AGENDA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

SEMESTER GANJIL KELAS X
Kompetensi Dasar Materi Pokok Waktu Tgl/Bln/Th
1. Memahami konsep  Besaran pokok dan 1 x 4 jam 26 /08/2015
besaran pokok, besaran turunan pelajaran
besaran turunan,  Satuan dan (1x
dan satuan. konversinya pertemuan)
2. Menerapkan prinsip  Jenis-jenis alat
pen -jumlahan ukur
vektor  Pengukuran dan
ketidakpastian
3. Menyaji hasil
pengamatan
pengukuran
 Dimensi besaran
besaran fisis
 Angka penting
menggunakan alat 1 x 4 jam 09/09/2015
ukur dan teknik  Besaran skalar dan
vektor pelajaran
yang tepat (1x
 Penguraian,
pertemuan)
penjumlahan, dan
pengurangan
vektor
4. Menerapkan  Gerak lurus, 1 x 4 jam 23/09/205
konsep gerak lurus perpindahan dan pelajaran
dengan kecepatan jarak (1x
tetap dan gerak  Kecepatan, pertemuan)
lurus dengan kecepatan rata-rata
percepatan tetap dan kecepatan
5. Menerapkan sesaat
konsep gerak lurus  Kecepatan dan
dengan kecepatan kelajuan
tetap dan gerak  Percepatan
lurus dengan  Gerak lurus
percepatan tetap beraturan
 Gerak lurus 1 x 4 jam 07/10/201
6. Menyajikan hasil pelajaran 5
dengan percepatan
pengamatan (1x
tetap
terhadap gerak pertemuan)
benda ke dalam  Gerak jatuh bebas
grafik  Gerak parabola

7. Memahami gerak  Definisi dan ciri-ciri 1 x 4 jam 21/10/201
melingkar dengan gerak melingkar pelajaran 5
laju tetap dan  Kecepatan linier (1x
gerak melingkar dan kecepatan pertemuan)
dengan percepatan sudut
sudut tetap  Percepatan
8. Menyaji hasil sentripetal
pengamatan  Gerak melingkar
terhadap gerak beraturan
benda ke dalam  Gerak melingkar
grafik berubah beraturan
 Perioda dan
frekuensi gerak
lingkar

1 x 4 jam  Grafik yang pelajaran 04/11/201 menggambarkan (1x 5 jarak sebagai pertemuan) fungsi waktu  Grafik yang mengungkapkan perubahan kecepatan sebagai fungsi waktu  Grafik yang menunjukan percepatan sebagai fungsi waktu .

efek Doppler  Gelombang sonar. 8 x 45 menit 23/09/205 dan prinsip. gerak harmonik 2. Memahami konsep  Pengertian getaran 6 x 45 menit 26 /08/2015 dan prinsip  Gerak harmonik ( 3 x pertemuan ) getaran dan gerak sederhana harmonik  Energi dalam sederhana. gelombang kejut. dan/atau gelombang kejut)  Interferensi. gelombang radio. Menerapkan potensial listrik konsep listrik  Hambatan dan statis rangkaian hambatan listrik 3. gelombang TV. kecepatan rambat ( 4 x pertemuan ) prinsip gejala dan panjang gelombang gelombang 2. Menerapkan  Hukum Ohm hukum kelistrikan  Hukum I dan II arus searah Kirchoff 4. penyelidikan gelombang fenomena permukaan air. ultrasonik dan infrasonik. Menyajikan hasil 07/10/2015  Gelombang tali. dan RADAR 1. dan gelombang resonansi.  Gelombang jenis gelombang transversal dan longitudinal 3. Memahami konsep  Frekuensi. Menerapkan k sederhana  Aplikasi gerak 09/09/2015 konsep dan prinsip energi harmonik dalam gerak sederhana harmonik sederhana 1. Menganalisis . Menganalisis perbedaan jenis. efek cahaya doppler. AGENDA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SEMESTER GANJIL KELAS XI Kompetensi Dasar Materi Pokok Waktu Tgl/Bln/Th 1. supersonik dan sonic boom. gelombang gelombang bunyi (interferensi. Memahami konsep  Muatan listrik 16 x 45 menit 21/10/2015 listrik statis dan  Hukum Coulomb ( 8x pertemuan ) dinamis  Arus dan beda 2. resonansi.

