Metodologi Penulisan Ilmiah

1
Anisa K. Prasekti

No. Paper Research Problems Research Questions Research Contributions Link Jurnal
1. Hastuti, Arumsari, 1. Belum adanya metode yang Membuat model program yang 1. Menggunakan metode volumetrik untuk
Rosalina, (2010). cepat untuk menilai dapat menggambarkan make-up menghitung heat-storage. ..\..\..\TA\Re
pengembangan lapangan skenario sumur dalam jangka 2. Perhitungan volumetric heat-storage akan ferensi\Permi
panas bumi karena lingkungan panjang (tahun, volume produksi, menampilkan parameter-parameter yang nyakan\Proc
bisnisnya selalu berubah dll). akan dikalkulasi (kondisi reservoir, - Quick Tools
dengan cepat dan memerlukan densitas, recovery factor, dll) for
rencana penataan dan 3. Analisa perhitungan produksi yang akan Geothermal
pengembangan yang cepat. dihasilkan. Development
2. Belum terdapat desain proyek 4. Prediksi jangka panjang dari output Planning.pdf
yang dapat mengoptimalkan dimodelkan untuk menghasilkan perkiraan
nilai ekonomi terbaik pada make-up sumur.
bisnis geothermal. 5. Pembahasan evaluasi ekonomi dengan
menerapkan beberapa asumsi ekonomi
dan cash-flow dengan tepat.
2. Sentosa, Amin, 1. Investasi untuk menemukan 1. Berapa nilai parameter 1. Studi literatur dilakukan sebagai tahap ..\..\..\TA\Refer
Prabu. minyak atau gas di dalam bumi keekonomian usulan awal dalam pemecahan suatu masalah, ensi\Perminyaka
sampai siap berproduksi pemboran sumur X seperti dengan melakukan pendekatan n\TA - PROSPEK
memerlukan dana atau net.present.value (NPV), rate kepustakaan terhadap permasalahan PROYEK
investasi yang sangat besar, of.return (ROR), pay out time yang berhubungan dengan penelitian, PEMBUKAAN
sehingga sebelum investasi (POT), dan profit to dimana berupa teori, rumusan pengolahan PEMBORAN
tersebut dilakukan harus dikaji investment ratio (PIR)? data, pembahasan, dan penyelesaian SUMUR MINYAK
dulu apakah investasi tersebut 2. Apakah usulan pemboran masalah. X PADA
prospek atau tidak untuk sumur X layak untuk dilakukan 2. Pengumpulan data sekunder, yaitu seperti LAPANGAN
dilakukan. pemboran? rencana awal jumlah produksi sumur X, X.pdf
biaya tangible dan intangible, harga
minyak serta biaya operasi.
3. Pengolahan data dilakukan dengan cara
menentukan nilai dari net present value

Uji kelayakan Infill Drilling untuk 1. Afwira. rate of return (ROR). Melakukan tinjauan umum lapangan . DRILLING POT? XYZ.. Analisa data dilakukan dengan menentukan keuntungan yang diperoleh terhadap usulan pemboran sumur baru dan akan didapat suatu kesimpulan untuk mengambil keputusan layak atau tidak usulan proyek untuk dilaksanankan 3..\. (2010)..\.Infill Drilling.png . proyek pengembangan lanjut – X yang telah diperoleh.. pengembangan di PENGEMBANGA Lapangan XYZ sehingga N INFILL diperoleh NPV. ROR. Depletion .\TA\Refer meningkatkan laju produksi minyak keekonomian proyek Infill ensi\Perminyaka ditinjau dari aspek teknis dan Drilling untuk rencana n\TA - ekonominya. Bagaimana analisa 2 . Bagaimana hasil akhir yang dapat digunakan sebagai dasar mempertimbangkan penerapan program Infill Drilling? 4. pay out time (POT).\. Eksploitasi minyak dan gas bumi Bagaimana membuat analisis 1..\. dan profit to investment ratio (PIR) pada sumur X. (2008). Metodologi Penulisan Ilmiah 2 Anisa K.. Prasekti (NPV). Setelah dilakukan pengambilan dan pengolahan data dengan menggunakan rumus-rumus yang sesuai berdasarkan studi literatur. DPI. Wijaya. 4.\TA\Refer terus menerus akan mengakibatkan keekonomian proyek minyak dan dan melakukan peramalan produksi ensi\Perminyaka penurunan stok (cadangan terbukti) gas bumi dengan studi kasus berdasarkan data produksi Lapangan n\Jounal - sumber daya alam tersebut.pdf 2.

