Keluarga Anda

Bisa Bahagia

Keluarga Anda Bisa Bahagia
Di zaman yang semakin bobrok ini, banyak masalah mengadang kehidupan perkawinan
dan keluarga. Apakah Anda sekeluarga bisa bahagia? Ini tidak mudah, tapi ada bantuan.
Meskipun tidak memuat petunjuk lengkap tentang perkawinan, bacaan ini menyoroti
prinsip-prinsip Alkitab yang andal dan berisi saran untuk diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari. Jika diikuti dengan baik, keluarga Anda bisa bahagia.

˛ DAFTAR ISI

BAGIAN HALAMAN

1 Mintalah Petunjuk Allah Agar Bahagia 3

2 Setialah kepada Satu Sama Lain 6

3 Cara Menyelesaikan Masalah 9

4 Cara Mengelola Keuangan 12

5 Menjaga Hubungan Damai
dengan Mertua 15

6 Kehadiran Bayi Membawa Perubahan 18

7 Cara Mendidik Anak 22

8 Jika Musibah Menimpa Keluarga 26

9 Beribadatlah kepada Yehuwa
Bersama Keluarga 29

5 2014
WATCH TOWER BIBLE AND TRACT SOCIETY OF PENNSYLVANIA
Penerbit
WATCHTOWER BIBLE AND TRACT SOCIETY OF NEW YORK, INC.
Brooklyn, New York, U.S.A.
Cetakan Januari 2014
Publikasi ini tidak diperjualbelikan, dan disediakan sebagai bagian dari
pekerjaan pendidikan Alkitab sedunia yang ditunjang oleh sumbangan
sukarela. Kecuali disebutkan sumbernya, semua kutipan ayat diambil dari
Kitab Suci Terjemahan Dunia Baru.
Your Family Can Be Happy
Indonesian (hf-IN)
Made in Japan
Dibuat di Jepang

B A G I A N
Mintalah
Petunjuk Allah

1
Agar Bahagia
”Dia yang menciptakan mereka
sejak semula menjadikan mereka
laki-laki dan perempuan.”
—Matius 19:4

Allah Yehuwa1 adalah penyelenggara pernikahan yang pertama. Dalam Alkitab disebutkan
bahwa Ia menciptakan wanita yang pertama dan ”membawanya kepada manusia itu”. Adam
sangat bahagia dan mengatakan, ”Inilah akhirnya tulang dari tulangku dan daging dari daging-
ku.” (Kejadian 2:22, 23) Sekarang pun, Yehuwa ingin agar orang yang menikah berbahagia.

Ketika Anda menikah, Anda mungkin membayangkan bahwa semuanya akan sempurna.
Tapi kenyataannya, suami istri yang sangat mencintai satu sama lain pun akan menghadapi
masalah. (1 Korintus 7:28) Dalam bacaan ini, Anda akan menemukan prinsip-prinsip Alkitab
yang bisa membuat perkawinan dan keluarga Anda bahagia, jika Anda menerapkannya.
—Mazmur 19:8-11.
1 Yehuwa adalah nama Allah yang disebutkan dalam Alkitab.

—Efesus YANG BISA ANDA LAKUKAN: 5:23. (Filipi 2:3. Yehuwa ingin agar Anda meng.—Efesus 5:25-29. sama lain. Jadi. Kolose 4:6. Efesus 5:33) Dukung- lah keputusannya dan bekerjasamalah dengan sepenuh hati. 1 TERIMALAH PERANAN YANG YEHUWA BERIKAN APA KATA ALKITAB: Suami adalah kepala keluarga. pilihlah nyampaikannya kata-kata Anda dengan hati-hati. Berdoalah meminta bantuan su- padanya karena dia adalah orang yang paling berharga paya Anda bisa tenang dan ber- bagi Anda. 4) Bertimbangrasalah ke. dan berupayalah dengan sung- kukannya dengan terhormat dan menyayanginya. 23. Bertanyalah kepada teman hi- Jika Anda seorang suami.—Galatia 5:22. (Kejadian guh-sungguh untuk berubah. (1 Petrus 3:7) Ia menetapkan istri bih baik. dan Ia ingin agar Anda memperla. 2:18) Anda harus sangat mengasihi dia sehingga Anda rela Bersabarlah. (Amsal 12:18) Roh Yehuwa akan membantu Anda untuk berbicara dengan sopan dan penuh kasih sayang. (Kolose 3:18) Jika Anda melakukan ini. ranya membahagiakan satu Jika Anda seorang istri. tetapi lidah akan Anda katakan dan cara me- orang-orang berhikmat adalah penyembuhan”. Yehuwa ingin agar Anda berlaku dup Anda bagaimana Anda bisa menjadi suami atau istri yang le- lembut terhadap istri Anda. 2 PERHATIKAN PERASAAN TEMAN HIDUP ANDA APA KATA ALKITAB: Anda perlu memperhatikan kepenting. teman hidup (2 Timotius 2:24) ”Ada orang yang berbicara tanpa dipikir Pikirkan dulu baik-baik apa yang bagaikan dengan tikaman-tikaman pedang. Anda akan benar-be- nar cantik di mata suami dan Yehuwa. YANG BISA ANDA LAKUKAN: an teman hidup Anda. hormati suami Anda dan membantunya menjalankan peran- annya sebagai suami. 4 . Butuh waktu bagi mendahulukan kepentingannya di atas kepentingan Anda kalian berdua untuk belajar ca- sendiri. Ingatlah selalu bahwa Yehuwa meminta supaya pikiran terbuka sebelum memba- has masalah yang serius dengan hamba-hamba-Nya berlaku ”lembut terhadap semua orang”. (1 Korintus 11:3. Dengarkan baik-baik sebagai pelengkap Anda.—1 Petrus 3:1-6.

menyayangi dan menghor- —Galatia 6:9. nunjukkan bahwa saya nya waktu. Janganlah mengharapkan kesempurnaan dari diri sendiri Bisakah teman hidup saya ataupun dari teman hidup Anda. 33. Sebelum membuat komitmen ting saat membuat keputusan. (2 Timotius 3:16) Yehuwa akan memberkati kukan hari ini untuk me- upaya kalian untuk mengikuti nasihat-Nya. (Mazmur 103:14. kalian perlu belajar untuk perasaan kalian menjadi sepikiran dan seperasaan. Seiring berlalu. . Anda dan teman hi. Yakinlah bahwa prinsip-prinsip Alkitab pasti jitu. Selain saling bertukar cerita kalian tetap dua pribadi yang berbeda dan mungkin punya atau pendapat. mati teman hidup saya? 5 . ikatan perkawinan kalian akan semakin kuat. dan Apa yang telah saya la- bersabarlah. Jadi. diskusikan dulu dengan teman hidup nasihat.—Amsal 8:32.’ (Amsal 20:18) Jadi- kan prinsip Alkitab sebagai pembimbing sewaktu mengambil keputusan penting bersama-sama. 3 BERPIKIRLAH SEBAGAI SATU TIM APA KATA ALKITAB: Ketika menikah. ’Dengan apa pun. Alkitab mengatakan. Yakobus merasakan bahwa saya lebih mengutamakan dia 3:2) Berfokuslah pada hal-hal baik dalam diri teman hidup daripada saya sendiri? Anda. (Filipi 2:2) Hal ini pen. . (Matius 19:5) Tapi. ungkapkan juga pendapat yang berbeda. YANG BISA ANDA LAKUKAN: dup Anda telah menjadi ”satu daging”. rencana-rencana akan berhasil. BERSIKAPLAH MASUK AKAL DAN OPTIMIS RENUNGKANLAH .

kalian mustahil saling percaya. . tidak boleh diceraikan manusia.2 B A G I A N Setialah kepada Satu Sama Lain ”Apa yang telah dipersatukan Allah. ada banyak pengaruh buruk yang membuat suami istri semakin sulit untuk saling setia.” —Markus 10:9. (Mazmur 18:25) Ini sangat penting dalam perkawinan karena tanpa kesetiaan. Terjemahan Baru Yehuwa ingin agar kita loyal. Maka. untuk melindungi perkawinan. Dan. rasa percaya penting agar cinta kalian semakin mendalam. Anda perlu bertekad untuk melakukan dua hal ini. atau setia. Dewasa ini.

Maka. ”saya” bah 9:9) Ia menyatakan dengan jelas bahwa Anda tidak boleh sekalipun mengabaikan teman hidup Anda. (1 Korintus 10:24) Buatlah teman hidup Anda me- rasa dibutuhkan dan dihargai. 7 . 1 UTAMAKAN KEHIDUPAN PERKAWINAN ANDA APA KATA ALKITAB: ’Pastikanlah perkara-perkara yang le. yang mengalihkan perhatian Yehuwa ingin agar Anda memperhatikan teman hidup Berpikirlah dari sisi ”kita”. (Pengkhot. ini patut kan waktu berduaan tanpa ada diutamakan. bukan Anda dan ’menikmati kehidupan’ bersama-sama.’ (Filipi 1:10) Perkawinan Anda adalah salah satu Pastikan kalian sering meluang- hal yang terpenting dalam kehidupan Anda. YANG BISA ANDA LAKUKAN: bih penting. tapi kalian ber- dua perlu selalu berupaya mencari cara untuk saling memba- hagiakan.

. teruslah berjuang saya? untuk melawannya. 2 JAGALAH HATI ANDA APA KATA ALKITAB: ”Setiap orang yang terus memandang YANG BISA ANDA LAKUKAN: seorang wanita sehingga mempunyai nafsu terhadap dia su.” (Matius 5:28) orang lain kalau Anda benar-be- Jika seseorang terus memikirkan hal-hal yang amoral. Yeremia 17:9) Untuk itu. nar setia kepada teman hidup pat dianggap tidak setia kepada teman hidupnya. saya? 8 . Jangan kecil hati. (Ayub 31:1) Bertekadlah untuk tidak sekali-kali menonton porno- grafi. . dia da. dan kenalilah kelemahan Anda. (Amsal 24:16) Yehuwa Apakah teman hidup akan memberkati upaya Anda untuk tetap setia kepada te- saya adalah sahabat man hidup Anda. (Matius 5:29. JALANKAN PERANAN ANDA RENUNGKANLAH . Bagaimana saya bisa (Mazmur 15:2) Jangan malu untuk meminta bantuan. Anda Yehuwa mengatakan bahwa Anda perlu ’menjaga hati’ Pikirkan perasaan teman hidup Anda. Dan. Tunjukkan dengan jelas kepada dah berbuat zina dengan dia dalam hatinya. (Amsal meluangkan lebih banyak waktu untuk teman hidup 1:5) Jika pikiran yang amoral mulai muncul. yang membuat perjanjian dengan matanya un- tuk tidak pernah melihat wanita lain dengan nafsu. Jujurlah kepada diri sendiri. jangan menjalin hubungan romantis dalam bentuk apa pun dengan siapa pun yang bukan teman hidup Anda. dan segera akhiri hubung- Anda. Anda harus men- an apa pun yang bisa mengusik jaga mata Anda. 30) Ikutilah teladan Ayub da. perasaannya lam Alkitab. (Amsal 4:23.

dan cara kalian dibesarkan berbeda. berbagai masalah akan muncul. perasaan.”—1 Petrus 4:8 3 Sewaktu kalian mulai hidup bersama sebagai suami istri. 24) Anda akan merasakan bahwa cara terbaik untuk menyelesaikan masalah adalah dengan menerapkan prinsip-prinsip Alkitab. (Matius 5:23. Cara Menyelesaikan Masalah B A G I A N ”Kasihilah satu sama lain dengan sungguh-sungguh. Masalah juga bisa muncul dari pihak luar dan karena hal-hal yang tak terduga. Ini terjadi karena cara berpikir. karena kasih menutup banyak sekali dosa. . Kita mungkin tergoda untuk lari dari kenyataan. tapi Alkitab menasihati kita untuk meng- hadapi masalah kita.

7) Anda harus meluangkan waktu untuk Pilihlah waktu yang tepat untuk membahas masalahnya. .—Efesus 4:26. Ungkapkan perasaan dan pendapat membicarakan masalahnya Anda tentang masalah itu dengan jujur. tetaplah bersikap menye- nangkan dengan terus menyayangi dan menghormati teman hidup Anda. Sekalipun Anda tidak sepakat. ngarkan. lawanlah keinginan un- tuk menyela. Akan ada gilirannya saan negatif muncul. 10 . Anda yang berbicara Jawaban yang tenang dapat mencegah pembicaraan yang sebenarnya sepele menjadi pertengkaran. 26:20. dan jangan mogok bicara. Jika giliran Anda yang mende- benaran’ kepada teman hidup Anda. Selalu ’katakan ke. . (Efesus 4:25) Jika pera. waktu untuk berbicara.—Amsal 15:4.” YANG BISA ANDA LAKUKAN: (Pengkhotbah 3:1. (Kolose 4:6) Selesaikan masalahnya sesegera mungkin. 1 BICARAKAN MASALAHNYA APA KATA ALKITAB: ”Ada . tolaklah dorongan untuk bertengkar.

Anda tidak akan ”cepat ter- singgung”. (Am- rakan dengan teman hidup sal 24:3) Lihatlah ke depan. Dalam hal memperlihatkan hor.—Pengkhotbah 4:9. Yakobus 1:19) Jangan hanya ber. Perhatikan bahasa rendah hati”. tetapi sekadar kata-kata di bibir mendatangkan Putuskan apa saja yang akan kali- kekurangan.—Pengkhotbah 7:9. hentikan apa yang dup Anda sedang Anda kerjakan dan berikan perhatian penuh kepada teman hidup Anda. Jika mungkin. . an masing-masing lakukan untuk nya tidaklah cukup. dan Cobalah pahami maksud di balik kata-katanya. Jika Anda memandang teman hidup Anda sebagai re- kan satu tim dan bukan lawan. (Amsal 17:9) Kalau kalian saling Apa yang bisa saya laku- bekerja sama dan menerapkan prinsip-prinsip Alkitab. Cobalah pahami sudut pan. rasaan teman hidup saya tentang masalah itu? . . menyelesaikan masalahnya lian berdua putuskan. perkawinan kalian tidak akan melemah Masalah paling penting apa yang ingin saya bica- dan menyedihkan. Dengan bekerja sama. tapi ini tidak akan sia-sia. dan jangan mengungkit-ungkit saya? masalah yang sudah berlalu. sekalipun apa yang Anda mendengarkan sangat penting. mintalah untuk membicarakannya nanti. periksalah apa yang sudah kalian capai upaya. hendaklah saling mendahului. dengar tidak Anda sukai dang teman hidup Anda dengan ”sikap seperasaan . (1 Petrus 3:8. Ini pasti butuh banyak kerja keras dan Secara berkala. Kalian perlu melaksanakan apa yang ka. ATASI MASALAH BERSAMA-SAMA RENUNGKANLAH . YANG BISA ANDA LAKUKAN: orang terhadap yang lain. Terus dengarkan dengan pikiran mat. (Amsal 10:4) Jika kalian be- kerja sama sebagai satu tim. kalian kan untuk memahami pe- pasti akan berhasil dalam menangani masalah apa pun. hasil kerja keras kalian akan le- bih baik. tubuh dan nada bicara teman hi- pura-pura mendengarkan. Atau. 3 LAKSANAKAN KEPUTUSANNYA APA KATA ALKITAB: ”Dengan segala macam jerih lelah ada YANG BISA ANDA LAKUKAN: keuntungan. tapi pasti semakin kuat dan bahagia. . .” (Amsal 14:23) Sekadar menyetujui jalan keluar.” (Roma 12:10) Cara Anda terbuka. 2 DENGARKAN DAN COBALAH MENGERTI APA KATA ALKITAB: ”Milikilah kasih sayang yang lembut se.

”uang adalah untuk perlindungan”. Cara 4 Mengelola B A G I A N Keuangan ’Dengan nasihat. rencana-rencana akan berhasil. tapi jangan sampai uang menimbulkan masalah dalam perkawinan kalian.’—Amsal 20:18 Kita semua butuh uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga kita. . (Amsal 30:8) Bagaima- napun. (Pengkhotbah 7:12) Suami istri mungkin sulit membicarakan keuangan. (Efesus 4:32) Kalian harus saling percaya dan bekerja sama sewaktu menentukan cara menggunakan uang.

(Amsal 31:16) Jangan membeli sesuatu buatlah anggaran yang terpe- rinci untuk mengurangi penge- hanya karena kalian punya dananya. 22:7. kalian bisa menghindari utang. Jika di akhir bulan masih ada hitung biayanya. Berupayalah untuk luaran. Contohnya. (Amos 3:3) Putuskan dengan uang itu apa saja yang perlu dibeli dan berapa banyak yang kalian Jika sebaliknya yang terjadi. atau makan di luar Pendapatan Pengeluaran 13 . 1 ANGGARKAN DENGAN BAIK APA KATA ALKITAB: ”Siapa di antara kamu yang mau YANG BISA ANDA LAKUKAN: membangun sebuah menara tidak duduk dahulu dan meng. putuskan bersama menyelesaikannya?” (Lukas 14:28) Merencanakan cara kalian apa yang akan kalian lakukan akan menggunakan uang itu penting. Jangan berbelanja melebihi uang yang masak sendiri daripada membeli kalian miliki.—Amsal 21:5. untuk melihat apakah biayanya cukup untuk sisa uang. mampu belanjakan.

berpuaslah pada apa yang kalian miliki. keluarga Anda akan bahagia dan diperke- nan Yehuwa. Jadi. (Lukas 12:15) Perkawinan ka. melainkan milik keluarga. CARA ANDA MEMANDANG UANG RENUNGKANLAH . jangan tunggu sampai masa- buat keputusan penting yang berkaitan dengan keuangan. Apa yang bisa kami laku- kawinan kalian atau menyebabkan rasa khawatir yang tidak kan sebagai satu keluar- perlu. Segera bicarakan keuangan kali- an. Jika ka- lian melakukan ini. (2 Korintus 8:21) Beri tahu te. Alkitab mengingatkan agar waspa- da terhadap segala ketamakan. ngan terus terang? dan jangan abaikan hubungan kalian dengan Allah. (Matius 6:25-34) Kalian tidak butuh banyak uang un. Meski uang itu penting. .—Ibrani 13:5. lanjakan tanpa perlu dibicarakan ngeluaran Anda.—1 Timotius 5:8. tidak hanya di hadapan Yehuwa. 14 . ga untuk menghindari utang? tuk bisa menikmati hidup. kalian masing-masing boleh be- man hidup Anda dengan jujur berapa penghasilan dan pe. 2 BERTERUS TERANG DAN BERSIKAPLAH MASUK AKAL APA KATA ALKITAB: Sangatlah penting untuk ’memenuhi YANG BISA ANDA LAKUKAN: kebutuhan dengan jujur. . Ingatlah bahwa penghasilan Anda bukanlah mi- lik Anda sendiri. lah muncul (Amsal 13:10) Hal ini akan menjaga perdamaian dalam perka- winan kalian. Kapan terakhir kalinya lian jauh lebih berharga daripada apa pun yang dapat dibeli saya dan teman hidup membahas keuangan de- dengan uang. jangan sampai ini mengganggu per. lebih dulu Selalu bicarakan dengan teman hidup sewaktu akan mem. Sepakati seberapa banyak yang tapi juga di hadapan manusia’.

. dan kepanjangsabaran.”—Kolose 3:12 Dengan menikah. tapi sekarang teman hidup menjadi orang terpenting dalam hidup kalian. prinsip Alkitab bisa membantu kalian menjaga hubungan damai dengan mereka. kelemahlembutan. Kalian pasti akan selalu me- nyayangi dan menghormati orang tua kalian. Tapi. B A G I A N 5 Menjaga Hubungan Damai dengan Mertua ”Kenakanlah . selagi kalian berupaya keras membangun rumah tangga yang baru. termasuk ipar dan kerabat lainnya. kalian membentuk sebuah keluarga baru. kebaikan hati. kerendahan hati. Hal ini mungkin sulit diterima oleh orang tua kalian. . .

1 TETAP MILIKI PANDANGAN YANG BENAR TERHADAP MERTUA APA KATA ALKITAB: ”Hormatilah bapakmu dan ibumu. jadi jangan pernah merasa tersaingi pun yang saya lakukan” oleh hubungan antara teman hidup Anda dan orang tuanya. sudut pandang teman hidup Anda 16 . Teman hidup Anda seperti. ”Keluargamu selalu juga punya orang tua yang harus mendapat perhatiannya. Anda harus selalu meng. Jangan membuat pernyataan hormati dan menghargai orang tua Anda. meremehkan saya” atau ”Ibumu tidak pernah suka dengan apa ”Kasih tidak cemburu”. Galatia 5:26.” YANG BISA ANDA LAKUKAN: (Efesus 6:2) Tidak soal usia Anda. Cobalah pahami situasinya dari —1 Korintus 13:4.

Mereka bahkan mungkin mera- hidup.” (Kejadian 2:24) Keti. akan menangani masalah se- leh terlibat. Kalian bisa ber. . dan kesabaran akan membantu kalian un- tuk akrab dengan mertua dan terus ”saling bersabar dengan kasih”. perti ini terus terang tanpa bersikap kasar. Lalu. 17 . campur dalam kehidupan kalian. . Mereka ikut campur bukan dengan maksud buruk. Tapi. kalian sudah terlalu banyak ikut ka Anda menikah. sudah tenang mestinya. Mereka mungkin ingin hidup Anda ketika keadaannya ikut campur dalam rumah tangga kalian lebih dari yang se. kelembutan. mertua ingin ikut campur dalam kehidupan kami? Mereka benar-benar peduli terhadap kalian. bicarakanlah dengan teman gung jawab untuk mengurus Anda. namun tetap sa terabaikan. COBALAH MENGERTI RENUNGKANLAH .—Efesus 4:2. orang tua bisa jadi masih merasa bertang. Memahami sudut pandang dan perasaan orang tua kalian itu Mengapa wajar jika penting. 2 BERSIKAP TEGAS BILA PERLU APA KATA ALKITAB: ”Seorang pria akan meninggalkan YANG BISA ANDA LAKUKAN: bapaknya dan ibunya dan ia harus berpaut pada istrinya Jika Anda merasa orang tua dan mereka harus menjadi satu daging. Sepakatilah bagaimana kalian Kalianlah yang harus menentukan sejauh mana mereka bo. beri tahu mereka baik-baik. (Amsal 15:1) Kerendahan hati. kalian tetap bisa menghor. saya? mati orang tua tanpa mengorbankan perkawinan kalian. Orang tua kalian mungkin sulit menerima kenyataan bahwa kalian sudah Bagaimana saya bisa mengutamakan teman membentuk keluarga sendiri. dengan mengikuti prinsip-prinsip Alkitab menghormati orang tua dan berbicara dari hati ke hati.

Kehadiran Bayi 6 Membawa Perubahan B A G I A N ”Putra-putra adalah milik pusaka dari Yehuwa. Sebagai orang tua baru. Karena kurang tidur dan ada perubahan emosi. kalian bisa jadi tidak menduga bahwa sebagian besar waktu dan tenaga tersita untuk mengurus bayi.” —Mazmur 127:3 Kelahiran bayi bisa sangat membahagiakan sepasang suami istri sekaligus membuat mereka kewalahan. Bagaimana nasihat Alkitab bisa membantu kalian? . Kalian berdua harus membuat penyesuaian untuk mengurus bayi dan menjaga keutuhan perkawinan. hubungan kalian bisa menjadi tegang.

Kadang.—Amsal 14:29. tetaplah te- nang.” Juga. atau bahkan depresi. 1 MEMAHAMI SITUASINYA APA KATA ALKITAB: ”Kasih itu panjang sabar dan baik YANG BISA ANDA LAKUKAN: hati. (Amsal 16:32) Tunjukkan pengertian dan berikan dukungan yang dia perlukan. jangan mengkritiknya. tetaplah tinggal bersama mereka ia tidak melakukannya dengan sesuai dengan pengetahuan. wajarlah jika perha. Tapi. lelah. bahkan pada malam 4. . hari. Dia punya tanggung jawab baru dan mungkin menjadi stres. 5) Sewaktu baru menjadi seorang ibu. Ibu: Terimalah bantuan suami buatlah dia merasa dibutuhkan dan dilibatkan dalam meng. tuk mengurus bayi kalian. jangan lupa bahwa dia waktu untuk istri dan bayi Anda juga perlu mendapat perhatian. Tapi. suami Anda mung- agar Anda punya lebih banyak kin mulai merasa terabaikan. Batasi waktu yang Anda gunakan untuk kegiatan lain tian Anda terpusat pada bayi Anda. Dengan sabar dan pengasih. dengan sabar tunjukkan cara yang benar rah kepada bayi kalian. . Anda jika ia menawarkan diri un- urus bayi kalian. Jadi. dia bahkan mungkin kesal dengan Anda. tapi mengerti bahwa sebagian besar tenaga istri Anda kini tercu.” (1 Petrus 3:7) Anda perlu baik. karena ”ia yang lambat marah lebih baik daripada pria perkasa”.” (1 Korintus 13: urus bayi. Kalau ”Suami-suami . tidak terpancing menjadi marah. kasih ”tidak memperhatikan kepentingan diri Ayah: Bantulah istri Anda meng- sendiri. 19 .

28.” YANG BISA ANDA LAKUKAN: (Kejadian 2:24) Meski sekarang ada anggota baru dalam ke. Jangan lupa meluangkan waktu luarga. Penghargaan yang Anda tunjukkan bisa ’menyembuh- dan memberikan hadiah kecil kan’. ingatlah bahwa Anda dan teman hidup Anda tetap berduaan saja ”satu daging”. Lakukanlah hal-hal kecil yang Para istri. melainkan bagi orang lain. luangkan waktu untuk mengobrol. Upayakan agar hubungan kalian tetap kuat.” (1 Korintus 10:24) Selalu lakukan yang terbaik untuk teman hidup Anda. Janganlah egois dalam hubungan seksual kalian. 20 . ”Jangan saling menahan hak per- kawinan. Seba- gai pasangan suami istri. kecuali dengan persetujuan bersama. artinya memperkuat hubungan kalian di situasi baru ini. ”Biarlah masing-masing tidak mencari keuntungan bagi diri sendiri. 2 PERKUAT HUBUNGAN KALIAN APA KATA ALKITAB: ”Mereka harus menjadi satu daging. ungkapkan kepada istri bahwa Anda sangat mencintai dan menghargainya. (Amsal 12:18) Para suami.—Amsal 31:10. Pujilah dia atas kerja kerasnya mengurus keluarga. seperti mengirim kartu suami. Alkitab mengatakan. bersyukurlah atas dukungan dan bantuan membuat teman hidup merasa dicintai. Kesabaran dan pengertian akan memper- kuat hubungan kalian.” (1 Korintus 7:3-5) Jadi. saling memuji dan mendengarkan. bahaslah situasi ini dengan terus terang di an- tara kalian berdua. Perhatikan kebutuhan teman hidup Anda.

. yang telah saya lakukan untuk menunjukkan rasa lian bisa menjadi lebih pengasih. (Mazmur 78:3. ka. Jangan menganggapnya masih terlalu kecil untuk bisa mendengarkan Anda berbicara tentang Allah. Lambat laun.” (2 Timotius 3:15) Rencanakan bagaima. apa peranan sebagai orang tua. rasnya untuk keluarga? sakan betapa benarnya kata-kata di Mazmur 127:3. Ulangi kata-kata dan gagasan an belajar yang sangat hebat. Maka. Meski dia mungkin belum mengerti. bahkan sebelum dia lahir. KEHADIRAN BAYI BISA MEMBERIKAN PENGARUH BAIK RENUNGKANLAH . 4) Seraya bertambah besar. yang dapat membuatmu berhikmat Berdoalah meminta bimbingan untuk keselamatan. YANG BISA ANDA LAKUKAN: nal tulisan-tulisan kudus. ”Buah Selain bercerita tentang kandungan adalah upah. dia bisa mengenali suara kalian belajar sejak dini dan terpengaruh oleh perasaan kalian. dia akan merasakan kasih kalian kepada Yehuwa dan belajar me- ngasihi-Nya juga. Bacakanlah buku se- waktu dia masih bayi. Jika terima kasih kepada te- kalian bekerja sama dan saling mendukung. kapan terakhir kalinya saya berbicara de- ngan teman hidup tentang hubungan kami berdua? . 3 MENGAJAR BAYI ANDA APA KATA ALKITAB: ”Sejak masa bayi engkau telah menge. kalian akan lebih percaya diri dan menikmati Dalam seminggu ini. berceritalah tentang cipta- an Allah. Ajaklah dia berdoa bersama kepada Yehuwa. Dengan membesarkan anak. Keti. .” bayi kami. sabar. yang penting agar dia bisa mulai ka masih dalam kandungan. (Ulangan 11:19) Bah- kan saat kalian bermain bersama. dan baik hati. untuk mengajar bayi Anda na kalian akan mengajar bayi kalian. Bayi punya kemampu. kehadiran bayi man hidup atas kerja ke- akan memperkuat hubungan kalian. kalian bisa mera. ini bisa membantunya untuk suka membaca saat dia lebih be- sar.

3:15) Kalian juga harus bisa menimba isi hati anak kalian. dan engkau harus menanamkan semua itu dalam diri putramu. Cara Mendidik 7 Anak B A G I A N ”Perkataan ini yang kuperintahkan kepadamu hari ini harus ada di dalam hatimu. Sang Pencipta keluarga. menugasi orang tua untuk membesarkan anak-anak. (Kolose 3:20) Sebagai orang tua. kalian wajib mengajar anak kalian untuk mengasihi Yehuwa dan menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab. jika Firman itu sudah ada dalam hati kalian sendiri. Kalian bisa mengajarkan Firman Yehuwa kepada anak-anak dengan baik.”—Ulangan 6:6. teladan kalian sangat penting. (2 Timotius 1:5. Tentu. . 7 Yehuwa.—Mazmur 40:8.

Cobalah ingat kembali saat kalian kan atau mengatakan sesuatu yang tidak mereka maksud. tu anak ingin berbicara wa kalian siap mendengarkan saat mereka merasa perlu ber. janganlah menyela atau be- anak kalian tidak cukup untuk bisa memahami perasaan dia reaksi dengan berlebihan yang sebenarnya.” YANG BISA ANDA LAKUKAN: (Yakobus 1:19) Kalian tentu ingin anak-anak berbicara ten. itu adalah kebodohan. Anak-anak biasanya suka melebih-lebih. Buatlah suasana di rumah penuh damai agar mereka ngan anak kalian. 1 JANGAN SAMPAI ANAK MENUTUP DIRI APA KATA ALKITAB: ”Cepat mendengar. mereka harus tahu bah. ber- sabarlah kepada anak-anak kalian. Sering-seringlah mengobrol de- bicara.” (Amsal Apa pun yang dikatakan anak ka- 16:20) Kadang. bukan hanya mudah mengutarakan diri. (Yakobus 3:18) Jika mereka mera.” (Amsal 18:13) Janganlah cepat merasa kesal. saat mereka ada masalah sa bahwa kalian akan marah dan cepat menghakimi. lambat berbicara. 1 Korintus 8:1. ”Apabila seseorang menjawab suatu perkara sebelum annya penting bagi kalian saat itu mendengar. Jadi. Selalu siap mendengarkan sewak- tang apa saja kepada kalian. bagaimana pera- saan kalian dan apa yang kelihat- kan. 23 . Maka. seusia mereka. mereka mungkin tidak akan berterus terang kepada kalian. Sering-seringlah tunjuk- kan bahwa kalian benar-benar sayang kepada mereka. 2 COBALAH MENGERTI MAKSUD KATA-KATA MEREKA APA KATA ALKITAB: ”Ia yang memperlihatkan pemahaman YANG BISA ANDA LAKUKAN: dalam suatu perkara akan mendapatkan yang baik.—Mati- us 3:17.—Amsal 19:11. sekadar mendengarkan apa yang dikatakan lian.

Ini bisa mengurangi rasa hormat mereka kepada kalian sebagai orang tua.” (Amsal 1:8) Bahas dan sepakati cara kalian Yehuwa memberi ayah dan ibu hak untuk menjalankan we. ”Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya” 3 TUNJUKKAN BAHWA KALIAN SEPIKIRAN APA KATA ALKITAB: ”Putraku. (Efesus 6:1-3) berbeda pendapat tentang cara Anak-anak bisa merasakan jika orang tuanya tidak ’bersatu mendidik anak. jika kalian tidak sepakat. YANG BISA ANDA LAKUKAN: mu. (1 Korintus 1:10) Suatu waktu. berusahalah untuk tidak menunjuk- kannya di depan anak-anak. dan jangan meninggalkan hukum ibumu. cobalah pahami sudut pandang masing-masing dalam pikiran yang sama’. akan mendisiplin anak kalian wenang atas anak mereka. Kalian harus mengajar anak kali. Jika Anda dan teman hidup Anda an untuk menghormati dan menaati kalian. 24 . dengarkanlah disiplin bapak.

ranya agar terhindar dari pe- hami prinsip-prinsipnya. Amsal 29:17) Mendisiplin Bantu mereka untuk mengenali tidak sekadar berarti menghukum. Perlu ada ren. Allah sebagai Pribadi yang nyata cana bagaimana kalian akan mendidik mereka. (Amsal 28:7) Dan.” (Amsal 22:6. Sebagai orang tua. TB) Keberhasilan dalam Pastikan anak kalian memandang mendidik anak tidak bisa dicapai begitu saja. . YEHUWA AKAN MEMBERKATI UPAYA KALIAN RENUNGKANLAH . (Mazmur 127:4. saja dengan saya? lah bahwa ini akan menghasilkan pujian bagi Yehuwa dan ka- Apa yang bisa saya pelajari lian pun pasti akan sangat senang. kalian punya tugas istimewa. termasuk cara dan bisa mereka percayai mendisiplin mereka. tapi juga membantu anak dan menghindari bahaya moral.—Amsal 23:24. Ajarlah mereka ca- ajarlah mereka untuk mengasihi Firman Yehuwa dan mema. 4 BUATLAH RENCANA APA KATA ALKITAB: ”Didiklah orang muda menurut jalan YANG BISA ANDA LAKUKAN: yang patut baginya. mangsa seksual ka bisa mengembangkan hati nurani yang baik. mere. . jejaring sosial. (Mazmur 1:2) Dengan begitu. yaitu meng.—Ibrani 5:14. (Efesus bisa berbicara tentang apa 6:4) Yehuwa tahu bahwa ini butuh banyak upaya. tapi yakin. dari cara orang tua lain membesarkan anaknya? 25 . Bagaimana saya bisa me- mastikan bahwa anak saya ajar anak kalian bagaimana cara berpikir Yehuwa. seperti yang ada di Internet dan mengerti mengapa aturan itu diberikan.

Allah dengan pengasih menyediakan bantuan untuk kita. meskipun untuk sedikit waktu sekarang ini. hal-hal yang tak terduga bisa saja terjadi sehingga mengusik kebahagiaan Anda. hatimu dipedihkan oleh berbagai cobaan. Tapi. Anda dan keluarga akan sanggup mengatasi musibah. bahkan dalam situasi yang paling buruk.”—1 Petrus 1:6 Anda pasti telah berupaya sebaik mungkin agar perkawinan dan keluarga Anda bahagia.8 Jika Musibah Menimpa Keluarga B A G I A N ”Kamu sangat bersukacita. (Pengkhotbah 9:11) Untuk menghadapinya. . jika harus demikian. Jika Anda menerapkan prinsip-prinsip Alkitab berikut.

ketika ada musibah. (Pengkhot- bah 4:6) Maka. 2 PERHATIKANLAH KEBUTUHAN SENDIRI DAN KELUARGA APA KATA ALKITAB: ”Hati orang yang berpengertian men. 1 BERSANDARLAH PADA YEHUWA APA KATA ALKITAB: ’Lemparkan semua kekhawatiranmu YANG BISA ANDA LAKUKAN: kepadanya. Cari tahu apa yang dibutuhkan setiap ang. semua informasi. (2 Korintus 1:3. (Yohanes 11:35. Roma 15:4) Ia berjanji untuk memberi Anda ’kedamaian yang lebih unggul daripada segala akal’. bahkan yang sama Yesus ”meneteskan air mata”. (Yesaya Pertimbangkan semua ke- 41:10) ”Di hadapan dia curahkanlah hatimu. Ia dan berpikir jernih akan membantu Anda dengan cara yang terbaik.” (Amsal 18:15) Kumpulkan isi hati kepada keluarga. Berbicaralah dengan mereka dan dengarkan lebih leluasa berbicara dengan Anda mereka. 27 . kalian bisa lebih mudah menghadapi situasi yang sulit. 13. Hasilnya. 4. karena ia memperhatikan kamu. Ingatlah. Anda akan merasa- kan penghiburan dari Yehuwa dalam segala penderitaan. 7. dan telinga orang-orang berhikmat Sering-seringlah mengutarakan berupaya mencari pengetahuan. mungkinan jalan keluar yang ada dan pilihlah yang terbaik untuk Anda juga akan merasa terhibur dengan membaca dan kalian mempelajari Alkitab setiap hari.’ (1 Petrus 5:7) Berdoalah meminta bantuan Ingatlah selalu bahwa musibah yang Anda alami bukan dari Yehuwa untuk bisa tetap tenang Allah. (Yakobus 1:13) Kalau Anda mendekat kepada-Nya. YANG BISA ANDA LAKUKAN: dapatkan pengetahuan. mereka bisa gota keluarga.”—Mazmur 62:8.—Amsal 20:5.—Filipi 4:6. Berbicaralah kepada orang lain Bagaimana jika orang yang dikasihi meninggal? Jangan se- yang pernah menghadapi situasi gan untuk mengungkapkan perasaan Anda. Pengkhotbah 3:4) Istirahat dan tidur yang cukup juga penting. Jadi.

3 MINTALAH BANTUAN YANG DIBUTUHKAN APA KATA ALKITAB: ”Teman sejati penuh kasih setiap YANG BISA ANDA LAKUKAN: waktu. janganlah putus Yehuwa setiap hari? asa. Jangan segan-segan memberi tahu mereka apa yang apa yang khususnya Anda bu- Anda butuhkan. ” ’Aku tahu benar niat dalam pikiranku terhadap kamu. tetaplah kecil? muliakan nama Yehuwa dan lakukan kehendak-Nya daripada Mengapa saya harus terlalu mengkhawatirkan diri sendiri.” (Ayub 1:21. carilah bantuan rohani tuhkan dari orang yang memahami Alkitab. penuhnya kepada Yehu- wa.—Yakobus 5:14. Ceritakanlah iman Anda dan janji-janji Yehuwa kepada mere- ka. katakan kan.—Amsal 18:1. (Amsal 12:25) Dan. dan bukan malapetaka. Percayalah sepenuhnya kepada Allah. Berbicaralah kepada sahabat sesakan. Saat Apakah saya percaya se- Ayub menghadapi musibah.” (Amsal 17:17) Teman-teman Anda ingin membantu dan terimalah bantuannya Anda. Jika segala sesuatu ti- bersyukur atas kebaikan dak berjalan sesuai dengan keinginan Anda. dan janganlah menjauh dari orang-orang yang mengasihi dan peduli kepada Anda. 28 . Isilah hari-hari Anda dengan menolong orang-orang yang sedang susah. ’niat tentang kedamaian. . bahkan dalam hal-hal wa terus diagungkan.’ demikian ucapan Yehu- wa. ”Biarlah nama Yehu. Dengan terus terang. dan menjadi saudara yang dilahirkan untuk waktu ke. ia berkata. 1 Korintus 15:58. PERHATIKAN HAL-HAL YANG LEBIH PENTING RENUNGKANLAH . teruslah ingat kepada Allah. Anda akan dikuatkan kalau Anda secara rutin bergaul de- ngan orang-orang yang imannya kuat dan memercayai janji- janji Allah. . tapi mereka mungkin tidak tahu apa yang perlu dilaku. Mereka bisa memberikan bimbingan dari Alkitab yang bisa menolong Anda.’ ”—Yeremia 29:11. Anda juga bisa sangat terhibur kalau Anda mem- besarkan hati orang lain yang sedang membutuhkannya. 22) Seperti Ayub. untuk memberimu masa depan dan harapan. Sekalipun Anda terpuruk.

(Matius 6:33) Dia ingin sekali agar kalian menjadi sahabat-Nya. Ini merupakan hak istimewa terbesar bagi seseorang. Anda telah belajar bahwa Alkitab berisi banyak prinsip yang berguna bagi Anda dan keluarga. Manfaatkan setiap kesempatan untuk menjadi semakin akrab dengan Allah. Yehuwa ingin agar kalian bahagia. 38. Ia berjanji bahwa jika kalian mendahu- lukan ibadat kepada-Nya. .”—Penyingkapan (Wahyu) 14:7 9 Dari bacaan ini. Beribadatlah kepada B A G I A N Yehuwa Bersama Keluarga ”Sembahlah Pribadi yang menjadikan langit dan bumi. —Matius 22:37. ”semua perkara itu akan ditambahkan kepadamu”.

semakin akrab Anda de- ngan-Nya. (Ulangan 6:6. 2 NIKMATI IBADAT KELUARGA APA KATA ALKITAB: ”Mendekatlah kepada Allah dan ia akan YANG BISA ANDA LAKUKAN: mendekat kepadamu. 7) Bertekadlah untuk meniru Yosua yang mengatakan. Se- makin sering Anda melakukannya. keluarga dalam acara ibadat batkan dalam kehidupan Anda sehari-hari. (Ke. Secara rutin. dan YANG BISA ANDA LAKUKAN: kamu akan menjadi putra-putriku. 2) Renungkan apa yang Anda pelajari.” (2 Korintus Luangkan waktu setiap hari 6:18) Allah ingin agar Anda menjadi sahabat karib-Nya.—Matius 28:19. (1 Tesalonika 5:17) Dia sa. 12) Cara lain adalah dengan ru- tin menghadiri pertemuan Kristen. Untuk memperkuat hubungan Anda dengan Yehuwa.”—Yosua 24:15. bahaslah kebutuh- kan ibadat keluarga yang rutin dan melaksanakannya. Caranya adalah dengan mempelajari Firman- Nya dan bacaan Alkitab.—Mazmur 122:1-4. Yehuwa mengundang Anda berdoa untuk ’berdoa dengan tiada henti’. (Mazmur 1:1. (Mazmur 77:11. Salah untuk membaca Alkitab dan satu caranya adalah melalui doa.’ kata Yehuwa. an dan masalah setiap anggota jadian 18:19) Tapi. Selain berbicara kepada Allah. 20. Anda juga perlu men- dengarkan Dia. Perkuat hubungan keluarga keluarga Anda dengan Allah dengan berbicara tentang Dia ”apabila engkau duduk di rumahmu dan apabila engkau se- dang dalam perjalanan dan apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun”. itu saja tidak cukup. kami akan melayani Yehuwa. Allah harus selalu dili. Utamakan kegiatan rohani ber- ngat peduli akan apa yang Anda pikirkan dan khawatirkan. Anda juga harus berbicara tentang Yehuwa kepada orang lain. ”Aku dan rumah tanggaku.” (Yakobus 4:8) Anda perlu menjadwal. mereka dan rekreasi bisa tahu seberapa nyata Allah itu bagi Anda. sama keluarga di atas hiburan (Filipi 4:6) Ketika Anda berdoa bersama keluarga. 1 PERKUAT HUBUNGAN ANDA DENGAN YEHUWA APA KATA ALKITAB: ” ’Aku akan menjadi bapakmu. 30 .

Yesaya 48:17) Anda dan kami kepada Yehuwa? keluarga bisa berbahagia untuk selamanya karena tahu bah- wa ”Yehuwa. saya dan teman hidup berdoa bersama? luarga melayani-Nya dengan tulus. memberkati engkau”. 31 . Bahan apa yang bisa saya (Markus 12:30. . Dengan terus melakukan- nya. Allahmu. Dia senang melihat Anda bersama ke.—Ulangan 12:7. Efesus 5:1) Dengan melibatkan Allah dalam gunakan dalam ibadat bersama keluarga yang perkawinan. Anda akan semakin mengasihi dan meniru Yehuwa.PESAN UNTUK KEPALA KELUARGA Jangan sampai ibadat keluarga terganggu oleh apa pun Beri tahukan sebelumnya apa yang akan dibahas supaya keluarga bisa mempersiapkannya Pastikan setiap anggota keluarga hadir Buatlah suasananya menyenangkan agar semua menikmatinya HAMBA-HAMBA YEHUWA BERBAHAGIA RENUNGKANLAH . hubungan Anda dan teman hidup Anda akan akan memperkuat iman semakin kuat. Kapan terakhir kalinya pada Allah Yehuwa. Tidak ada apa pun yang lebih baik daripada beribadat ke. . (Pengkhotbah 4:12.

Situs ini Menyukseskan perkawinan kedua ˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛ juga memuat kisah nyata dari Bagaimana menghadapi anak yang seluruh dunia tentang pasangan suka merengek suami istri yang menghadapi ˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛ keadaan yang sama seperti Anda.org/id.org/id ˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛ Bagaimana agar bisa memaafkan ˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛ Bagaimana jika saya punya ”teman tapi mesra” ˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛ Untuk saran tambahan yang Bila teman hidup memiliki kebutuhan khusus praktis dan nasihat dari Firman ˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛ Allah. s Kunjungi jw.Dapatkan Lebih Banyak ˛ Merespek teman hidup ˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛ Bantuan untuk Bagaimana agar kata-kata yang menyakitkan tidak sampai terlontar ˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛ Keluarga di Bagaimana supaya tidak bertengkar terus jw. Situs Web resmi atau pindai kode Saksi-Saksi Yehuwa 140319 hf-IN . Bila anak Anda memiliki keterbatasan ˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛ Berbicaralah dengan anak Anda tentang seks ˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛ Bila anak remaja Anda meragukan agama Anda ˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛ Mempersiapkan kaum muda menjadi dewasa ˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛ Bila anak Anda suka melukai diri ˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛ Menjaga hubungan dengan kerabat keluarga tiri Anda ˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛˛ Topik-topik baru ditambahkan secara berkala. kunjungi situs kami.