SUMATIF 1 MODUL INFEKSI & IMUNOLOGI 2016

ANGKATAN 4
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PALANGKARAYA
30 APRIL 2016

1 Sel yang berperan pada proses imunologi
1. Sel plasma
2. Sel makrofag
3. Sel dendritik
4. Sel NK
2 Pertahanan pertama tubuh saat terjadi infeksi..
1. Menstimulasi histiosit untuk menjadi makrofag
2. Pengeluaran sitokin
3. Pemanggilan sel-sel radang
4. Pembuatan antibodi
3 Fungsi dari sitokin (cytokines) adalah sebagai berikut ?
1. Memediasi pertahanan bawaan (inntae imunity)
2. Meregulasi pertumbuhan limfosit
3. Mengaktifkan sel-sel radang
4. Menstimulasi sistem hematoposis
4 Berikut ini menganai hipersensitivitas tipe I
1. Terpapar faktor alergen
2. Antibody terlibat
3. Fase cepat berhubungan dengan sel mast sedangkan fase kronis dengan eosinofil
4. Berhubungan dengan sistem komplemen
5 Berikut mengenai penyakit lupus (LPE)
1. Adanya deposit kompleks antigen antibodi
2. Ciri butterfly rash
3. Progressive renal dan vascular disease
4. Lab ANA positif
6 Penyakit autoimun adalah ...
1. Tidak bisa mengenali dirinya sendiri
2. SLE
3. Poliartheritis nodosa
4. Hashomoto thyroiditis
7 Berikut ini mengenai Acquired Immunodeficiency Syndrome:
1. Penyebabnya virus campak
2. Progressive T cell loss
3. Tidak pernah menjadi neoplasma
4. Salah satu karakteristik epidemiologisnya adalah terjadi pada kaum homoseksual
8 Berikut ini mengenai NK cell adalah ...
1. Pada saat terinfeksi, NK cell akan bergabung dengan ligan spesifik sehingga terjadi
apoptosis
2. Berasal dari limfosit B
3. Bekerjasama dalam imun selular
4. Menghasilkan antibodi
9 Berikut ini mengenai limfosit . . .
1. limfosit B berikatan dengan antigen bakteri atau virusakan menghasilkan plasma sel
untuk pembuatan antibodi

Sumatif 1 Modul Infeksi & Imunologi 2016 Angkatan 4 1

limposit T sitotoksik akan membunuh sel terinfeksi dengan cara apoptosis 10 Hal berikut ini mengenai sitokin: 1. Methotrexate C. Prednisolon E. limfosit T akan diaktifkan makrophag terinfeksi merangsang pengeluaran sitokin 3. Metamizole 18 Obat ini bekerja dengan menghambat dihidrofolate reduktase dengan memblok thymidilate dan sintesis purin serta dapat dikombinasikan dengan siklosporin pada rhematoid arthritis. Deksametason B. NK merupakan salah satu jenis sitokin 11 Seorang perempuan berusia 20 tahun datang ke puskesmas dengan keluhan sering BAK. Latiha fisik B. Siklosporin D. Asetaminofen E. kadar glukosa setelah makan 320 mg/dl. Apakah tatalaksana paling tepat ? A. Konstipasi C. . A. Difenhidramin C. Pengobatan yang tepat untuk pasien ini dengan efek samping nefrotoksisitas adalah . Azatioprin B. Reaksi alergi tipe cepat D. Reaksi alergi tipe lambat B. A. Memodulasi pelepasan neurotransmiter C. Terfenadine E. Prometazin 15 Antihistamin memiliki mekanisme kerja secara reversibel bersaing dengan histamin pada reseptor. Adrenalin C. sitokin yg dikeluarkan sel T helper akan merangsang proses peradangan 4. Selalu berhubungan dengan MHC 4.. Diare 14 Pemeriksaan gawat darurat pada pasien anafilaksis adalah . Basiliximab E. Protein yang dihasilkan oleh limfosit yang berfungsi untuk peradangan akut 2. Dimenhidrinat B. Sumatif 1 Modul Infeksi & Imunologi 2016 Angkatan 4 2 . Low calori diet C. Urtikaria B. A. . Prometazon D. Sekresi asam lambung 13 Pada sistem gastrointestinal efek apakah yang terjadi akibat histamin .. Reaksi inflamasi E. Red spot D. Manakah obat antihistamin berikut yang digunakan sebagai terapi pada gangguan vestibular. manakah keadaan yang mekanismenya TIDAK difasilitasi histamin. Riwayat penyakit lupus tetapi rutin kortikosteroid . Aspirin C. A. Setirizin 16 Pasien pasca transplantasi organ hati diberikan obat dengan mekanisme penghambat kalsineurin yang menyebabkan proliferasi limfosit menurun. 2. A.. Insulin D. Mengganti kortikosteroid E.. pada pemeriksaan lab kadar glukosa plasma puasanya 130mg/dl. Sel makrofag merupakan salah satu jenis sitokin 3. A. Daklizumab 17 Pengobatan yang diberikan kepada pasien yang muntah yang mengalami keluhan demam adalah ... Memberi antibiotik oral 12 Histamin merupakan mediator pada keadaan fisiologis dan patologis. Flare E. Azetioprin B. Ibuprofen D. Histamin D.

