Berfikir Kritis dan

Pemecahan Masalah

Penyusun:
Bevina D. Handari
Kiki A. Sugeng

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia

Berpikir Kritis dalam
Kehidupan Sehari-hari

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia

Apakah yang dimaksud
dengan berfikir kritis?

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia

Berfikir Kritis

Berfikir kritis adalah sekumpulan keahlian yang kita
gunakan sehari‐hari dan diperlukan untuk
pengembangan kemampuan personal maupun
intelektual.

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia

KAS2 Berfikir Kritis Karakter (ciri‐ciri) dari orang yang berfikir kritis adalah sbb Mempunyai kemampuan analisis yang baik Mempunyai kemampuan komunikasi yang efektif Memperoleh informasi yang baik dan memiliki kemampuan melakukan penelitian Mempunyai sifat fleksibel dan toleran terhadap kerancuan dan ketidak pastian Mempunyai pemikiran terbuka Pencari solusi masalah yang kreatif Mempunyai perhatian dan hasrat ingin tahu yang besar Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Slide 5 KAS2 Kiki A Sugeng. 12/1/2010 .

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Segitiga Tingkatan Berpikir Analisa hambatan Interpretasi Pengalaman Tingkatan berfikir dapat digambarkan sebagai segitiga piramid yang terbagi dalam 3 tingkatan.

antara lain: •Merasa terlalu nyaman dengan kondisi saat ini •Keengganan untuk berubah •Pemikiran yang sempit •Kemarahan •Egosentris Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Segitiga Tingkatan Berpikir Analisa hambatan Interpretasi Pengalaman Hambatan dapat timbul disebabkan oleh berbagai hal.

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . • Termasuk pengalaman yang dialami Interpretasi sendiri dan penerimaan informasi serta fakta-fakta empiris yang diterima dari Pengalaman sumber lain. • Pada level ini. • Menyediakan bahan untuk interpretasi dan analisis. • Merupakan dasar dari pemikiran kritis dan argumentasi. Pengalaman Analisa • Merupakan level pertama dalam tingkatan berpikir. kita cenderung hanya menggambarkan pengalaman kita daripada berusaha untuk memahaminya.

Contoh Pengalaman Saya ditolak oleh pekerjaan dimana saya sudah diwawancara. Kloning manusia merupakan sesuatu yang ilegal di Amerika Serikat. yaitu 41. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Untuk warga usia antara 18 hingga 25 tahun persentasenya bahkan lebih rendah. Silk Road atau jalur sutra adalah julukan untuk jalur perdagangan antara Asia dan Eropa di zaman dahulu. Mardi membantu membukakan pintu ketika saya hendak keluar.9 persen. hanya 58.4 persen dari seluruh warga Amerika yang memenuhi syarat sebagai pemilih yang memberikan suara. Pada pemilihan presiden Amerika tahun 2004.

Pengalaman • Meliputi : interpretasi individual terhadap pengalaman. Interpretasi • Merupakan usaha untuk membuat pengalaman agar dapat dimengerti. atau praduga. dan pandangan kultural. Interpretasi Analisa • Merupakan level kedua dalam tingkatan berpikir. • Sebagian dari interpretasi kita mungkin berdasarkan informasi yang cukup dan sebagian lainnya mungkin hanya berdasarkan pendapat. pandangan umum. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . perasaan pribadi.

menolak untuk menerima menentukan apakah interpretasi akurat atau interpretasi terlalu umum untuk suatu pengalaman. Analisa Analisa • Merupakan level ketiga dalam tingkatan berpikir. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . juga untuk pengalaman- pengalaman lainnya. Interpretasi • Pada tingkatan ini kita perlu meningkatkan tingkatan berpikir kita Pengalaman dan secara kritis menentukan interpretasi-interpretasi untuk sebuah pengalaman. • Analisis biasanya dimulai dari menanyakan sebuah pertanyaan.

ataukah karena saya kurang memenuhi kualifikasi pekerjaan tersebut? Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Interpretasi Saya tidak mendapatkan pekerjaan tersebut karena saya tidak memiliki koneksi yang tepat. Analisa Apakah yang menyebabkan saya tidak mendapatkan pekerjaan adalah koneksi saya yang kurang. karena kemampuan wawancara saya yang lemah. Contoh 1 Saya tidak diterima pada pekerjaan dimana saya sudah Pengalaman diwawancara.

