RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah : SMP N 1 SLEMAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / Satu
Materi Pokok : Meminta dan Memberi Informasi
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan (4 JP)

A. Core Competence

KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar Indikator
3.6 Mengidentifikasi fungsi social, struktur 3.6.1 Siswa dapat menyebutkan ungkapan meminta
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi dan memberikan informasi terkait dengan
transaksional lisan dan tulis yang tingkah laku / tindakan / fungsi orang, dan
melibatkan tindakan memberi dan benda.
meminta informasi yang terkait dengan 3.6.2 Siswa dapat menjelaskan fungsi sosial dan
tingkah laku / tindakan / fungsi orang, unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
binatang, benda sesuai dengan lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
konteks penggunaannya. (Perhatikan meminta dan memberi informasi.
unsure kebahasaan kalimat declarative, 3.6.3 Siswa dapat menjelaskan tata bahasa kalimat
introgative, simple present tense). declarative dan interrogative dalam bentuk
simple present tense.
3.6.4 Siswa menyebutkan kosa kata terkait dengan
tingkah laku/ tindakan/ fungsi orang, dan
benda.

6 Menyusun teks interaksi transaksional lisan 4. .  Menyusun dialog sangat sederhana yang melibatkan tindakan meminta dan member informasi terkait tingkah laku/ tindakan/ fungsi orang. tindakan / fungsi orang.  Menjelaskan fungsi sosial teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan meminta dan memberi informasi. konteks dan benda.6. Pertemuan Pertama Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:  Menyebutkan ungkapan meminta dan memberikan informasi terkait dengan tingkah laku / tindakan / fungsi orang. dan benda.6.6 Siswa dapat menyusun teks tulis sederhana yang terkait tindakan memberi informasi terkait fungsi benda.6. dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan tingkah laku/ tindakan/ fungsi orang. binatang.4. C.5 Siswa dapat mempraktekkan dialog yang telah disusun secara lisan di depan kelas.  Memberi informasi terkait dengan tingkah laku/ tindakan/ fungsi orang.  Meminta informasi terkait dengan tingkah laku/ tindakan/ fungsi orang. dan benda.  Membuat kalimat declarative dan interrogative sederhana dalam bentuk simple present tense terkait tindakan meminta dan memberi informasi melalui SMS. struktur teks. 4. 4. dan benda.6.  Menjelaskan kalimat declarative dan interrogative sederhana dalam bentuk simple present tense terkait tindakan meminta dan memberi informasi melalui SMS.6.4 Siswa dapat menyusun dialog sangat sederhana yang melibatkan tindakan meminta dan memberi informasi terkait tingkah laku/ tindakan/ fungsi orang. dan benda.2 Siswa dapat meminta informasi terkait benda. 2. Tujuan Pembelajaran 1.  Mempraktekkan dialog yang telah disusun secara lisan di depan kelas. Pertemuan Kedua Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran siswa dapat:  Menjelaskan struktur teks interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan meminta dan memberi informasi melalui SMS.  Menyebutkan kosa kata terkait dengan tingkah laku/ tindakan/ fungsi orang dan benda. dan 4. dan benda.1 Siswa dapat menangkap makna dari teks lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang dan tulisan sangat pendek dan sederhana melibatkan tindakan memberi dan terkait tindakan meminta dan memberi meminta informasi terkait tingkah laku / informasi.3 Siswa dapat memberi informasi terkait dengan tingkah laku/ tindakan/ fungsi orang. 4. 4. dengan fungsi sosial.6. dan benda.

Materi Pembelajaran Remidial  Pengunaan kalimat declarative dan interrogative terkait dengan tema. Grammar (Uraian singkat terlampir: Lampiran 1) d. Cued texts f. (Contoh daftar kata terlampir: Lampiran 1) E. Fokus Penguatan Karakter Kepedulian. Materi Pembelajaran 1. Kesantunan. Asking for and giving information 2. Media dan Bahan 1.  Menyusun teks tulis sederhana yang terkait tindakan memberi informasi terkait tingkah laku/ tindakan/ fungsi orang dan benda melalui SMS. Kejujuran. Ungkapan meminta dan memberi informasi (Uraian singkat terlampir: Lampiran 1) c. Dialog b. Audio c. Materi Pembelajaran Reguler a. Papan tulis 1 3. Materi Pembelajaran Pengayaan  Ungkapan formal meminta informasi. Metode Pembelajaran dengan Metode Ilmiah F. Kepercayaan Diri. Powerpoint slides 2) Gambar: a. (Uraian singkat terlampir: Lampiran 1) 3. Media 1) Teks lisan: a. Cue cards d. Bahan No. D. Nama barang Jumlah 1. Fungsi sosial teks (Uraian singkat terlampir: Lampiran 1) b. Kosa kata terkait dengan tema (Uraian singkat terlampir: Lampiran 1) 2. Spidol hitam 1 4. Cue dialog e. Learning References . Penghapus papan tulis 1 G. Kertas Untuk gambar dan sejumlah murid 2.