penulis juga melakukan perhitungan estimasi biaya yang diperlukan oleh pemerintah jika pembiayaan proyek ini sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah. Prasekti Mempertahankan sumber daya sebuah lapangan di Indonesia 2. . Menentukan parameter-parameter Premium. PENGEMBANGA dari kumulatif produksi di Indonesia beserta dimana terdapat dua parameter N PERSAMAAN dengan cadangan harus analisis sensitivitas utama yang menjadi pokok acuan ECONOMIC sama dengan jumlah terhadap parameter yaitu harga dari minyak dan rate LIMIT. Metodologi Penulisan Ilmiah 3 Anisa K. dalam sensititas ensi\Perminyaka (2008). serta melakukan yang tidak terbaharukan yang uji sensitivitas model terhadap disebut depletion premium. dimana ketika pada titik Economic evaluasi sistem kontrak memberikan harga yang tetap. Pengumpulan data-data yang .. Melakukan perhitungan estimasi cash keberadaan sumber daya alam flow proyek dengan menggunakan dapat dilakukan dengan model kontrak bagi hasil pada menyisihkan dana yang diambil Gambar 2 yang telah menerapkan dari eksploitasi sumber daya alam depletion premium. Mempertahankan keberlanjutan depletion premium di dalamnya? 3.\. Menentukan Depresiasi dengan Produksi akan dihentikan kaitannya terhadap metode straight line. Cadangan akan menurun 1.pdf alam yang tidak terbaharukan yang telah habis masa yang mempengaruhi besaran adalah dengan mempertahankan kontraknya jika diproduksikan depletion premium dan melakukan stok yang disebut proven reserve kembali dengan usulan kontrak perhitungan depletion premium (cadangan terbukti).\TA\Refer Arsegianto. 1. Bagaimana penurunan 1.\. berpengaruh dalam 2. parameter-parameter yang memiliki ketidakpastian. 5. diprediksi pada saat itu.. namun jumlah bagi hasil yang berlaku merupakan data data hipotetis. Dalam paper ini. 4. meningkatnya produksi economic limit untuk sistem persamaan economic limit tersebut n\TA - kumulatif.. seiring dengan model persamaan digunakan. Hidayatullah. bagi hasil yang memasukkan sepanjang umur proyek.pdf ultimate recovery yang parameter yang minyak.

Metodologi Penulisan Ilmiah 4 Anisa K.\. Analisa Dana Bagi Hasil bagi Pemerintah Daerah 7. Pemerintah Daerah Pertamina EP Cepu dan Kabupaten Bojonegoro? ExxonMobil. INTEREST (PI) 2. hasil penelitian potensi Wiyono. Faktor-faktor yang 2. Hasil simulasi berupa grafik harga 2. Pemerintah dan Swasta Kerjasama Pemerintah kasus.\. terambil dari suatu sumur tersebut? atau lapangan. 6.pdf (Propinsi Jawa Tengah. n\ANALISIS mencakup rentang peran pemerintah daerah wawancara. POD I Lapangan Banyu daerah. Kabupaten Bojonegoro dan Urip? 2. yang berlaku? 3. Bagaimana kajian 1.pdf sebesar 10% yang yang diperoleh ditawarkan oleh PT.Analisa PI 15 Juni 2007 oleh Menteri Blora dalam program tugas akhir meliputi: dasar teori POD Teguh ESDM maka daerah Participating Interest (PI) keekonomian. Program Kerjasama 1. Instrumen yang digunakan dalam ensi\Perminyaka (KPS) milik pemerintah ini dan Swasta (KPS) dan pengumpulan data adalah dokumentasi.\. ().. Bagaimana KONTRAK daerah mengambil pengalokasian KERJA Participating Interest (PI) Participating Interest (PI) SAMA. Wiyono. Tinjauan pustaka meliputi pengkajian ..\TA\Refer Nurkholis. (2008). dalam Kontrak Kerja langsung. 3. Prasekti Limit.. pemerintah 2. Kapan waktu yang tepat terhadap waktu yang terdiri dari mempengaruhi rate untuk menghentikan lifting kurva harga real dan kurva harga produksi minyak yang minyak pada daerah economic limit. Bagaimana implementasi Jenis penelitian ini menggunakan metode studi .. Pengkajian sistem pengelolaan dan . dan observasi PARTICIPATING infrastruktur yang luas.\TA\Refer Development (POD) I keekonomian literatur dan data lapangan yang ensi\Perminyaka lapangan Banyu tanggal keikutsertaan BUMD ada relevansinya dalam penyusunan n\TA . Aisyah Zen. 1. 1. Blok Cepu pada proyek migas blok Cepu dan keuangan Propinsi Jawa Tengah.\... Disetujuinya Plan Of 1. Dalam Kontrak Kerja Sama Sama (KKS) Blok Cepu? DALAM (KKS) ini.