Hyaluronidase D. A. Variasi antigen B.. Lupa C. . Limfosit T 24 Seorang pria 35 tahun. Adhesin E. di ICU syok septik. . A. Diklizimab B. Makrofag E. dan menggunakan APD B. Metotreksat C. pasien di tempatkan di ruang isolasi Sumatif 1 Modul Infeksi & Imunologi 2016 Angkatan 4 3 . Penghambat proses kemotaksis E. Interferon D.. Colony stimulant factor C.. Eksotoksin 22 Masuknya bakteri pd kasus diatas dapat dihambar oleh zat yang banyak terdapat pada sekresi usus yaitu A. Komplemen 23 Pada kasus infeksi virus komponen seluler sistem imun alamiah yang paling berperan adalah . Lipopolisakarida B. Daklizumab 19 Obat derivat semisintetik dari asam mokofenolat yang diisolasi dari jamur penicillin glaucum yg digunakan untuk pencegahan penolakan transplantasi ginjal . A. Lippopolisakarida 25 Mycobacterium tuberculosis dapat menghindari eliminasi oleh sistem imun dengan melalui mekanisme. Erythrogenic toxin B.Factor virulensi yang memungkinkan bakteri tersebut berikatan dengan reseptornya pada enterosit adalah…. Cara mencegah penularan penyakit . A. Micofenolat mifetil 20 Obat yang digunakan sebagai immunostimulant pada pasien kolonrectal . Variasi antigen C. ramai kunjungan terbatas. Apa obat yang dimaksud? A. Lisozim D IgA B. IL. A. Sel NK D. Penghambat fusi lisosomal 26 Diagnosis pasien : flu burung. pasien dapat dikunjungi setiap saat E. . Levamisole E. Pili D. Pasien di tempatkan di ruang isolasi. pasien ditempatkan di bangsal yang D. Bakteri tersebut masuk melalui epitel usush alus... Antigenic mimicry C. Basifiksimab E. Telah dilakukan kultur darah dan ditemukan bakteri Salmonella typhii. aureus dari isolasi darah pasien.. Faktor virulensi kasus ini adalah . Neutrofil B. Enzimhyaluronidase E. Basifiksimab D. Interferron B. dirawat di RSUD dengan diagnosis demam tifoid. pasein di tempat kan diruangan bersama pasien dengan diagnosis yang sama C. Muromab CD3 E. Sel mast C.. penghambat fagositosis D. Siklofosfamid D. . A.. Azatioprin B. IgA E Limfosit T C. Toxic shock syndrome toxic C. A. Pemeriksaan mikro ditemukan bakteri S. Isoprinosine D.2 21 Seorang wanita 18 tahun.

