SILABUS

ISBD (ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR)

IDENTITAS MATA KULIAH
Mata Kuliah : ISBD (Ilmu Sosial Budaya Dasar)
Kode : MBB 9001
SKS : 3 SKS
Jurusan/ Program Studi : Semua Jurusan / Program Studi di lingkungan Universitas Jember
Semester : Ganjil dan Genap
Program :-
Kompetensi : Mengenalkan / mengaplikasikan konsep-konsep ilmu sosial dan ilmu budaya dan mengenal jati diri manusia.

Materi Pokok Pembelajaran
Kriteria unjuk
Kompetensi Sub Kompetensi
kerja
Sikap Pengetahuan Ketrampilan
1 2 3 4 5 6
1. Mengerti ruang 1. Analisis latar belakang mata Membuat pola- Tertarik dan minat belajar 1. Visi, misi dan tujuan kuliah Membuat kerangka alur pikir
lingkup ISBD. kuliah ISBD. pola terhadap mata kuliah ISBD ISBD. pentingnya ISBD
2. Identifikasi konsep, tujuan fungsi pemahaman sebagai salah satu bagian 2. Pengertian ilmu sosial, ilmu
serta ruang lingkup mata kuliah ISBD integral kurikulum Mata budaya dan ISBD.
ISBD. Kuliah Berkehidupan 3. Ruang lingkup ISBD
3. Identifikasi metode pembelajaran Bermasyarakat (MBB) di 4. Kedudukan ISBD dalam
mata kuliah ISBD. pendidikan tinggi. pendidikan umum di
perguruan tinggi.
5. ISBD sebagai alternatif
pemecahan masalah sosial
budaya.
6. Fungsi pendidikan umum
dan MBB di perguruan
tinggi.
7. Metode pembelajaran ISBD
8. Sistem evaluasi
pembelajaran ISBD

2. Menetapkan 1. Identifikasi ciri Budaya dan Membuat Suka dan peka dalam 1. Fungsi akal dan budi Membuat analisis pola budaya
konsep manusia kebudayaan. gambaran menerapkan konsep dasar manusia. dan problema pembudayaan
sebagai makhluk 2. Identifikasi proses dinamika pengetahuan manusia 2. Pengertian budaya dan dilingkungannya
budaya. pembudayaan. pembudayaan sebagai makhluk budaya kebudayaan
3. Identifikasi dan membuat kebudayaan dalam menyikapi 3. Manusia sebagai pencipta
klasifikasi manusia sebagai problematika budaya yang kebudayaan.
makhluk berbudaya. berkembang dalam 4. Memanusiawikan manusia
masyarakat. melalui pemahaman

b. moral dan etika meyakini bahwa peradaban makhluk beradab dan akan dikembangkan. c. Identifikasi problematika penerapan nilai. enkulturasi. 5. Kemajuan IPTEk bagi adab dan peradaban manusia. 6. sekaligus tahap peradaban. penderitaan. etika dan estetika). Peradaban dan perubahan pedoman bagi hidupnya. difusi. Tradisi. norma. 3. kegelisahan. terhadap konsep : keadilan. Proses pembudayaan melalui internalisasi. pandangan hidup. Pengertian adab dan Membuat contoh nilai. dimasyarakat. sosial 5. kenyamanan. Pertumbuhan dan perkembangan . makhluk yang beradab yang 2. modernisasi dan masyarakat madani. Memanfaatkan 1. Evolusi budaya dan tahap- berbudaya beradab dalam kreatifitas manusia. 6. Perubahan kebudayaan dari lokal menuju global. tanggung jawab. Pengertian manusia sebagai hidupnya dan merencanakan dalam peradaban. pengabdian. hidup mempengaruhi serta menjadi 4. cinta kasih. Peradaban dan problematikanya bagi kehidupan manusia antara lain : a. Ketenangan. Wujud-wujud peradaban (nilai. sosialisasi. Kemajuan media komunikasi bagi adab dan peradaban manusia. etika telah menjadi pedoman dan peradaban 2. memposisikan diri sebagai wujud merupakan wujud masyarakat adab. Identifikasi konsep dan wujud Membuat Cinta dan cermat 1. moral. sebagai mahluk manusia kebudayaan sebagai hasil 3. 8. moral. 7. keindahan. konsep manusia adab dan peradaban perencanaan memposisikan diri sebagai peradaban. ketentraman dan kedamaian sebagai makna hakiki manusia yang beradab.

