PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG

PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS
PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG
KABUPATEN PROBOLINGGO

1. TANGGAPAN DAN SARAN TERHADAP
KAK DAN PERSONIL

Berdasarkan pemahaman Kerangka Acuan Kerja yang telah diuraikan diatas, Konsultan
memandang perlu untuk menyampaikan tanggapan terhadap Kerangka Acuan Kerja (KAK)
Penyusunan Dokumen Pedoman Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung di
Kabupaten Probolinggo, dalam rangka pencapaian sasaran kegiatan yang terdapat di dalamnya.
Penjabaran tanggapan terhadap KAK ini akan dijelaskan satu persatu sesuai dengan sistematika
KAK yang telah diberikan.

A. TANGGAPAN TERHADAP LATAR BELAKANG
Dalam KAK telah dijelaskan kepentingan Kabupaten Probolinggo untuk membuat peraturan
tentang penerbitan surat laik fungsi bangunan gedung agar tercapai kondisi keandalan,
kesehatan, kenyamanan, kemudahan penggunaan serta serasi dan selarasnya bangunan gedung
dengan lingkungan. Maka diperlukannya kajian jenis bangunan gedung yang akan diterbitkan
SLF BG, pembentukan draft SK Tim Ahli Bangunan Gedung, dan pedoman teknis dalam
penerbitan SLF BG yang relevan dan efisien.

B. TANGGAPAN TERHADAP MAKSUD, TUJUAN, DAN SASARAN
Sudah dijelaskan mengenai maksud, tujuan, dan sasaran dalam Penyusunan Dokumen Pedoman
Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung.

C. TANGGAPAN TERHADAP DATA PENDUKUNG
Penyusunan Dokumen Pedoman Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung
memerlukan data pendukung untuk mendukung pengerjaanya. Data yang dibutuhkan meliputi
data primer dan sekunder. Data sekunder yang dituliskan dalam KAK kurang banyak dimana
dibutuhkan data eksisting berupa tipe-tipe bangunan.

USULAN TEKNIS 1

PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG
PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS
PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG
KABUPATEN PROBOLINGGO

D. TANGGAPAN TERHADAP TAHAP KEGIATAN
Tahapan kegiatan Penyusunan Dokumen Pedoman Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi
Bangunan Gedung di Kabupaten Probolinggo secara umum sebagai berikut :
- Kegiatan Persiapan (termasuk didalamnya kegiatan persiapan secara umum,
penandatangan kontrak, penyusunan dan diskusi laporan pendahuluan)
Kegiatan diatas akan dilaksanakan secara internal antara tim penyusun dengan pejabat
pembuat komitmen beserta tim.
- Kegiatan Survey lokasi
- Kegiatan Laporan Pendahuluan
Kegiatan penyusunan laporan pendahuluan dilakukan bersamaan dengan pengumpulan
data primer dan sekunder.
- Kegiatan Laporan Antara
- Kegiatan Laporan Akhir
- Sosialiasi

E. TANGGAPAN TERHADAP REFERENSI HUKUM
Referensi hukum yang ada dalam KAK sudah sesuai dan dapat digunakan menjadi landasan
Penyusunan Dokumen Pedoman Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung.

F. TANGGAPAN TERHADAP RUANG LINGKUP
Pada ruang lingkup dijelaskan wilayah kerja Penyusunan Dokumen Pedoman Teknis Penerbitan
Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung meliputi seluruh Kecamatan di Kabupaten Probolinggo.
Lingkup kegiatan dan substansi materi sudah dijelaskan dalam KAK dan cukup jelas. Kegiatan
survey diawal belum ditambahkan dalam lingkup kegiatan. Sebelum dilakukan metoda
penyusunan dasar pemberian sertifikat laik fungsi bangunan gedung perlu dilakukan kajian
terhadap Perda Kabupaten Probolinggo No. 13 Tahun 2015 tentang Bangunan Gedung. Terdapat
kegiatan sosialisasi tentang Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung di
Kabupaten Probolinggo akan dihadiri oleh calon stakeholder pengembangan pembangunan di
Kabupaten Probolinggo seperti pengembang, swasta, bank, dan pemerintahan.

