A.

Pengkajian ( Tanggal 8 Mei 2017 )
1. Identitas Keluarga

a. Nama KK : Tn. R
b. Alamat : Jl.Permata indah RT 10 Loktabat utara
c. Pekerjaan : PNS
d. Pendidikan KK : SMA
e. Komposisi Keluarga :

N Nam Jenis Hubunga Umur Pendidika Pekerjaa Status
O a Kelmin n dengan ( tahu n n Kesehata
KK n) n

1. Tn.R Laki-laki Kepala 24 SMA PNS Sehat
Rumah Tahun
Tangga
( Suami

2. Ny.A Istri Istri 24 SMA Ibu Sakit
Tahun Rumah
Tangga

3. An.R Perempua Anak 6 - - Sehat
n Bulan

NO Nama Umur Status Imuniasis

BCG Polio DPT
HEPATITI CAMPAK
S
1 2 3 1 2 3 1 2 3
1. Reysa 6 √ √ √ √ √ √ √ √ √ √
Bulan

GENOGRAM

R mengatakan orang tua lelaki dulu pernah mengalami penyakit hipertensi . Aktivitas rekreasi keluarga : Kegiatan yang di lakukan keluaga setiap liburan adalah ke tempat keluarga atau ke taman idaman untuk membawa anak rekreasi 1. Status Sosial ekonomi keluarga : Penghasilan ± 2. A sering mengalami hipertensi sejak ± 3 bulan terakhir d.500.R dan anaknya dalam keadaan sehat.R mengatakan saat ini . Tipe Keluarga : Keluarga Inti g. Tahap perkembangan keluarga saat ini Keluarga yang memiliki anak usia muda ( anak usia bayi sampai usia sekolah ) b. 44 40 45 38 24 18 14 24 19 6 Keterangan : 6bln = LAKI-LAKI : Tinggal Serumah = PEREMPUAN : Klien Sakit f. Tahap perkembangan keluarga yang belum terpenuhi Tidak ada tahap perkembangan keluarga sampai saat ini yang belum terpenuhi c. Riwayat Kesehatan Keluarga sebelumnya Tn. Riwayat Perkembangan Keluarga a.R . Riwayat kesehatan keluarga inti Tn.000 / Perbulan j. Tn.istrinya dan anaknya tidak pernah mengalami gangguan masalah kesehatan yang menganggu aktivitas sehari-hari tetapi Ny. tetapi Ny. Agama : Islam i. Kewarganegaraan/Suku bangsa : Indonesia / Banjar h.

Karakteristik rumah Jenis bangunan rumah Tn.R adalah permanen.R adalah PDAM dan sumur gali . penerangan rumah menggunakan listrik.R dan Ny. Setiap pagi Ny.status pemilikan rumah sendiri. kebiasaan memasaknya menggunakan gas elpiji di dalam rumah. sumber air yang di gunakan Tn. Tetapi saat Tn. tetapi tenggganya sebelah kiri dan depannya selalu menyapa setiap kali bertemu di halaman rumah dengan keluarga Tn. di halaman rumah Tn.2. ventilasi rumah ada dalam keadaan baik.Lantai rumah terbuat dari semen/keramik. atap rumah seng. tidak berbau dan tidak berasa. sore hari Tn.R adalah keluarga yang baru yang berada di lingkungan tempat tinggalnya. keluarga menggunakan air got sebagai sarana pembuangan air limbah. keadaan fisik air tidak berwarna.R tampak tidak memelihara binatang peliharaan atau pun seperti kebun dan kolam.A dan anaknya. keluarga mengatakan mengetahui kondisi lingkungan yang memenuhi syarat kesehatan.A menyiapkan makanan pagi untuk Tn.R c.R dan tidak pernah pindah lagi. tidak terdapat sampah yang berserakan di ruang dapur. sampah keluarga di tampung dikantong plastik lalu di buang di tempat sampah umum. Mobilitas keluarga Keluarga ini sebelumnya tinggal di rumah orang tua. Denah Rumah Dapur Ruang Tengah Kamar Tidur Ruang Tamu b. keluarga mempunyai WC yang berjarak ± 8meter dari air PDAM atau sumur gali. ruang tamu dan kamar tidur nampak bersih dan rapi .A bersama anaknya santai di dalam rumah ataupun di halaman rumah . tidak terdapat pakaian yang bergantungan sembarangan di dinding rumah. penampungan air menggunakan ember yang tertutup dan dikuras 1x seminggu. Karakteristik tetangga dan komunitas RW Keluarga Tn. Keadaan Lingkungan a.R menikah pindah ke tempat tinggal rumahnya yang sekarang yaitu bersebalahan dengan rumah nenek Tn.

