PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI

PAUD AT-TAQWA MOJOKAMPUNG BOJONEGORO

PROPOSAL SKRIPSI

Diajukan dalam rangka menyusun skripsi sebagai bagian dari persyaratan
memperoleh gelar sarjana Strata Satu (S1)
Dalam Ilmu Pendidikan Agama Islam

Oleh :

UMI KULSUM
NIM. 201349011443

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MUHAMMADIYAH
KABUPATEN BOJONEGORO
TAHUN 2016

1

20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS sebagaimana dibawah ini : “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan. kecerdasan. sebagaimana termaktub dalam UU No. akhlak mulia. tergantung oleh pendidikan yang diperoleh dari orang tuanya. masyarakat. anak tersebut akan menjadi anak Majusi atau Yahudi. pengendalian diri. bangsa dan Negara. 1296.1 Di samping itu pendidikan akan mampu memberikan arahan kepada pengembangan potensial yang diberikan Allah menuju lebih baik. kepribadian. sebagaimana hadits shohih bukhari no. LATAR BELAKANG MASALAH definisi pendidikan dalam perspektif kebijakan. serta keterampilan yang diperlukan dirinya. Nabi Shallallahu'alaihiwasallam bersabda: 1 https://akhmadsudrajat.wordpress. yang penulis kutip dari website berikut: ‫ي ععنن أعضبي عسلععمةع نبضن ععنبضد الارنحعمضن ععنن أعضبي ههعرنيعرةع عر ض‬ ‫ضعي ا‬ ‫اه ععننهه‬ ‫عحادثععناَ آعدهم عحادثععناَ انبهن أعضبي ضذنئ ب‬ ‫ب ععنن الززنهضر ي‬ ‫صسسعرانضضه أعنو يهعميجعسسساَنضضه‬ ‫اه ععلعنيضه عوعسلاعم هكزل عمنوهلوبد هيولعهد عععلىَ انلفض ن‬ ‫طعرضة فعسسأ عبععواهه يههعسسيوعدانضضه أعنو يهنع ي‬ ‫صالىَ ا‬ ‫عقاَعل عقاَعل النابضزي ع‬ ‫عكعمثعضل انلبعضهيعمضة تهننتعهج انلبعضهيعمةع هعنل تععرىَ ضفيعهاَ عجندععاَعء‬ Artinya : “Telah menceritakan kepada kami Adam telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Dza'bi dari Az Zuhriy dari Abu Salamah bin 'Abdurrahman dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata.Proposal skripsi Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di PAUD At-Taqwa Mojokampung Bojonegoro A. Menurut ayat suci yang termaktub dalam Al_Qur’an dijelaskan bahwa anak lahir seperti kertas putih. kita telah memiliki rumusan formal dan operasional.com/2010/12/04/definisi-pendidikan-definisi-pendidikan- menurut-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sisdiknas/ 2 .

co. 2 http://widopart. Oleh Karena itu peran pendidik dan orang tua dalam mendidik anak sangat penting. oleh ayahnya dikumandangkan suara adzan suara ini adalah suara pertama kali yang dia dengar dan diharapkan kelak dia dewasa anak tergerak jika mendengar adzan dan melaksanakan sholat. Apakah kalian melihat ada cacat padanya?"2 Pendidikan untuk anak usia dini juga sangat penting dalam pembentukan karakterpada anak. Nashrani atau Majusi sebagaimana binatang ternak yang melahirkan binatang ternak dengan sempurna. hal itu akan mempengaruhi karakter anak jika kelak ia dewasananti itu merupakan bukti.Pada usia dini merupakan masa-masa Golden Age."Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fithrah.Pada saat lahir. dan dinasehatkan banyak berbuat kebajikan. Pada masa ini pula anak-anak mudah dibentuk oleh karena itu Anak perlu dibimbing dengan cara yang baik dan sesuai dengan usianya. Kemudian kedua orang tuanyalah yang akan menjadikan anak itu menjadi Yahudi. pada masa golden age berumur 0-6 tahun pada masa ini otak anak berkembang 80%. Orang tua dan pendidik harus melihat potensi anak yang dimilikinya dan orang tua maupun pendidik harus membantu mengembangkan potensi yang dia miliki. Al_Qur’an. Pada waktu ibu mengandung dianjurkan bayi yang masih dalam kandungan di dengarkan lagu-lagu yang Islami. agar nantinya dia menjadi anak yang unggul dalam agama maupun intelektualnya. Menurut Islam pendidikan anak dimulai sejak anak dalam kandungan.html 3 . dan jangan sampai orang tua memaksa kehendak pada anaknya. Contohnya seorang ibu disarankan banyak membaca ayat suci.id/2014/09/hadits-3-tarbawi-anak-lahir-dalam. bayi dalam kandungan terdidik dengan baik.blogspot.

perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar). PAUD diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. sosio emosional (sikap dan emosi) bahasa dan komunikasi. atau bentuk lain yang sederajat. Merujuk kepada UU No.yang keseluruhannya merupakan kesatuan yang sistematik. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan 5 perkembangan. atau bentuk lain yang sederajat. daya cipta). Dengan demikian. Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. dinyatakan bahwa pendidikan terdiri atas Pendidikan Anak Usia Dini. taman penitipan anak (TPA). yang diselenggarakan pada jalur formal. nonformal. yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). kecerdasan/kognitif (daya pikir. dan atau informal. PAUD dapat diselenggarakan melaluijalur pedididkan formal. PAUD pada jalur pendidikan formal berbentuk taman kanak-kanak (TK).wordpress. PAUD dalam pedidikan non formal berbentuk kelompok bermain (KB).pendidikan dasar. yaitu : perkembangan moral dan agama. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. non formal. pendidikan menengah. Dalam penjelasan selanjutnya. 3 Jadi dari kutipan diatas dapat artikan bahwa pendidikan harus dimulai dari usia dini. dan pendidikan tinggi.com/peraturan-diknas/uu-sisdiknas/ 4 . dan informal. sesuai 3 https://endang965. RaudhatulAthfal (RA).

yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa. RUMUSAN MASALAH Rumusan masalah ini akan dipaparkan dalam bentuk pertanyaan yang mana jawaban dari rumusan masalah ini akan dicari dalam penelitian. dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini seperti yang tercantum dalam Permendiknas no 58 tahun 2009. Bagaimana Penerapan Pendidikan Agama Islam di PAUD At Taqwa Mojokampung ? 5 . sehingga dapat mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya.  Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah. Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No. PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun (masa emas). Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara. B. yaitu : 1. Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu:  Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun.

hal. untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan yang lebih lanjut 6 4 Depdikbud RI.) Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Balai Pustaka. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pendidian Agama Islam adalah Suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa memahami ajaran islam secara menyeluruh. al. Bagaimanakah penerapan pendidikan agama Islam pada anak usia dini di PAUD At Taqwa Mojokampung Bojonegoro ? C.172 6 Depdikbud RI.4 Sedangkan menurut para ahli penerapan adalah suatu perbuatan mempraktekkan suatu teori atau metode. Adapun istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut : Penerapan : Perbuatan menerapkan. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa. dan hal lain untuk mencapai tujuan tertentudan untuk kepentingan yang diinginkan oleh suatu kelompok atau golongan yang telah terrencana dan tersusun sebelumnya. Bumi Aksara. Jakarta. opcit hal. 2004.5 Anak Usia Dini : Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan awal. 849 6 . 664 5 Zakiyah Darajat. (et. Jakarta. Hal. 2. Pendidikan Agama Islam : menurut Zakiyah Darojat. PENEGASAN JUDUL Sebelum penulis mengadakan penelitian dan pembahasan lebih lanjut judul skripsi lebih lanjut ”Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di PAUD At-Taqwa Mojokampung Bojonegoro” lebih dulu akan penulis jelaskan beberapa istilah yang dimaksud oleh penulis agar nantinya tidak terjadi kesalah pahaman dalam mempersentasikan judul skripsi ini. Bagaimanakah Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Dini di PAUD At Taqwa Mojokampung ? 3.

sebab merekalah yang akan meneruskan perjuangan bangsa dan agama. Kegunaan penelitian Hasil penelitian ini diharapkan akan berguna sekali bagi : 7 . 2. 2. Bahwa membina anak untuk memiliki nilai-nilai islam sejak dini adalah sangat penting. PAUD AT Taqwa : Lembaga Pendidikan Anak Sebelum tingkat Dasar yang berada di desa Mojo Kampung Bojnegoro Dari uraian penegasan judul diatas maka maksud judul skripsi ini adalah suatu penelitian tentang penerapan pendidikan agama Islam pada Anak Usia Dini yang berada di Lembaga PAUD di desa Mojo Kampung Bojonegoro. TUJUAN DAN KEGUNAAN PENELITIAN 1. Tujuan penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban atas permasalahan yang telah dikemukakan di atas. ALASAN PEMILIHAN JUDUL Adapun yang menjadi dasar pijakan atau alasan bagi penulis dalam memilih judul skripsi di atas adalah : 1. yaitu ingin mengetahui secara mendasar apakah penerapan pendidikan agama islam pada anak usia dini di PAUD At Taqwa Mojo Kampung Bojonegoro dapat berjalan denga baik ataukah tidak dapat diterapkan dengan baik. Sebagai salah seorang mahasiswa di STIT Muhammadiyah Bojonegoro dan warga negara yang memiliki dorongan dan rasa tanggung jawab terhadap pendidikan agama islam anak usia dini khususnya di Bojonegoro. D. E.