 Analisis pada hambatan. Merencanakan sekitar kawat melingkar berarus 07/10/2015 dan melaksanakan  Medan magnet di percobaan yang sekitar solenoida berkaitan dengan  Medan magnet di konsep sekitar toroida kemagnetan dan  Medan magnet di elektromagnet sekitar kawat sejajar  Medan magnet di sekitar kumparan  Gerak muatan dalam medan magnet  Gelombang elektromagnetik dan spektrumnya 1. Menerapkan  Gejala peralihan 14 X 45 menit 21/10/2015 hukum kelistrikan pada induktor ( 7 x pertemuan ) arus bolak-balik  Gejala transien 2. dan rangkaian kuat arus pada sederhana rangkaian listrik  Perhitungan energi 04/11/2015 arus searah dan daya listrik 5. Menerapkan hukum-hukum  Medan magnet oleh kemagnetan arus listrik dengan  Medan magnet di melakukan sekitar kawat perhitungan berarus lurus sederhana  Medan magnet di 3. dan  Resistor sumber kuat arus pada tegangan bolak- listrik bolak-balik balik . hubungan antara tegangan. Menganalisis pada kapasitor hubungan antara  Sumber tegangan tegangan. Memahami gejala  Medan magnet dari 8 x 45 menit 23/09/205 kemagnetan kutub-kutub ( 4 x pertemuan ) magnet 2. Mengolah  Perhitungan daya informasi yang alat–alat listrik berkaitan dengan listrik statis dan dinamis 6. bolak-balik impedansi. Memecahkan masalah teknologi dan rekayasa yang berkaitan dengan daya dan energi listrik arus searah 1.

titik-titik hujan (pelangi)  Peralatan optik menggunakan lensa dan cermin  Serat optik 1. Memahami ciri-ciri  Deskripsi benda 12 x 45 menit cermin dan lensa optik cermin dan ( 6 x pertumuan ) lensa 2. Menerapkan konsep alat–alat  Sinar-sinar optik dalam istimewa pada teknologi dan pemantulan rekayasa  Sinar-sinar istimewa pada 3.  Perumusan balik impedansi RLC paralel  Keadaan resonansi rangkaian RLC  Nilai rms pada arus bolak-balik  Perhitungan daya pada arus bolak- balik  Transformator 1. Menyajikan hasil  Induktor pada arus analisis yang bolak-balik 04/11/2015 berkaitan dengan  Perumusan daya dan energi impedansi RLC seri listrik arus bolak. Memahami teori  Penjumlahan relativitas khusus kecepatan menurut Einstein dan relativitas khusus penerapannya  Pemuluran waktu . Mengolah pembiasan informasi yang  Pembentukan berkaitan dengan bayangan pada hukum cermin pemantulan dan  Pembetukan pembiasan cahaya bayangan pada 4. Merencanakan lensa pembuatan alat.  Perbesaran alat optik bayangan sederhana dengan  Mengenal prisma menerapkan  Tumbukan elastik prinsip  Pemantulan dan pemantulan dan pembiasan pada pembiasan pada gelembung sabun. cermin dan lensa lapisan minyak di atas air. Memahami konsep  Radiasi benda 6 x 45 menit radiasi benda hitam ( 3 x pertemuan ) hitam  Kecepatan cahaya 2.3.

 Dualisme sifat konsep kuantum partikel dan secara kualitatif gelombang  Model atom 4. Memahami gejala-  Kesetaraan massa gejala fisis yang dan energi mendorong timbulnya konsep. Menyajikan Thompson dan gagasan mengenai Rutherford konsep fisika  Teori atom Bohr modern dan radioaktivitas  Radioisotop dalam teknologi  Penggunaan dan rekayasa radioaktivitas dalam bidang teknologi dan rekayasa . secara kualitatif dan kontraksi panjang 3.