saat anggota keluarga sakit keluarga memilih membeli obat di luar tetapi untuk An. Fungsi Keluarga a. Sikap saling menghormati dan menyayangi antar anggota keluarga diajarkan oleh keluarganya terhadap anaknya b.R adalah Tn.R dan Ny. b.R sebagai kepala keluarga berperan sebagai mencari nafkah.R selaku kepala keluarga c. Perkumpulan keluarga dan interaksi masyarakat keluarga ini jarang mengikuti kegiatan masyarakat seperti pengkajian/yasinan atau gotong royong yang di laksanakan oleh masyarakat setempat. Fungsi perawatan kesehatan 1) Mengetahui kemampuan keluarga mengenal masalah kesehatan Ny.A keluarga tidak dapat memutuskan tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan hipertensi pada Ny. Fungsi afektif Keluarga cukup rukun dan perhatian dalam membina rumah tangga serta memperhatikan keadaan anaknya. Sistem pendukung keluarga Yang merawat An.dan Puskesmas ± 2 km. Struktur peran Tn.A sebagai ibu rumah tangga d. bahasa yang digunakan dalam komunikasi adalah bahasa indonesia yang berlogat banjar.R keluarga memilih ke dokter praktek.A dan keluarga menggunakan uang tabungan yang dapat digunakan sewaktu-waktu.A masih belum sesuai dengan seharus nya dan waktunya masih kurang lama 2) Mengetahui kemampuan keluarga mengambil keputusan Keluarga merasakan masalah kesehatan pada Ny. Struktur keluarga a. di karena orang tua Ny. Nilai dan norma keluarga Keluarga lebih mempercayai berobat ke dokter praktik dari pada berobat tradisonal 4. Jarak rumah dengan Dokter praktek ± 1 km . 3. Struktur kekuatan keluarga Pengambilan keputusan dalam keluarga yaitu Tn. d. Penerimaan pesan baik. Tn.R baru mengetahui bahwa Ny.A .A mengalami sakit hipertensi . e. Fungsi sosial Keluarga selalu mengajarkan sikap sopan santun dan perilaku yang baik bagi anak-anaknya dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di lingkungan tempat tinggalnya c. sedang Ny. Pola komunikasi Proses komunikasi dalam keluarga cukup baik dan terbuka.A dulunya adalah penderita penyakit hipertensi 3) Mengetahui kemampuan keluarga memelihara anggota keluarga yang sakit .A mengatakan sering mengeluh pusing dan nyeri di daerah kepala karena penyakit darah tinggi dan takut tensinya naik dan pola tidur Ny.