Interpretasi Mardi adalah seseorang yang berpikir wanita terlalu lemah untuk membuka pintu untuk mereka sendiri. Analisa Apakah tujuan Mardi membukakan pintu untuk saya? Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Contoh 2 Mardi membantu membukakan pintu ketika saya Pengalaman hendak keluar.

Menentukan apakah ada informasi yang tidak relevan atau tidak penting. Untuk lebih dapat berpikir kritis berikut langkah‐ langkah yang harus dicermati dalam membaca sebuah masalah: Menentukan apakah ada informasi yang hilang. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Berpikir Kritis Berpikir kritis sangat dibutuhkan dalam proses pemecahan masalah.

Penjelasan ini tidak memberikan informasi bagaimana atau berdasarkan apa kebutuhan energi populasi manusia dihitung. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .239 kal). Berpikir Kritis Menentukan informasi yang hilang Hilangnya satu informasi penting dapat menghalangi pemecahan masalah Contoh: Setiap hari atmosfir bumi dibombardir oleh 1022 joule radiasi solar (1 J = 0. Jumlah energi ini cukup untuk memenuhi kebutuhan energi populasi manusia selama 25 tahun.

Pengukuran dilakukan terus‐menerus dalam periode tersebut. Contoh: Pada suatu penelitian. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . peneliti menyebarkan low concentrations of dissolved iron di laut seluas 72 km2. Berpikir Kritis Menentukan informasi yang tidak relevan/ penting Pada masalah mungkin terdapat informasi yang keberadaannya tidak dibutuhkan dalam pemecahan masalah. kemudian diukur perubahan kepadatan phytoplankton dalam periode 7 hari. Terjadi peningkatan phytoplankton dalam jumlah besar yang ditunjukkan dengan bertambahnya konsentrasi chlorophyll dalam air.

Berpikir Kritis Perhatikan bahwa kalimat: “Pengukuran dilakukan terus‐menerus dalam periode tersebut” bukan merupakan informasi yang penting. Informasi ini hanya menjelaskan bagaimana proses pengukuran dilakukan. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Estimasi Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Estimasi Saat ini banyak tersedia alat bantu hitung yang berfungsi membantu kita dalam kegiatan yang melibatkan perhitungan. dan lain‐lain. seperti kalkulator. Namun. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . contoh berikut menunjukkan bahwa kita hanya membutuhkan estimasi dari solusi ESTIMASI masalah bukan alat bantu hitung. komputer..

Berapa banyak kandang yang dibutuhkan untuk dapat memuat 14 burung? Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Estimasi CONTOH 1 : Mengestimasi jumlah kandang burung. Sebuah kandang burung merpati dapat memuat sampai 4 burung.

Namun tidak mungkin ada 3. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Estimasi Dengan menggunakan alat bantu hitung diperoleh nilai 3.5.5 kandang.

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .5 ke bilangan bulat berikutnya. Pada contoh ini harus digunakan pembulatan ke atas dari bilangan 3. Estimasi Jadi. untuk dapat memuat sampai 14 burung dibutuhkan 4 kandang burung.

Dari 275 buruh di rentang usia 23‐27 tahun terdapat 120 buruh laki‐laki. Estimasi CONTOH 2 : Membandingkan proporsi pekerja sesuai rentang usia Sebuah pabrik elektronik memiliki buruh pabrik dengan rentang usia 18‐22 tahun sebanyak 85 buruh laki‐laki dari total 150 buruh di rentang usia tersebut. Rentang usia mana yang memiliki proporsi buruh laki‐laki yang lebih besar? Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Proporsi buruh pada rentang usia 18-22 tahun Laki-laki Perempuan Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . terdiri dari 85 buruh laki‐laki dan 150‐85=65 buruh perempuan. Berarti pada rentang usia tersebut. lebih dari separuhnya adalah buruh laki‐laki. Estimasi Untuk rentang usia 18‐22 tahun.

