Sistem Pernapasan (Aves) Burung

in Biologi - on 00:20 - No comments
Baiklah sobat, kali ini kita akan membahas tentang Sistem Pernapasan pada

Burung. Burung dapat terbang dengan sayapnya yang digerakkan oleh otot-otot yang

terdapat pada dada. Penggunaan otot ini saat terbang akan mengganggu proses

inspirasi (pengambilan napas) oleh paru-paru. Maka, selain mempunyai paru-paru,

burung mempunyai alat bantu pernapasan yang khas yaitu kantong udara.

ALAT PERNAPASAN BURUNG

Saluran pernapasan burung terdiri dari lubang hidung, trakea, bronkus, paru-paru, dan

kantong udara. Kantong udara ini berhubungan dengan paru-paru. Umumnya, kantong

udara pada burung berjumlah sembilan buah, yaitu

1. dua buah kantong udara di leher,
2. sebuah kantong udara antartulang selangka,
3. dua buah kantong udara dada depan,
4. dua buah kantong udara dada belakang, dan
5. dua buah kantong udara perut.

Kantong udara (sakus pneumatikus) berfungsi untuk membantu burung bernapas saat

terbang, membantu membesarkan ruang siring sehingga dapat memperbesar dan

memperkeras suara, menyelubungi alat-alat dalam rongga tubuh sehingga tidak

kedinginan, dan membantu mencegah hilangnya panas tubuh yang terlalu besar.

Siring memiliki selaput yang akan bergetar dan menghasilkan bunyi bila dilewati udara. burung tidak bisa menggunakan rongga dada untuk melakukan penarikan dan pengeluaran napas karena tulang dada dan tulang rusuk adalah tempat . MEKANISME PERNAPASAN Pengambilan udara pada burung ada dua cara.paulnoll. yaitu pada waktu terbang dan pada waktu istirahat. Paru-paru pada burung dibungkus oleh selaput paru-paru (pleura) dan berhubungan dengan kantung udara. Pada bagian bawah trakea. Paru-paru burung tidak mempunyai alveoli tetapi diganti dengan pembuluh udara yang disebut parabronki. yaitu berupa pembuluh kapiler udara yang berdampingan dengan kapiler darah.com/Oregon/Birds/) Trakea bercabang menjadi bronkus kiri dan kanan. yaitu pada percabangan tenggorokan. Pada saat terbang. Saluran udara pada parabronki bercabang-cabang. terdapat alat suara atau siring. Anatomi Pernapasan Burung (www.

Baca juga : Sistem Pernapasan pada Hewan Arthropoda Pada waktu terbang melayang tanpa mengepakkan sayap. sehingga burung dapat memenuhi kebutuhan oksigennya saat terbang. Fase inspirasi (penarikan napas) diawali dengan pergerakan tulang rusuk ke depan sehingga memperbesar rongga dada dan paru-paru menjadi mengembang. Selama terbang dengan mengepakkan sayap. Hal ini menyebabkan udara dapat masuk ke paru-paru. kantong udara di ketiak akan mengembang sehingga udara masuk.perlekatan otot-otot untuk terbang. Sebagian udara yang kaya oksigen ini akan diambil oleh paru-paru dan sebagian lagi dialirkan ke kantung udara belakang. pernapasan burung terutama menggunakan cadangan udara di dalam kantong udara. Pertukaran oksigen oleh darah hanya terjadi di paru-paru saja. Dengan cara ini maka darah dapat mengambil oksigen sebanyak-banyaknya. Udara yang miskin oksigen akan masuk ke kantung udara depan. Fase ekspirasi (pengeluaran . Apabila sayap diturunkan. sedangkan kantong udara antarkorakoid akan mengembang sehingga udara keluar. udara diisap masuk ke dalam paru-paru kemudian disalurkan menuju kantong udara yang merupakan tempat penyimpanan udara. Pernapasan dilakukan dengan menggunakan cadangan udara di dalam kantung udara. kantong udara di ketiak akan terjepit. Pada saat sayap diangkat ke atas. Pengambilan udara saat burung istirahat adalah sebagai berikut.

