MAKALAH

“NUSANTARA SEHAT”

Disusun oleh :

Nur Harirotus Sa’diyah

NIM : P27820716011

POLITEKNIK KEMENTERIAN KESEHATAN SURABAYA

PRODI DIV KEPERAWATAN GAWAT DARURAT

JURUSAN KEPERAWATAN

TAHUN AJARAN 2016/2017

Surabaya. karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kami telah dapat menyelesaikan makalah “Nusantara Sehat”. kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun demi kesempurnaan di masa yang akan datang. KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT. Untuk itu. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kami khususnya dan bagi pembaca umumnya. 29 Agustus 2016 Penyusun DAFTAR ISI . Kami menyadari bahwa masih terdapat kesalahan pada makalah ini.

.........3 Rumusan masalah.................. DAFTAR PUSTAKA.......1 Nusantara Sehat 2.............................................................3 Tujuan progam nusantara sehat 2............................................................................................................................................................................................................................................ BAB II Pembahasan.................................................. Daftar isi.......1 Kesimpulan................................................................................. ..Cover......................................................................................................... ..................................................................................................................................................... 1.2 Saran................ Kata Pengantar.........1 Latar Belakang..................... BAB I ... 3................................................................................. 2.................4 Tenaga kesehatan yang berhak mengikuti nusantara sehat 2................................... 1........................ BAB I Pendahuluan 1.2 Persyaratan calon nusantara sehat 2.................................................2 Tujuan progam nusantara sehat.............................5 Lokasi penempatan tenaga kerja kesehatan BAB III Penutup 3..

menggerakan pemberdayaan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas di DTPK. perawat. bidan. promotif. tenaga kefarmasian dan tenaga kesehatan masyarakat yang akan ditempatkan ke pelosok nusantara.1 Latar Belakang Kesehatan adalah investasi terbaik untuk masa depan bangsa yang lebih cerah.2 Tujuan progam nusantara sehat Program Nusantara Sehat bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di DTPK dan DBK juga mempunyai tujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan. dan kuratif dengan melibatkan lima jenis tenaga kesehatan yaitu dokter.3 Rumusan Masalah . tenaga analis kesehatan/ahli teknologi laboratorium medik. tenaga kesehatan lingkungan. 1. 1. Untuk mewujudkannya maka diperlukan penguatan akses pelayanan kesehatan di daerah. ditambah dukungan dari dua tenaga kesehatan lainnya seperti tenaga kesehatan gizi. Program ini merupakan program lintas unit utama di Kemenkes yang fokus tidak hanya pada kegiatan kuratif tetapi juga promotif dan preventif untuk mengamankan kesehatan masyarakat (public health) dari daerah yang paling membutuhkan sesuai dengan Nawa Cita. Program ini merupakan sebuah upaya peningkatan pelayanan kesehatan mencakup preventif. Kementerian Kesehatan mengajak para generasi muda untuk berperan serta memperkuat kesehatan terutama di daerah terpencil melalui program penempatan tenaga kesehatan yang berbasis tim (team based). PENDAHULUAN 1.

Apa tujuan progam nusantara sehat? 4. Siapa saja yang berhak mengikuti progam nusantara sehat? 5.1. Dimana lokasi penempatan progam nusantara sehat? BAB II PEMBAHASAN . Apa pengertian dari nusantara sehat? 2. Apa saja persyaratan yang dibutuhkan oleh calon peserta nusantara sehat? 3.