Proporsi buruh pada rentang usia 23-27 tahun Laki-laki Perempuan Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Estimasi Rentang usia 23‐27 tahun terdiri dari 120 buruh laki‐laki dan 275‐120 = 155 buruh perempuan. Berarti jumlah buruh laki‐laki kurang dari separuh jumlah buruh di rentang usia tersebut.

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Estimasi Proporsi buruh pada Proporsi buruh pada rentang usia 18-22 tahun rentang usia 23-27 tahun Laki-laki Laki-laki Perempuan Perempuan Gambar di atas menunjukkan rentang usia 18‐22 tahun memiliki proporsi buruh laki‐laki yang lebih besar dibanding rentang usia 23‐27 tahun.

3. 2.Menggunakan teknik‐teknik estimasi dalam grafik. Estimasi Tujuan 1.Menggunakan teknik‐teknik estimasi untuk menentukan solusi pendekatan. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .Mengembangkan model yang dapat menggambarkan hubungan antar variabel.

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Estimasi MENGGUNAKAN TEKNIK‐TEKNIK ESTIMASI UNTUK MENEMUKAN SOLUSI PENDEKATAN Estimasi adalah sebuah proses yang dilakukan untuk memperoleh solusi aproksimasi dari suatu masalah. Estimasi dapat membantu kita menentukan apakah suatu perhitungan masuk akal atau tidak.

Tsunami di Aceh menelan korban lebih dari 184.000 orang di 14 negara. Estimasi BEBERAPA CONTOH ESTIMASI : Sekitar 80% gempa bumi terbesar di dunia terjadi di kawasan lingkaran api (the Ring of Fire)). Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . yaitu daerah dengan aktivitas geologi yang sangat tinggi.

Estimasi Rata‐rata ketinggian 7 benua di atas permukaan laut adalah 840 meter. Sekitar 75% gunung‐gunung di dunia berada pada daerah lingkaran api. Everest adalah permukaan tertinggi dengan ketinggian 8848 m di atas permukaan laut dan Laut Mati terendah dengan ketinggian 400 m di bawah permukaan laut. Mt. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . dan sekitar 600 gunung merupakan gunung aktif.

Notasi ≈ berarti “diaproksimasi dengan” Pembulatan desimal sebuah bilangan Contoh : 12.350.350.345 ≈ 12.436 ≈ 123.440.345 dibulatkan menjadi 12. Estimasi Beberapa teknik estimasi : Pembulatan bilangan asli Contoh : 123.436 dibulatkan menjadi 123. dinotasikan 12.440. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . dinotasikan 123.

Contoh: bulatkan 123. Digit di sebelah 123. Estimasi Pembulatan bilangan asli Perhatikan digit disebelah kanan dari digit bilangan yang akan dibulatkan.4 3 6 kanan 3 adalah 6 Digit yang akan dibulatkan Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .436 ke puluhan terdekat.

436 ≈ 123. nilai digit yang akan dibulatkan di tambah 1 dan ganti semua digit di kanannya dengan nol.4 4 0 Digit 6 diganti menjadi 0 karena digit dikanan 3 adalah 6 dan 6 lebih dari 5 maka digit 3 ditambah 1 menjadi 4 Jadi hasil pembulatan ke puluhan terdekat dari 123. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . 36 123. Estimasi Pembulatan bilangan asli Jika digit di kanan bernilai 5 atau lebih.440.

4 123.434 ≈ 123.430. Estimasi Pembulatan bilangan asli Jika digit di kanan bernilai kurang dari 5. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . nilai digit yang akan dibulatkan tidak berubah dan ganti semua digit di kanannya dengan nol.4 3 0 Digit 4 diganti menjadi 0 karena digit dikanan 3 adalah 4 kurang dari 5 maka 3 tidak berubah Jadi hasil pembulatan ke puluhan terdekat dari 123.

Contoh: Pembulatan 3. Estimasi Pembulatan desimal sebuah bilangan Dengan menggunakan aturan yang sama dengan pembulatan bilangan asli dapat dilakukan pembulatan desimal pada sebuah bilangan.14159 ke per seratus terdekat adalah 3. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .14.14159 ≈ 3.

