ASUHAN KEPERAWATAN PADA An.

R
DENGAN BRONCHOPNEUMONIA (BHP) DI RUANG MIRAH
RSU Dr. SLAMET GARUT

A. Pengkajian
1. Biodata Klien
Nama : An. R
Umur : 2 Thn
Alamat : Sanding
Jenis kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Suku bangsa : Sunda / Indonesia
No Cm : 858285
Tgl masuk : 2 Januari 2005
Tgl pengkajian : 4 Januari 2005
2. Biodata penanggung jawab
Nama : Tn C
Umur : 40 tahun
Alamat : Sanding
Jenis kelamin : Laki-laki
Pekerjaan : Wiraswasta
Hub dgn klien : Ayah

B. Riwayat Kesehatan
1. Keluhan utama
Menurut penuturan ibu klien,klien sering batuk-batuk berdahak,nafas
sesak,dan badannya panas
2. Riwayat kesehatan sekarang
Menurut penuturan ibu klien,+6 hari sebelum klien masuk rumah
sakit,klien mengalami batuk bardahak namun dahaknya tidak
keluar.Karena batuknya itulah nafas klien menjadi sesak dan badan klien

3

Akhirnya ibu klien membawanya ke poliklinik anak RSU Dr.Pada saat pengkajian tanggal 4 January 2005.1 tahun yang lalu 3. 4 .sebelumnya klien belum pernah mengalami penyakit seperti yang diderita klien sekarang.diantara anggota keluarganya tidak ada yang mempunyai penyakit menular maupun penyakit yang sama seperti klien.Ibu klien merasa khawatir dan langsung membawanya ke rumah sakit untuk berobat. 3 Riwayat kesehatan dahulu Menurut penuturan ibu klien. Slamet Garut dan oleh dokter dianjurkan untuk di rawat dan pada saat itu juga klien dirawat di ruang mirah.Klien akan mengalami sesak jika klien selesai menangis dan batuknya hilang jika klien tidur dengan setengah duduk.  - 6.Klien pernah demam selama 3 hari yang lekas sembuh setelah berobat ke puskesmas No Nama Penyakit Pernah Tidak Pernah Keterangan 1. Sesak nafas .badannya masih panas namun nafasnya tidak terlalu sesak.  - 5. Penyakit kuning .  - 4. Selama 3 hari. panas. Batuk-batuk yang lama . -  4 Riwayat kesehatan keluarga Menurut penuturan ibu klien. Panas tinggi  .Dahak klien belum bisa dikeluarkan dan panas tubuh klien belum turun. Diare .  - 2. Muntah-muntah .ibu klien masih mengeluh anaknya batuk-batuk.

Intra natal Menurut penuturan ibu klien. 5 .Keterangan : : Laki-laki : Perempuan : Klien Klien adalah anak ke 3 dari 3 bersaudara. klien dilahirkan dengan vacum dan di lahirkan di RSU Dr Slamet Garut. Riwayat Kehamilan dan Persalinan a. 5.Ibu klien tidak mengeluh apapun selama hamil.Ibu klien mengatakan di imunisasi TT 2x pada bulan ke 6 dan 9. b. Prenatal Ibu klien mengatakan bahwa selama hamil selalu memeriksakan diri ke bidan terdekat.klien tinggal bersama kedua orang tuanya.

Perkembangan motorik halus Klien dapat mengangkat kepala. 6. Riwayat Perkembangan 1. C.BB klien 2700 kg dengan panjang badan 49 cm. 7. Riwayat Nutrisi Menurut penuturan ibu klien.tengkurap. Perkembangan motorik kasar Klien dapat menahan barang dan menggenggamnya dengan erat dan juga mampu memindahkannya ke tempat lain. c. Post natal Ibu klien mengatakan bahwa saat lahir.klien di beri ASI eksklusif dan setelahnya klien di beri PASI. Keadaan umum BB saat dikaji : 8 Kg PB :- TTV : P : 100x/menit R : 43x/menit 6 . Riwayat Imunisasi Klien sudah mendapatkan imunisasi lengkap. Perkembangan bicara Klien dapat mengoceh spontan dan memanggil orang tuanya 3. PEMERIKSAAN FISIK a. 8. Riwayat Pertumbuhan dan Perkembangan a.duduk tanpa di bantu dan dapat berdiri dan berlari 2. dari mulai 1-4 bulan . Riwayat Pertumbuhan BB lahir : 2700 gr PB lahir : 49 cm Lingkar kepala : 38 cm Lingkar lengan atas : 15 cm b.