Keduanya diuntungkan D. Hospes paratenik B. Hospes definitive E. Virus dapat bertahan dalam tubuh dan menginfeksi kembali C. Hospes perantara D. . baju tertutup B. Durasi infeksi lama E. sarung tangan. Sefalosporin B. google. A. E. Hospes eksidental C. Hospes definitive E. Keduanya dirugikan C. hospes yang mengandung pertumbuhan parasit stadium seksual disebut … A. sarung tangan. Progeni virus infeksius dalam jumlah banyak 31 Dalam kehidupannya dengan kehidupan parasit. Pasteurisasi C. . Masker N95. Autoklav 29 Antibiotik yang kerjanya mengahambat sintesis protein yang berikatan pada ribosom subunit 30S adalah . Masker bedah. Hosper reservoir 33 Hospes yang mengandung parasit dan parasit itu tidak berkembang lebih lanjut … A. Air oven D. Hospes paratenik B. Hospes definitive E. Hosper reservoir 32 Hewan dalam tubuhnya mengandung parasit dan menjadi sumber penularan ke manusia … A. Masker bedah. A. sarung tangan. Hospes perantara D. Aminogliogan E. Hospes definitive E. apron D. Hanya masker bedah jubah C. hal-hal yang terjadi adalah . . Faerasi B. Apa yang harus digunakan adalah: A. Hospes perantara D. sarung tangan. Tidak terjadi apoptosis B. Rimpafisin 30 Pada infeksi virus dengan manifestasi klinis akut. Hosper reservoir 35 NOOR ANISA Simbiosis komensalisme adalah hubungan kehidupan antara dua organisme yang . A. Masker N95.. Hospes eksidental C. dan dapat dikunjungi setiap saat 27 Untuk menghindari penyebaran infeksi pada kasus (No. Vakomisin C. Google. Satu untung yang kedua rugi E.. Penisilin D. Hospes paratenik B. Hospes paratenik B. Hosper reservoir 34 Hewan yang merupakan tempat alami perkembangan parasit disebut … A.. Hospes perantara D. Hospes eksidental C. Gejala dan tanda infeksi tidak ada D..4) . Satu untung yang kedua tidak diuntungkan B. Hospes eksidental C. Satu rugi dan yang kedua untung Sumatif 1 Modul Infeksi & Imunologi 2016 Angkatan 4 4 . baju pelindung 28 Cara yang digunakan untuk menyeterilkan alat-alat bedah yang terbuat dari bahan logam misalnya gunting adalah . Radiasi sinar ultraviolet E. A.

resistesi C. Simbiosis oppurtunisme B. kecuali … A. A. Simbiosis kapitalisme C. Sumatif 1 Modul Infeksi & Imunologi 2016 Angkatan 4 5 . CD4+ Th1 cells. . Simbiosis kapitalisme C. Parasit obligat E. . Imun B. Simbiosis oppurtunisme B. Simbiosis parasitime E. Gizi 41 Pengaruh hospes terhadap penyakit. Geografi C.. Parasit obligat E. Degranulasi mast cell (IgB) B. berkembang biak dan mendapat makanan didalam tubuh mikroorganime yang ditumpangi tetapi sehat-sehat saja. . Genetic D. Kongenital C. Endoparasit D. B-cell and CD4+ Th2 cells D. dimana yang satunya hidup. Simbiosis mutualisme D. Parasit eksidental 38 Hubungan antara dua mikroorganisme. kecuali . Kontak langsung melalui arthropod bite 45 Infeksi cacing filarial brugia malayi menyebabkan berbagai manifestasi klinis. Inhalasi E... Ingesti D. Antibodies (B-cell) E. kecuali. CD4+ Th1 and CD8+ T cell IgE(IL-4) C. Stimulasi eosinophils (IL-5 and IgE) 44 Portal of entry dari penyakit yang diperoleh antara lain melalui … A. Virulensi E. Stimulasi B-cell untuk memproduksi E. CD8+ T cell D. Parasit fakultatif B. ketika imunitas menurun dapat menyababkan suatu penyakit … A. A. Simbiosis parasitime E. Cytococity (CD8+ T cell) B. Status imun E. Endoparasit D. . Genetik D. dimana yang satunya hidup. A. B-cell.. sebagai berikut . Gizi 42 Mediator adaftif imunitas protozoa adalah sebagai berikut kecuali … A. berkembang biak dan mendapat makanan didalam tubuh mikroorganime yang ditumpangi tetapi tidak menyebakan kelainan pada mikroorganime yang ditumpangi … A. IFN-y dan stimulasi makrofag (CD4+ Th1 cells) 43 Mekanisme adatif terhadap imunitas helminth adalah sebagai berikut. B-cell and CD4+ Th2 cells C. Parasit fakultatif B. Kemampuan reproduktif B. Parasit eksidental 37 Parasit yang hanya bisa hidup di dalam tubuh hospes dan bila berada diluar tubuh hospes akan mati disebut . Ektoparasit C. Simbiosis komensalisme 39 Hubungan antara dua mikroorganisme. Simbiosis komensalisme 40 Penyebab faktor intrinsik parasit ke host. Ektoparasit C. Simbiosis mutualisme D. B-cell. Kontak langsung melalui sexual transmission B.36 Parasit yang kadang-kadang bisa hidup bebas diluar hospes tetapi bisa menjadi parasit adalah … A.

