BAB I

LATAR BELAKANG

1.1 Latar Belakang Sejarah

Nenek Richie, Adelaide Foster, adalah pianis klasik, yang diberi kesempatan
hidup sampai berusia 102 tahun. Ayahnya, Lionel Richie Sr, seorang militer yang keras,
teratur, tetapi juga bersikap tulus terhadap istri dan anak-anaknya. Ibu Richie, Adelaide
Richie, adalah seorang guru bahasa Inggris. Richie menguasai tata bahasa Inggris yang
tepat karena sang ibu sering membagi ilmunya kepada anaknya. Richie memiliki adik
perempuan, Deborah, yang mengabdikan hidupnya kepada dunia pendidikan dan
menyelesaikan masternya di University of California Los Angeles (UCLA).

1.2 Latar Belakang Komposer

Richie adalah salah satu dari dua penulis lagu dalam sejarah musik yang
memperoleh honor yang jumlahnya mencapai rekor selama sembilan tahun. Penulis
lagu lainnya adalah Irving Berlin. Kisah sukses Richie merupakan kisah mimpi Amerika
(American dream). Richie lahir di Tuskegee, Alabama, Amerika Serikat (AS), 20 Juni
1949, dan besar dalam komunitas kecil yang didominasi orang Amerika keturunan
Afrika. Rumah keluarganya berlokasi di dekat kampus yang sekarang menjadi
Universitas Tuskegee, sebelumnya Institut Tuskegee, rumah para penerbang Tuskegee.
Dalam tahun-tahun semasa kuliah, Lionel Richie asyik bermain tenis. Pada suatu
hari, dia kebetulan berjalan kaki menuju kampusnya dan bertemu dengan pemain band
yang membawa saksofon. Kelompok band bernama The Mystics itu mendekati Richie
dan menanyakan apakah dia tahu cara bermain saksofon.
Richie langsung menjawab, ”Ya!” Setelah itu Richie diundang bergabung ke
dalam grup band itu, yang belakangan bergandi nama jadi The Commodores.
Pada tahun 1968—meski ditentang keluarganya— Richiebergabung dengan grup musik
itu. Dia ingin meninggalkan Tuskegee yang serba terbatas dan melakukan perjalanan
untuk tampil dalam grup band yang dia harapkan bisa meraih sukses besar.

di antaranya ”Brick House. Richi enggan mengikuti ajakan temannya sesama anggota grup band yang turun ke bawah dan mencium seorang gadis. ”All Night Long”. yang juga bertengger di puncak tangga lagu. Sebanyak 13 lagunya bertengger di puncak tangga lagu dunia pada periode 1981 sampai 1987. salah satu penulis lagu paling kreatif. dan ”Easy”. Vice President Motown University. ”Adikku. dan ”Say You (Say Me)”.” Menciptakan lagu Jawaban Marvin Gaye membuat Richie berpikir. Mereka melihat Richie menjadi salah satu artis paling sukses pada era 1980-an. Richie juga menulis lagu bersama Michael Jackson berjudul ”We Are The World”. Miller menyadari talenta yang dimiliki anak-anak muda itu. bagaimanapun. ketenaran pertama didapatkan Richie ketika tampil di New York. pada tahun 1974. meraih penghargaan Oscar dan Golden Globe.” Richie kemudian menciptakan lagu-lagu ”Three Times a Lady”. ”Hello”. Lagu itu mencapai posisi ke-7 dalam tangga lagu-lagu R&B AS. dan ”Too Hot Ta Trot”. ”Machine Gun”. Sejak itu. tetapi juga menyanyikan setiap lagu yang dibawakan Richie dalam setiap pertunjukan. ”Anda lulusan sekolah musik mana?” menjawab dengan santai. Sekelompok penggemar perempuan mulai berteriak menyebut-nyebut namanya. masuk ke sebuah klub dan melihat pertunjukan The Commodores di panggung. ”Truly”. momentum itu awal dari ketenarannya. . Lagu-lagunya. The Commodores baru memulai sukses internasional ketika merilis singel pertama. Pada tahun 1986 lagu ”Dancing On The Ceiling” sukses menjadi lagu pop dan klasik R&B. mengaku tidak dapat membaca atau menulis lagu. Pada tahun 1982 albumnya meraih platinum plus. Pada tahun 1981. penggemarnya mengikuti dia. Richie makin tenar setelah tahun 1971 Skip Miller. Richie tahu. yang tidak hanya meneriakkan namanya. ”Jika Marvin Gaye. ”Lady” (yang menampilkan Kenny Rogers). Sejumlah gadis itu hanya beberapa dari jutaan fans Richi. ketika Richie memutuskan berkarier solo. Di NewYork. saya rasa saya mungkin bisa berhasil sebagai seorang penulis lagu. saya tidak dapat membaca dan menulis musik. ”Still”. ”Stuck On You”. Setelah itu The Commodores membawakan singel lainnya. yang kemudian menjadi lagu sangat populer. ”Just To Be Close To You”. Pada suatu hari Richie bertanya kepada Marvin Gaye.