USULAN TEKNIS 2

CD (Soft Copy) Laporan 5. Laporan Antara 3. USULAN TEKNIS 3 . Susunan personil untuk masing-masing keahlian dan tanggung jawabnya. Draft SK Tim Ahli Bangunan Gedung sebagai Tim Internal 8. Rancangan peraturan Bupati tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung 9. TANGGAPAN TERHADAP JANGKA WAKTU PENYELESAIAN KEGIATAN Konsultan akan mengikuti jadwal yang telah ada dalam KAK dan menyesuaikan dengan rencana kerja sehingga pekerjaan ini dapat diselesaikan tepat waktu. Sosialisasi H. Laporan Pendahuluan 2. PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO G. Laporan Akhir 4. TANGGAPAN TERHADAP KELUARAN/ OUTPUT Keluaran yang akan dihasilkan dalam pekerjaan ini adalah buku Laporan Pekerjaan Penyusunan Dokumen Pedoman Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung di Kabupaten Probolinggo dan beberapa produk lain secara rinci sebagai berikut : 1. TANGGAPAN TERHADAP PERSONIL/TENAGA Konsultan akan menyiapkan personil untuk pelaksanaan pekerjaan yang terdiri dari Tim Tenaga Ahli (Professional Staf) dan Tenaga Penunjang (Supporting Staf) sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemberi Pekerjaan. Dokumen standart operasional prosedur (SOP) 6. selengkapnya disajikan dalam Poin 4 (Komposisi Tim dan Penugasan). I. Daftar simak sertifikat laik fungsi bangunan gedung 7.

Secara geografis. Kabupaten Malang dan Kabupaten Jember Sedangkan di sebelah Utara bagian tengah terdapat Daerah Otonom yaitu Kota Probolinggo.13 km² c).643 RW dan 5.30 % dibandingkan tahun 2014 sebesar 1. Gunung Lamongan dan Gunung Argopuro.094 jiwa dan Tongas 66. • Barat : Kabupaten Pasuruan . Hutan : 426. Persawahan : 373.869 Rukun Tangga. URAIAN PENDEKATAN. 325 Desa dan 5 Kelurahan. • Utara : Selat Madura . yaitu 72. Jumlah penduduk Kabupaten Probolinggo dari hasil proyeksi yaitu sebesar 1.480 jiwa pada tahun 2015 atau naik sebesar 0. METODOLOGI. DAN PROGRAM KERJA A.81 km² e). Kabupaten Probolinggo terletak di lereng gunung-gunung yang membujur dari Barat ke Timur. Tambak/Kolam : 13. Kecamatan Paiton mempunyai jumlah penduduk yang paling besar. USULAN TEKNIS 4 .17 km². secara yuridis formal dibentuk dengan Undang– Undang Nomor 12 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah–daerah Kabupaten dalam Lingkungan Provinsi Jawa Timur.3%. Luas wilayah Kabupaten Probolinggo lebih kurang 1.8°10’ Lintang Selatan (LS) dan 112°50’-113°30’ Bujur Timur (BT). berada pada posisi 7°40’.46 km² f).74 km² b).696.246 jiwa. Tegal : 513. 1.375 Dusun. • Timur : Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Bondowoso .033 jiwa. PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO 2. Kabupaten Probolinggo.80 km² d).137. Pemukiman : 147. terdiri dari: a). diikuti kecamatan Kraksaan 69. Perkebunan : 32. yakni Pegunungan Tengger. • Selatan : Kabupaten Lumajang.140.99 km² g). 1. Adapun pembagian wilayah Kabupaten Probolinggo terdiri dari 24 Kecamatan.285 jiwa. Lain-lain : 188. GAMBARAN UMUM Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu kabupaten yang termasuk wilayah Provinsi Jawa Timur. Laju pertumbuhan penduduk Kabupaten Probolinggo pada tahun 2014-2015 sebesar 0.24 km² Letak geografis daerah berbatasan dengan : .