Progam ini juga merupakan upaya pendayagunaan secara khusus tenaga kesehatan berbasis tim dalam kurun waktu tertentu dengan jumlah isi dan jenis tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan di daerah tertinggal. dokter gigi. Ahli laboratorium medik.2. preventif. bidan. . tenaga kesehatan lingkungan. tenaga gizi. jelas Menkes Nila F. Intervensi berbasis tim pada fasilitas layanan kesehatan ini merupakan suatu terobosan. perawat. Moeloek pada acara Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Bina Upaya Kesehatan Dasar (BUKD). Kemenkes meluncurkan Program Nusantara Sehat (NS). promotif. Program NS adalah program penguatan pelayanan kesehatan primer yang fokus pada upaya promotif. dan daerah perbatasan yang bermasalah. dan kuratif dengan melibatkan 5 (lima) sampai 9 (sembilan) tenaga kesehatan (dokter. tenaga kesehatan masyarakat. dan tenaga kefarmasian) yang akan ditempatkan di pelosok nusantara.1 Nusantara Sehat Program ini merupakan sebuah upaya peningkatan pelayanan kesehatan mencakup preventif. dengan berbasis pada tim. Program ini diluncurkan sebagai salah satu prioritas kunci Kemenkes selama 5 tahun kedepan. karena tim-tim ditempatkan langsung diwilayah-wilayah terpencil dimana suatu sistem kegiatan bisnis akan dikembangkan di Puskesmas terpencil tersebut. di Jakarta (25/3).

ahli teknologi laboratorium medik. Bagi peserta yang telah lulus seleksi akan diberi pelatihan dan pembekalan oleh Pusdiklat Aparatur Kemenkes bekerja sama dengan Armabar.000.400. Besaran gaji/insentif tenaga kesehatan penugasan khusus berbasis tim (Team based) dalam mendukung program Nusantara Sehat ditetapkan oleh Menteri Kesehatan atas persetujuan Menteri Keuangan.( Tujuh Juta delapan ratus lima puluh ribu rupiah) untuk dokter umum dan dokter gigi.. Tim Nusantara Sehat adalah para tenaga profesional kesehatan dengan latar belakang medis seperti dokter. sedangkan untuk Bidan/perawat/Tenaga kesehatan Lingkungan/Tenaga Gizi/ Ahli Teknologi Laboratorium Medik/ Tenaga kefarmasian / Tenaga Kesehatan Masyarakat sebesar Rp. tenaga kesehatan lingkungan. Proses perekrutan telah dilakuan secara online dan direct assessment. tes tertulis. tenaga gizi.850.. dan tenaga kefarmasian yang berusia di bawah 30 tahun. 4. terutama oleh mereka yang berada di wilayah-wilayah terpencil di berbagai pelosok Nusantara. bidan. Proses seleksi calon berdasarkan resume. tes psikologi serta Focus Group Discussion (FGD) untuk menilai individu dalam dinamika kelompok. Tujuan utama program NS adalah mewujudkan layanan kesehatan primer yang dapat dijangkau oleh setiap anggota masyarakat.(Empat Juta Empat Ratus Ribu Rupiah). tenaga kesehatan masyarakat. lokus program Nusanatar Sehat direncanakan di Puskesmas kecamatan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga baik darat dan laut di . Tim pertama Nusantara Sehat akan mulai bertugas pada tanggal 29 April 2015 hingga 2 tahun ke depan. perawat. Pada tahun 2015.7.000. Fakultas Kedokteran UI dan RSCM serta Puskesmas. Besaran gaji/insentif bagi tenaga kesehatan penugasan khusus berbasis tim (team based) adalah sebesar Rp. wawancara tatap muka.

Kalbar. Papua dan Papua Barat. Kepri. Sulteng. Kaltara. disaksikan Menkes. Bengkulu. Bebas narkoba 7. Sehat jasmani dan rohani 6. NTT. Status belum menikah bersedia untuk tidak menikah selama 6 bulan dalam masa penugasan 5.48 kab/Kota pada 15 Provinsi yaitu Aceh. 2) Menyediakan sarana. Maluku Utara. Tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain pemerintah/swasta dan tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri 4. dan fasilitas tempat tinggal yang layak untuk menunjang pelaksanaan tugas. Kaltim. Dukungan yang diharapkan dari Bupati/Walikota untuk keberhasilan program NS diantaranya adalah 1) Menjamin keselamatan dan keamanan tenaga kesehatan penugasan khusus berbasis tim (team based). 2.2 Persyaratan calon nusantara sehat 1. Riau. Sulut. Usia maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun untuk dokter umum dan dokter gigi dan untuk tenaga kesehatan lainnya usia maksimal 30 ( tiga puluh) tahun 3. Dalam kegiatan Rakontek BUKD ini dilakukan penandatanganan komitmen mendukung Program NS oleh 48 Bupati/Walikota dari 15 provinsi lokus. prasarana. Sumut. Wajib Memiliki STR yang masih berlaku (Surat Keterangan STR yang sedang diproses tidak berlaku/tidak diterima) 9. . 3) Menerbitkan Surat Izin Praktik (SIP) untuk tenaga kesehatan penugasan khusus berbasis tim (team based) dalam mendukung program Nusantara Sehat. Warga Negara Indonesia 2. Maluku. Bersedia ditempatkan dimana saja sesuai kebutuhan Kementerian Kesehatan. Berkelakuan Baik 8.

