BISNIS KECIL & KEWIRAUSAHAAN

DISUSUN OLEH

R.InaInekePutriPosende

NPM : 16.0102.0189

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG

JalanTidar No. 21 Magelang No. Telp. : (0293) 362082 No. Fax. : (0293) 361004
Website : www.ummgl.ac.id

dan memenuhi standar ukuran tertentu dalam hal jumlah karyawan atau penerimaan tahunan. Memilikihasilpenjualantahunan paling banyakRp. 1. berupaeksporkenegara-negaramitraperdagangan. Memilikikekayaanbersih paling banyakRp.(SatuMiliar Rupiah).” Kriteriausahakecilmenurut UU No.000. 2. 200. 3.000. 4. ataubadanusaha yang berbadanhukum.. tidak dominan dalam bidang operasinya. Berdirisendiri. Berbentukusaha orang perorangan . Modal disediakanolehseorangpemilikatausekelompokkecilpemilik modal.badanusaha yang tidakberbadanhukum. Ciri.(DuaRatusJuta Rupiah) tidaktermasuktanahdanbangunantempatusaha. 9 tahun 1995 adalahsebagaiberikut : 1.Ciri Perusahaan Kecil : 1. atauberafiliasibaiklangsungmaupuntidaklangsungdengan Usaha Menengahatau Usaha Besar. bukanmerupakananakperusahaanataucabangperusahaan yang tidakdimiliki. walaupunterdapatjuga UKM yang memilikiorientasiluarnegeri. Daerah operasinyaumumnyalokal. 2. . dengan kata lain tidakadapemisahan yang tegasantarapemilikdenganpengelolaperusahaan. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomirakyat yang berskalakecildenganbidangusaha yang secaramayoritasmerupakankegiatanusahakecildanperludilindungiuntukmencegahdaripersaing anusaha yang tidaksehat. 3. dikuasai..000.000. Manajemenberdirisendiri. 5.000. MilikWarga Negara Indonesia. Pemilikadalahsekaliguspengeloladalam UKM. PEMBAHASAN BISNIS KECIL DAN KEWIRAUSAHAAN Pengertian Bisnis Kecil Bisnis kecil (small business) adalahbisnis yang dimiliki dan dioperasikan secara in dependen. Menurut Keputusan Presiden RI no. termasukkoperasi.

Di sampingitu. Kelebihandandayatariktersebutadalahsebagaiberikut : 1. antara lain sebagaiberikut: 1. 5. namuntidakmemilikirencanajangkapanjang. 4. Dalampengelolaannyamungkintidakmemilikikeahlianmanajerial yang handal. baikdarisegi total aset. tetapikadang- kadangterlalucepatdanbahkanprematur. tidakteratur. dansaranaprasarana yang kecil. finance. Banyaknyaproduk. Fleksibelterhadapbentukfluktuasijangkapendek. Tanpasubsidimaupunproteksi. Ukuranperusahaan. 2. Merupakanpemerataankonsentrasidarikekuatan-kekuatanekonomidalammasyarakat. Berikutiniakandipaparkankelebihandankelemahanusahakecil : Kelebihan Usaha Kecil Usaha kecilpadakenyataannyamampubertahandanmengantisipasikelesuanperekonomian yang diakibatkaninflasimaupunberbagaifaktorpenyebablainnya. Bebasmenentukanhargaproduksiatasbarangdanjasa.produktertentu yang dikerjakanolehperusahaankecil. Perusahaan besardanmenengahbanyakketergantungankepadaperusahaankecil. inovasi. Pertumbuhannyalambat. 3. Risikousahamenjadibebanpemilik. karenajikahanyadikerjakanperusahaanbesardanmenengah. 2. Pemilikmerangkapmanajerperusahaandanmerangkapsemuafungsimanajerialseperti marketing. 4. Secaraumumperusahaandalamskalakecilbaikusahaperseoranganmaupunpersekutuan (kerjasama) memilikikelebihandandayatarik. 7. 6. . marginnyamenjaditidakekonomis. usahakecilmampumenambahnilaidevisanegarakhususnyaindustrikecil di sektor informal danmampuberperansebagaipenyanggadalamperekonomianmasyarakatkecil/ lapisanbawah. danadministrasi. Usaha kecilmemilikikelemahandankelebihan. Sebagianbesarmembuatlapanganpekerjaanbaru. jumlahkaryawan. sumberdayabarusertabarangdanjasa-jasabaru. usahakeciljugamemilikinilaistrategisbagiperkembanganperekonomiannegarakita.

