KERANGKA ACUAN KERJA

(KAK)
PENYUSUNAN SISTEM INFORMASI PERUMAHAN
WILAYAH TENGAH
KABUPATEN PROBOLINGGO
TAHUN ANGGARAN 2017

Dalam RTRW telah terdapat rencana pola ruang wilayah. penetapan kawasan startegis. Kecamatan Banyuanyar. harmonis dan berkelanjutan. Kecamatan Lumbang. Kecamatan Sukapura. Dimana hal tersebut dapat digunakan untuk pemetaan pengembangan yang akan dilakukan pada Kabupaten probolinggo. Kecamatan Wonomerto. KERANGKA ACUAN KERJA (KAK) URAIAN PENDAHULUAN 1. Kecamatan Sumberasih. Oleh karena itu. Penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman yang maksimal membutuhkan adanya program-program yang bertujuan untuk mencapai target tersebut. Kecamatan Leces. Sistem informasi ini mencantumkan data kondisi eksisting berdasarkan hasil database pengembangan perumahan dan peta RTRW Kabupaten Probolinggo. Kecamatan Sumber. Latar Belakang Pemerintah daerah memiliki tugas untuk penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman agar masyarakat memperoleh tempat tinggal yang layak. lingkungan yang sehat. Cakupan wilayah dalam sistem informasi perumahan ini yaitu Kabupaten Probolinggo Wilayah Tengah yang meliputi Kecamatan Tongas. aman. Pelaksanaan program mendatang dapat dengan mudah dilaksanakan dengan bantuan sistem informasi ini karena dapat menggambarkan kondisi potensi dan permasalahan di lokasi-lokasi perumahan pada Kabupaten Probolinggo. Kecamatan Bantaran. Kecamatan Kuripan. Penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman sangat berhubungan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Kecamatan Gending. Kecamatan Dringu. Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Probolinggo bermaksud membuat sistem informasi yang menyajikan data kondisi perumahan di Kabupaten Probolinggo. dan arahan pemanfaatan ruang wilayah kabupaten. Untuk itu dibutuhkan fasilitas berbasis teknologi untuk menunjang kegiatan pemerintah daerah dalam hal penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman. . perkembangan teknologi sangat pesat terjadi sehingga pemerintah daerah dituntut untuk memanfaatkannya agar pelaksanaan program- program yang sudah direncanakan dapat lebih efisien. Dewasa ini.

Data Pendukung a) Dokumen RTRW Kabupaten Probolinggo b) Peta Citra Satelit . Sumber Pendanaan. masalah dan kebutuhan pengembangan perumahan formal. Nama Kegiatan : Penyusunan Sistem Informasi Perumahan c.00 (Seratus Enam Puluh Juta Rupiah). ST. 4. Tujuan. Nama Kegiatan dan Satuan Kerja Pejabat Pembuat Komitmen a. Saputra. dengan HPS sebesar Rp. Nama Pejabat Pembuat Komitmen : Hengki C. dan Sasaran Maksud dari penyusunan sistem informasi perumahan wilayah tengah Kabupaten Probolinggo adalah dalam rangka penyusunan aplikasi sistem informasi perumahan wilayah tengah di Kabupaten Probolinggo. Maksud. b) Pelaksanaan pekerjaan ini dilakukan secara kontraktual sesuai dengan ketentuan tentang pengadaan seleksi jasa konsultansi yang berlaku. Menyediakan informasi gambaran kondisi eksisting. 2. Tujuan dari kegiatan ini adalah: 1.000. Sistem Penyediaan Jasa dan Kontrak a) Sumber pendanaan pelaksanaan penyusunan sistem informasi perumahan wilayah tengah di Kabupaten Probolinggo ini dari APBD Kabupaten probolinggo Tahun Anggaran 2017.. Pagu Anggaran.2. MM 5. Menyediakan data pemetaan kondisi perumahan dalam bentuk aplikasi yang disajikan secara elektronik. Nama Pekerjaan : Penyusunan Sistem Informasi Perumahan Wilayah Tengah b. Nama Satuan Kerja Perangkat Daerah : Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PKPP) Kabupaten Probolinggo d. Sasaran yang didapat dengan terlaksananya kegiatan ini adalah tersedianya data perumahan dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan untuk perencanaan program kedepannya.000. 160. c) Rincian Bill of Quantity Penyusunan Sistem Informasi Perumahan Wilayah Tengah Kabupaten Probolinggo terlampir. 3.