1.4 % tinggal di perkotaan. perlengkapan kantor.6 % tinggal di pedesaan sedangkan sisanya sebesar 27. peralatan kantor. USULAN TEKNIS 5 . tidak sedikit terjadi kesalahan dalam pelaksanaan baik survey. Melengkapi operasional kerja dengan sarana transportasi kendaraan agar pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat dan lancar. Melakukan hubungan-hubungan kerja dengan instansi terkait yang akan membantu terhadap kelancaran kerja serta masyarakat disekitar lokasi proyek. . . analisa. 1. . Penduduk Kabupaten Probolinggo sebagian besar berasal dari suku Madura karena wilayah Kabupaten Probolinggo adalah daerah pantai yang sebagian besar hidup sebagai nelayan.696. 2. komunikasi. Berdasarkan sebaran penduduk menunjukkan 72. Pendekatan Teknis Metode pendekatan dilakukan dengan metoda berdasarkan pola pikir dan pemahaman Konsultan terhadap pekerjaan terutama terkait dengan Pekerjaan Penyusunan Dokumen Pedoman Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung. Pendekatan Permasalahan Dalam pelaksanaan pekerjaan penyusunan Dokumen Pedoman Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung. Konsultan akan melengkapi kantor kecil dilokasi terdekat dari lokasi pekerjaan agar memudahkan dalam koordinasi pekerjaan dengan pihak pelaksana. komputer dan lain-lain yang akan menunjang kegiatan personil. PENDEKATAN TEKNIS DAN METODOLOGI B. PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO Dengan luas wilayah sekitar 1. maupun penyusunan dokumen. B.17 km 2. Dikantor akan dilengkapi dengan perlengkapan kerja seperti: furniture. Guna mengantisipasi atau mengurangi kesalahan-kesalahan yang terjadi perlu dilakukan tindakan untuk mengendalikan pelaksanaan pekerjaan dengan melakukan pengawasan terhadap jalannya pelaksanaan pekerjaan baik secara teknis maupun administratif. kepadatan penduduk pada tahun 2015 mencapai 672 jiwa/km2. Pendekatan Operasional .

Secara spesifik. Daftar simak sertifikat laik fungsi bangunan gedung. Pemahaman Lingkup Pekerjaan Lingkup kegiatan Pekerjaan harus sesuai dengan lingkup pekerjaan yang tercantum dalam Kerangka Acuan Kerja (KAK). hingga analisa produk akhir. PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO 3. Tenaga Ahli utama serta staf pendukung. meliputi antara lain: . dan atau sesuai dengan hasil asistensi. Untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut Konsultan akan merumuskan pencapaian sasaran kegiatan yang terdiri dari Jadwal Induk (Master Schedule) dalam bentuk diagram panah (Network Panning) dan diagram balok (Bar Chart) program penyediaan dan penggunaan tenaga kerja Team Leader. Formulir syarat penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. Prioritas bangunan gedung yang diterbitkan sertifikat laik fungsi.2. Syarat-syarat penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. Pendekatan Pengendalian Waktu Pendekatan yang akan digunakan di dalam pengendalian waktu adalah menggunakan “Precedence Diagram” atau “Arrow Diagram”. . Mekanisme kerja Internal (dalam perusahaan) dan External (diluar Perusahaan) A. . Penyusunan draft SK Tim Ahli Bangunan Gedung sebagai Tim Internal. penyusunan metoda analisa. . Lingkup pekerjaan yang dilaksanakan adalah pekerjaan survey. Dasar-dasar pemberian sertifikat laik fungsi bangunan gedung. Gambaran umum lokasi . Metodologi Metodologi pekerjaan disesuaikan dengan mekanisme operasional penanganan pekerjaan kajian dari awal hingga akhir. dimana Kami membagi mekanisme ini menjadi 3 bagian yaitu Pemahaman Lingkup pekerjaan. B. USULAN TEKNIS 6 . Survey lokasi dan pendataan kondisi eksisting . Analisa terhadap Network tersebut dapat menghasilkan “Time Analysis” serta “Barchart” yang memudahkan untuk dimengerti dalam pelaksanaannya di lapangan. analisa terhadap Network dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. lingkup kegiatan pekerjaan jasa Pekerjaan Penyusunan Dokumen Pedoman Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung di Kabupaten Probolinggo sebagaimana yang telah di jelaskan dalam KAK. . . . Standar operasional prosedur (SOP) dari penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung.