64.23..0.0.1c..9.3.co. 87.142..0.img.0. Hal 19 – 38.1c.18469..3.google.760..24089..0i19k1j0i 30i19k1j0i5i30i19k1j0i8i30i19k1..id/search? biw=1366&bih=658&noj=1&tbm=isch&sa=1&q=boycartoon&oq= boycartoon&gs_l=img.PEVkEOdaJNc#imgrc=x4O mZlw3MNgMCM  https://www.C0ybdCM5dAg#imgrc=yuoRH-SJXvdgiM  https://www.64... Departemen Pendidikan Nasional.id/search? biw=1366&bih=658&noj=1&tbm=isch&sa=1&q=men+and+wome n+cartoon&oq=men+and+women+cartoon&gs_l=img.0.id/search? q=women+giving+information+cartoon&source=lnms&tbm=isch &sa=X&ved=0ahUKEwih15OY8sXSAhVFo48KHbicAtgQ_AUIC CgB&biw=1366&bih=658#tbm=isch&q=girl+askinginformation+c artoon&*&imgrc=DRVvAMA7bLzPkM .377.3.0 j0i7i30k1j0i8i7i30k1j0i10i67k1j0i67k1.0.0.954.23.0.. English in Focus..0.0i10i19k1j0i7i30i19k1l9.2067744 .co..14. 2008.1..0.1506.1.38...0j0i67k1j0i7i30i19k1j0 i7i30k1j0i7i5i30k1j0i8i7i30k1j0i8i7i10i30k1j0i30k1j0i8i30k1j0i8i10 i30k1.17.22.0.14.google..co.google..24932.5j3.0.2068331.0.22.google.img.8.. Jakarta: Pusat Perbukuan.id/search? q=chatting+women+cartoon&espv=2&biw=1366&bih=658&sourc e=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiQ87yYp8PSAhUMOY8 KHbxsCKAQ_AUIBigB#tbm=isch&q=asking+information+carto on&*&imgrc=oqB4NXFejKYmbM  https://www.2065475.co.0.  Situs Internet:  https://www.

siswa mencatat apa saja yang tidak / belum diketahui (terutama fungsi sosial dan ungkapan yang digunakan) (Dialog 1 (Teks I & II) / Activity 2 terlampir: Lampiran 2)  Menanya Siswa dipandu oleh guru merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait tindakan meminta dan memberikan informasi. 2) Guru menanyakan kabar siswa. 2) Jika pertanyaan tersebut kurang memadai guru dapat menambahkan. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan Pertama (2JP) 1) Kegiatan Pendahuluan (5 menit) 1) Guru menyapa siswa. Rumusan pertanyaan peserta didik mencakup semua indikator pencapaian kompetensi. (Contoh pertanyaan: “Dony. 2) Kegiatan Inti (70 menit)  Mengamati 1) Siswa mendengarkan beberapa dialog yang terkait dengan tindakan meminta dan memberi informasi terkait tingklah laku/ tindakan/ fungsi orang dan benda yang telah dipersiapkan oleh guru. misalnya: 1) Apa fungsi sosial ungkapan meminta dan memberi informasi? 2) Apa ungkapan yang dapat digunakan untuk meminta informasi? 3) Apa ungkapan yang dapat digunakan untuk memberi informasi? 4) Apa kosa kata yang dapat digunakan untuk meminta dan memberi informasi? Catatan: 1) Peserta didik dan guru mendaftar/menyeleksi pertanyaan-pertanyaan yang muncul. keterampilan. yaitu: pengetahuan mengenai ungkapan meminta dan memberi informasi terkait tingkah laku/ tindakan/ fungsi orang dan benda melalui soal multiple choice. Selama mendengarkan. 6) Guru memberi apersepsi tentang topik yang akan diajarkan dengan menunjukan sebuah gambar terkait dengan tindakan meminta dan memberi informasi. how do you come to the school every morning?”). .H. 4) Guru memeriksa daftar hadir siswa. 3) Guru memimpin doa. 5) Guru membangun rasa ingin tahu siswa dengan memberi pertanyaan terkait dengan tindakan meminta dan member informasi. dan sikap. (Gambar Apersepsi 1 / Activity 1 telampir: Lampiran 2) 7) Guru menyampaikan lingkup penilaian.