S : 38. Telinga 7 . Mata Kesimetrisan : Mata kiri dan kanan klien simetris Konjungtiva : Pucat Pupil : Hitam Kebersihan : Tidak nampak kotoran Fungsi penglihatan : Dapat melihat benda yang di gerakan di depan mata nya Pergerakan : Dapat melihat ke segala arah f. Kepala Lingkar kepala : Tidak terkaji Kesimetrisan : Tegak lurus dengan garis tengah tubuh d. Leher KGB : Tidak membesar JVP : Tidak meninggi Kebersihan : Tidak nampak adanya kotoran e.5  c b. Integumen  Rambut Warna : Hitam Tekstur: Halus Penyebaran : Merata di seluruh permukaan kulit kepala  Kulit Warna : Kuning langsat Turgor : Baik Kebersihan : Tidak ada kotoran  Kuku Warna : Transparan Kebersihan : Tidak ada kotoran Tekstur : Halus Sudut : 160o c.

Genetalia Kebersihan : Tidak nampak adanya kotoran Keadaan : Tidak tampak adanya benjolan 8 . Kesimetrisan : Telinga kanan dan kiri klien simetris Kebersihan : Tidak nampak adanya kotoran Fungsi pendengaran: Berespon saat di panggil g. Abdomen Keadaan : Cembung Kebersihan : Tidak nampak adanya kotoran Bising usus : 7x/mnt k. Punggung Keadaan : Tidak nampak adanya kelainan Kebersihan : Tidak nampak adanya kotoran l. Hidung Kesimetrisan : Kedua lubang hidung simetris Kebersihan : Tidak nampak kotoran Warna : Sama dengan kulit wajah Fungsi penciuman : Dapat membedakan bau minyak wangi dan alkohol h. Dada Pergerakkan : Dada kiri dan kanan bergerak selaras Pernapasan : Cepat dan dangkal Bunyi napas : Ronchi Kebersihan : Tidak tampak kotoran j. Mulut  Bibir Warna : Kecoklatan Stomatitis : Tidak ada  Lidah Warna : Merah muda Pergerakkan : Tak terkaji i.

Ekstremitas Atas : Tangan kanan terpasang infus sehingga kurang leluasa bergerak. 9 . Bawah : Tidak nampak adanya pembengkakan.tangan kiri dapat bergerak bebas.kedua kaki dapat digerakkan sesuai dengan keinginan.m.

POLA AKTIFITAS SEHARI HARI 10 .

½ padat . kualitas tidak nyenyak nyenyak 4. No Pola aktivitas sehari-hari Saat sakit Saat sehat 1. ganti baju 3-4x/hr 3-4x/hr D. Makan . mandi 1x/hr 2x/hr . jumlah 2 gelas/hari 2 gelas 2. Personal higiene . jenis bubur nasi nasi + laukpauk b. frekuensi belum BAB 1-2x/hr . Data Psikologis. Eliminasi a BAB . konsistensi . warna . tidur malam 6-7 jam/hr 8-10 jam /hr . frekuensi 5-6x/hr 5-6x/hr . frekuensi ASI + 5-7x/hr ASI sesuka klien . kuning kecoklatan . Istirahat tidur . Pola nutrisi a. warna kuning jernih kuning jernih . bau . khas feces b BAK . jumlah 2-3 sendok 1 porsi kecil . minum . tidur siang 1-2 jam/hr 2-3 jam / hr . jenis air putih + ASI air putih + ASI . frekuensi 2x/hr 3x/hr . Sosial dan Spiritual 11 . bau khas amoniak khas amoniak 3.

BB 1000 gr  BB klien kurang .Tali pusat masih  potensial terjadinya tampak basah infeksi 12 . Klien tidak mau menetek Gangguan Do :  asupan nutrisi kurang pemenuhan . . Data Penunjang .ekspresi wajahnya tampak tegang dan gelisah. Data Spiritual Klien beragama islam. Analisa Data No Sympthom Etiologi Problem 1.ibu klien selalu berdo’a agar anaknya lekas sembuh. . terbukti ada anggota keluarga klien yang menjenguknya. Tali pusat baru dipotong Resiko tinggi Do :  masih tampak basah terjadinya infeksi . Ds : . Data Sosial Baik.Therapy : * Infus ka-en 4a 15 tetes/mnt  Sanficilln 4x200mg  Sagestam 2x15 mg  Dexametason 3x15 mg  O2 1 ltr/mnt F. Ds : . Data Psikologis Belum bisa dikaji tingkat kecemasan klien. E. .Klien tampak  gangguan pola nutrisi kebutuhan nutrisi lemah  klien tampak lemah .Klien tidak mau menetek 2.Dx medis : Bronchopneumonia (BHP) .tetapi ibu klien tampak cemas dan selalu bertanya-tanya tentang keadaan anaknya.

5 c dengan lingkungan luar terjadinya  potensial mengalami hipotermi gangguan pengaturan suhu tubuh G.BB 1000 gr . 3. Klien belum beradaptasi Resiko tinggi Do : Suhu tubuh 38.Klien tampak lemah .Klien tidak mau menetek 2. Resiko tinggi terjadinya infeksi berhubung dengan tali pusat yang masih basah yang ditandai dengan : Ds : - Do : Tali pusat masih tampak basah 3.5  C 13 . Gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi berhubung dengan klien tidak mau menetek yang ditandai dengan : Ds : - Do : . Resiko tinggi terjadinya hipotermi berhubung dengan belum dapat beradaptasi dengan lingkungan luar yang ditandai dengan : Ds : - Do : Suhu tubuh 38. Diagnosa Keperawatan Berdasarkan Prioritas Masalah 1. Ds : .

PROSES KEPERAWATAN Nama : An.diharapkan jalan dengan posisi terpasang tidak keluar menghambat nafas klien dapat semi fowler . Bunyi nafas ronchi bebas 14 . dengan bebas tampak batuk mengatakan bahwa batuk Jam 08. Mempertahankan keluar .15 WIB namun klien sering batuk.R : 43x/mnt proses berjalan lancar dan . Tidak terpasang . Klien masih . Ketidak . Klien tidak batuk.Terpasang O2 pernafasan klien klien dapat bernafas pemberian O2 . Atur posisi tidur  Dengan posisi semi Tgl 04 januari 2005 Tgl 04 Januari nafas sehubungan jalan nafas kembali klien dengan fowler diharapkan Jam 08. R Ruang : Mirah Umur : 2 thn No Cm : 858285 Jenis kelamin : Laki-laki DM : Bronchopneumonia No Diagnosa P E R E N C A N AA N IMPLEMENTASI EVALUASI Tujuan Intervensi Rasionalisasi Keperawatan 1 2 3 4 5 6 7 1. Mengatur posisi sedikit batuk berdahak O2 pakaian yang pakaian tidur klien . Longgarkan  Dengan melonggarkan .00 WIB 2005 dengan peningkatan efektif dan teratasi posisi semi dapat mengurangi Melonggarkan Jam 14. Ibu klien . Bunyi nafas halus klien dapat benafas pernafasan klien . O2 masih namun dahaknya . Ketidak efektifan jalan Dalam waktu 3 hari . Dahak klien keluar dapat klien. R : 20-40x/mnt abdomen sehingga menghambat proses ronchi Do : .Bunyi nafas produksi sekret yang dengan kriteria : fowler penekanan pada daerah pakaian yang dapat klien masih ditandai dengan : .00 WIB .. Dahak klien Ds : .

Jam 09. Menganjurkan klien ditandai dengan : 36-37oC untuk menurun Do : .30 WIB 2005 jam 14. Gangguan pengaturan Dalam waktu 3 hari . Anjurkan untuk  Dangan pakaian yang menggunakan sampai 38oC .akan membantu peningkatan oksigenasi klien .Pertahankan  Dengan teratasi pemberian O2 mempertahankan sebagian pemberian O2. Suhu tubuh peradangan yang .diharapkan .Lakukan suction  Dengan suction diharapkan dahak klien dapat keluar 2. Klien tampak batuk.30 WIB efektifan batuk Melakukan suction jalan nafas . Kompres dengan  Dengan mengompres Tgl 4 januari 2005 Tgl 4 Januari suhu tubuh gangguan pengaturan air dingin meggunakan air Jam 08. Suhu tubuh klien menurun . Mengompres WIB reaksi tubuh terhadap dengan kriteria : panas tubuh klien akan dengan air dingin .00 berhubungan dengan suhu tubuh teratasi dingin. Gangguan mengatakan pakaian yang menyerap tipis dan mudah pengaturan 15 . . Ibu klien menggunakan tipis dan mudah pakaian yang .