2002. Pihak yang di teliti yaitu PAUD At Taqwa Mojokampung Bojonegoro sehingga akan mampu meningkatkan nilai-nilai pendidikan agama islam pada anak. c. agar terbiasa berfikir ilmiah. b. MA. membanding. Sebagai tambahan pengetahuan bagi para praktisi pendidikan yang sedang menggeluti atau meneliti pada dunia pendidikan Anak Usia Dini. atau dengan kata lain penentuan kaidah umum berdasarkan kaidah-kaidah khusus”. bertolak dari kaidah-kaidah (hal-hal atau peristiwa) khusus untuk menentukan hukum (kaidah) yang bersifat umum (universal). disamping menambah wawasan dan pola pikir serta menambah perbendaharaan khasanah perpustakaan STIT Muhammadiyah Bojonegoro. METODE PEMBAHASAN Untuk memudahkan jalannya berfikir dalam memecahkan masalah yang bersifat ilmiah. 102 8 . Ciputat Pers.. a. diantaranya : 1. 7 Penulis menggunakan metode ini sebagai salah satu metode pembahasan masalah dalam skripsi ini. 7 Dr. Armani Arief. maka perlu adanya metode pembahasan yang obyektif dan rasional. Jakarta. F. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Metode induktif “ Metode induktif adalah suatu pendekatan yang penganalisaannya secara ilmiah. Disini penulis menggunakan beberapa metode yang mempnyai implikasi dengan penelitian. menimbang antara bagian-bagian dan mengambil kesimpulan dan prisip-prinsip umum tersebut. Pihak peneliti yaitu untuk memenuhi tugas akhir yang harus diselesaikan. hal.

Armani Arief. tujuan dan kegunaan peneliltian. laporan penelitian. 102 9 . sementara deduksi adalah sebaliknya. meliputi latar belakang masalah. penegasan judul. metode pengumpulan data. metode pembahasan. Bab kedua. terdiri dari : populasi dan sample. Sub selanjutnya Anak Usia Dini. data tentang pendidikan agama Islam. data tentang Anak Usia Dini PAUD At Taqwa Bojonegoro. hal. Prinsip-prinsip Pendidikan Anak Usia Dini. terdiri dari : pengertian Anak Usia Dini. materi pendidikan agama islam.. Sub kedua penyajian data. gambaran umum PAUD At Taqwa Mojo Kampung Bojonegoro. Penerapan pendidikan agama Islam pada Anak Usia Dini. Metode deduktif Metode ini merupakan kebalikan dari pendekatan induksi. SISTEMATIKA PEMBAHASAN Sistematika pembahsan dalam skrispsi ini penulis gunakan dengan maksud agar mudah difahami. terdiri dari : pengertian pendidikan agama islam. tehnik analis data. pendahuluan. Karakteristik Anak Usia Dini. meliputi : beberapa subbahasan yaitu tinjauan tentang pendidikan agama islam. rumusan masalah. alasan pemilihan judul. macam dan sumber data. pentingnya pendidikan agama islam. 2. Kalau induksi berfikir bergerak dari hal-hal yang bersifat khusus menuju ke umum. yaitu suatu cara analisa ilmiah yang bergerak dari hal-hal yang bersifat umum (universal) kepada hal-hal yang bersifat khusus. melitputi: sub pertama metodologi penelitian. Bab ketiga. MA. landasan teori. Op Cit. 8 Dr. subbab ketiga. 8 G. Adapun sistematika pembahasan ini sebagai berikut : Bab pertama. sub ketiga analisis data. sistematika pembahasan.

119 10 . hal.. lulusan program Strata 1. Sampel 9 Drs. Op Cit. (2) Populasi tak terbatas/takterhingga yakni populasi yang tidak dapat ditemuka batas-batasnya. maksudnya jumlah siswa di PAUD At Taqwa Bojonegoro yaitu sebanyak . dengan karakteristik. S. masa kerja 2 tahun. yang berarti jumlahnya harus dihitung sejak guru pertama ada sampai sekarang dan yang akan datang. 9 Dalam ilmu penelitian populasi dibagi menjadi 2 (dua) yakni : (1) Populasi terbatas/populasi terhingga adalah populasi yang memiliki batas kuantitatif secara jelas sehingga karena memiliki karekteristik yang terbatas. 118 10 Drs. b. Margono. METODOLOGI PENELITIAN 1. Dalam rangka mengadakan suatu penelitian.000. saran-saran. Misalnya 5. 10 Dalam skripsi ini tergolong populasi terbatas karena memiliki batas kuantitatif secara jelas. S.. H.000 orang guru pada awal tahun 1985 . Misalnya guru di Indonesia. Populasi dan Sampel a. menentukan daerah penelitian merupakan langlah awal yang yang harus ditempuh sebagai obyek penelitian. dan lain-lain. Rineka Cipta. hal. 1997. terdiri dari : sub pertama kesimpulan dan sub kedua. Populasi Populasi adalah seluruh data yang menjadi perhatian kita dalam suatu ruang lingkup dan waktu yang kita tentukan. Bab keempat. Jakarta. Metodologi Penelitian Pendidikan. Margono. sehinga tidak dapat dinyatakan dalam bentuk jumlah secara kuantitatif. penutup. siswa..