Stress dan Koping Keluarga a.R mengalami sakit yang ringan hanya di bawa istirahat. 5.R TD (mmHg) 120/70 150/100 - N ( x/menit ) 82 88 - RR ( x/menit ) 18 20 - Suhu ( Celcius ) 36. Strategi koping yang digunakian adalah keluarga menerima keadaaan ini dan keluarga hanya tahu masalah yang dihadapi d. Pengkajian Fisik Anggota Keluarga Pemeriksaan Fisik Anggota keluarga Tn. Strategi adaptasi yang disfungsi yang dilakukan keluarga adalah pasrah diri 6.R Ny.A dan Tn. tapi saat ini Ny.8 36.500. d. Keluarga mengatakan kurang memahami cara merawat keluarga yang sakit hipertensi tetapi jika anggota keluarga Tn. pengahasilan stabil ( rata-rata Rp. 2.A yang menderita penyakit Hipertensi. sedangkan stress janga pendek yang di hadapi keluarga adalah keluarga tidak mampu memutuskan tindakan apa yang diambil untuk mengatasi masalah kesehatan Hipertensi pada Ny.tetapi Ny.A berusia 24 tahun merupakan usia produktif.A tidak menggunakan kontrasepsi untuk sementara waktu e. Kemampuan keluarga berespons terhadap stressor adalah keluarga hanya mendiamkan Ny.R pun tidak pernah memeriksakan diri ke puskesmas karena merasa hanya tidak pernah memiliki keluhan yang sangat berat.A An.6 36.A b. Fungsi ekonomi Menurut pengakuan keluarga. Fungsi reproduksi Tn.R berusia 24 tahun dan Ny.A hanya saja jika keluhan terasa keluarga menyuruh Ny.5 Berat Badan ( kg ) 66 48 - . 4) Mengetahui kemampuan keluarga memelihara atau memodifikasi lingkungan Keluarga mengetahui tentang upaya memelihara lingkungan yang bersih untuk menghidari penyakit 5) Mengetahui kemampuan keluarga menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan Keluarga menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan apabila ada anggota keluarga yang sakit yang di rasa tidak bisa lagi di rawat di rumah.000 ) dan memanfaatkan penghasilan yang dimiliki seefisien mungkin. Stress jangka panjang yang dihadapi keluarga adalah cemas dengan kondisi Ny.A istirahat dan jika tidak sembuh makamengambil keputusan untuk berobat ke tempat pelayanan c.

Perut Datar. bersih.R Ny. Tidak ada edema.0 - Kepala Mesocephali Mesocephali Mesocephali c c c Rambut Kulit kepala Kulit kepala Kulit kepala bersih.A Abdomen Perut Datar.8 6. bersih. Tidak ada nyeri di perut Tidak ada nyeri di nyeri di perut perut Ekstremitas Tidak ada edema. tidak hitam.Tinggi Badan ( cm ) 171 152 - Gula Darah Sewaktu 112 101 - Asam Urat 5. Harapan Keluarga . rambut rambut rambut berwarna berwarna berwarna hitam.A An. tidak hitam terdapat terdapat rambut rambut berwarna berwarna putih ( uban ) putih ( uban ) Konjungtiva Tidak anemis Tidak anemis Tidak anemis Sklera Tidak ikterik Tidak ikterik Tidak ikterik Lensa Tidak keruhi Tidak keruh Tidak keruh Hidung Tidak ada Tidak ada Tidak ada polip polip polip Telinga Keadaan Keadaan Keadaan telinga bersih telinga bersih telinga bersih dan tidak ada dan tidak ada dan tidak ada serumen serumen serumen yang berlebih yang berlebih yang berlebih Mulut Mukosa bibir Mukosa bibir Mukosa bibir lembab lembab lembab Pemeriksaan Fisik Anggota Keluarga Tn. - kekuatan otot kekuatan otot 55555 55555 55555 55555 55555 55555 55555 55555 Tonus otot baik Tonus otot baik Kulit Sawo Matang Putih Putih Turgor Kulit Turgor kulit normal Turgor kulit normal Turgor kulit normal kembali <2 detik kembali <2 detik kembali <2 detik 7. Tidak ada Perut agak buncit.

