana" pada tanggal 27 September 1982. dan pengiriman curah. Kemitraan ini menandai usaha pertama Perusahaan ke bisnis transportasi LNG.

SEEMP.7. Certification and Watch Keeping for Seafarer (STC W). ISO 9000 Standard. SISM merupakan penggabungan dari beberapa divisi manajemen kapal di berbagai unit bisnis pelayaran di Samudera Indonesia. SISM juga didukung oleh orang-orang yang sangat kompeten dan tim ahli untuk mengoperasikan kapal dengan aman dan untuk memenuhi persyaratan nasional dan internasional sesuai dengan kebutuhan pasar. The Standard of Training. MLC dan ISO 14000. SISM juga menyediakan layanan lain seperti layanan independen atau mengintegrasikan layanan-layanan. Terlepas dari jasa manajemen kapal. SIMS mengembangkan Integrated Ship Management System (ISMS) sebagai tulang punggung sistem informasi dan teknologi untuk mendukung operasi bisnis sehari-hari dan kegiatan. sebagai berikut: . Sistem ini telah dikembangkan secara independen dari konsep hingga implementasi dan termasuk pelaksanaan baik pada kapal maupun kantor. PT Samudera Indonesia Ship Management PT Samudera Indonesia Ship Management (SISM) didirikan pada tahun 1991 untuk mendukung kegiatan pengiriman dengan memberikan profesional. efisien dan nilai tambah sebagai bentuk keunggulan kompetitif bagi pelanggan. Sistem manajemen keselamatan yang diterapkan oleh SISM telah merujuk pada regulasi International Safety Management Code for Safe Operation of Ships and for Pollution Prevention (ISM Code). serta praktek- praktek terbaik dalam manajemen kapal.

• Layanan manajemen kapal terdiri dari manajemen teknis dan kru. yang terdiri dari 27 kapal yang dimiliki grup dan 11 kapal pihak ketiga. Dari 38 kapal. SISM telah mengelola total 38 kapal. dan dukungan teknis • Bantuan hukum dan asuransi • Rekrutmen dan penempatan jasa SRPs kru bersertifikat (Seafarer Recruitment and Placement Service) didasarkan pada Maritime Labour Convention (MLC) 2006 dari Nippon Kaiji Kyokai (Class NK) dan SIUPPA K (Surat Izin Usaha Perekrutan dan Penempatan Kru) dari Pemerintah Indonesia • Survey dan pemeriksaan kondisi kapal ' • Pengawasan Site selama kapal-bangunan dan perbaikan • Manajemen proyek Dry-docking Pada akhir 2014. pembelian. akuntansi. administrasi. 29 kapal merupakan manajemen penuh sementara 9 adalah manajemen kapal teknis (kru dari manning agent). .