faktor-faktor penghambat hidup bermasyarakat. Identifikasi konsep fungsi Membuat pola Suka menerapkan posisi diri 1. kepemimpinan dan kelompok struktur dan sistem sosial. faktor-faktor penyebab hidup bermasyarakat. dalam keluarga melaksanakan tugas dan manusia sebagai individu. 4. tugas keluarga membina individu sebagai makhluk sosial. Fungsi dan tugas manusia sebagai makhluk sosial. setiap struktur dan sistem tugas manusia sebagai sosial yang ada. peranan. individu pada dirinya sendiri. 3. dilema pribadi antara kebutuhan . masyarakat sebagai wadah pemanusiaan individu. tatanan kehidupan masyarakat dan makhluk kebersamaan berkelompok maupun dalam ciptaan Tuhan. hakekat lembaga dan bangsa. sebagai individu mahluk sosial dan makhluk kewajiban diri makhluk sosial dengan dan masyarakat. demografi terhadap adab peradaban manusia. anggota masyarakat/ hak dan sebagai individu dan sebagai anggota keluarga kuwajiban diri dalam keluarga. politik dan ekonomi terhadap perkembangan peradaban. d. anggota sikap hidup dalam religius. sosial sebagai dan masyarakat kewajiban dalam setiap anggota keluarga. Memanfaatkan 1. individu Membuat laporan hak dan konsep manusia individu. 2. sikap individu dalam tataan hidup kelompok sosial. Tugas manusia dalam kemasyarakatan. Pengertian society dan sosialisasi. Pengertian individu. makna manusia sebagai makhluk sosial. masyarakat dan pada Tuhan-nya. Jenis-jenis tatanan hidup berelompok. 4. bagaimana sosial. Perubahan stratifikasi sosial. Perkembangan sosial. dan makhluk ciptaan Tuhan. status.

Kesenjangan ekonomi f. Identifikasi keberadaan Membuat pola. agama masyarakat . individu dan masyarakat dalam realitas sosial. Adat dan kesopanan e. Manusia beradab dalam keragaman. Integrasi dan disintegrasi. Kesenjangan sosial. Makna keragaman dan Membuat klasifikasi unsur konsep manusia. f. . 4. Pengaruh keragaman terhadap kehidupan beragama bermasyarakat. Diskriminasi. Peka dan mampu menyikapi 1. Persaingan. ras. b. Unsur-unsur keragaman sebagai landasan 2. d. 5. Ideologi dan politik d. Suku bangsa dan ras alamiah. diantara demokrasi dan hak asasi. 3. Bhineka Tunggal Ika sebagai salah satu upaya mengatasi keragaman sosio kultur di Indonesia. dinamikanya kesederajatan masyarakat. b. e. Kesederajatan versus diskriminasi. tekanan/ intimidasi dan ketiakberdayaan sebagai faktor terjadinya diskriminasi sosial. 5. bernegara dan kehidupan global. dan keyakinan c. Diskriminasi sebagai realitas yang problematik. Memanfaatkan 1. dan budaya yang ada di 2. Identifikasi Problematika sekitarnya sebagai suatu dalam masyarakat sikap adil dalam masyarakat yang beragam dinamika kehidupan Indonesia meliputi : bermasyarakat masyarakat yang bersifat a. Agama. keragamaan dan kesederajatan pola dinamika dengan arif keanekaragaman kesederajatan dalam keragaman dan contoh keragaman dan serta pengaruhnya dalam keragaman suku bangsa. c. Problematika diskriminasi dalam masyarakat yang beragam : a.