Estimasi

Estimasi dengan pembulatan

Misalkan anda berbelanja di pasar membeli beberapa
barang yang berturut‐turut berharga
Rp 12.550, Rp 13.250, Rp 8.600,
Rpp 10.500,, Rpp 10.250 dan Rpp 5.450.

Penjual mengatakan anda harus membayar
Rp 68.000. Apakah jumlah tersebut masuk akal?

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia

Estimasi

Estimasi dengan pembulatan ke sepuluh ribu terdekat:

Rp 12.550 ≈ Rp 13.000,
Rp 13.250 ≈ Rp 13.000,
Rp 8.600 ≈ Rp 9.000,
Rp 10.500 ≈ Rp 11.000,
Rp 10.250 ≈ Rp 10.000,
Rp 5.450 ≈ Rp 5.000.

Total estimasi adalah Rp 61.000 sehingga jumlah yang
harus dibayar Rp 68.000 tidak masuk akal.

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia

Strategi Pemecahan
Masalah

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia

PENDAHULUAN

Materi yang akan anda dipelajari pada topik ini akan
membantu Anda dalam memecahkan masalah‐masalah
anda sehari‐hari, seperti :

apakah Anda akan membeli rumah atau cukup
menyewa saja,

bagaimana menyelesaikan tugas yang cukup
kompleks dari dosen Anda.

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia

PENDAHULUAN Masalah di dunia nyata jauh lebih kompleks dari masalah‐masalah yang ada dalam pembahasan topik ini. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Hal ini jelas akan membantu Anda dalam proses pemecahan masalah yang Anda hadapi. namun dengan mempelajari topik ini tanpa anda sadari akan memampukan anda menggunakan konsep matematika dalam kehidupan anda sehari‐hari.

walau harus melalui kerja keras.Persiapan 2. Dengan bekerja secara cerdik. Pemecahan masalah membutuhkan: 1. akan membantu anda menjadi pemecah masalah yang hebat.Ide untuk memecahkan masalah 4.Waktu untuk berpikir 3.Verifikasi Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . PENDAHULUAN Yang perlu dipahami adalah proses pemecahan masalah membutuhkan kesabaran dan pengalaman.

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Maka anda harus mempelajari fitur‐fitur produk. Persiapan yang tepat dibutuhkan untuk menghasilkan iklan yang efektif. Syarat Pemecahan Masalah 1. mencobanya. dan memperkirakan serta mempelajari segmen pasar yang akan disasar.Persiapan Misalkan anda diberi tugas untuk membuat iklan promosi produk telekomunikasi baru.

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . alihkan perhatian anda ke hal lain sejenak. Syarat Pemecahan Masalah 2.Waktu Untuk Berpikir Jika solusi masalah yang diperoleh makin tidak mendekati solusi yang dicari. Anda dapat kembali mencoba mengatasi masalah anda jika anda sudah merasa lebih baik.

Syarat Pemecahan Masalah 3. kadang kita membutuhkan ide yang dapat membantu kita memecahkan masalah. maka anda dapat menggunakan cara yang sama untuk memecahkan masalah anda sekarang. Misalnya anda sudah pernah menghadapi masalah yang hampir sama sebelumnya.Ide Untuk Memecahkan Masalah Dalam memecahkan masalah. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

pikirkan dan uji kembali solusi tersebut. Apakah solusi sudah memenuhi semua kondisi masalah? Apakah ada kesalahan kalkulasi atau teori yang digunakan? Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .Verifikasi Jika solusi sudah diperoleh. Syarat Pemecahan Masalah 4.

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Syarat Pemecahan Masalah Pemecahan masalah lebih kepada seni daripada sains sehingga tidak ada suatu aturan yang dapat digunakan untuk memecahkan semua jenis masalah. Dalam hal ini Anda harus kreatif menggunakan alat bantu matematika dalam memecahkan masalah Anda.

Kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah merupakan kemampuan penting yang sangat dibutuhkan baik di sekolah.Pemecahan Masalah (Problem Solving) Tujuan: Mampu memecahkan masalah menggunakan prosedur empat langkah pemecahan masalah. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . dunia kerja maupun dalam kehidupan sehari‐hari.