. Dibawah ini pernyataan yang benar mengenai profil sitokin pada kekebalan host . Visceral leismaniasis berkaitan dengan E. Pembengkakan pada testis dan penis E. C.. Pembengkakan pada ekstremitas D. Cutaneus leismanhiasis berkaitan D. . Stronglyloides sterocoralis 51 A.. A. Entamoeba berkaitan dengan profil dengan profil Th2 predominan Th2 predominan B. Brugia Malayi C.. E. Pembengkakan pada payudara jika filaria terdapat pada ekstremitas atas 46 Profil sitokin t helper (Th 1 atau Th 2) merupakan determinan penting pada kekebalan host.. Trichuris berkaitan dengan respon respon Th1 Th1 C. Wucheria bancrofti B. D. E.. D. Visceral leismaniasis berkaitan dengan E. A Cutaneus leismanhiasis berkaitan D... Cutaneus leismanhiasis berkaitan D. Dibawah ini pernyataan yang benar mengenai profil sitokin pada kekebalan host . Malaria berkaitan dengan profil Th2 predominan 47 Profil sitokin T helper (Th 1 atau Th 2) merupakan determinan penting pada kekebalan host. 52 Antibodi yang berperan dalam reaksi hipersensitifitas tipe Iv adalah. A. A. 50 Chyluria kemungkinan terjadi pada infeksi . Entamoeba berkaitan dengan profil dengan profil Th2 predominan Th2 predominan B. C. Malaria berkaitan dengan profil Th2 predominan 48 Profil sitokin t helper (Th 1 atau Th 2) merupakan determinan penting pada kekebalan host. A. Trichuris berkaitan dengan respon respon Th1 Th1 C. . Dibawah ini pernyataan yang benar mengenai profil sitokin pada kekebalan host . Pembengkakan pada payudara jika bawah filaria terdapat pada ekstremitas atas B. B. Ascaris lumbricoides E. Malaria berkaitan dengan profil Th2 predominan 49 Mekanisme survival resistance to macrophag killing terjadi pada kondisi infeksi parasit. A.. B. A. Entamoeba berkaitan dengan profil dengan profil Th2 predominan Th2 predominan B. Visceral leismaniasis berkaitan dengan E. Sumatif 1 Modul Infeksi & Imunologi 2016 Angkatan 4 6 . Menyebabkan Chyluria dan bila cacing terdapat pada ekstremitas Haematuria bawah C. Trichinella spiralis D.. Trichuris berkaitan dengan respon respon Th1 Th1 C.