13. 14. atauproyekperintisan yang samasekalibaru. Terlalubanyakbiaya yang dikeluarkan. Relatiftidakmembutuhkaninvestasiterlalubesar. utang yang tidakbermanfaat. 17. Umumnyamampuuntuk survive. ataubelumpernahada yang mencobanya. Kelemahandanhambatan-hambatantersebutadalahsebagaiberikut : 1. 19. sehinggamemilikisedikitpesaing. dankaryawanseringbekerja di luarbatas jam kerjastandar. 10. KelemahanPengelolaan Usaha Kecil Kelemahandanhambatandalampengelolaanusahakecilumumnyaberkaitandenganfaktorinternd ariusahakecilitusendiri. 2. 11. Mempunyaiketergantungansecaramorildansemangatusahadenganpengusahakecillainn ya. Mudahdibubarkansetiapsaatjikadikehendaki. Komunikasidenganpihakluarbersifatpribadi. Sumber modal yang terbataspadakemampuanpemilik. tidakmematuhiketentuanpembukuanstandar. bukanperusahaannya. 5. Pemilikmengelolasecaramandiridanbebaswaktu. 12. Cocokuntukmengelolaproduk. Pajakrelatifringan. 6. 4. dansaranaproduksilainnyarelatiftidakterlalumahal. Tidakmengetahuisecaratepatberapakebutuhan modal kerjakarenatidakadanyaperencanaankas. 9. tenagakerjatidakberpendidikantinggi. 8. karena yang dikenakanpajakadalahpribadi/pengusaha. . Pembagiankerja yang tidakproporsional. Diversifikasiusahaterbukaluassepanjangwaktudanpasarkonsumensenantiasatergalimel aluikreativitaspengelola. Persediaanbarangterlalubanyaksehinggabeberapajenisbarangada yang kuranglaku. 16. Seringterjadi mist-manajemendanketidakpedulianpengelolaanterhadapprinsip- prinsipmanajerial. Pemilikmenerimaseluruhlaba. 18. 3. Prosedurhukumnyasederhana. jasa. 15. Memberikanpeluangdankemudahandalamperaturandankebijakanpemerintah demi berkembangnyausahakecil. Mudahdalam proses pendiriannya. 20.

Untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Dr. individualitas. optimisme. pahlawan. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian. menanggung segala resiko. Wira berarti pejuang. dalam arti mereka yang memulai usaha baru. dan berbuat sesuatu. Ciri-ciri seorang wirausaha adalah:  Percaya diri  Berorientasikan tugas dan hasil  Berani mengambil risiko  Kepemimpinan  Keorisinilan  Berorientasi ke masa depan  Jujur dan tekun Sifat-sifat seorang wirausaha adalah:  Memiliki sifat keyakinan. gagah berani dan berwatak agung. Istilah wirausaha diperkenalkan oleh Prof. Kewirausahaan (Entrepreneurship)atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi. kemandirian. peluang. dan mendapatkan keuntungan. dan membawa visi ke dalam kehidupan. yang artinya adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk melihat dan menilai kesempatan peluang bisnis. Pengertian Kewirausahaan Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif. berbudi luhur. mengembangkan. teladan. manusia unggul. 7. bekerja. Kata “Wirausaha” merupakan terjemahan dari istilah bahasa inggrisentrepreneur. Suparman Sumahamijaya pada tahun 1975 dengan menjabarkan dalam istilah aslinya yaitu entrepreneur. maka setiap orang memerlukan ciri-ciri dan juga memiliki sifat-sifat dalam kewirausahaan. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu. Perencanaandan program pengendalianseringtidakadaataubelumpernahmerumuskan. cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. . Usaha adalah perbuatan amal.

 Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan.  Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan. Dalam melaksanakan kegiatannya.  Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja keras. Ketaatan wirausahawan akan kesepakatan-kesepakatan yang dibuatnya adalah contoh dari kedisiplinan akan kualitas pekerjaan dan sistem kerja. . memiliki ketekunan dan ketabahan. Wirausahawan harus taat azas.  Bertingkah laku sebagai pemimpin. Ketepatan yang dimaksud bersifat menyeluruh. yaitu ketepatan terhadap waktu. baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain. Selalu berusaha untuk berprestasi. Hal tersebut akan dapat tercapai jika wirausahawan memiliki kedisiplinan yang tinggi terhadap sistem kerja yang telah ditetapkan. seorang wirausahawan harus memiliki kedisiplinan yang tinggi. memiliki tekad yang kuat. Kedisiplinan terhadap komitmen akan kualitas pekerjaan dapat dibina dengan ketaatan wirausahawan akan komitmen tersebut. serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas. suka bekerja keras. Ketepatan terhadap waktu. adalah kendala yang dapat menghambat seorang wirausahawan meraih keberhasilan. dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun. kualitas pekerjaan. dapat kita identifikasi sikap seorang wirausahawan yang dapat diangkat dari kegiatannya sehari-hari. fleksibel. terarah dan bersifat progresif (berorientasi pada kemajuan). Arti dari kata disiplin itu sendiri adalah ketepatan komitmen wirausahawan terhadap tugas dan pekerjaannya. seorang wirausahawan harus memiliki komitmen yang jelas.  Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi. Sifat sering menunda pekerjaan dengan berbagai macam alasan. berorientasi pada laba.  Komitmen Tinggi Komitmen adalah kesepakatan mengenai sesuatu hal yang dibuat oleh seseorang. sistem kerja dan sebagainya. harapan dan target-target yang direncanakan dalam hidupnya. energik dan memiliki inisiatif. Komitmen terhadap dirinya sendiri dapat dibuat dengan identifikasi cita-cita. Sikap wirausaha Dari daftar ciri dan sifat watak seorang wirausahawan di atas. dapat dibina dalam diri seseorang dengan berusaha menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang direncanakan. sebagai berikut:  Disiplin Dalam melaksanakan kegiatannya.

penyelesaian bagi masalah konsumen. Kejujuran dalam berperilaku bersifat kompleks. Pada prinsipnya seorang wirausahawan harus memiliki sikap mandiri dalam memenuhi kegiatan usahanya. Gagasan-gagasan yang kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang. Kemandirian merupakan sifat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Kejujuran mengenai karakteristik produk (barang dan jasa) yang ditawarkan.   .Seorang wirausahawan yang teguh menjaga komitmennya terhadapkonsumen. Sedangkan contoh komitmen wirausahawan terhadap orang lain terutama konsumennya adalah pelayanan prima yang berorientasi pada kepuasan konsumen. termasuk mencukupi kebutuhan hidupnya. dan sebagainya.  Kreatif dan Inovatif Untuk memenangkan persaingan.  Mandiri Seseorang dikatakan “mandiri” apabila orang tersebut dapat melakukan keinginan dengan baik tanpa adanya ketergantungan pihak lain dalammengambil keputusan atau bertindak. kualitas produk yang sesuai dengan harga produk yang ditawarkan. bentuk ataupun waktu. dengan dampak pembelian terus meningkat sehingga pada akhirnya tercapai target perusahaan yaitu memperoleh laba yang diharapkan. penuh dengan gagasan-gagasan baru yang berbeda dengan produk-produk yang telah ada selama ini di pasar. Justru seringkali ide-ide jenius yangmemberikan terobosan- terobosan baru dalam dunia usaha awalnya adalah dilandasi oleh gagasan-gagasan kreatif yang kelihatannya mustahil. kejujuran mengenai pelayanan purnajual yang dijanjikan dan kejujuran mengenai segala kegiatan yang terkait dengan penjualan produk yang dilakukan oleh wirausahawan. akan memiliki nama baik di mata konsumen yang akhirnya wirausahawan tersebut akan mendapatkan kepercayaan dari konsumen. kejujuran mengenai promosi yang dilakukan. tanpa adanya ketergantungan dengan pihak lain. Daya kreativitas tersebut sebaiknya dilandasi oleh cara berpikir yang maju. maka seorang wirausahawan harus memiliki daya kreativitas yang tinggi.  Jujur Kejujuran merupakan landasan moral yang kadang-kadang dilupakan oleh seorang wirausahawan.

 Sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha. Lokasi yang tidak strategis dapat mengakibatkan perusahaan sukar beroperasi karena kurang efisien.  Kurang berpengalaman Baik dalam kemampuan mengkoordinasikan. Lokasi usaha yang strategis merupakan faktor yang menentukan keberhasilan usaha. faktor yang paling utama dalam keuangan adalah memelihara aliran kas. Agar perusahaan dapat berhasil dengan baik. maupun kemampuan mengintegrasikan operasi perusahaan.  Lokasi yang kurang memadai. Mengatur pengeluaran dan penerimaan secara cermat. Perencanaan merupakan titik awal dari suatu kegiatan.  Kurang dapat mengendalikan keuangan. Faktor Kegagalan Dalam Wirausaha Menurut Zimmerer (dalam Suryana. Kurang pengawasan mengakibatkan penggunaan alat tidak efisien dan tidak efektif. Kekeliruan memelihara aliran kas menyebabkan operasional perusahan dan mengakibatkan perusahaan tidak lancar. obyektif dan rasional dalam pengambilan keputusan bisnisnya. 2003 : 44-45) ada beberapa faktor yang menyebabkan wirausaha gagal dalam menjalankan usaha barunya:  Tidak kompeten dalam manajerial.  Kurangnya pengawasan peralatan. Banyak seorang calon wirausahawan yang berpotensi tinggi. namun pada akhirnya mengalami kegagalan hanya karena wirausahawan tersebut tidak realistis. Pengawasan erat berhubungan dengan efisiensi dan efektivitas. keterampilan mengelola sumber daya manusia.  Gagal dalam perencanaan. sekali gagal dalam perencanaan maka akan mengalami kesulitan dalam pelaksanaan. Tidak kompeten atau tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan mengelola usaha merupakan faktor penyebab utama yang membuat perusahaan kurang berhasil. . Karena itu dibutuhkan kecerdasan dalam melakukan seleksi terhadap masukan-masukan/ sumbang saran yang ada keterkaitan erat dengan tingkat keberhasilan usaha yang sedang dirintis. Realistis Seseorang dikatakan realistis bila orang tersebut mampu menggunakan fakta/realita sebagai landasan berpikir yang rasional dalam setiap pengambilan keputusan maupun tindakan/ perbuatannya.

Keberhasilan dalam berwirausaha hanya bisa diperoleh apabila berani mengadakan perubahan dan mampu membuat peralihan setiap waktu. tidak akan menjadi wirausaha yang berhasil. . tenaga kerja. Dengan sikap setengah hati. Melaksanakan manajemen sederhana dan fleksibel terhadap perubahan pasar. Peluang Serta Tantangan yang dimiliki Usaha Kecil Dan Menengah sebegai berikut : Kekuatan Usaha Kecil dan Menengah Usaha kecil dan menengah–industri dagang memiliki beberapa kekuatan potensial yang merupakan andalan yang menjadi basis pengembangan pada masa yang akan datang adalah : Penyediaan lapangan kerja peran usaha kecil dan menengah–industri dagang dalam penyerapan tenaga kerja patut diperhitungkan. usaha kecil dan menengah industri–dagang sebagian besar memanfaatkan limbah atau hasil sampai dari industri besar atau industru yang lainnya .Memiliki potensi untuk berkembang. Memiliki segmen usaha pasar yang unik . diperkirakan maupun menyerap sampai dengan 50% tenaga kerja yang tersedia . Peran wirausaha dalam perekonomian nasional :  Menciptakan lapangan kerja  Mengurangi pengangguran  Meningkatkan pendapatan masyarakat  Mengombinasikan faktor–faktor produksi (alam. modal dan keahlian)  Meningkatkan produktivitas nasional Beberapa Kekuatan. Sikap yang setengah-setengah terhadap usaha akan mengakibatkan usaha yang dilakukan menjadi labil dan gagal. Memanfaatkan sumber daya alam sekitar. Berbagai upaya pembinaan yang dilaksanakan menunjukkan hasil yang menggambarkan bahwa usaha kecil dan menengah industri dagang mampu untuk dikembangkan lebih lanjut dan mampu untuk mengembangkan sektor sektor lain yang terkait. Sumber wirausaha baru keberadaan usaha kecil dan menengah selama ini terbukti dapat mendukung tumbuh kembangnya wirausaha baru.  Ketidakmampuan dalam melakukan peralihan/transisi kewirausahaan. Wirausaha yang kurang siap menghadapi dan melakukan perubahan. Kelemahan. kemungkinan gagal menjadi besar.