2) Guru menanyakan kabar siswa. yaitu: pengetahuan mengenai grammar dan sturktur teks yang digunakan dalam penulisan pesan singkat terkait tindakan meminta dan memberi informasi melalui soal essay. 3) Guru memimpin doa. 2) Kegiatan Inti (70 menit)  Mengamati . 8) Siswa meyusun dialog sederhana berdasarkan cued-cards. (cued-cards 2 / Activity 7 terlampir: Lampiran 2) 3) Penutup (5 menit)  Siswa dibantu guru merefleksikan seluruh aktifitas belajar yang telah dilakukan berkaitan dengan tindakan meminta dan memberi informasi. 3) Siswa bermain “matching game” terkait dengan tindakan meminta dan memberi informasi. siswa menyampaikan jawaban pertanyaan yang terdapat pada “matching game”.  Siswa mendapat umpan balik dari guru dalam hal proses dan hasil pembelajaran dengan cara diberikan saran-saran mengenai cara peserta didik menyampaikan jawaban dan mengoreksi jawaban yang salah.  Kegiatan penutup diakhiri dengan guru memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dipelajari berikutnya yaitu membuat teks tertulis terkait tindakan meminta dan memberi informasi berupa pesan singkat. 5) Guru membangun rasa ingin tahu siswa dengan memberi pertanyaan terkait dengan tindakan meminta dan memberi informasi melalui SMS. (Contoh pertanyaan: “Arif. Pertemuan Kedua (2 JP) 1) Kegiatan Pendahuluan (5 menit) 1) Guru menyapa siswa. 4) Guru memeriksa daftar hadir siswa. (Gambar pesan singkat / Activity 1 telampir: Lampiran 3) 7) Guru menyampaikan lingkup penilaian.  Mengumpulkan informasi. (dialog 2 / Activity 3 terlampir: Lampiran 2) 2) Siswa dengan bimbingan guru mencari jawaban atas pertanyaan yang sudah dirumuskan. (Transkrip teks terlampir (dialog 3) / Activity 6: Lampiran 2) 7) Siswa menyampaikan hasil jawaban kepada teman sekelas. dan sikap. 6) Guru memberi apersepsi tentang topik yang akan diajarkan dengan menunjukan sebuah gambar terkait dengan tindakan meminta dan memberi informasi. mengkomunikasikan 1) Siswa membaca teks dialog secara berpasangan. menalar / mengasosiasi. (Cued-pictures 1 / Activity 5 terlampir: Lampiran 2) 6) Siswa mendengarkan dialog terkait tindakan meminta dan memberi informasi. (Matching game / Activity 4 terlampir: Lampiran 2) 5) Siswa membuat pertanyaan berdasarkan jawaban yang telah ditentukan secara lisan. Siswa dapat memanfaatkan berbagai sumber (buku referensi) untuk melengkapi “matching game” (Terlampir: Lampiran 2) 4) Secara lisan. have you ever sent message through your mobile phone?”). ketrampilan.

(Cued-Text 2 / Activity 4) . dan kalimat yang digunakan) (contoh pesan singkat 1 terlampir / Activity 1: Lampiran 3)  Menanya Siswa dipandu oleh guru merumuskan pertanyaan-pertanyaan terkait tindakan memberi informasi dalam bentuk teks transaksional (pesan singkat). misalnya: struktur teks. Siswa lain memperhatikan dan menanggapinya. (Contoh pesan singkat 2 / Activity 2 dan cued-text 1 / Activity 3 terlampir: Lampiran 3) 2) Peserta didik dengan bimbingan guru menggunakan data yang dikumpulkan sendiri atau data yang diberikan oleh guru menjawab semua pertanyaan yang telah dirumuskan. struktur teks. Selama membaca.  Mengumpulkan informasi. siswa diberikan 1 pesan singkat dan 1 cued-text yang terkait tindakan meminta dan memberi informasi yang sama. kosa kata. Siswa mengumpulkan informasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan. siswa mencatat apa saja yang tidak / belum diketahui (terutama tata bahasa. 3) Secara berpasangan siswa menyampaikan jawaban terhadap pertanyaan- pertanyaan. serta kosakata baru yang peserta didik temukan dalam pesan singkat tersebut. Rumusan pertanyaan peserta didik mencakup semua indikator pencapaian kompetensi. 2) Jika pertanyaan tersebut kurang memadai guru dapat menambahkan. 4) Siswa membalas pesan singkat dari SMS yang telah disediakan oleh guru. 1) Siswa membaca beberapa contoh pesan singkat sederhana yang terkait dengan tindakan meminta dan memberi informasi terkait tingklah laku/ tindakan/ fungsi orang dan benda yang telah dipersiapkan oleh guru. menalar/ mengasosiasi. dan mengomunikasikan 1) Secara berpasangan. misalnya: 1) Apa struktur teks yang digunakan pada pesan singkat yang terkait dengan tindakan meminta dan memberi informasi? 2) Tata bahasa apa yang digunakan untuk meminta dan memberi informasi dalam pesan singkat? 3) Apa kosa kata yang dapat digunakan untuk meminta dan memberi informasi dalam pesan singkat? Catatan: 1) Peserta didik dan guru mendaftar/menyeleksi pertanyaan-pertanyaan yang muncul.