Menyusun draft SK Tim Ahli Bangunan Gedung sebagai Tim Internal. Melakukan pendataan kondisi eksisting . . USULAN TEKNIS 7 . Menyusun tim survey dan pendataan data sekunder . Rancangan peraturan Bupati tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung Konsultan memahami lingkup kegiatan pekerjaan ini namun kami melihat bahwa Lingkup Pekerjaan yang tertuang dalam KAK ini cukup luas sehingga perlu dilakukan penyederhanaan guna lebih mudah untuk dipahami semua pihak. Menyusun formulir syarat penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. Kajian Kebijakan Kajian kebijakan dalam hal ini meliputi identifikasi kajian dasar hokum pelaksanaan kegiatan yang berupa referensi hukum/ peraturan/ perundangan yang mengatur kegiatan tersebut Dalam pelaksanaan kegiatan pekerjaan ini konsultan mengikuti peraturan peraturan sebagai berikut. pekerjaan survey. . Menyusun standar operasional prosedur (SOP) dari penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO . . Membuat gambaran umum lokasi kajian pada keadaan eksisting . . Melakukan survey lokasi . Membuat rancangan peraturan Bupati tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung Lingkup pekerjaan yang dijelaskan dalam KAK dapat dikelompokan menjadi 3 bagian yaitu pekerjaan administrasi. Menentukan syarat-syarat penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. Masing-masing pekerjaan secara rinci dijelaskan sebagai berikut : 1. Menentukan prioritas bangunan gedung yang diterbitkan sertifikat laik fungsi . pekerjaan analisa dan pemetaan. maka mekanisme pelaksanaan pekerjaan kami sederhanakan dengan membagi pekerjaan Penyusunan Dokumen Pedoman Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung di Kabupaten Probolinggo menjadi sebagai berikut : . Membuat daftar simak sertifikat laik fungsi bangunan gedung. . Menyusun dasar-dasar pemberian sertifikat laik fungsi bangunan gedung .

PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO a) Undang-undang Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 68. maka yang perlu dilakukan survey adalah mencakup antara lain: a. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5188). f) Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4725). b) Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 127. 2. c) Undang-undang Nomor 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 7. g) Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 45/PRT/M/2007 Tentang Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara. d) Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2005 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 83. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4725). Pengumpulan data umum lokasi survey b. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4532). Survey Survey lapangan untuk mendapatkan data dan informasi tentang kondisi eksisting bangunan gedung secara spesifik di 24 Kecamatan Kabupaten Probolinggo. h) Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 25/PRT/M/2007 tanggal 9 agustus 2007 Tentang Pedoman Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung. e) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 1992 Tentang Rencana Tapak Tanah dan Tata Tertib Pengusahaan Kawasan Industri serta prosedur pemberian izin mendirikan bangunan (IMB) dan Izin Undang-Undang Gangguan (UUG)/HO bagi Perusahaan yang berlokasi didalam Kawasan Industri. Klarifikasi status bangunan gedung c. Survey kondisi fisik bangunan gedung USULAN TEKNIS 8 . i) Peraturan Daerah Kabupaten Probolinggo No 13 Tahun 2015 tentang Bangunan Gedung.

Pemeriksaan aspek arsitektur bangunan gedung . Formulir persyaratan akan mengacu Perda Kabupaten Probolinggo No 13 Tahun 2015 tentang Bangunan Gedung. h) Menyusun formulir syarat penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. Data pemilik bangunan . Analisa a) Membuat gambaran umum lokasi kajian pada keadaan eksisting b) Menyusun kriteria dan kebutuhan tim ahli bangunan gedung. Pemeriksaan aspek mekanikal. Data bangunan . PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO 3. dan plambing bangunan gedung . Persyaratan administrasi . g) Menyusun standar operasional prosedur (SOP) dari penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. diantaranya terdapat : . Pemeriksaan aspek struktur bangunan gedung . Ketentuan pengisian daftar simak terdiri dari : . Pemeriksaan aspek plambing bangunan gedung . Pemeriksaan aspek tata ruang luar bangunan gedung j) Rancangan peraturan Bupati tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung USULAN TEKNIS 9 . c) Melakukan analisa terhadap Perda Kabupaten Probolinggo No 13 Tahun 2015 tentang Bangunan Gedung d) Menyusun dasar-dasar pemberian sertifikat laik fungsi bangunan gedung e) Menentukan prioritas bangunan gedung yang diterbitkan sertifikat laik fungsi f) Menentukan syarat-syarat penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. Persyaratan Teknis i) Membuat daftar simak sertifikat laik fungsi bangunan gedung. elektrikal.