Biasanya yang dicatat. Kecenderungan konsumen yang belum mempercayai mutu produk Usaha Kecil dan Menengah Industri – Dagang. pada umumnya masih banyak hanya melakukan pencatatan atas transaksi yang dilakukan. Disamping itu mereka menjual produknya secara pesanan dan banyak terjadi penundaan pembayaran. Kendala pemasaran produk sebagian besar pengusaha Usaha Kecil dan Menengah Industri – Dagang lebih memperioritaskan pada aspek produksi sedangkan fungsi-fungsi pemasaran kurang mampu dalam mengaseskannya. khususnya dalam informasi pasar dan jaringan pasar. Selain hal-hal tersebut diatas permasalahan yang sering dihadapi oleh UKM adalah dalam pengelolalan Sistem keuangan dan pembukuan. belum lagi keakuratannya. sehingga sebagian besar hanya berfungsi sebagai tukang saja . terkadang sangat sulit diketahui dengan pasti perkembangan usahanya. Kelemahan Usaha Kecil dan Menengah yaitu masih terbatasnya kemampuan sumber daya manusia . perijinan dll.) . Kendala permodalan usaha sebagian besar Usaha Kecil dan Menengah Industri – Dagang memanfaatkan modal sendiri dalam jumlah yang relatif kecil. sulit diketahui dengan pasti besarnya penghasilan neto. Usaha kecil menengah (UKM). Tantangan Industri Kecil meliputi : Iklim usaha yang tidak kondusif. . Dengan kondisi ini. Akibatnya. pengusha industri dari hulu ke hilir oleh industri besar berbagai peraturan yang tidak mendukung (Retribusi. Sehingga butuh waktu yang tidak sebentar. hanya menyangkut jumlah barang yang masuk (dibeli) dan yang keluar (dijual). Pemberlakuan berbagai standar nasional maupun internasional. Memang kita sadari bahwa disiplin melakukan pembukuan belum membudaya di Indonesia. iklim usaha yang kondusif diwujudkan dalam adanya monopoli dalam bidang usaha tertentu.

Al-Bazzar). Para pedagang dapat mengambil barang dari tempat grosir dan menjual ditempatnya. Seperti diungkapkan dalam hadis : “ Allah mengasihi orang yang bermurah hati waktu menjual. ketidakjujuran. waktu membeli. penipuan. . Dengan demikian masyarakat yang ada disekitarnya tidak perlu jauh untuk membeli barang yang sama. Dalam QS. Pekerjaan berdagang adalah sebagian dari pekerjaan bisnis yang sebagian besar bertujuan untuk mencari laba sehingga seringkali untuk mencapainya dilakukan hal-hal yang tidak baik. Berdagang dengan niat ini akan mempermudah jalan kita mendapatkan rezeki. dan waktu menagih piutang.” Pekerjaan berdagang masih dianggap sebagai suatu pekerjaan yang rendahan karena biasanya berdagang dilakukan dengan penuh trik.Al-Baqarah:275 dijelaskan bahwa Allah swt telah menghalalkan kegiatan jual beli dan mengharamkan riba. seperti disabdakan Rasullullah SAW. padahal perdangan adalah salah satu usaha dan pekerjaaan Rasulullah SAW. Karena apapun yang kita lakukan harus memiliki niat untuk beribadah agar mendapat berkah. Hal ini disebabkan karena uang dan modal hanya berputar pada satu pihak saja yang akhirnya dapat mengeksploitasi masyarakat yang terdesak kebutuhan hidup. Bagi umat Islam berdagang lebih kepada bentuk Ibadah kepada Allah swt. yang artinya : “Mata pencarian apakah yang paling baik. Kegiatan riba ini sangat merugikan karena membuat kegiatan perdagangan tidak berkembang. Padahal ini sangat dilarang dalam agama Islam. Penyelewengan seperti ini berdampak buruk kepada perdangan. Sehingga nantinya akan terbentuk patronage buying motive yaitu suatu motif berbelanja ketoko tertentu saja.” (HR. Anjuran berwirausaha dalam Islam Pekerjaan berdagang atau berwirausaha mendapat tempat terhormat dalam ajaran Islam. Ya Rasulullah?”Jawab beliau: Ialah seseorang yang bekerja dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang bersih.