Model ini dapat digunakan sebagai pedoman proses pemecahan masalah.Pemecahan Masalah George Polya (1887‐1985) mengusulkan sebuah model pemecahan masalah yang dapat digunakan di sebarang bidang ilmu. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . dan pada masalah‐masalah tertentu dapat digunakan tanpa harus melakukan setiap langkahnya.

Bacaan ke dua anda tuliskan informasi yang ada dan tentukan masalah apa yang harus anda dipecahkan. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Pemecahan Masalah Empat langkah Pemecahan Masalah menurut Polya: Langkah 1: Memahami Masalah Baca masalah beberapa kali. Bacaan pertama sebagai overview.

Gunakan estimasi untuk memperoleh tebakan yang cerdik dari solusi. Buat daftar atau tabel yang sistematis. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Cek estimasi terhadap kondisi masalah dan gunakan langkah mundur hingga diperoleh solusi sebenarnya. Pemecahan Masalah Langkah 2: Susun rencana pemecahan masalah Rencana pemecahan masalah dapat terdiri dari satu atau lebih langkah dari strategi pemecahan masalah berikut: Gunakan inductive reasoning untuk menentukan ada tidaknya sebuah pola.

Lakukan trial and error. Coba buat diagram atau sketsa untuk mengilustrasikan masalah. Pemecahan Masalah Coba nyatakan masalah ke dalam bentuk yang lebih sederhana dan gunakan hasil pemecahkan masalah yang lebih sederhana ke masalah sekarang. Buat daftar informasi yang tersedia atau diberikan dalam masalah ke bentuk tabel. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Pemecahan Masalah Hubungkan masalah yang dihadapi dengan masalah yang hampir sama yang sudah pernah dihadapi sebelumnya. Gunakan akal sehat. Gunakan informasi yang ada untuk menghapus kemungkinan‐ kemungkinan yang kurang sesuai. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . gunakan metode pemecahan masalah pada masalah tersebut ke masalah yang sedang dihadapi sekarang.

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Solusi harus memenuhi semua kondisi masalah. Jika tidak. masuk akal dan dapat ditelusuri kebenarannya. Pemecahan Masalah Langkah 3: Jalankan rencana pemecahan masalah dan pecahkan masalah Langkah 4: Lihat kembali solusi dan cek kembali solusi tersebut. cek kembali metode atau penghitungan yang digunakan.. Mungkin ada cara lain untuk menentukan solusi sebenarnya.

Berapa banyak kemungkinan jabat tangan yang dapat terjadi? Langkah 1: Memahami masalah Informasi yang diperoleh adalah ada 6 tamu yang saling berjabat tangan satu sama lain. Contoh 1: Disebuah pesta terdapat 6 tamu yang saling menyalami satu sama lain. Pemecahan Masalah Berikut adalah beberapa contoh pemecahan masalah menggunakan model pemecahan masalah sebagai pedoman proses pemecahan masalah. Masalah yang harus dipecahkan berapa banyak kemungkinan jabat tangan yang dapat terjadi? Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Pemecahan Masalah Langkah 2: Susun rencana pemecahan masalah Buat diagram atau sketsa untuk mengilustrasikan masalah. Tamu 1 Tamu 2 Tamu 6 Tamu 3 keterangan menyatakan saling Berjabat tangan Tamu 5 Tamu 4 Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Solusi dapat ditelusuri kebenarannya dengan menggunakan prinsip kombinasi dalam matematika. dapat dihitung bahwa terjadi 15 kali saling berjabat tangan. Langkah 4: Lihat kembali solusi dan cek kembali solusi tersebut. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Pemecahan Masalah Langkah 3: Jalankan rencana pemecahan masalah dan pecahkan masalah Dengan menghitung jumlah garis yang menghubungkan tiap dua tamu pada gambar.