b. meningkatnya akses pelayanan kesehatan puskesmas 3.tahun 2016. bidan. perawat. tenaga kesehatan lingkungan. dokter gigi. Aceh 2. Sumatera Utara . Ada 120 puskesmas diantaranya yaitu : 1. tujuan Umum Meningkatnya penyelenggaraan tugas dan fungsi Puskesmas dalam rangka upaya kesehatan perseorangan dan upaya kesehatan masyarakat di Daerah tertinggal. Tahun 2015 terdapat 15 provinsi dan 44 kabupaten.5 Pola penempatan Lokasi penempatan berbasis tim yang dilakukan di daerah tertinggal. dan tenaga kefarmasian. tercapainya pemenuhan tenaga kesehatan sesuai dengan standar 5. Ahli laboratorium medik. Dengan adanya insan yang profesional program ini bisa di jalankan dengan lancar. Kepulauan dan Daerah Bermasalah Kesehatan. terselenggaranya pelayanan kesehatan yang terintegrasi 2. tenaga kesehatan masyarakat. tenaga gizi. Tujuan Khusus 1.4 Tenaga kesehatan yang berhak mengikuti nusantara sehat Tenaga kesehatan yang berhak mengikuti nusantara sehat adalah insan yang profesinal dalam mengatasi atau menangani penyakit-penyakit seperti dokter. meningkatnya capaian target program puskesmas 2. 2.3 Tujuan progam nusantara sehat a. meningkatnya retensi tenaga kesehatan yang bertugas di puskesmas 6. meningkatnya penanganan permasalahan kesehatan lokal daerah 4. Perbatasan.2.

3. Kalimantan Barat 8. Sulawesi Tengah 12. Papua 15. Nusa Tenggara Timur 7. Riau 5. Bengkulu 6. Maluku Utara 14. Kalimamtanm Utara 10. Papua Barat Bagi tenaga kesehatan yang lolos seleksi dapat pembekalan terlebih dahulu agar memiliki keahlian medis yang professional. Maluku 13. Kalimantan Timur 9. . Kepulauan Riau 4. Sulawei Utara 11.

. Berkelakuan Baik 8.3. Status belum menikah bersedia untuk tidak menikah selama 6 bulan dalam masa penugasan 5.1. Dalam memilih tenaga ahli kesehatan tidak sembarangan. Tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain pemerintah/swasta dan tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri 4. Warga Negara Indonesia 2. Sehat jasmani dan rohani 6. Kesimpulan Nusantara sehat adalah sebuah program yang diprogram oleh mentri kesehatan Indonesia dengan tujuan menciptakan warga. Maka dari itu untuk menjalankan program ini dibutuhkan tenaga kesehatan yang mampu menangani semua penyakit dan membantu menjadikan tujuan dari nusantara sehat ini tercapai. Bebas narkoba 7. bangsa dan generasi yang sehat. Usia maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun untuk dokter umum dan dokter gigi dan untuk tenaga kesehatan lainnya usia maksimal 30 ( tiga puluh) tahun 3. Tiap tenaga kesehatan yang ingin bergabung dalam program ini tentunya ada syarat dan ketentuannya seperti : 1. Wajib Memiliki STR yang masih berlaku (Surat Keterangan STR yang sedang diproses tidak berlaku/tidak diterima) Bersedia ditempatkan dimana saja sesuai kebutuhan Kementerian Kesehatan.