1 dalam Hot 100 Singles Billboard pada 15 Agustus 1981 selama 9 pekan berturut- turut hingga 10 Oktober 1981.Tapi sutradara Franco Zeffirelli dan produser film Dyson Levell lalu meminta agar lagu instrumental tersebut diberi lirik.saat saya wawancarai April 2014. ke pintu itulah saya akan datang dan membukanya. Menurut Lionel Richie.Permintaan lainnya muncul yaitu. lagu bertema romansa ini awalnya hanya diciptakan untuk love theme film Endless Love dalam bentuk instrrumental yang digarap Richie bersama arranger Gene Page. saya pergi ke kanan.Lagu yang dijadikan soundtrack film “Endless Love” yang dibintangi Brooke Shields dan Mertin Hewitt ini berhasil menempati peringkat no. Tetapi karena mereka mengganggap sudah cinta sejati maka sepasang kekasih tersebut memperjuangkannya walaupun cinta mereka tidak di setujui dan tidak memiliki.3 Latar Belakang Lagu "Endless Love" adalah lagu yang ditulis oleh Lionel Richie dan lagu ini aslinya dinyanyikan duet antara Richie dan Diana Ross. . Selain itu pernah juga di bawakan oleh Glee Cast.” 1. Lagu ini juga dicover oleh penyanyi soul. Lagu ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang dimabuk asmara.saat Diana Ross baru saja cabut dari label Motown Record.” katanya. Tapi permasalahan lain timbul. Mariah Carey dan juga oleh penyanyi country yaitu Kenny Rogers.Untunglah tercapai kesepakatan antara Motown dan label RCA yang mengontrak Diana Ross. Luther Vandross dengan penyanyi R&B.Lionel Richie diminta untuk mencari penyanyi wanita.Lionel Richie menyanggupi. Lagu ini 33 tahun silam Lionel Richie Jr bersama Diana Ross mencetak hits terbesar mereka di sepanjang karir musik mereka saat menyanyikan lagu Endless Liove karya Lionel Richie secara duet. mereka saling menerima kekurangan masing-masing dan saling mencintai tetapi terhalang oleh persetujuan orangtua.Richie lalu ingat Diana Ross. ”Tumbuh dan berhasil itu jika Anda memberi tahu saya ke kiri. Richie telah membangun kehidupan yang banyak orang menduga tidak bisa dilakukannya.karena lagu ini diinginkan menjadi sebuah lagu duet cinta. ”Jika Anda membawa saya ke sebuah ruangan dan mengatakan ada satu pintu yang tidak bisa saya buka.