Referensi Hukum a) Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta. Tahap Kegiatan a) Perencanaan dan persiapan pelaksanaan pekerjaan.Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. masukan dan saran tim teknis dan SKPD terkait e) Pembangunan sistem informasi perumahan. c) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua Atas Undang – Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. . b) Analisis dan evaluasi terhadap database perumahan c) Perancangan sistem informasi perumahan d) Tanggapan. b) Undang. c) Kabupaten Dalam Angka Kabupaten Probolinggo Series d) Dokumen RDTR Kecamatan Tongas e) Dokumen RDTR Kecamatan Sumberasih f) Dokumen RDTR Kecamatan Lumbang g) Dokumen RDTR Kecamatan Sukapura h) Dokumen RDTR Kecamatan Wonomerto i) Dokumen RDTR Kecamatan Bantaran j) Dokumen RDTR Kecamatan Kuripan k) Dokumen RDTR Kecamatan Sumber l) Dokumen RDTR Kecamatan Dringu m) Dokumen RDTR Kecamatan Leces n) Dokumen RDTR Kecamatan Gending o) Dokumen RDTR Kecamatan Banyuanyar 6. penyusunan penyajian data ke dalam peta sistem informasi perumahan f) Uji coba operasional (lapangan) g) Pembuatan Manual operasional dan pemeliharaan perangkat sistem informasi h) Pelatihan bagi para calon pengguna sistem i) Penyusunan laporan dan dokumentasi sistem j) Kegiatan Laporan Pendahuluan k) Kegiatan Laporan Antara l) Kegiatan Laporan Akhir DATA PENUNJANG 7.

Kecamatan Leces. Kecamatan Wonomerto. masukan dan saran tim teknis dan SKPD terkait e) Pembangunan sistem informasi perumahan. RUANG LINGKUP 8.102) Lingkup Kegiatan Lingkup kegiatan Penyusunan sistem informasi perumahan wilayah tengah Di Kabupaten Probolinggo diantaranya : a) Perencanaan dan persiapan pelaksanaan pekerjaan. Kecamatan Bantaran. d) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan Dan Kawasan Permukiman. Ruang Lingkup Lingkup Wilayah Lingkup Wilayah identifikasi. Kecamatan Sumberasih. b) Analisis dan evaluasi terhadap database perumahan c) Perancangan sistem informasi perumahan d) Tanggapan. penyusunan penyajian data ke dalam peta sistem informasi perumahan f) Uji coba operasional (lapangan) g) Pembuatan Manual operasional dan pemeliharaan perangkat sistem informasi . pendataan dan perencanaan secara administratif di wilayah 12 kecamatan Kabupaten Probolinggo Wilayah Tengah yaitu Kecamatan Tongas. Kecamatan Gending. f) Peraturan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor 22 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Perumahan Rakyat Daerah Provinsi Dan Daerah Kabupaten/Kota. dan Kecamatan Banyuanyar. g) Peraturan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.Bidang : Perencanaan Penataan Ruang . Kecamatan Kuripan.undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Kecamatan Sumber. Kecamatan Lumbang. Kecamatan Dringu. Kecamatan Sukapura. Lingkup Layanan Jasa Konsultansi Lingkup pelayanan untuk pelaksanaan pekerjaan konsultansi adalah sebagai berikut: .Sub Bidang : Jasa Perencanaan Wilayah (PR. e) Undang.