6. Nilai obyektif dan nilai subyektif bangsa. Problematika keragaman kultur dalam perkembangan peradaban dan hidup beradab. c. moral. a. Keragaman budaya dan peradaban. hukum dalam hidup dan keluarga penggunaan moral serta budaya dan kebudayaan. Hidup berbudaya dan beradab . Sikap manusia beradab dalam keragaman d. Menggunakan moral. norma. Dialektika hukum dan moral dalam masyarakat dan negara. norma dan hukum dalam masyarakat dan negara. b. Nilai-nilai luhur budaya bangsa d. Proses terbentuknya nilai. e. identifikasi bagimana diri telah moralitas dan bermasyarakat sebagai contoh hukum yang berlaku dalam a. Faktor penyebab munculnya keragaman peradaban. . etika. c. b. etika. f. Moralitas dan norma masyarakat dan negara. a. Kebudayaan dan peradaban sebagai nilai masyarakat. norma dan Menetapkan diri Suka dan peka terhadap 1. hukum. hukum di anggota masyarakat. Nilai sebagai sumber menggunakan moral dan hukum sebagai 2. penggunaan kehidupan sebagai pribadi. Nilai moral sebagai sumber Membuat laporan hasil konsep manusia. Pengertian nilai. 2. budaya hukum dalam keluarga dan landasan sikap moral dan anggota keluarga dan b. Nilai sebagai hasil kebudayaan dan penilaian. Memanfaatkan 1. rujukan nilai budaya masyarakat c. e. moral. Pengaruh keragaman dan globalisasi terhadap pengembangan kepribadian masyarakat. Nilai moral sebagai masyarakat terpuji.

kemudahan hidup berbudaya. baik IPTEK bagi manusia. 7. invention. Perkembangan IPTEK dalam pembangunan dan lingkunan yang meliputi bagaimana pengembangan IPTEK dan pertimbangan IPTEK dalam pembangunan Indonesia sehingga menumbuhkan kreativitas. ketertiban. Manusia dalam IPTEK dan Membuat laporan analisis hasil konsep manusia. d. Memanfaatkan 1. bagaimana peran dan pengaruh IPTEK dalam bidang pertahanan. Tuntutan dan sanksi moral. Analisis pengembangan IPTEK. pembangunan lingkungan. heteronomy. sehingga dibahas pula dampak IPTEK terhadap kebudayaan. disini identifikasi penerapan IPTEK sains. dan obyek PTEK. hedonisme. peningkatan kesejahteraan manusia serta bagaimana perkembangan IPTEK . sebab dan yang dilandasi nilai-nilai etis manusia sebagai subyek sesuai nilai etis dan religius landasan sikap akibat dan religius. norma. Identifikasi IPTEK sarana Membuat Suka perannya dalam 1. 2. etika. dan 2. Identifikasi kegunaan IPTEK bagi gambaran bagi diri dan masyarakatnya dijelaskan bagaimana yang menyimpang dan yang tehnologi sebagai manusia. Perwujudan nilai. discovery dan rekayasa. dan kesejahteraan masyarakat sebagai wujud masyarakat bermoral dan menaati hukum. Keadilan. hukum dalam masyarakat dan negara. e. f. hegemoni. moral dalam masyarakat dan negara. dilingkungannya ilmuwan yg penyimpangan bagaimana pengaruh beretika IPTEK perkembangan IPTEK terhadap pola-pola kemasyarakatan seperti alienasi.

lingkungan sosial moral etika dan religi sebagai landasan perilaku bagaimana pengaruh budaya. Pengaruh timbal balik pada masyarakat masyarakat serta bagaimana antara kondisi lingkungan bila manusia alam dan kondisi sosial mengembangkan lingkungan budaya. perhitungan dan pertambahan penduduk. 2. 8. perkembangan IPTEK dan eksploitasi terhadap negara-negara berkembang. 7. fertilitas. Analisis dampak lingkungan dan analisis resiko lingkungan. 5. Menggunakan lingkungan untuk Membuat Memahami dan peka 1. Mortalitas. Pengertian demografi dan moral etika dan religi. problematikanya dalam meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. tanpa dilandasi nilai-nilai 4. gambaran perannya dalam obyek dan subyek identifikasi thd lingkungannya manusia dan sebab akibat pengembangan dan lingkungan. Memanfaatkan 1. Pertambahan dan pertumbuhan penduduk Indoensia. Penyalahgunaan IPTEK yang meliputi sains peradaban. dan ekspansi kolonial. Manusia. Hakikat manusia sebagai Membuat analisis hasil wawasan kesejahteraan hidup manusia. dalam era globalisasi. kejanggalan optimisme teknologi dan pengembangan IPTEK tanpa muatan nilai etis dan religius. . yang menyimpang dari nilai lingkungan penyimpangan pemeliharaan lingkungan. 3. sikap pengabdian manusia lingkungan bagi diri dan 3. 6.