Pada saat ini udara dalam alveolus dan udara dalam kantong-kantong hawa bersama-sama keluar melalui paru-paru. sehingga udara mengalir keluar dari kantong hawa melewati paru-paru sehingga terjadilah ekspirasi. Fase Ekspirasi : tulang rusuk kembali ke posisi semula – rongga dada mengecil – tekanan membesar. dan sebagian udara dilanjutkan masuk ke dalam katong-kantong udara. sedangkan pundi hawa ketiak mengembang. Fase Ekspirasi : Sebaliknya pada saat sayap diturunkan. sedangkan pundi hawa antar tulang korakoid mengembang.napas) terjadi saat pengecilan rongga dada yang diikuti dengan mengecilnya paru- paru. akibatnya udara masuk ke pundi hawa ketiak melewati paru-paru. Fase Inspirasi : Pada saat sayap diangkat. Dengan demikian. 2. pundi hawa antar tulang korakoid terjepit. Dengan cara inilah inspirasi dan ekspirasi udara dalam paru-paru burung saat terbang. Saat melewati paru-paru akan terjadi pertukaran gas O2 dan CO2. pada saat burung terbang yang berperan penting dalam pernapasan adalah kantong hawa. Saat melewati paru-paru akan terjadi pertukaran gas O2 dan CO2. Oleh sebab itu. Inspirasi dan ekspirasinya dilakukan secara bergantian oleh pundi-pundi hawa antar tulang korakoid (bahu) dan pundi hawa bawah ketiak. burung tidak dapat menggerakkan tulang rusuknya. sehingga udara di dalam kantung udara akan dikeluarkan melalui paru-paru. Pada saat melewati alveolus. Jadi pertukaran gas pada burung saat terbang juga . pertukaran gas CO2 dan O2 dapat berlangsung saat inspirasi dan ekspirasi. SEPUTAR BIOLOGI: PERBEDAAN PERNAFASAN BURUNG SAAT TIDAK TERBANG DAN SAAT TERBANG 1. Saat inilah sebagian oksigen masuk ke paru-paru dan O2 berdifusi ke dalam darah kapiler. terjadilah inspirasi. Pernapasan pada burung saat terbang Pada saat terbang. O2 diikat oleh darah kapiler alveolus. dan darah melepas CO2. pundi hawa ketiak terjepit.Pernapasan pada burung saat tidak terbang Fase Inspirasi : tulang rusuk bergerak ke depan – volume rongga dada membesar – tekanan mengecil – udara akan masuk melalui saluran pernapasan.

berlangsung saat inspirasi dan ekspirasi. ...

.

.com/sistem. 2) menyimpan cadangan udara ( oksigen). 3) memperbesar atau memperkecil berat jenis pada saat berenang. Pada waktu terbang.. 3) antartulang selangka (korakoid).an-vertebrata/ Sistem Pernapasan Pada Aves (Burung) 10/04/2013 kartika 1 Comment Burung pada umumnya dapat terbang. otot-otot dada menggerakkan sayap sehingga mengganggu pengambilan napas oleh paru-paru. burung memiliki alat bantu pernapasan berupa kantung udara ( sakus pneumatikus). 5) rongga perut ( saccus abdominalis) dan ketiak (saccus axilliaris). Maka dari itu di samping memiliki paru-paru.. 4) ruang dada bagian belakang ( toraks posterior). 2) ruang dada bagian depan ( toraks anterior). Fungsi kantung udara: 1) membantu pernapasan. Letak kantung udara: Sistem Pernapasan Pada Aves (Burung) 1) pangkal leher (servikal).SUMBER: http://biologimediacentre. terutama saat terbang.