(3) atap tidak layak . Jumlah penghasilan rata-rata Rumah Tangga (KK): (1) dibawah Rp. Jumlah RT dan RW serta luasannya. (4) petani. (2) rumah deret. Jumlah rumah tidak layak huni dan data Keadaan Rumah: (1) lantai tidak layak. (2) dinding tidak layak.Bangunan Rumah dan status kepemilikan lahan.h) Pelatihan bagi para calon pengguna sistem i) Penyusunan laporan dan dokumentasi sistem Lingkup Substansi Materi Lingkup Substansi Teknis berupa pendataan basis data perumahan di Kabupaten Probolinggo. . (2) Rumah semi permanen. (6) tidak bekerja. (4) nelayan. 1 juta. (5) di atas 5 Juta. Status pemanfaatan bangunan ruman tinggal: (1) ditempati sendiri. Jumlah Penduduk . Luas wilayah administratif . c. (2) swasta. Data Bangunan Rumah . b. (4) 3-5 Juta. . . . Data penghasilan tiap KK. (3) pengrajin. (5) buruh. Jumlah rumah sesuai dengan bentuknya: (1) rumah tunggal. Jumlah Penduduk menurut Mata Pencaharian (orang): (1) PNS/TNI/Polri. Legalitas status lahan bangunan rumah tinggal: (1) bersertifikat/hak milik/HGB. (3) tidak memiliki status legal/formal. Jumlah Kepala Keluarga (KK) . (3) tidak dihuni/kosong. (3) 2-3 Juta. . Jumlah bangunan rumah tinggal menurut jenis konstruksinya: (1) Rumah permanen. Data Kependudukan . (2) dikontrakkan/disewakan. Jumlah Keluarga yang menempati rumah sendiri dan yang tidak menempati rumah sendiri (sewa/kontrak/kos/status lainnya)(. (2) 1-2 Juta. . yang meliputi: a. Jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM) . Jumlah rumah layak huni. Jumlah Penduduk Miskin . (3) Rumah non permanen. . (3) rumah susun. (2) perjanjian sewa lahan. (4) status Lainnya . Data Umum Wilayah Administratif Desa: .

Kecamatan Leces. Kecamatan Sumber. Peta minimal disajikan dalam skala 1 : 10. m. Jumlah penghuni rumah: (1) kurang atau sama dengan 5 jiwa. Kecamatan Gending. sarana dan utilitas umum (PSU). e. Kecamatan Dringu. Jumlah rumah tangga yang memiliki akses sarana air limbah (sanitasi): (1) toilet pribadi dilengkapi septik tank. (5) tanpa sarana sanitasi/buang air besar sembarangan. Kecamatan Wonomerto. Kecamatan Dringu.000. . dalam format SHP dan JPEG Image . Data fasilitas Umum (jalan. Kecamatan Besuk. . (4) sumber air bersih lainnya. Kecamatan Paiton. Kecamatan Kuripan. Ketersediaan sistem air limbah h. Jumlah Rumah Tangga yang memiliki akses ke penyediaan air minum: (1) sambungan rumah/perpipaan PDAM. drainase. (3) MCK Umum. Analisa Cakupan ketersediaan rumah layak huni l. Pemetaan: (1) pemetaan perumahan di Kecamatan Tongas. (2) pemetaan rumah layak huni dan tidak layak huni. Kecamatan Lumbang dan Kecamatan Sukapura k. (2) toilet pribadi dengan IPAL komunal. Analisa cakupan lingkungan yang sehat dan aman yang didukung prasarana. Kecamatan Sukapura. (2) fasilitas kran umum. Kecamatan Sumberasih. Ketersediaan sistem jaringan drainase lingkungan j. (3) lebih dari 8 jiwa. Kecamatan Pajarakan. Ketersediaan fasilitas penampungan dan pengangkutan sampah i. PJU. (3) sumur pompa/sumur gali. Kecamatan Bantaran. Kecamatan Krejengan. Kecamatan Gending. Kecamatan Sumberasih. Kecamatan Lumbang. Analisa kebutuhan program perbaikan pembangunan infrastruktur dasar perumahan. dan Kecamatan Banyuanyar. telekomunikasi) f. Analisa Backlog Rumah di Kecamatan Tongas. Aksesibilitas Pelayanan Infrastuktur . Fasilitas kesehatan g. d. (2) antara 6 – 8 jiwa. Kecamatan Leces. Kecamatan Kraksaan. (4) sarana sanitasi tidak layak/cubluk/toilet apung.