tidak diizinkan untuk melakukan rekaman bersama Lionbel Richie yang melakukan sesi rekaman di Los Angeles. ”Saya sendiri mengalami kesulitan untuk bernyanyi dengan key yang memang tewlah saya pilih untuk dinyanyikan Diana Ross. kontrofersi yang melebihi kesabaran mereka. Akhirnya single spektakuler itu pun direkam jam 3. bertubi-ubi masalah. Sama-sama membangun easa cinta yang tumbuh dan merajut kisah mereka dengan sabar dan terus berjuang demi cinta sejati. lagu ini berujung bahagia. BAB II NILAI LAGU Endless love adalah rentan sejarah dan saksi bisu perjalanan cinta sepasang kekasih yang saling memperjuangi cinta mereka tanpa lelah walaupun walau badai menghadang. muncul lagi masalah baru.Hasilnya Endless Love menjadi lagu duet tersukses disepanjang masa.Tapi akhirnya terjadi kesepakatan Richie dan Ross akhirnya melakukan rekaman di Reno. Diana Ross yang tengah melakukan tur di Lake Tahoe Nevada. Saat akan melakukan rekaman .Namun muncul lagi masalah lainnya : Diana Ross hanya ingin menyanyikan part yang dinyanyikan Lionel Richie. .Untunglah Ross mau mengikuti apa yang saya katakan ” jelas Lionel Richie. mereka tetap berjuang.30 dini hari dan berakhir pada jam 5 subuh. Bagaikan rangkaian kisah Romeo dan Juliet.

Sehingga. Lagu ini telah menjadi potret tersendiri untuk seseorang yang sedang merasa jantuh cinta dan tetap mencintai cinta sejati mereka. mulai dari orang yang tidak senang dengan hubungan mereka. BAB III APRESIASI KESAN Kesan kami sebagai pendengar lagu yang mendengarkan lantunan lagu ini menjadi tersentuh dan ikut merasakan betapa sedihnya dan bahagianya perjuangan cinta mereka. kami dapat pesan moral yang tercurah dari lagu Endless Love. Pesan moral dan meluapnya emosional pencipta lagu tersampaikan lewat lagu ini ketika lirik-lirik yang sederhana ini bisa membuat pendengar merasakan cinta yang ingin disampaikan Richie. orang tua yang tidak mengijinkan jalnnya hubungan mereka. .

Amerika Serikat. Ia mengawali karier musiknya sebagai penyanyi dalam grup musik Commodores pada tahun 1970-an. namanya meredup dan sejak saat itu belum pernah lagi menemukan kembali kesuksesan yang sama seperti masa 1980-an. BAB IV SEKILAS KOMPOSER Lionel Dinesh Richie. . lahir di Alabama. Setelah merilis album ketiganya. Richie adalah seorang penyanyi R&B dari Amerika Serikat. pada tahun 1986. Jr. Tahun 1981 ia mulai bersolo karir. 20 Juni 1949. Albumnya sukses pada tahun 1980-an dan ia menerima Penghargaan Grammy untuk album Can't Slow Down pada tahun 1984. Dancing on the Ceiling.

Jepang. berduet dengan Diana Ross. tangga musik pop Selandia Baru dan Amerika Serikat. Australia. Pada tahun 1981 Richie menyanyikan lagu untuk sebuah Film yang berjudul “Endless Love”. BAB V PARTITUR . Di AS terjual 2 juta kopi dan menjadi rekor tunggal platinum. keberhasilannya didorong Richie untuk cabang ke solo karir penuh pada tahun 1982 . Kanada. dan menjadi salah satu hits terbesar Motown. Brazil. Dikeluarkan sebagai single. lagu menduduki puncak Inggris.

APRESIASI SENI MUSIK POP TAHUN 1980-1990 LIONEL RICHIE .ENDLESS LOVE .

SITI SALIMAH HANIFAH NOVIZAR 3875 XII MIPA 3 SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG JALAN MAYOR ZURBI BUSTAN. LEBONG SIARANG PALEMBANG TAHUN AJARAN 2015/2016 .