akibatnya tekanan udara dalam paru-paru meningkat sehingga udara dari paru- paru yang kaya CO2 keluar. b). 1). 2).4) mencegah hilangnya panas tubuh yang terlalu banyak. lubang hidung dalam. paru-paru mengempis. – Fase ekspirasi: otot antar tulang rusuk relaksasi. b). Otot-otot dada bekerja dengan mengecilkan rongga dada. siring. Diikuti mengembangnya paru-paru dan mengecilnya tekanan di dalam rongga paru-paru. rongga dada mengecil. celah tekak. rongga dada membesar. terjadi proses inspirasi dan ekspirasi. Rongga dada membesar tetapi tekanan udara mengecil. Udara luar yang masuk sebagian kecil menuju paru-paru dan sebagian besar menuju ke kantung udara sebagai cadangan udara. Akibatnya udara masuk ke dalam paru-paru melalui saluran pernapasan antara lain lewat lubang hidung luar. Proses Ekspirasi Saat Istirahat Sistem Pernapasan Pada Aves (Burung) a). e). Pernapasan Saat Istirahat Pada saat istirahat. sedangkan tekanan rongga dada menjadi besar. paru-paru mengembang sehingga udara luar masuk. trakea. f). c). dan terakhir udara masuk ke paru-paru. Proses Inspirasi a). Tulang rusuk kembali ke posisi semula. Di dalam parabronkus terjadi pertukaran O2 dan CO2 semua udara yang masuk sebagian udara masuk ke dalam paru-paru dan sebagian udara lainnya masuk ke kantong udara. . Pengambilan udara adalah dimulai dari adanya pergerakan tulang rusuk ke arah depan bawah. Setelah udara masuk ke paru-paru. udara akan masuk ke dalam parabronkus. d). Mekanisme pernapasan: – Fase inspirasi: otot antartulang rusuk berkontraksi.

Pada saat burung menurunkan sayapnya mengakibatkan kantong udara yang berada di bawah ketiak terjepit sehingga menyebabkan kantorng udara antartulang korakoid mengembang. Udara ke luar dari kantong udara dan paru-paru. Ruangan dari paru-paru menjadi tertekan sehingga menjadi sempit sedangkan tekanan dalam ruang paru-paru menjadi besar. Biologi Kelas XI respirasi / pernapasan Post navigation Sistem Pernapasan Pada Reptil Proses Pertukaran O2 dan CO2 dalam Pernapasan One thought on “Sistem Pernapasan Pada Aves (Burung)” 1. Saat udara melewati paru-paru terjadi difusi O2 dan CO2 lagi. Kemudian udara masuk ke dalam kantong udara antartulang korakoid. Pernapasan Saat Terbang Sistem Pernapasan Pada Aves (Burung) Pada saat terbang pernapasan burung tidak menggunakan paru-paru. 6). d). maka mengakibatkan kantong udara antartulang korakoid terjepit tetapi kantong udara yang terletak di bawah ketika mengembang. Sehingga terjadilah ekspresi yang juga ditandai terjadinya difusi O2 dan CO2. ardi says: . Udara masuk ke kantong udara yang berada di bawah ketiak. Pada saat burung terbang mengangkat sayapnya. 3). 4). 5). 2).c). prosesnya sebagai berikut. melainkan kantong udara antartulang korakoid. 1). Terjadi proses masuknya udara (inspirasi) yang ditandai dengan terjadinya difusi O2 dan CO2 dalam paru-paru. e).

Ekonomi. dan Budaya Akibat Perluasan Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia  Natacha Chiaramonte on Rattle Siprus Anak  Rafli JR Zhobeck on Pengertian Arus Listrik  anis on Organ Reproduksi Dalam Pada Wanita  Adetya on Pengertian Energi Listrik . Required fields are marked * Comment Name * Email * Website Search for: Recent Posts  Apa tabrakan elastis  Apa jenis energi yang memiliki objek karena gerakannya  momentum sistem adalah kekal  Apa fungsi akar tanaman  Apa energi gerak Recent Comments  nia on Perubahan-Perubahan Politik.thank. 19/04/2013 at 10:33 Artikelnya bagus……mudah dipahami. Reply Leave a Reply Your email address will not be published. Sosial.