2. Laporan Pendahuluan Laporan Pendahuluan. soft cover ditambah dengan CD (softcopy) sebanyak 5 keping dan executive summary sebanyak 3 (tiga) eksemplar. Aplikasi telah terinstalasi pada infrastruktur yang ada beserta CD Master Aplikasi sebanyak 10 buah CD-ROM. Dokumentasi Sistem yang terdiri atas: a. sebanyak 3 (tiga) eksemplar.9. Laporan Antara Laporan Antara harus diserahkan selambat-lambatnya pada minggu ke-12 (dua belas) sejak Surat Perintah Kerja (SPK) diterbitkan. soft cover ditambah dengan CD (softcopy) sebanyak 3 keping dan executive summary sebanyak 3 (tiga) eksemplar. Keluaran/ Output Keluaran utama (output) yang dihasilkan dari pekerjaan Penyusunan Sistem Informasi Perumahan Wilayah Tengah Di Kabupaten Probolinggo ini adalah berupa aplikasi perangkat lunak. Laporan Kemajuan Pekerjaan. . Manual untuk Administrator yang diserahkan bersamaan dengan laporan akhir. Manual untuk Pengguna yang diserahkan bersamaan dengan laporan akhir. 4. Peta gambar yang dicetak diatas kertas foto ukuran A0 sebanyak 1 (satu) buah. yang secara umum berupa laporan-laporan sebagai berikut : 1. soft cover ditambah dengan CD (softcopy) sebanyak 3 keping dan executive summary sebanyak 3 (tiga) eksemplar. Software Sistem Informasi Perumahan Wilayah Tengah Di Kabupaten Probolinggo dan diutamakan dapat diaplikasikan pada perangkat android. b. b. yang terdiri atas: a. c. Laporan akhir Laporan Akhir harus diserahkan selambat-lambatnya pada minggu ke-16 (enam belas) sejak Surat Perintah Kerja (SPK) diterbitkan. sebanyak 5 (lima) eksemplar. 3. harus diserahkan selambat-lambatnya pada minggu ke-4 (empat) sejak Surat Perintah Kerja (SPK) diterbitkan. sebanyak 3 (tiga) eksemplar.

10. memiliki SKA Muda. Team Leader Ahli Perumahan dan Permukiman. Analisis dan evaluasi 2 terhadap database perumahan Perancangan 3 sistem Pembangunan 4 sistem Uji coba 5 operasional (lapangan) Pelatihan bagi para calon 6 pengguna sistem Penyusunan laporan dan 7 dokumentasi sistem 11. . maka dibutuhkan tenaga-tenaga ahli dengan spesifikasi sebagai berikut: a. Jangka Waktu Penyelesaian Kegiatan Waktu pelaksanaan pekerjaan Penyusunan Sistem Informasi Perumahan Wilayah Tengah Kabupaten Probolinggo dilaksanakan selama 120 (Seratus Dua puluh) hari kalender terhitung sejak berlakunya SPMK. pengalaman kerja minimal 6 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S2 Planologi. Personil/Tenaga Berdasarkan lingkup pekerjaan yang ada. memiliki pengalaman kerja minimal 6 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S1 Statistik. MINGGU KE- No. memiliki SKA Madya. KEGIATAN 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 Perencanaan dan persiapan 1 pelaksanaan pekerjaan. b. Ahli Perencanaan Wilayah. pengalaman kerja minimal 8 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S2 Arsitektur. Ahli Ilmu Statistik. c.

Asisten Ahli Sistem Informasi. Administrasi. . memiliki pengalaman kerja minimal 6 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S1 Informatika/Sistem Informasi. Ahli Software Analysis. pengalaman dalam pekerjaan sejenis selama 3 tahun . Tenaga Pendukung (Supporting Staf) . memiliki pengalaman kerja minimal 6 tahun di bidangnya dan berpendidikan minimal S1 Informatika/Sistem Informasi. dan Referensi Kerja. pengalaman dalam pekerjaan sejenis selama 3 tahun . dilengkapi dengan copy ijazah. Operator Komputer. f. e.d. sertifikat keahlian. Personil tenaga ahli yang diusulkan oleh konsultan. D3 Informatika (1 orang). NPWP. SMA (1 orang). pengalaman dalam pekerjaan sejenis sistem informasi selama 2 tahun. SMA (1 orang). Ahli Pengembangan Sistem Informasi.