Data jumlah siswa PAUD At Taqwa Mojo Kampung Bojonegoro secara keseluruhan. “ Sampel adalah sebagai bagian dari populasi. penulis hendak mengambil sebagian yang merupakan sampel. Suharsini Arikunto. 2. lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya bila jumlah sebyeknya besar dapat diambi antara 10 – 15 % atau 20 – 25 % atau lebih. 12 Namun dalam penelitian ini penulis mengambil sebagian dari populasi yaitu sebesar 20% dari jumlah populasi sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak . sebagai contoh (moster) yang diambil dengan menggunakan cara – cara tertentu. Jenis Dan Sumber Data a. Jakarta.” 11 Dari jumlah yang cukup besar itu. tergantung kemampuan peneliti dilihat dari segi waktu. Data Kwantitatif Yang Meliputi : a. sebagaimana didalam buku karangan Dr. Prosedur Penelitian.. 107 11 . DR.. 11 Drs. siswa. hal. Rineka cipta. Suharsimi Arikunto yang berjudul “prosedur penelitian” yang berbunyi : “Untuk sekedar ancer-ancer maka apabila subyeknya kurang dari 100. Jenis Data Data yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu : 1. hal. Margono. Op Cit. S. 1985. 121 12 Prof.

Data Guru PAUD At Taqwa Mojo Kampung Bojonegoro. Data tentang Pendidikan Agama Islam PAUD At Taqwa Mojo Kampung Bojonegoro. b. 2.13 Metode ini digunakan untuk mendapatkan data umum tentang kondisi lingkungan masyarakat dan sekolah yang dijadikan obyek penelitian seperti keadaan. fasilitas dilingkungan masyarakat maupun sekolah dan sebagainnya. Dokumen-dokumen PAUD At Taqwa Mojo Kampung Bojonegoro 3. b. 158 12 . 2. 13 Ibid. Metode Observasi Observasi adalah pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian. Data Kwalitatif yang meliputi 1. Sumber Data 1. Siswa PAUD At Taqwa Mojo Kampung Bojonegoro 4. Guru PAUD At Taqwa Mojo Kampung Bojonegoro 3. penulis menggunakan beberapa metode sebagai berikut : a. Gambaran umum PAUD At Taqwa Mojo Kampung Bojonegoro. hal. Kepala PAUD At Taqwa Mojo Kampung Bojonegoro 2. Metode Pengumpulan Data Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk membahas skripsi ini.

teori. 15 Metode ini digunakan oleh peneliti untuk memperoleh data utama yakni tentang bahan-bahan yang dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan penelitian. 4. dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah penelitian”. c. Karena penelitia ini merupakan penelitia kualitatif maka. pelaksanaan proses belajar-mengajar. hal. b. penulis akan menggunakan analisa kualitatif. analisas yang penulis gunakan adalah analisa kualitatif yaitu suatu teknik analisa penelitian yang digunakan untuk penelitian masalah kemasyarakatan 14 Ibid. hal. Metode Dokumentasi Yang dimaksuk metode dokumenter adalah : “ cara pengumpulan data melalui peninggalan tertulis. seperti arsip-arsip dan termasuk juga buku-buku tentang pendapat. Analisa Data Penelitian yang penulis lakukan ini tergolong penelitian kualitatif dengan satu variabel. dalil dan hukum-hukum. Metode Interview Yang dimaksud metode interview adalah alat pengunpul informasi dengan cara mengajukan sejumlah pengajuan secara lisan untuk dijawab secara lisan pula. oleh karena itu dalam menganalisa data. 14 Metode ini digunakan untuk mendapatkan data penunjang. 165 15 Ibid. 181 13 . misalnya tentang sejarah berdirinya sekolahan.

108 14 . secara mendalam dengan maksud memahami sifat dan maknanya bagi perseorangan yang terlibat didalamnya.16 16 Ibid. Hal.

Related Interests