TUGAS KIR 10

JENIS REAKTOR NUKLIR SESUAI PERUNTUKANNYA
Reaktor nuklir adalah suatu tempat atau perangkat yang digunakan untuk membuat,
mengatur, dan menjaga kesinambungan reaksi nuklir berantai pada laju yang tetap.
Berbeda dengan bom nuklir, yang reaksi berantainya terjadi pada orde pecahan detik dan
tidak terkontrol. Komponen dasar reaktor nuklir yaitu terdiri dari:
1. Bahan bakar (Core)
2. Moderator
3. Tangki kendali (Control rods)
4. Pendingin (Coolant)
5. Perisai (Shielding)
Jenis reaktor sesuai dengan peruntukannya terdapat beberapa reaktor yaitu :
A. Reaktor pendingin gas dengan moderator grafit
Advanced Gas-Cooled Reactor (AGR) merupakan reaktor generasi kedua dari
reaktor berpendingin gas yang dikembangkan Inggris. AGR merupakan pengembangan
dari reaktor Magnox. Reaktor ini menggunakan grafit sebagai moderator neutron, CO 2
sebagai pendingin dan bahan bakarnya adalah pelet Uranium oksida yang diperkaya 2,5%-
3,5% yang dimasukkan ke selongsong tabung stainless steel. Gas CO2 yang mengalir
dalam reaktor mencapai suhu 650°C dan kemudian memasuki tabung generator uap.
Kemudian uap yang memasuki turbin akan diambil uapnya untuk menggerakkan turbin.

B. Reaktor Air Ringan (Bertekanan atau Mendidih)
1. Reaktor Air Tekan (Pressurized Water Reactor, PWR)
PWR banyak digunakan di Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Spanyol, Rusia
dan China. Bahan bakar reaktor ini adalah 3% Uranium dengan selongsong yang
terbuat dari bahan Zircalloy sedangkan batang kendali (control rods) dioperasikan dari
bagian atas reaktor, penggantian bahan bakar dilakukan setiap 3 tahun sekali.
Pada kondisi tekanan rendah, misalnya satu atmosfer, air akan mendidih pada
temperatur lebih-kurang 100oC. Temperatur serendah ini secara termodinamika tidak
efisien untuk dimanfaatkan sebagai media kerja suatu sistem pembangkit daya listrik.
Untuk meningkatkan efisiensi termodinamika, temperatur air harus dinaikkan setinggi
kira-kira 300oC. Jika tekanan air satu atmosfir, maka air bertemperatur 300oC akan
mendidih hebat. Untuk mencegah pendidihan maka air di dalam bejana reaktor
ditekan dengan tekanan yang cukup tinggi untuk menjaga agar air di dalamnya tidak

1

Uap yang dihasilkan langsung di transfer ke turbin untuk menggerakkan generator listrik. Gambar berikut memberikan ilustrasi tentang prinsip kerja reaktor tipe BWR. kemudian menuju turbin dan selanjutnya dipompakan kembali ke pembangkit uap disebut “untai sekunder”. Jelas dalam reaktor tipe ini tidak diperlukan pembangkit uap. 2 . untai sekunder dihilangkan. karena proses penguapan langsung terjadi pada teras reaktor. Tipe reaktor seperti ini terkenal dengan sebutan PWR (Pressurized Water Reactor : Reaktor Air Tekan). BWR banyak digunakan di Amerika Serikat. Sedangkan jalur air-uap dari pembangit uap. Disain reaktor seperti ini akan meningkatkan efisiensi termal. Reaktor Air Didih (Boiling Water Reactor. 2.3 MPa dengan temperatur rata- rata 310oC. Pendingin pada reaktor jenis ini terjadi secara konveksi (alami). Jalur ini disebut “untai primer”. Bahan bakar reaktor ini adalah 3% Uranium dengan selongsong yang terbuat dari bahan Zircalloy sedangkan control rods dioperasikan dari bagian bawah reaktor sehingga tidak jatuh ke inti dan menghentikan reaktor. Air sebagai pendingin akan mengambil panas dari teras reaktor hingga mendidih dan menjadi uap. Reaktor jenis BWR beroperasi pada tekanan 7.mendidih. penggantian bahan bakar (recycle) dilakukan setiap 2 tahun sekali. dan air dalam untai primer dibiarkan mendidih. Pemisah uap berada di atas inti dan berhadapan langsung dengan turbin uap sehingga beberapa diantaranya terkontaminasi. walaupun dalam mendisainnya harus lebih berhati-hati karena tingkat risikonya lebih tinggi jika terdapat air mendidih yang bocor. Prinsip kerja reaktor nuklir tipe PWR diperlihatkan pada Gambar : Air yang bersirkulasi dari bejana reaktor menuju pembangkit uap dan kemudian dipompakan kembali ke bejana reaktor adalah air bertekanan tinggi dan tidak mendidih. BWR) Pada reaktor tipe ini. swedia dan Jepang.