Pemecahan Masalah Contoh 2: Tentukan jumlah bilangan baris ke enam dari segitiga Pascal berikut: baris 0 1 baris 1 1 1 baris 2 1 2 1 baris 3 1 3 3 1 baris 4 1 4 6 4 1 baris 5 1 5 10 10 5 1 baris 6 ? Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

baris 0 1 baris 1 1 1 baris 2 1 2 1 baris 3 1 3 3 1 baris 4 1 4 6 4 1 baris 5 1 5 10 10 5 1 Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Pemecahan Masalah Langkah 1: Memahami Masalah Akan ditentukan jumlah bilangan baris ke enam dari segitiga Pascal. Informasi bilangan yang ada hanya sampai baris ke lima.

Pemecahan Masalah Langkah 2: Susun rencana pemecahan masalah Coba kenali pola dari masalah yang dihadapi. Jika mungkin gunakan pola yang sama dalam memecahkan masalah. Dengan memperhatikan setiap bilangan pada segitiga Pascal dapat dilihat adanya pola pada bilangan segitiga Pascal sebagai berikut: Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Pemecahan Masalah 1 1 1 1 2 1 10 diperoleh dengan menjumlahkan bilangan dikiri atasnya yaitu 6 1 3 3 1 dengan bilangan di kanan atasnya yaitu 4 1 4 6 4 1 1 5 10 10 5 1 Setiap bilangan pada segitiga Pascal dapat diperoleh dengan menjumlahkan bilangan yang letaknya di sebelah kiri atas dengan bilangan yang letaknya di sebelah kanan atas dari bilangan tersebut. Dengan pola ini dapat ditentukan jumlah tiap baris segitiga Pascal. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Pemecahan Masalah Langkah 3: Jalankan rencana pemecahan masalah dan pecahkan masalah Dengan pola tersebut dapat ditentukan semua bilangan pada baris ke enam segitiga Pascal kemudian hitung jumlahnya. 1 1 1 1 2 1 1 3 3 1 1 4 6 4 1 1 5 10 10 5 1 baris 6 1 6 15 20 15 6 1 Jumlah? Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Baris 0 1 2 3 4 5 6 ke‐ Total 1 2 4 8 16 32 64 Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Pemecahan Masalah Jumlah 1 1=1 1 1 1+1 = 2 1 2 1 1+2+1 = 4 1 3 3 1 1+3+3+1 = 8 1 4 6 4 1 1+4+6+4+1 = 16 1 5 10 10 5 1 1+5+10+10+5+1 = 32 1 6 15 20 15 6 1 1+6+15+20+15+6+1 = 64 Pada tabel berikut ditunjukkan jumlah tiap baris segitiga Pascal hingga baris ke delapan.

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Pemecahan Masalah Langkah 4: Lihat kembali solusi dan cek kembali solusi tersebut. Solusi dapat ditelusuri kebenarannya dengan menggunakan rumus matematika menghitung jumlah bilangan pada baris segitiga Pascal.

karena itu pada langkah 2 terdapat strategi pemecahan masalah: Coba nyatakan masalah ke dalam bentuk yang lebih sederhana dan gunakan hasil pemecahkan masalah yang lebih sederhana ke masalah sekarang. Pemecahan Masalah Memecahkan masalah yang cukup kompleks tidaklah mudah. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Strategi ini mengusulkan : Awali langkah pemecahan masalah dengan memecahkan submasalah yang lebih sederhana kemudian gunakan solusi submasalah tersebut untuk memecahkan masalah anda.

Panitia ingin mengatur urutan penerima penghargaan naik ke atas panggung. Ada berapa urutan yang mungkin dibentuk panitia? Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Pemecahan Masalah Contoh 3: Misalkan terdapat sepuluh mahasiswa calon penerima penghargaan mahasiswa berprestasi UI.

Maka terdapat 6 urutan mahasiswa yang mungkin: 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 Kemungkinan 1 Kemungkinan 2 Kemungkinan 3 Kemungkinan 4 1 2 3 1 2 3 Kemungkinan 5 Kemungkinan 6 Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Pemecahan Masalah Masalah yang lebih sederhana dari masalah di atas misalnya hanya terdapat 3 mahasiswa.

Berikut contohnya: Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Langkah ini merupakan langkah yang efektif dalam pemecahan masalah. Pemecahan Masalah Pada Langkah 2 juga terdapat strategi pemecahan masalah: Hubungkan masalah yang dihadapi dengan masalah yang hampir sama yang sudah pernah dihadapi sebelumnya.