A kadang – kadang terlihat menyeringai Tanda-tanda vital dan lain-lain TD : 150/100 mmHg N :88 RR :20 .A DO : -Ny. Diagnosa Keperawatan Keluarga 1.A mengalami Hipertensi b.A mengatakan sering mengeluh ( nyeri ) keluarga membuat pusing dan nyeri di daerah kepala keputusan yang tepat karena penyakit darah tinggi dan takut untuk mengatasi tensinya naik masalah kesehatan hipertensi -Ny.R N Data Masalah Etiologi o 1. Penjajakan tahap II 2) Resiko Kesehatan Resiko timbulnya penyakit pada keluarga Tn. Penjajakan tahap I 1) Kurang / Tidak sehat Anggota keluarga Ny.A dan keluarga terlihat bingung tentang cara membuat keputusan yang tepat untuk masalah kesehatan anggota keluarganya -Ny.A bisa mengontrol hipertensi dengan pola hidup yang sehat setiap hari dan melakukan kunjungan ke pelayanan kesehatan secara rutin B.Analisa data a. DS : Gangguan rasa nyaman Ketidakmampuan -Ny. Keluarga berharap Ny.A terlihat sering memegangi kepala bagian belakang -Ny.A mengatakan nyeri dengan skala 2 -Keluarga mengatakan tidak dapat memutuskan tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan hipertensi pada Ny.

A masih belum sesuai dengan seharus nya dan waktunya masih kurang lama .Keluarga mengatakan kurang memahami cara merawat keluarga yang sakit hipertensi DO: -Nampak wajah Ny. T : 36.R pun tidak pernah penyakit pada keluarga pengetahuan keluarga memeriksakan diri ke puskesmas Tn.0 2.0 2. Skala Prioritas Masalah a. Gangguan rasa nyaman ( nyeri ) pada Ny.A keluarga Tn.R berhubungan dengan Ketidakmampuan keluarga membuat keputusan yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan hipertensi No Kriteria Perhitungan Skor Pembenaran 1.R tentang upaya karena merasa hanya tidak pernah mengatasi masalah memiliki keluhan yang sangat berat kesehatan -Pola tidur Ny.8 Gula darah sewaktu : 101 Asam Urat : 6.8 Gula darah sewaktu : 101 Asam Urat : 6. DS : Resiko Timbulnya Kurang nya -Ny.A kadang-kadang pucat Tanda-tanda vital dan lain-lain TD : 150/100 mmHg N :88 RR :20 T : 36. Sifat masalah :Tidak / 3 1 Nyeri kepala yang di x1 Kurang sehat 3 rasa karena peningkatan tekanan vaskuler serebral .A dan Tn.

2. tapi tidak 2 tidak pernah perlu di tangani memeriksakan diri ke puskesmas karena merasa hanya tidak pernah memiliki keluhan yang berat. Total 1 3 6 b. Kemungkinan masalah 1 1 Keluarga menggunakan 2 dapat di ubah : dapat di 2 fasilitas pelayanan ubah sebagian kesehatan apabila ada anggota keluarga yang sakit yang di rasa tidak bisa lagi di rawat di 2 rumah 3. Resiko timbulnya penyakit pada keluarga Tn.A dan Tn. Sifat masalah : 2 2 Bila hal tersebut 1 Ancaman kesehatan 3 3 tidak segera di atasi maka penyakit yang awal nya mudah di sembuhkan maka akan susah untuk di obati .R pun 1 Ada masalah. R berhubungan dengan Kurang nya pengetahuan keluarga tentang upaya mengatasi masalah kesehatan No Kriteria Perhitungan Skor Pembenaran 1. Potensiak masalah untuk 2 3 Keluarga mengatakan 1 dicegah : Cukup 3 kurang memahami cara merawat keluarga yang sakit hipertensi 1 4. Menonjolnya masalah : 1 2 Ny.