5oC tubuh klien dapat terkontrol 3. suhu tubuh klien pekembagan suhu 38.Suhu tubah klien menyerap uap tubuh klien dapat keringat teratasi 38.Jam 11.00 dengan kurangnya cemas teratasi dengan tentang keadaan ibu klien mengetahui Memberikan WIB informasi ibu tentang kriteria : anaknya dan mengerti tentang penjelasan tentang . Ibu klien tampak mental support mental bertanya- 16 .15 Wib sedikit tenang Do : bertanya-anya tanya tentang keadaan Memberikan support . Ibu klien keadaan anaknya yang . Ibu klien sering tentang keadaan anaknya mental tampak tidak bertanya-tanya anaknya . Ibu klien .diharapkan menyerap suhu tubuh Ds : .diharapkan . anaknya demam tipis dan mudah keringat. Berikan support  Dengan memberikan selalu tentang keadaan . Gangguan rasa aman Dalam waktu 3 hari . Secara verbal ibu keadaan anaknya da keadaan anaknya tampak ditandai dengan : klien tidak selalu tidak selalu bertanya.45 WIB . Observasi suhu  Dengan mengobservasi Mengobservasi suhu tubuh klien suhu tubuh tubuh klien klien. Berikan  Dengan memberikan Tgl 04 Januari 2005 Tgl 04 januari cemas sehubungan gangguan rasa aman penjelasan penjelasan diharapkan Jam 10.5oC keringat keluar dan panas tubuh sebagian klien berkurang Jam 08.00 WIB 2005 Jam 14.

anaknya tenang diharapkan ibu klien tanya tentang Ds : . tidak gelisah lagi .Ibu klien tampak bersemangat lagi untuk keadaan cemas dan gelisah mengurus anaknya dan anaknya. Gangguan rasa aman cemas teratasi 17 .

Lakukan suction I: . Bunyi nafas klien masih ronchi . O2 masih terpasang . Melonggarkan pakaian yang dapat menghambat jalan nafas klien . 5 Januari I S :. CATATAN PERKEMBANGAN Nama : An. R : 40x/mnt A : Ketidak efektifan jalan nafas P: .R : 40x/mnt. atur posisi tidur klien dengan posisi semi fowler .Nafas masih ronchi. Mempertahakan pemberian O2 .R Umur : 2 Thn Jenis kelamin : Laki-laki No Tanggal DP Catatan Perkembangan Pelaksana 1.O2 terpasang. Melakukan suction E : Ketidak efektifan jalan nafas teratasi sebagian. R : Lanjutkan intervensi Penulis 19 . Longggarkan pakaian yang dapat mengambat proses pernapasan klien . Pertahankan pemberian O2 . Mengatur posisi tidur klien degan posisi semi fowler . Ibu klien masih mengatakan 2005 anaknya batuk-batuk namun sedikit O: .ada batuk.

Observasi suhu tubuh klien I : .2 8 Jan 2004 II S : Ibu klien masih mengtakan anaknya demam O : Suhu tubh klien 38oC A : Gangguan pengaturan suhu tubuh P: . Mengobservasi suhu tubuh klien E : Gangguan pengaturan suhu tubuh teratasi sebagian. Berikan penjelasan tentang keadaan anaknya . Anjurkan untuk menggunakan pakaian yang tipis dan mudah menyerap keringat . 5 Januari III S :- 2005 O : -Ibu klien tampak tidak selalu bertanya-tanya tentang keadaan anaknya -Ibu klien tampak tenang A : Gangguan rasa aman cemas P: . Mengompres dengan air dingin . Kompres dengan air dingin .suhu 38oC R : Lanjutkan intervevsi Penulis 3. Berikan support mental 20 . Menganjurkan untuk mengenakan pakaian yang tipis dan mudah menyerap keringat .

I : .ibu klien tenang dan tidak selallu bertanya-tanya tentang keadaan anaknya R : lanjutkan intervensi Penulis 21 . Memberikan support mental E : Gangguan rasa aman cemas teratasi sebagian. Menjelaskan tentang keadaan anaknya .