Membayar harga yang sedikit lebih mahal kepada pedagang yang miskin. maka kita akan merasakan tenang dan melaksanakan segala usaha dengan kepala dingin dan tidak stress. Sifat Takwa. Karakteristik kewirausahaan muslim (enterpreneur) Sebagai wirausahawan muslim harus memperhatikan beberapa etika dan perilaku terpuji dalam perdagangan. Menurut Imam Ghazali. Jujur dalam segala kegiatan yang berhubungan dengan orang lain maka akan membuat tenang lahir dan batin. Dengan sikap tawakkal. dan Syukur Sifat ini harus dimiliki oleh wirausahawan karena dengan sifat-sifat itu kita akan diberi kemudahan dalam menjalankan setiap usaha yang kita lakukan. Bila membayar hutang. Dengan begitu.Tidak mengambil laba lebih banyak. maka jangan ditagih apabila orang tersebut tidak mampu membayarnya dan membebaskan ia dari hutang apabila meninggal dunia. Dengan adanya sifat takwa maka kita akan diberi jalan keluar penyelesaian dari suatu masalah dan mendapat rizki yang tidak disangka.”(HR. 2. maka bayarlah lebih cepat dari waktu yang telah ditetapkan. Membatalkan jual beli bila pihak pembeli menginginkannya. 3. yaitu : 1. ada 8 sifat dan perilaku yang terpuji dalam perdagangan. 4. kita akan mengalami kemudahan dalam menjalankan usaha walaupun usaha yang kita jalani memiliki banyak saingan. . Tirmidzi). Dengan bertakwa dan bertawakkal maka kita akan senantiasa berzikir untuk mengingat Allah dan bersyukur sebagai ungkapan terima kasih atas segala kemudahan yang kita terima.Niat Suci dan Ibadah Bagi seorang muslim kegiatan bisnis senantiasa diniatkan untuk beribadah kepada Allah sehingga hasil yang didapat nanti juga akan digunakan untuk kepentingan dijalan Allah. Tawakkal. Bila menjual bahan pangan kepada orang miskin secara cicilan. Zikir. Memurahkan harga dan memberi potongan kepada pembeli yang miskin sehingga akan melipatgandakan pahala. Jujur Dalam suatu hadist diriwayatkan bahwa :”Kejujuran akan membawa ketenangan dan ketidakjujuran akan menimbulkan keragu-raguan.

. Baihaqi). Dalam hadist tersebut telah diungkapkan bahwa dengan berzakat dan berinfak maka kita tidak akan miskin. Dengan berzakat. melainkan Allah akan melipat gandakan rizki kita. Azzam dan bangun Lebih Pagi Rasul saw mengajarkan agar kita berusaha mencari rezeki mulai pagi hari setelah shalat subuh.”(HR. karena sesungguhnya Allah membagikan rizki manusia antara terbitnya fajar sampai menjelang terbitnya matahari. Silaturrahmi ini dapat mempererat ikatan kekeluargaan dan memberikan peluang-peluang bisnis baru. fleksibel. supel.5. adanya seorang partner sangat dibutuhkan demi lancarnya usaha yang kita lakukan. Bukhari). Muslim). 6. Pentingnya silaturahmi ini juga dapat dilihat dari hadist berikut : Artinya :”Siapa yang ingin murah rizkinya dan panjang umurnya. maka hendaklah ia mempererat hubungan silaturahmi. hal itu juga akan membersihkan harta kita sehingga harta yang kita peroleh memang benar-benar harta yang halal.Silaturahmi Dalam usaha.”(HR.”(HR. Berzakat dan Berinfak Hadits Rasulullhah : Artinya :“Tidaklah harta itu akan berkurang karena disedekahkan dan Allah tidak akan akan menambahkan orang yang suka memberi maaf kecuali kemuliaan. 8. toleransi terhadap langganan dan tidak kaku. Toleransi Sikap toleransi diperlukan dalam bisnis sehingga kita dapat menjadi pribadi bisnis yang mudah bergaul. bangunlah!sambutlah rizki dari Rabb-mu dan janganlah kamu tergolong orang yang lalai. Dan tidaklah seorang yang suka merendahkan diri karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatnya. 7. Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa : ”Hai anakku.

html https://apwardhanu.co.blogspot.Daftar Pustaka http://rifalittleduck.wordpress.id/2013/03/bisnis-kecil-dan-kewirausahaan.com/2009/07/31/peran-dan-potensi-usaha-kecil-dan-menengah/ http://bedduboy.blogspot.co.html .id/2016/08/kewirausahaan-dalam-perspektif-islam.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.