Mekanisme kerja dalam perusahaan (internal) 1. 11. Mekanisme kerja diluar perusahaan (Eksternal) a) Pengurusan dan penyelesaian dokumen administrasi. antara lain wawancara dengan pemberi tugas. Penyusunan standar operasional prosedur (SOP) dari penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. Penyusunan formulir syarat penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. unsur pemakai dan dinas/ pihak terkait. Surat Perintah Kerja (SPK) dan surat-surat lainnya. Membuat Laporan Pendahuluan 6. Penyusunan draft SK tim ahli bangunan gedung. Penentuan syarat-syarat penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. USULAN TEKNIS 10 . pengamatan dan pendataan lapangan yang menghasilkan kondisi eksisting bangunan gedung. Analisa terhadap Perda Kabupaten Probolinggo No 13 Tahun 2015 tentang Bangunan Gedung 8. termasuk didalamnya adalah penyusunan man-power sesuai bidang keahlihan dan ketrampilan sekaligus pembagian tugasnya (Job-description). 12. 4. Survey. 2. Pembuatan rancangan peraturan Bupati tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung C. 7. Penentuan prioritas bangunan gedung yang diterbitkan sertifikat laik fungsi 10. 3. Pembuatan daftar simak sertifikat laik fungsi bangunan gedungPembuatan Laporan Antara 14. Pembuatan rencana waktu (time Schedule) dan uraian detail perencanaan dan penyusunan kajian. PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO B. Melakukan persiapan pendahuluan. 5. Melakukan penyusunan struktur organisasi. b) Koordinasi dengan instansi-instansi terkait dengan data yang dibutuhkan untuk analisa. Kegiatan mempelajari Kerangka Acuan Kerja (KAK) Penyiapan dan pembuatan kontrak perusahaan dengan pemberi tugas. meliputi dokumen kontrak perencanaan. Penyusunan dasar-dasar pemberian sertifikat laik fungsi bangunan gedung 9. 13.

kesehatan. begitu seterusnya dengan desain hubungan antar kegiatan yang berurutan. pemimpin pelaksana kegiatan dan dinas terkait. Tahap Pengolahan Data (minggu 6-10) .Pembuatan gambaran umum hasil survey lapangan . peralatan dan perlengkapan bangunan gedung d. peralatan dan perlengkapan bangunan gedung 3. Menyusun dasar-dasar pemberian sertifikat laik fungsi bangunan gedung . diharapkan desain rencana kerja yang disusun dapat berjalan sesuai sasaran. Penyusunan tim survey . dan tahap analisa.Menyusun laporan pendahuluan Data-data primer dan sekunder yang dibutuhkan diantaranya : a. Berikut tahapan pelaksanaan pekerjaan secara rinci sebagai berikut : 1.Pelaksanaan survey . Secara umum rencana kerja penyusunan merupakan bentuk perwujudan dari proses pelaksanaan pekerjaan yang secara garis besar meliputi tahap persiapan. kenyamanan dan kemudahan pada struktur. Status hak atas tanah b. PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO c) Diskusi dan konsultasi kepada pemberi tugas. Status kepemilikan bangunan gedung c. Kondisi fisik struktur. C. . tahap kompilasi data. Menentukan prioritas bangunan gedung yang diterbitkan sertifikat laik fungsi USULAN TEKNIS 11 . Tahap Persiapan (minggu 1-2) . Koordinasi dengan instansi terkait 2. Dibatasinya waktu pekerjaan selama 15 (lima belas) minggu serta tuntutan untuk tetap menjaga kualitas hasil pekerjaan. Hasil output suatu kegiatan dapat digunakan sebagai bagian input untuk kegiatan selanjutnya. PROGRAM KERJA Program kerja merupakan suatu rangkaian kegiatan yang perlu dicermati dalam rangka mencapai sasaran yang ditetapkan dalam Kerangka Acuan Kerja. menuntut konsultan untuk menyusun perencanaan secara baik. Kondisi keselamatan. Persiapan awal . Tahap Kompilasi Data (minggu 2-5) . Menyusun kriteria dan kebutuhan tim ahli bangunan gedung.Penentuan lokasi survey .