Pemecahan Masalah Misalkan sebuah server utama dari sebuah sistim komputer akan dihubungkan dengan 6 server lainnya sehingga setiap server dapat saling berhubungan satu sama lainnya. Berapa banyak saluran yang harus disiapkan oleh teknisi komputer sehingga keterhubungan tersebut dapat terwujud? Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Sehingga solusi masalah 6 tamu dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah server ini. Sehingga untuk masalah dengan 7 server perlu ditambahkan 6 saluran baru. Dengan 6 server sudah diketahui terdapat 15 saluran yang menghubungkan tiap dua server. Pemecahan Masalah Masalah server ini hampir sama dengan masalah di sebuah pesta ketika 6 tamu saling menyalami satu sama lain. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Server 1 Server 2 1 2 3 Server 6 Server 3 Server 7 4 5 Server 5 Server 4 6 Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Total saluran baru yang dibutuhkan adalah 15 + 6 = 21 saluran. Pemecahan Masalah Konversi masalah 6 server ke 7 server.

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Contoh Masalah Grafik berikut menunjukkan biaya yang telah digunakan hingga tahun 2007 dan rencana biaya mendatang yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan periklanan (dalam jutaan rupiah) pada tahun 2008.

gunakan grafik di atas untuk mengestimasi berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan tersebut ditahun 2012? (Bulatkan jawaban anda ke puluhan juta terdekat. Contoh Masalah Jika diasumsikan berlaku kecenderungan kebutuhan biaya yang sama hingga tahun 2012 dimulai dari tahun 2006. Karena yang dibutuhkan hanya perkiraan bukan jawaban yang tepat) Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . dan prediksi biaya yang akan dikeluarkan pada tahun 2008. Contoh Masalah Langkah 1: Memahami masalah Informasi yang diberikan adalah biaya yang dikeluarkan pada tahun 2000 hingga tahun 2007. Masalahnya adalah menentukan estimasi biaya yang dibutuhkan pada tahun 2012 dengan asumsi berlaku kecenderungan kebutuhan biaya yang sama dimulai tahun 2006.

berarti kita dapat menggunakan strategi pemecahan masalah: Gunakan penalaran induktif untuk menentukan ada tidaknya sebuah pola (karena asumsi kecenderungan yang sama menunjukkan adanya sebuah pola). Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Contoh Masalah Langkah 2: Susun rencana pemecahan masalah Karena soal memiliki asumsi kecenderungan kebutuhan biaya yang sama dimulai tahun 2006.

Contoh Masalah Langkah 3: Jalankan rencana pemecahan masalah dan pecahkan masalah Berdasarkan grafik. pengeluaran tahun 2006 adalah 30 juta rupiah dan pada tahun 2007 berjumlah 34 juta rupiah. Berarti terdapat kenaikan 4 juta rupiah. Dengan asumsi tersebut dapat diestimasi pengeluaran tahun 2008 adalah 38 juta rupiah. Untuk menghitung estimasi biaya pada tahun 2012 dapat digunakan ilustrasi sebagai berikut: Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Contoh Masalah Menurut asumsi dipenuhi: 2006 2007 2008 4 juta 4 juta Maka rencana biaya tiap tahun sejak tahun 2006 dapat diilustrasikan sebagai: 2006 2007 2008 2009 2010 2011 2012 4 juta 4 juta 4 juta 4 juta 4 juta 4 juta Sehingga estimasi dari kebutuhan biaya pada tahun 2012 adalah biaya tahun 2006. yaitu 30 juta dijumlahkan dengan 24 juta menjadi 54 juta rupiah atau 50 juta rupiah jika dibulatkan ke puluhan juta terdekat. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Dari tahun 2008 hingga 2012 terhitung 4 tahun. dan berdasarkan asumsi dapat diestimasi biaya tiap tahun adalah 4 juta rupiah. Sehingga estimasi biaya selama 4 tahun adalah 4 juta/tahun x 4 tahun adalah 16 juta rupiah. Hasil pendekatan ke puluhan juta terdekat adalah 50 juta rupiah. Contoh Masalah Langkah 4: Lihat kembali solusi dan cek kembali solusi tersebut. Berarti estimasi biaya pada tahun 2012 adalah prediksi biaya tahun 2008 dijumlahkan dengan biaya selama 4 tahun. Jadi 38 juta ditambah dengan 16 juta menjadi 54 juta. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Kesimpulan Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