A mengatakan Ada masalah.A hanya mengatasi dengan di bawa istirahat Total 5 2 6 3. Resiko timbulnya penyakit pada keluarga Tn. 2. tetapi tidak 2 sering mengeluh perlu di tangani pusing dan nyeri di daerah kepala karena penyakit darah tinggi dan takut tensinya naik Tetapi Ny. Kemungkinan masalah 1 1 Hal tersebut dapat di 2 dapat di ubah : Sebagian 2 ubah karena Keluarga Tn.R berhubungan dengan Ketidakmampuan keluarga membuat keputusan yang tepat untuk mengatasi masalah 1 kesehatan hipertensi 3 6 b. Intervensi Keperawatan No Diagnosa Tujuan Kriteria Standar Intervensi Keperawatan . R menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan apabila ada anggota keluarga yang sakit yang di rasa tidak bisa lagi di rawat di rumah 2 1 3. Pontensial masalah untuk 3 2 Terjadinya penyakit di cegah : cukup 3 dapat di cegah dengan mengontrol kesehatan secara rutin ke pelayanan kesehatan 1 1 4.A keluarga Tn. Menonjolnya masalah: 2 1 Ny. Gangguan rasa nyaman ( nyeri ) pada Ny. Prioritas Masalah a. R berhubungan dengan Kurang nya 5 pengetahuan keluarga tentang upaya mengatasi masalah kesehatan 2 6 C.

Demonstrasikan pada keluarga tentang cara mengurangi nyeri 6.Pengeta 1. Anjurkan pada keluarga untuk memeriksakan Ny.Keluarga menjelaskan tujuan Ketidakmampua setiap 1 x 45 dapat kunjungan.Keluarga 1. R keperawatan 3.Berdiskusi dengan masalah tentang diet membuat keluargan tentang kesehatan makanan keputusan yang tindakan-tindakan hipertensi hipertensi tepat untuk keluarga yang sudah 3. Sikap menyebutkan upaya untuk keluarga Tn.Sikap menyebutkan percaya dengan cara keluarga Tn.A nyeri secara teratur 5. Resiko Setelah 1. upaya untuk mengatasi masalah berhubungan selama 3 kali Tindakan/ mengatasi kesehatan .1. Keluarga padakeluarga teratur ke dapat tentang cara pelayanan memeriksa mengurangi rasa kesehatan kesehatan Ny. Keluarga 1.Pengeta 1.A tindakan 2. rendah lemak dan kolesterol 7.keluarga 3.Membina nyaman ( nyeri ) dilakukan huan dapat hubungan saling pada Ny.Menggali membuat 1.Tindaka cara mengurangi berkenalan dengan berhubungan selama 3 kali n/Psikomo rasa nyeri klien dan dengan kunjungan tor 2. Memberikan re- inforcement positif kepada keluarga 2. Berikan pendidikan kesehatan pada keluarga tentang diet yang sesuai dengan penderita hipertensi yaitu diet rendah garam.rasa nyeri tentang diet pengetahuan keputusan yang berkurang hipertensi keluarga tentang tepat untuk 2.R keperawatan 3. Kaji pengetahuan timbulnya dilakukan huan dapat keluarga tentang penyakit pada tindakan 2. keluarga mengatasi dilakukan selalu masalah 4. Gangguan rasa Setelah 1.Keluarga penyakit hipertensi mengatasi memahami mampu 3.Berikan memeriksa kesehatan pendidikan anggota hipertensi kesehatan keluarga secara 4. n keluarga menit menyebutkan 2.A secara teratur ke pelayanan kesehatan 8.