Sosialisasi Output yang dihasilkan dari program kerja diatas diantaranya : a) Laporan pendahuluan berupa pemahaman terhadap pekerjaan yang dilaporkan paling lambat 30 hari kalender setelah diterimanya SPMK oleh Konsultan b) Laporan antara berisi hasil data primer dan sekunder. Membuat daftar simak sertifikat laik fungsi bangunan gedung . ORGANISASI DAN PERSONIL Dalam Penyusunan Pedoman Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung di Kabupaten Probolinggo dibutuhkan perangkat organisasi dan tata laksana kerja yang baik dan efisien. Menyusun standar operasional prosedur (SOP) dari penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. . baik dalam hubungan dengan pihak pemberi Tugas maupun internal perusahaan dan tim pelaksanaan pekerjaan. Standar operasional prosedur (SOP) dari penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. Daftar simak sertifikat laik fungsi bangunan gedung. Rancangan peraturan Bupati tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung D. Draft SK Tim Bangunan Gedung sebagai Tim Internal . PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO . . Menentukan syarat-syarat penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung . . Menyusun laporan antara 4. . hasil analisa hingga saat itu dari data yang didapatkan yang didapat yang dilaporkan paling lambat 120 hari kalender setelah diterimanya SPMK oleh Konsultan c) Laporan akhir berupa analisa akhir beserta semua produk yang dijelaskan sebelumnya yang dilaporkan paling lambat 105 hari kalender setelah diterimanya SPMK oleh Konsultan Produk akhir pekerjaan ini diantaranya : . Menyusun formulir syarat penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. Menyusun laporan akhir . Struktur organisasi yang dibentuk dalam kegiatan ini dilakukan dengan USULAN TEKNIS 12 . Tahap Pengolahan Data (minggu 11-15) . . Membuat rancangan peraturan Bupati tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung . Formulir syarat penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung.

USULAN TEKNIS 13 . PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO tujuan agar pekerjaan yang dilaksanakan oleh konsultan dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat waktu dengan melibatkan tenaga-tenaga ahli yang profesional dalam bidangnya masing- masing sesuai dengan yang disyaratkan dalam Kerangka Acuan Kerja (KAK). Tenaga Ahli Mekanikal/Elektrikal Dimana Tenaga Ahli yang telibat dalam pekerjaan ini mempunyai tugas dan tanggung jawab yang akan diuraikan dibawah ini. antara lain : 1). Adapun Tenaga Ahli yang terlibat dalam kegiatan Penyusunan Pedoman Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung di Kabupaten Probolinggo adalah : 1. Team Leader. Team Leader Tugas dan tanggung jawabnya meliputi : . Mengkoordinasikan seluruh tim kerja dan bertanggung jawab terhadap seluruh hasil pekerjaan dan semua wewenang mengenai hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan Penyusunan Pedoman Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung di Kabupaten Probolinggo serta melaporkan kemajuan pekerjaan yang dilaksanakan. Tenaga Ahli Teknik Sipil 3. 2.