IgG dan IgM 55 YOHANA WINDA Yang termasuk penyakit autoimun nonspesifik organ adalah . A. Intramuskulas D. Etambutol C. kloramfenikol E. Kadar C3 dan C4 tinggi 57 NOORANISA Replikasi HIV terjadi di . A. Ig E E. ANA (+) C. Cephalosporin D. Inti sel CD8 58 DESTA F. Gp12 E. Tidak ada C. RNA mengekspresikan CD4 C. Tes tuberkulin C. Gp40 C. I D. . Pansitopenia dan proteinuria menetap E. Anemia hemolitik autoimun 54 Reaksi imunulogi yang berperan dalam hipersensitivitas tipe 4 . SLE C. Ig M B. CD4+ & CD8+ CTLs B. IgG C. A. Metronidazole B. kecuali …. Leukosit D. A. Anti dsDNA menurun B. IV B. A.. Ketoconazole D. Anemia dan Leukositoisis D. Penyakit Addison 56 Kelainan laboratorium yang dapat dijumpai pada SLE adalah…. Rectal B. Aglutinasi D. IgE D.. II E... Rapid 61 Cara pemberian obat yang bioavailibiltasnya 100% adalah . P17 59 Untuk transfuse darah dan produknya digunakan strategi pemeriksaan HIV A. Nefrotik Sindrom B. Miconazole Sumatif 1 Modul Infeksi & Imunologi 2016 Angkatan 4 7 . SLE E. Ig G 53 Reaksi hipersensitivitas tipe II dapat kita jumpai pada keadaan . Rapid E. Pada stadium dini HIV antigen yang dapat dideteksi dalam darah adalah A. Gp160 B. . Subkutan E.. A. Ig A D.. Transdermal C. T helper E. Eritrosit B.. A. Graves E. III 60 Hasil tes penyaring HIV positif perlu dilakukan tes konfirmasi menggunakan teknik… A. Limfosit atau sel yang E. P24 D. A. Imunocromatographi B. Co-trimonazole 63 Antifungal dibawah ini yang hanya dapat diberikan dalam bentuk topical. Asma alergi D.. Western blot C. Intravena 62 Anti bakteri yang mekanisme kerjanya menghambat sintesis protein bakteri adalah… A.. V C. Chron’s diseases B. Hashimoto D.

. Nistatin + metronidazole C. Klindamisin D. Kloramfenikol E. berat badan 70 kg. . Trisulfa + sitostatika B... - B. Cefixime C. Amoksisilin + asam klavulanat 69 Antibakteri dibawah ini yang bisa menyebabkan Nefrotoksisitas adalah ? A. Rifamfisin C. Sulfanomida B. Etambutol C. Amfoterisin E. A. Etambutol 67 Antibiotik yang pada ibu menyusui karena menyebabkan perdarahan gastrointestinal adalah . A. . Nistatin C. A. A.. . B. Metronidazole C. Clotrimazole E. Kloksasilin 68 Kombinasi antibiotika yang bertujuan mengatasi dan mengurangi resistensi adalah . Ciprofloxacin E. - 66 Obat kontraindikasi pada ibu hamil adalah .. Tetrasiklin D. Cefadroxil Sumatif 1 Modul Infeksi & Imunologi 2016 Angkatan 4 8 . A. Isoconazole 64 Antibakteri golongan cephalosporin di bawah ini yang tidak memiliki bentuk sedian parenteral adalah . Sulfametoksazol + trimetroprim E. Metronidazole B. Terapi yang diberikan adalah . Kloramfenikol B. Amoksisilin D. Doksisiklin D. Betalaktam + aminoglikosida D. Amfoterisin 70 Seorang laki-laki berusia 7 tahun. Ketokonazol C.. Cotrimoxazole E. Cefazolin D.. Eritromisin C.. Penisilin D. A.. datang bersama ibunya ke puskesmas dengan keluhan demam 7 hari yang lalu. Cefepime B. Ceftriaxone E. Cefotaxime 65 Antibakteri di bawah ini diberikan pada anak dapat menyebabkan warna kuning pada gigi adalah . Pemeriksaan titer Widal O 1/320 gr. Kontrimoksasol B. E..

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.