R 2) Menggali pengetahuan keluarga cara mengurangi rasa berhubungan dengan tentang penyakit hipertensi nyeri Ketidakmampuan .Berikan pujian terhadap kemampuan keluarga yang diskusikan D. Tanggal 8 Mei 2017 1) Membina hubungan saling percaya S: Jam 16.keluarga dapat 3. keluarga kesehatan penjelasan yang selalu rutin seluruh anggota belum mengerti memeriksa Tn.Berikan penjelasan kesehatan memeriksa ulang bila ada 2.keluarga memutuskan tentanng upaya masalah mengetahui cara mengatasi untuk mengatasi kesehatan untuk upaya kesehatan pada masalah kesehatan mengatasi keluarga nya masalah 3.Anjurkan keluarga untuk memeriksakan keluarganya secara rutin ke pelayanan kesehatan minimal 1 bulan sekali 7.R ke anggota pelayanan 4.Evaluasi secara singkat terhadap topik yang didiskusikan dengan keluarga 6.Keluarga keluarga membuat 3) Berdiskusi dengan keluargan tentang mengatakan keputusan yang tepat tindakan-tindakan keluarga yang sudah memahami tentang untuk mengatasi dilakukan diet yang sesuai .Anjurkan pada keluarga secara kesehatan secara Ny. Implementasi Keperawatan No Tanggal dan Waktu Implementasi Evaluasi 1. Berikan keluarga keluarga tentang menit mampu pengetahuan upaya mengatasi 1. mengatakan ( nyeri ) pada Ny. dengan Kurang kunjungan Psikomoto kesehatan nya pengetahuan setiap 1 x 45 r 2.A dan keluarga teratur ke teratur nya untuk mengatur pelayanan jadwal tidur kesehatan 5.keluarga 2.00 WITA dengan cara berkenalan dengan klien -Keluarga Gangguan rasa nyaman dan menjelaskan tujuan kunjungan.A memahami tentang keluarga Tn.

kompres dingin pada kepala mengatakan akan bagian belakang dan menghindari mengingatkan Ny.A nyeri dengan benar.A secara teratur hipertensi pada minimal setiap bulan dan minum obat makanan yang di secara teratur yang telah di berikan oleh berikan dokter -K eluarga tampak 8) Memberikan re-inforcement positif mengingatkan Ny.A kepada keluarga atas perhatiannya untuk teratur memeriksakan kesehatannya ada pelayanan kesehatan Tanda-tanda vital dan lain-lain TD : 150/100 mmHg N :88 RR :20 T : 36.masalah kesehatan dengan hipertensi hipertensi 4) Memberikan penjelasan pada pada makanan yang di keluarga tentang cara mengurangi rasa berikan pada Ny.Keluarga relaksasi.8 Gula darah sewaktu : 101 Asam Urat : 6. dan mengurangi lemak pada makanan -Keluargadapat mengungkapkan 7) Mengajurkan pada keluarga kembali tentang diet memeriksakan Ny.A dan keluarga untuk teratur .A harus benar-benar rendah garam.0 A : Masalah teratasi sebagian P: 1) Mengkaji tekanan darah pasien 2) Motivasi Ny.A perubahan posisi secara mendadak untuk memeriksakan ke pelayanan 5) Mendemonstrasikan pada keluarga kesehatan tentang cara mengurangi nyeri dengan cara : pada saat ada nyeri menarik nafas panjang ditahan sebentar kemudian O: dikeluarkan secara pelan-pelan -Keluarga tampak dapat 6) Memberikan penjelasan pada mengungkapkan keluarga tentang diet yang sesuai dengan kembali cara hipertensi pada makanan yang di berikan mengurangi rasa nyeri Ny. dengan teknik .