Melakukan analisa dan penyusunan syarat penerbitan SLF BG . Melakukan evaluasi terhadap data kondisi fisik bangunan eksisting . . Melakukan evaluasi terhadap data kondisi utilitas mekanikal dan elektrikal bangunan eksisting . Membuat dan mengkoordinir penyusunan seluruh laporan dan hasil – hasil kajian . Melakukan analisa dan penyusunan dasar pemberian SLF BG . . Melakukan analisa dan penyusunan daftar simak SLF BG . penentuan kebutuhan survey. Menyiapkan program kerja/jadwal pelaksanaan pekerjaan perencanaan. Memberi pengarahan dan pentunjuk pelaksanaan seluruh pekerjaan perencanaan kepada seluruh anggota tim kerja. Tenaga Ahli Bidang Mekanikal/ Elektrikal Tugas dan Tanggung Jawab : . . Melakukan analisa dan penyusunan formulir penerbitan SLF BG . Melakukan analisa dan penyusunan SOP SLF BG . Melakukan analisa dan penyusunan formulir penerbitan SLF BG . Melakukan analisa dan penyusunan syarat penerbitan SLF BG . Bertanggung jawab terhadap Team leader 3). Melakukan analisa dan penyusunan SOP SLF BG . Bertanggung jawab dalam penyusunan semua laporan hasil analisa kajian 2). Menyerahkan bendel hasil kajian kepada pemimpin pelaksana kegiatan . Bertanggung jawab untuk pengumpulan data dan informasi yang diperlukan. Menyusun ancangan peraturan Bupati tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung . . Memimpin tim kerja dalam setiap diskusi/asistensi dan koordinasi dengan Pemimpin pelaksana kegiatan dan dinas terkait. Melakukan analisa dan penyusunan daftar simak SLF BG USULAN TEKNIS 14 . PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO . organisasi personil dan penyampaian serta pembahasan laporan untuk mendapatkan persetujuan pemberi tugas. Melakukan analisa dan penyusunan dasar pemberian SLF BG . Tenaga Ahli Bidang Teknik Sipil Tugas dan tanggung jawabnya meliputi : .

Bertanggung jawab terhadap Team leader USULAN TEKNIS 15 . Menyusun ancangan peraturan Bupati tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung . PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO .

Melakukan analisa Perda 8 Kab. 13 Tahun 2015 Menyusun dasar-dasar 9 pemberian sertifikat laik fungsi bangunan gedung Menentukan prioritas bangunan gedung yang 10 diterbitkan sertifikat laik fungsi Menentukan syarat-syarat 11 penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung 12 Menyusun laporan antara Menyusun standar operasional prosedur (SOP) 13 dari penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. KEGIATAN 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 1 Persiapan awal 2 Penyusunan tim survey Koordinasi dengan instansi 3 terkait Penyusunan laporan 4 pendahuluan 5 Pelaksanaan Survey Pembuatan gambaran 6 umum hasil survey lapangan Menyusun draft SK tim ahli 7 bangunan gedung. adalah berdasarkan tahap mingguan mengingat waktu yang cukup singkat yang terdiri dari beberapa tahap kegiatan yang dapat dilihat pada tabel berikut : MINGGU KE- No. Menyusun formulir syarat 14 penerbitan sertifikat laik fungsi bangunan gedung. PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO 3. Membuat daftar simak 15 sertifikat laik fungsi bangunan gedung USULAN TEKNIS 16 . Probolinggo No. JADWAL PELAKSANAAN PEKERJAAN Dalam Rencana kerja yang akan dilaksanakan oleh Konsultan selama 105 hari (15 minggu).

PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO MINGGU KE- No. KEGIATAN 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 Membuat rancangan peraturan Bupati tentang 16 Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung 17 Sosialisasi 18 Menyusun laporan akhir USULAN TEKNIS 17 .

sehingga dalam melaksanakan pekerjaannya tidak akan terjadi duplikasi penanganan pekerjaan dan penugasan tenaga ahli akan menjadi lebih efektif. Konsultan akan membentuk tim kerja yang solid. Tenaga Ahli Arsitektur Team Leader Mengkoordinasikan seluruh tim kerja dan bertanggung jawab terhadap 4 Lokal (Ahli seluruh hasil pekerjaan dan semua wewenang mengenai hal-hal yang Arsitektur) berhubungan dengan pekerjaan Penyusunan Pedoman Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung di Kabupaten Probolinggo serta melaporkan kemajuan pekerjaan yang dilaksanakan. Adapun tugas masing-masing tenaga ahli adalah sebagai berikut : ORANG N NAMA NAMA TENAGA AHLI LINGKUP POSISI YANG URAIAN PEKERJAAN / O PERSONIL PERUSAHAAN LOKAL/ASING KEAHLIAN DIUSULKAN BULAN TENAGA AHLI (Personil Inti) 1. Menyiapkan program kerja/jadwal pelaksanaan pekerjaan perencanaan. Memberi pengarahan dan pentunjuk pelaksanaan seluruh pekerjaan perencanaan kepada seluruh anggota tim kerja. Memimpin tim kerja dalam setiap diskusi/asistensi dan koordinasi dengan Pemimpin pelaksana kegiatan dan dinas terkait. Semua personil yang akan ditugaskan dalam pekerjaan ini memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan disiplin ilmunya masing–masing serta mempunyai pengalaman yang menjamin suksesnya pekerjaan perencanaan ini. Uraian tugas dari setiap tenaga ahli yang terlibat dalam pekerjaan ini perlu dijabarkan/dijelaskan. PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO 4. Bertanggung jawab untuk pengumpulan data dan informasi yang diperlukan. organisasi personil dan penyampaian serta pembahasan laporan untuk mendapatkan persetujuan pemberi tugas. penentuan kebutuhan survey. KOMPOSISI TIM DAN PENUGASAN Dalam melaksanakan pekerjaan Penyusunan Pedoman Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung di Kabupaten Probolinggo. USULAN TEKNIS 18 .

PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO N NAMA NAMA TENAGA AHLI LINGKUP POSISI YANG ORANG URAIAN PEKERJAAN O PERSONIL PERUSAHAAN LOKAL/ASING KEAHLIAN DIUSULKAN / Membuat dan mengkoordinir penyusunan seluruh laporan dan hasil – hasil kajian Menyerahkan bendel hasil kajian kepada pemimpin pelaksana kegiatan Bertanggung jawab dalam penyusunan semua laporan hasil analisa kajian Melakukan evaluasi terhadap data kondisi fisik bangunan eksisting Melakukan analisa dan penyusunan dasar pemberian SLF BG Melakukan analisa dan penyusunan syarat penerbitan SLF BG Tenaga Ahli Ahli Teknik Melakukan analisa dan penyusunan formulir penerbitan SLF BG 2 Teknik Sipil 1 Lokal Sipil Melakukan analisa dan penyusunan SOP SLF BG Melakukan analisa dan penyusunan daftar simak SLF BG Menyusun rancangan peraturan bupati tentang SLF BG Bertanggung jawab terhadap Team leader Melakukan evaluasi terhadap data kondisi utilitas mekanikal dan elektrikal bangunan eksisting Melakukan analisa dan penyusunan dasar pemberian SLF BG Ahli Melakukan analisa dan penyusunan syarat penerbitan SLF BG Tenaga Ahli Mekanikal/ 3 Mekanikal/ Melakukan analisa dan penyusunan formulir penerbitan SLF BG 1 Lokal Elektrikal Elektrikal Melakukan analisa dan penyusunan SOP SLF BG Melakukan analisa dan penyusunan daftar simak SLF BG Menyusun rancangan peraturan bupati tentang SLF BG Bertanggung jawab terhadap Team leader TENAGA PENDUKUNG Mengurus adiministrasi pekerjaan Tenaga Ahli Tenaga 1 Administrasi Mengatur jadwal pelaksanaan kegiatan 1 Lokal Administrasi Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Tenaga Tenaga Ahli Operator 2 Operator 1 Lokal Komputer Komputer Membantu tenaga ahli mengoperasikan komputer USULAN TEKNIS 19 .

PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO N NAMA NAMA TENAGA AHLI LINGKUP POSISI YANG ORANG URAIAN PEKERJAAN O PERSONIL PERUSAHAAN LOKAL/ASING KEAHLIAN DIUSULKAN / Tenaga Ahli Tenaga 3 Surveyor 2 Lokal Surveyor Melakukan pengumpulan data primer dan sekunder USULAN TEKNIS 20 .

JADWAL PENUGASAN TENAGA AHLI Dalam Penyusunan Pedoman Teknis Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung di Kabupaten Probolinggo penjadwalan tugas dari masing-masing tenaga ahli dijelaskan dalam tabel berikut : BULAN . PENYUSUNAN SK BANGUNAN GEDUNG PENYUSUNAN DOKUMEN PEDOMAN TEKNIS PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG KABUPATEN PROBOLINGGO 5.MINGGU ORANG N TENAGA AHLI I II III IV BULAN O 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 Team Leader 1 1 Tenaga Ahli Teknik Sipil 2 1 Tenaga Ahli MEkanikal/ Elektrikal 3 1 Subtotal 3 Total 3 USULAN TEKNIS 21 .