aplikasi bahasa merumuskan masalah. pengembangan tahap I pendek.\TA\Refer (2014). Transaksi yang cukup program aplikasi ? A. interest ini. Furqon. Pengkajian Plan of Development lapangan minyak menengah dan jangka (POD) Tahap I lapangan Banyu-urip Banyuurip. Prosedur penelitian ini dirancang untuk SISTEM banyak menyebabkan 2. pembiayaan Participating proyek POD I Lapangan Badan Kerjasama daerah (BKS) dan Interest (PI) pada proyek Banyu Urip untuk jangka kerjasama yang ada di BUMD Blora. bentuk program Interest Blok Cepu pada Joint Operating Agreement (JOA). 1. n\ANALISIS 2. Prosedur dalam penelitian PEMBELAJARAN kesalahan dalam informasi pembelajaran ini adalah: AKUNTANSI perhitungan. dan . Melakukan studi pendahuluan. Bagaiamana memudahkan dalam pelaksanaan INFORMASI seringnya melakukan menganalisis sistem penelitian. Bagaimana alternatif bentuk kesepakatan pengelolaan untuk terlibat dalam pemecahan pembiayaan migas di Blok Cepu baik meliputi pengusahaan migas dalam program Participating Production Sharing Contract (PSC).\. Analisa keekonomian serta kelayakan kemampuan finansial proyek POD Tahap I Lapangan BUMD Blora maka sangat banyuurip. Metodologi Penulisan Ilmiah 5 Anisa K. Bagaimana sistem Metode penelitian yang dipakai dalam . program Participating diperlukan strategi – Interest (PI).. pembiayaan BUMD Blora strategi pembiayaan dengan mempergunakan berbagai program Participating skenario pembiayaan program.. akuntansi tanpa bantuan pendekatan studi tindak lanjut (follow-up). DELPHI.. Masalah yang sering 1. Prasekti Kabupaten Blora) berhak 2. jangka menengah maupun jangka panjang.\. dihadapi oleh siswa dalam informasi pembelajaran penelitian ini metode deskriptif dengan ensi\Perminyaka akuntansi termasuk belajar. pangjang? Blok Cepu dan perhitungan 2. baik untuk pembiayaan jangka pendek. Sofiah. meskipun akuntansi dengan 1. jangka 3. 8.pdf memakai kalkulator menggunakan program yaitu mengidentifikasi dan mekanik (kalkulator). Dengan keterbatasan 4.

berikutnya yang 2. Melakukan pemilihan sampel terpusat belajar pada dengan syarat dapat guru. akuntansi dan siswa lebih 8. Capital. Pembuatan program aplikasi 4. pernyataan 5. penyusunan laporan 4. Metodologi Penulisan Ilmiah 6 Anisa K. mengoprasikan program aplikasi akuntansi. 9. Kesulitan dalam akuntansi dasar. Prasekti 3. 10. Field diulang di form pemograman Delphi? melakukan studi literatur. Uji kehandalan program yg keuangan (Laporan Laba dibuat agar tidak error. Pembuatan bahan ajar membutuhkan waktu proses akuntansi dasar. 3. Installation program yang di karena siswa harus buat pada komputer masing- menghafal setiap rekening masing dan komputer di yang harus ada pada labolatorium. yang lama. laporan keuangan. Rugi . Perlakuan pelatihan praktis menyebabkan kurang pemakain program aplikasi mandirinya dalam belajar akuntansi. hal itu 7. dan Saldo Laba) 6. Penyempurnaan program. Neraca. Melakukan analisis terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan program aplikasi akuntansi dengan mengukur keberhasilan yang dicapai oleh mahasiswa . Perlakuan memberikan pengajaran akuntansi dasar dengan program aplikasi akuntansi.

2. 10. 2. 9. Tempat Penelitian Penelitian di tempat kerja penulis dilakukan di AMIK Garut...\. Idachaba. n\Journal - untuk penanganan data.\.pdf cukup besar untuk sekali penyimpanan.\. migas yaitu memakan space yang 35.\TA\Refer bagi pengusahaan minyak untuk mengoptimalkan produksi review beberapa jurnal. Tipe teknologi yang digunakan untuk produksi minyak dan gas bumi di fase-fase yang berbeda. ketepatan B.pdf 2. n\Journal - R&D (Research dan R&D? IJETAE_0712_4 Development). termasuk industri migas akan menjadi sarana baru bagi deskriptif-analitis. Prasekti seperti.\. (2012). pada Jurusan Manajemen Informatika bagi mahasiswa pengambil mata kuliah akuntansi dasar pada semester satu tahun ajaran 2014/2015.. Gordii. Tren dan daya guna IT Bagaimana teknologi berperan Metode yang digunakan penulis berupa . (2013). 1. namun industri migas? Cloud Petrol keterbatasan bagi data-data geom. . Metodologi Penulisan Ilmiah 7 Anisa K. Cloud computing yang telah Apakah teknologi cloud Metode yang digunakan penulis berupa . pemaparan ensi\Perminyaka dunia. pemaparan ensi\Perminyaka dan gas bumi (IOCs) dan minyak dan gas untuk keperluan deskriptif-analitis..\TA\Refer merambah ke industri-industri computing bagi industri migas review beberapa jurnal...7.2013.