Penilaian. Teknik Bentuk Contoh Butir Waktu Keterangan Instrumen Instrumen Pelaksanaan 1 Mendengarkan Mendengar Lihat Saat Penilaian untuk kan dialog Lampiran 2 pembelajaran dan pencapaian denga (dialog 3 berlangsung pembelajaran pertanyaan “Listening (assessment for terbuka Transcript” / and of learning) berbentuk Activity 6) . (Worksheet 1 / Activity 6 terlampir: Lampiran 3 ) 3) Siswa membuat pesan singkat sederhana berdasarkan “situational cards” yang telah disediakan oleh guru.  Siswa mendapat umpan balik dari guru dalam hal proses dan hasil pembelajaran dengan cara diberikan saran-saran mengenai cara peserta didik menyampaikan jawaban dan mengoreksi jawaban yang salah. (Situational cards / Activity 7 terlampir: Lampiran 3) 3) Penutup (5 menit)  Siswa dibantu guru merefleksikan seluruh aktifitas belajar yang telah dilakukan berkaitan dengan tindakan meminta dan memberi informasi. (“Matching Activity” / Activty 5 terlampir: Lampiran 3) 2) Siswa bermain game “Snowball-Throwing ” untuk membuat dan membalas pesan singkat terkait tindakan meminta dan memberi informasi.  Kegiatan penutup diakhiri dengan guru memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dipelajari berikutnya. Teknik Bentuk Contoh Butir Waktu Keterangan Instrume Instrumen Pelaksanaan n 1 Observasi Jurnal Lihat Saat Penilaian untuk Lampiran 4 pembelajaran dan pencapaian berlangsung pembelajaran (assessment for and of learning) 2 Penilaian diri Lihat Saat Penilaian sebagai Lampiran 4 pembelajaran pembelajaran usai (assessment as learning) b) Pengetahuan Pertemuan Pertama No. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan a. Teknik penilaian: a) Sikap No.  Mencipta dan mengomunikasikan 1) Siswa menjodohkan ungkapan meminta infromasi dengan jawaban yang tepat. I.

Instrumen Penilaian dan pedoman penskoran a) Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 1. and of learning) Pertemuan Kedua No. Teknik Bentuk Contoh Butir Waktu Keterangan Instrumen Instrumen Pelaksanaan 1 Menulis Menulis Lihat Saat Penilaian untuk. Pembelajaran Remedial Berdasarkan hasil analisis penilaian. as. situational as. dan/atau singkat (Situational berlangsung pencapaian berdasar Cards/ dan/atau pembelajaran dari Activity 7) setelah usai (assessment for. bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial misalnya: .Pembelajaran ulang . dialog Lampiran 2 pembelajaran sebagai. Teknik Bentuk Contoh Butir Waktu Keterangan Instrumen Instrumen Pelaksanaan 1 Lisan Praktek Lihat Saat Penilaian untuk. dan/atau (Cued-Cards berlangsung pencapaian 2 / Activity dan/atau pembelajaran 7) setelah usai (assessment for. pilihan ganda Pertemuan Kedua No. pesan Lampiran 3 pembelajaran sebagai. Teknik Bentuk Contoh Butir Waktu Keterangan Instrumen Instrumen Pelaksanaan 1 Membaca Menjodohka Lihat Saat Penilaian untuk n ungkapan Lampiran 3 pembelajaran pembelajaran meminta (Matching (assessment for informasi Activity / learning) dengan Activity 5) jawaban yang tepat c) Keterampilan Pertemuan Pertama No. and of cards learning) b.

dll. ..Pemanfaatan tutor sebaya.Bimbingan perorangan .

2. Yogyakarta. Kepala SMP N 1 Sleman ………………………… Lusia Lian Trisna. S. Guru Mata Pelajaran. NIP. Pembelajaran Pengayaan Berdasarkan hasil analisis penilaian. 16222299003 . 9 Maret 2017 Mengetahui. NIM. Pd. bagi peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan.