PRE PLANING

PENYULUHAN TENTANG KELUARGA
DENGAN PENYAKIT VERTIGO

\

DISUSUN OLEH:
Enggy Inglian Dani, S.Kep
16091011

PROFESI KEPERAWATAN KOMUNITAS, KELUARGA DAN CMHN
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
STIKES HANG TUAH PEKANBARU
2017

(Iskandar Junaidi. mual. Artinya. pemeriksaan fisik dan penunjang dapat dilakukan untuk menentukan diagnosis dari kondisi ini.4 % pada populasi orangtua. Selain anamnesis. Vertigo didefinisikan sebagai ilusi gerakan. Otak sendiri sebenarnya tidak peka terhadap nyeri. dan makanan/minuman tertentu. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa vertigo adalah sensasi dimana seseorang merasa dirinya atau lingkungan berputar yang dapat disebabkan oleh gangguan pada otak atau pada telinga bagian dalam. fonofobia. tetapi dari studi yang lebih baru pada populasi anak sekolah di Skotlandia dilaporkan sekitar 15 % anak paling tidak pernah merasakan sekali serangan pusing dalam periode satu tahun. angka kejadian vertigo pada anak-anak tidak diketahui. Vertigo terjadi pada sekitar 32 % kasus. 2013). lingkungan sekitar kita rasakan berputar. Jakarta. vertigo disebabkan oleh adanya abnormalitas organ-organ vestibuler. Vertigo merupakan subtipe dari dizziness yang secara definitif merupakan ilusi gerakan. (Medical Department. hari ini terjadi. Secara etiologi. pada umumnya vertigo tidak disebabkan oleh kerusakan yang terjadi di dalam otak. dan fotofobia) . dan sampai dengan 56. dan yang paling sering adalah perasaan atau sensasi tubuh yang berputar terhadap lingkungan atau sebaliknya. Vertigo merupakan salah satu gangguan yang paling sering dialami dan menyusahkan sebagian besar manusia. Indonesia). vertigo bisa bersifat fungsional dan tidak ada hubungannya dengan perubahan-perubahan organ di dalam otak. ada juga vertigo yang kambuh lagi setelah beberapa bulan atau beberapa tahun. lingkungan sekitar kita rasakan berputar. yang paling sering adalah perasaan atau sensasi tubuh yang berputar terhadap lingkungan atau sebaliknya. Namun. Selain itu. Sementara itu. Sebagian besar (hampir 50%) diketahui sebagai “ paroxysmal vertigo” yang disertai dengan gejala. PRE PLANNING PENYULUHAN TENTANG KELUARGA DENGAN PENYAKIT VERTIGO A. dan igo yang berarti kondisi. Namun. Umumnya keluhan vertigo menyerang sebentar saja . Vertigo juga dirasakan sebagai suatu perpindahan linear ataupun miring. suatu ketegangan atau tekanan pada selaput otak atau pembuluh darah besar di dalam kepala dapat menimbulkan rasa sakit yang hebat pada kepala. Pada umumnya vertigo yang terjadi disebabkan oleh stress. mata lelah. Latar Belakang Vertigo berasal dari istilah latin. besok hilang. PT Kalbe Farma Tbk.gejala migrain (pucat. tetapi gejala seperti ini relatif jarang dirasakan. yaitu vertere yang berarti berputar.

2010) di poliklinik saraf Rumah Sakit Siti Khodijah Surabaya sepanjang menempati posisi keempat setelah nyeri. oleh karena itu mahasiswa akan melkukan TUK 4 yaitu modifikasi lingkungan. S mempunyai riwayat penyakit vertigo.6%). Menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa 1/3 orang mengeluhkan pusing mengalami vertigo. Angka kejadia vertigo sendiri tidak banyak hanya 4. bulan Oktober 22 orang. namun seseorang dengan vertigo dapat berbahaya karena berisiko jatuh saat beraktivitas akibat gangguan keseimbangan hingga kehilangan kesadaran/pingsan. bulan September 18 orang. pada tahun 2010. Pada umumnya vertigo ditemukan sebesar 4-7 persen dari keseluruhan populasi dan hanya 15 persen yang diperiksakan ke dokter. Jumlah pasien vertigo tahun 2010.9% (vertigo terkait migrain sebanyak 0. Menurut data di Amerika keluhan pusing merupakan alasan 5.89% dan benign paroxysmal positional vertigo (BPPV) sebanyak 1. nyeri kepala. B. Pada pertemuan minggu ke I mahasiswa sudah melakukan pengkajian kepada keluarga dan pada pertemuan minggu ke II mahasiswa sudah melakukan implementasi keperawatan TUK I samapai TUK 3 untuk diagnose kurang pengetahuan pada Ny. 50% dari usia 40- 50 tahun dan juga merupakan keluhan nomor tiga paling sering dikemukakan oleh penderita yang datang ke praktek umum. 2008). Keluarga mampu memodifikasi lingkungan yang sehat .6 juta orang berkunjung ke klinik. Tujuan 1. D dalam merawat anggota keluarga dengan penyakit vertigo. dan stroke. dan menempati posisi ketiga di bangsal rawat inap. D berhubungan dengan ketidakmapuan keluarga Tn. S keluarga Tn. Walaupun vertigo bukan merupakan salah satu penyakit yang banyak dikenal orang dan dengan angka kejadian yang tinggi. Berdasarkan hasil pengkajian yang didapatkan pada keluarga binaan diketahui bahwan Ny. Vertigo merupakan salah satu gejala sakit kepala yang sering disertai pusing yang berputar.( Fajar Tulus Widiantoro. Tujuan Umum Setelah mengikuti kegiatan ± 50 menit diharapkan keluarga mampu mengatasi masalah kesehatan dengan penyakit vertigo Tujuan Khusus a. Pada tahun 2009 di Indonesia angka kejadian vertigo sangat tinggi sekitar 50% dari orang tua yang berumur 75 tahun ( Miralza Diza. bulan November 16 orang dan Desember 20 orang. Keluarga mampu menyebutkan cara menciptakan lingkungan yang sehat b.

Menjawab .Mendengarkan tekanan darah .Menjawab salam .Memperkenalkan diri dan dosen .Menjawab .Memvalidasi perasaan keluarga . D dan Ny.Mengucapkan salam .C.Mengingatkan kontrak waktu .Mendengarkan dan pembimbing memperkenalkan diri . demonstrasi 3. Topik : memodifikasi lingkungan keluarga dengan penyakit vertigo 2. Metode : Ceramah. Kegiatan No Waktu Kegiatan Penyuluhan Kegiatan Peserta 1.Menjelaskan tujuan .Menjelaskan cara menciptakan . Tempat : Tn. 10 menit Pembukaan : . Rencana Kegiatan 1. Setting Tempat 2 3 4 1 Keterangan : 1 : Mahasiswa 2 : Anggota Keluarga 3 : Anggota Keluarga 4 : Dokumentasi 7. nursing kit 4.Memperhatikan 2. media dan alat` : poster.Mengevaluasi pertemuan sebelumnya .Mendengarkan lingkungan yang sehat .Mendengarkan .Melakukan pemeriksaan . 30 menit Pelaksanaan : .s 6. Waktu dan tempat : Tanggal 5 juni 2017 Jam : 13:00 WIB 5.

Mahasiswa menghadiri kegiatan b. . Ringkasan Materi MODIFIKASI LINGKUNGAN 1. Tempat. Evaluasi Struktur a. Evaluasi Hasil a.Menyimpulkan kegiatan .Menjawab salam . Kriteria Hasil 1. Keluarga berperan aktif dalam mengikuti kegiatan 3.Mendengarkan positif 3. 10 menit Penutup : . Keluarga mampu menyebutkan fasilitas pelayanan kesehatan yang bisa dimanfaatkan b.Memberi kesempatan keluarga . Keluarga mampu memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada dengan membawa anggota keluarga yang sakit untuk berobat dan menggunakan asuransi kesehatan yang dimiliki keluarga E. Keluarga hadir dan mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir kegiatan c.Memberikan reinforcement .Mendemonstrasikan . media dan alat kegiatan tersedia sesuai rencana 2.Bertanya untuk bertanya .Menjawab pertemuan selanjutnya .Mengucapkan salam D. Evaluasi Proses a.Mendengarkan .Mengingatkan kontrak untuk . Definisi Modifikasilingkungan . Mahasiswa dan keluarga berperan dan bekerja sesuai dengan rencana b.Melakukan modifikasi lingkungan yang sehat .

2. latihan ini tidak memerlukan waktu lama dalam pelaksanaannya. Latihan ini mudah diajarkan pada pasien VPPJ dan mudah pula dilakukan di rumah. Modifikasi lingkungan merupakan salah satu cara untuk mengurangi jatuh (Dewi.3 Perasat Epley merupakan terapi yang banyak dipakai di berbagai negara. Tujuan memodifikasi lingkungan Modifikasi lingkungan bertujuan untuk meningkatkan mobilitas dan keamanan lansia dengan fungsi kognitif yang utuh mampu melakukan modifikasi lingkungan secara mandiri (Dewi. Selain itu. Modifikasi seperti ini dikenal dengan istilah terapi reposisi kanalit/canalith repositioning treatment (CRT). latihan Brandt Daroff ini telah sering diajarkan pada pasien VPPJ. Selain itu. Perasat Epley telah mengalami modifikasi berupa tidak digunakannya vibrator. 3. Terapi untuk VPPJ pada kanalis semisirkularis posterior dan anterior adalah perasat prosedur reposisi kanalit/canalith repositioning procedure (CRP) menurut Epley dan perasat liberatory menurut Semont. 2014). Di Departemen THT FKUI-RSCM. Latihan Brandt Daroff merupakan latihan fisik yang bertujuan untuk melakukan habituasi terhadap sistem vestibuler sentral. DAFTAR PUSTAKA . termasuk di Departemen THT FKUI-RSCM Jakarta. Cara modifikasi lingkungan Sebagian besar vertigo yang dijumpai oleh ahli THT merupakan penyakit yang dikenal dengan nama vertigo posisi paroksismal jinak (VPPJ). 2014). sebagian ahli berpendapat bahwa gerakan pada latihan Brandt Daroff dapat melepaskan otokonia dari kupula berdasarkan teori cupulolithiasis.

Illinois: ICS Medical Corporation. Vertigo Tujuh Keliling.[cited 2006 June 16]. Diagnosis dan Terapi. c2005 . 21:230-3 Lumban Tobing.andbalance. In: Herdman SL. 8-17 Hain TC. S.Herdman SL. R. Benign paroxysmal positional vertigo. Tusa RJ. Malang : Perdoss Dewi. 1998.Benign paroxysmal positional vertigo and canalith repositioning: clinical correlations.com/disorders/VPPJ/VPPJ. Yogyakarta: Depublish . p. Physical therapy for benign paroxysmal positional vertigo. 1999.M. Colvin GB “Kip”. Diagnosis and treatment of benign paroxysmal positional vertigo. Buku ajar Keperawatan Gerontik. (2014).106:484-5.dizziness. Am J Otol 2000. 2003. Vertigo Patofisiologi. Arch Otolaryngol 1980. Jakarta : FK UI Perhimpunan Dokter Spesialis Syaraf Indonesia. Tusa RJ.h tml. Dornhoffer JL. Posterior and anterior canal VPPJ. Available from: http://www. Brandt T. S. Daroff RB. eds.