Reaktor Air Berat Pendingin Gas (Heavy Water Gas Cooled Reactor. Batang bahan bakar terbuat dari kelongsong zirkalloy-4 yang diisi dengan pelet bahan bakar uranium (alam) oksida. Gas pendingin dinaikkan temperaturnya sampai pada tingkat yang cukup tinggi sehingga efisiensi termal reaktor ini dapat ditingkatkan. Untuk menjaga jarak antara tabung tekan dan dinding kalandria terdapat "spacer" yang diisi oleh gas karbondioksida untuk isolasi termal. Jadi moderator (air berat) dan pendingin (air biasa) dipisahkan oleh dinding pipa tekan. tetapi sebagai bahan selongsong tidak digunakan berilium melainkan stainless steel. Moderator air berat berada di ruang antara pipa-pipa tekan.C. Bahan yang dipakai untuk dinding kalandria dan pipa tekan adalah bahan yang tidak banyak menyerap neutron yaitu logam paduan zirkalloy-2. Bahan bakar yang digunakan adalah uranium alam. HWGCR) HWGCR atau sering dibalik GCHWR adalah suatu tipe reaktor nuklir yang menggunakan air berat sebagai bahan moderatornya. bagian dalam kelongsong dapat dilapisi dengan grafit. sehingga bahan bakar menjadi lebih tahan terhadap perubahan daya yang drastis pada saat penggantian bahan bakar sewaktu reaktor beroperasi. Dengan berhasilnya pengembangan bahan bakar baru. 2. Tetapi oleh karena persoalan pengembangan bahan kelongsong yang tahan terhadap temperatur tinggi dan paparan radiasi lama belum terpecahkan hingga sekarang. sehingga pemanfaatan neutronnya optimal. Dalam kalandria. D. Reaktor Pendingin Air Ringan Dengan Moderator Grafit 3 . Moderator reaktor CANDU terletak pada tangki besar yang disebut calandria. yang diisi dengan air berat sebagai moderator neutron. Reaktor Air Berat 1. PHWR) Canadian Deuterium Uranium Reactor (CANDU) adalah suatu PLTN yang tergolong pada tipe reaktor pendingin air berat tekan dengan pipa tekan. Reaktor Air Berat Tekan (Pressurized Heavy Water Reactor. yang disusun oleh tabung-tabung bertekanan horizontal yang digunakan sebagai tempat bahan bakar. sedangkan pendingin berada dalam pipa tekan. maka pada akhirnya di dunia hanya terdapat 4 reaktor tipe ini. moderator dan pendingin tidak bercampur. Di negara Perancis reaktor tipe ini dibangun.

The Institution of Electrical Engineers IET team. RBMK adalah suatu tipe PLTN yang dikembangkan sendiri oleh Uni Soviet. grafit sebagai moderator dan sebagai bahan bakarnya digunakan uranium dioksida dengan pengayaan rendah. Dengan penggunaan grafit. dan air dialirkan dalam pipa tersebut untuk mengambil panas yang dibangkitkan dalam bahan bakar. tidak ada rencana pembangunan dari reaktor tipe RBMK ini. Zubaidah. RBMK tipe komersial yang telah berhasil dirancang adalah RBMK-1000 (100 MWe) dan RBMK- 1500 (1500 MWe). Dalam bahasa Inggris dikenal dengan Light Water-cooled Graphite-moderated Reactor (LWGR). Bahan bakar diletakkan dalam pipa bertekanan. dengan bantuan dana dari Eropa Barat secara resmi ditutup. Teras reaktor RBMK dapat dikembangkan dengan penambahan perangkat bahan bakar dalam pipa tekan. Nuclear Reactor Types. REFERENSI Alatas. maka reaktor ini disebut Reaktor Pipa Tekan Pendingin Air Didih Moderator Grafit. Nuclear Reactor Types. RBMK yang ada di Republik Ukraina. dkk. 2008. yaitu reaktor Chernobyl. Karena konstruksi teras seperti yang telah dijelaskan di atas. Reaktor Pipa Tekan Pendingin Air Didih Moderator Grafit (RBMK). Institution of Engineering and Technology Tim BATAN. selanjutnya uap tersebut dikirim ke tangki pemisah uap. Setelah uap dipisahkan dari air. Sampai dengan akhir tahun 2000. Satu unit RBMK yang masih beroperasi di Chernobyl (unit ke-3). Kecelakaan ini terkenal dengan kecelakaan Chernobyl. RBMK adalah PLTN yang menggunakan air sebagai pendingin. Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) IEE team. sebagai moderator maka dengan mudah teras reaktor dapat diperbesar. Ensiklopedi Teknologi Nuklir BATAN 4 . terdapat 16 unit reaktor RBMK yang beroperasi di Eropa Timur dan 1 unit sedang dibangun di Rusia. 2005. Buku Pintar Nuklir. RBMK merupakan tipe reaktor daya pertama di dunia yang dibangun di Obninsk (5 MWe). yang murah harganya. telah mengalami kecelakaan pada tahun 1986. uap dikirim ke turbin untuk memutar turbin pembangkit listrik. Setelah kecelakaan Chernobyl. Air pendingin dalam pipa tekan akan mendidih. RBMK berasal dari bahasa Rusia "Reaktory Bolshoi Moshchnosti Kanalynye" (hi-power pressure-tube reactors: Reaktor pipa tekan berdaya tinggi).