Tanggal 10 Mei 2017 1). Berikan pujian terhadap kemampuan -Tn. A : 140 /90 mmHg A : Masalah teratasi sebagian P: 1) Mengkaji tekanan darah pasien 2) Motivasi Tn. R: 120/90 mmHg Tekanan Darah Ny.00 WITA upaya untuk mengatasi masalah -Keluarga Resiko timbulnya kesehatan mengatakan penyakit pada keluarga mengetahui upaya Tn. Kaji pengetahuan keluarga tentang S: Jam 17. Anjurkan pada Ny.Berikan penjelasan ulang bila ada -Keluarga kesehatan penjelasan yang belum mengerti mengatakan akan memeriksakan 4). memeriksakan kesehatannya ke pelayanan kesehatan 3) Lakukan evaluasi tiga hari kemudian 2. R berhubungan 2). R tampak keluarga yang diskusikan mengingat kan anggota keluarganya untuk memeriksa secara rutin ke pelayanan kesehatan Tekanan Darah Tn.A dan keluarga keluarganya pada saat nya untuk mengatur jadwal tidur waktu senggang 5).R dan keluarga untuk teratur memeriksakan kesehatannya ke pelayanan kesehatan .Anjurkan keluarga untuk mengungkapkan cara memeriksakan keluarganya secara rutin mengatasi masalah ke pelayanan kesehatan minimal 1 bulan kesehatan pada sekali keluarga Tn.R tentang upaya mengatasi masalah 3). Berikan keluarga pengetahuan untuk mengatasi dengan Kurang nya tentang upaya untuk mengatasi masalah masalah kesehatan pengetahuan keluarga kesehatan pada keluarga Tn.R 7).Evaluasi secara singkat terhadap topik O: yang didiskusikan dengan keluarga -Keluarga tampak dapat 6).

3) Lakukan evaluasi tiga hari kemudian E. Menanyakan kepada keluarga apakah menghindari keputusan yang tepat Ny. Menanyakan kepada keluarga S: Jam 16. Motivasi Ny. dan mengurangi secara mendadak masalah kesehatan lemak pada makanan hipertensi -Keluarga 3). Menanyakan kembali kepada mengatakan kadang- keluarga apakah Ny. Mengkaji tekanan darah pasien pun mengurangi lemak pada makanan 5). Memberikan re-inforcement positif pemeriksaan kepada keluarga atas perhatiannya kesehatan kepelayanan kesehatan yaitu dokter praktek O -Keluarga mengetahui tindakan yang tepat untuk mengatasi kesehatan hipertensi pada Ny.A relaksasi. kompres dingin pada kepala bisa mengurangi rasa keluarga Tn.A TD : 130/80 mmHg A: Masalah terasi P : Hentikan Intervensi .A telah diperiksa ke kadang melakukan pelayanan kesehatan diet hipertensi seperti rendah garam atau 4). dengan teknik mengatakan sudah ( nyeri ) pada Ny.R bagian belakang dan menghindari nyeri dengan teknik berhubungan dengan perubahan posisi secara mendadak relaksasi .A dan keluarga untuk teratur memeriksakan kesehatannya ke -Keluarga pelayanan kesehatan mengatakan bahwa besok akan di lakukan 6).A sudah melakukan diet hipertensi p perubahan posisi untuk mengatasi seperti rendah garam.30 WITA apakah sudah bisa mengurangi rasa -Keluarga Gangguan rasa nyaman nyeri dengan benar. Evaluasi Keperawatan N Hari dan Tanggal Implementasi Evaluasi o 1. Tanggal 12 Mei 2017 1).kompres Ketidakmampuan dingin ataupun keluarga membuat 2).

Motivasi keluarga untuk dapat mengungkapkan memeriksakan keluarganya secara rutin cara mengatasi ke pelayanan kesehatan minimal 1 bulan masalah kesehatan sekali pada keluarga Tn.30 WITA upaya untuk mengatasi masalah -Keluarga Resiko timbulnya kesehatan mengatakan penyakit pada keluarga mengetahui upaya Tn. Menanyakan kepada keluarga tentang S: Jam 16. Evaluasi secara singkat terhadap kesehatan topik yang didiskusikan dengan keluarga O: -Keluarga tampak 4). Berikan penjelasan ulang tentang untuk mengatasi dengan Kurang nya upaya mengatasi masalah kesehatan jika masalah kesehatan pengetahuan keluarga keluarga belum mengerti dan paham pada keluarga Tn. Berikan pujian terhadap kemampuan TD : 130/80 mmHg keluarga yang diskusikan A: Masalah terasi P : Hentikan Intervensi .R tentang upaya mengatasi masalah 3). R berhubungan 2).2.R 5). Tanggal 12 Mei 2017 1).