KAS3 Berfikir Kritis Karakter (ciri‐ciri) dari orang yang berfikir kritis adalah sbb Mempunyai kemampuan analisis yang baik Mempunyai kemampuan komunikasi yang efektif Memperoleh informasi yang baik dan memiliki kemampuan melakukan penelitian Mempunyai sifat fleksibel dan toleran terhadap kerancuan dan ketidak pastian Mempunyai pemikiran terbuka Pencari solusi masalah yang kreatif Mempunyai perhatian dan hasrat ingin tahu yang besar Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

12/1/2010 .Slide 79 KAS3 Kiki A Sugeng.

Segitiga Tingkatan Berpikir Analisa hambatan Interpretasi Pengalaman Tingkatan berfikir dapat digambarkan sebagai segitiga piramid yang terbagi dalam 3 tingkatan. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Bacaan pertama sebagai overview. Pemecahan Masalah Empat langkah Pemecahan Masalah: Langkah 1: Memahami Masalah Baca masalah beberapa kali. Bacaan ke dua anda tuliskan informasi yang ada dan tentukan masalah apa yang harus anda dipecahkan. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Pemecahan Masalah Langkah 2: Susun rencana pemecahan masalah Rencana pemecahan masalah dapat terdiri dari satu atau lebih langkah dari strategi pemecahan masalah berikut: Gunakan inductive reasoning untuk menentukan ada tidaknya sebuah pola. Buat daftar atau tabel yang sistematis. Cek estimasi terhadap kondisi masalah dan gunakan langkah mundur hingga diperoleh solusi sebenarnya. Gunakan estimasi untuk memperoleh tebakan yang cerdik dari solusi. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .

Coba buat diagram atau sketsa untuk mengilustrasikan masalah. Buat daftar informasi yang tersedia atau diberikan dalam masalah ke bentuk tabel. Pemecahan Masalah Coba nyatakan masalah ke dalam bentuk yang lebih sederhana dan gunakan hasil pemecahkan masalah yang lebih sederhana ke masalah sekarang. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Lakukan trial and error.

Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . Pemecahan Masalah Hubungkan masalah yang dihadapi dengan masalah yang hampir sama yang sudah pernah dihadapi sebelumnya. Gunakan akal sehat. gunakan metode pemecahan masalah pada masalah tersebut ke masalah yang sedang dihadapi sekarang. Gunakan informasi yang ada untuk menghapus kemungkinan‐ kemungkinan yang kurang sesuai.

masuk akal dan dapat ditelusuri kebenarannya. Mungkin ada cara lain untuk menentukan solusi sebenarnya. Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia . cek kembali metode atau penghitungan yang digunakan. Solusi harus memenuhi semua kondisi masalah.. Jika tidak. Pemecahan Masalah Langkah 3: Jalankan rencana pemecahan masalah dan pecahkan masalah Langkah 4: Lihat kembali solusi dan cek kembali solusi tersebut.

2008. Hornsby J. Sevilla. A. Pearson Addison Wesley. Blitzer. Mathematics All Around. 11Ed. Daftar Pustaka Angel. 2007 Hanya dipergunakan di Universitas Indonesia .B.. Quantitative Reasoning. E.. John Wiley and Sons. Pearson. A Survey of Mathematics with Applications. D. New Jersey. Runde. C. R.. 2009.... Asia. Mathematical Ideas. 2010 Miller C. C. 4Ed. Key College Publishing. A. 2008. D. Environmental Science.. R. D. Pearson Prentice Hall..S. Thinking Mathematically. Pirnot.A.. Addison Wesley. dan Keller. Abbot.. D. 2006. T. Boston. Heeren V.. Emeryville. 8Ed. K. E. 3Ed. dan Sommers. Botkin.