BANK SOAL

UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL 2010 / 2011

Mata kuliah : Pendidikan Agama Islam

Hari / tanggal :

1. Dunia ini dikuasai oleh sistem ekonomi kapitalisme yang ternyata tidak bisa mensejahterakan
rakyat banyak dan justru terjadi ketimpangan sosial ekonomi yang besar. Bagaimana konsep
ekonomi Islam mampu menawarkan dan sebagai solusinya?
2. Tujuan hokum Islam adalah membawa kemaslahatan bagi umat manusia. Sebutkan konsep
kemaslahatan menurut Imam Syatibi!
3. Fungsi masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah (ritual) semata tetapi mempunyai fungsi yang
lebih luas lagi. Coba terangkan fungsi masjid pada masa Rasul dengan dikontekstualisasikan
zaman kekinian!
4. Mengapa Indonesia masih banyak terjadi korupsi sedangkan mayoritas penduduknya beragama
muslim? Sejauhmana pengaruh ajaran agama dengan kehidupan nyata?
5. Tuliskan sebuah ayat (dengan huruf latin) bahwa Allah menjadikan manusia berbangsa-bangsa
dan bersuku-suku untuk saling mengenal!

BANK SOAL

UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL 2010 / 2011

Mata kuliah : Kalkulus I

Hari / tanggal :

Petunjuk : Kerjakan dengan teliti, lengkap dan jelas soal-soal berikut :

1. ∫ ln x dx
x +3
2. ∫ x2 +1 dx
x +1
3. ∫ x2 −1 dx
x +1
4. ∫ dx
√ x 2 +1
x +1
5. ∫ dx
√1−x 2

BANK SOAL

UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL 2013 / 2014

Mata kuliah : Kalkulus I

Hari / tanggal :

Kerjakan semua soal berikut!

1. Tentukan nilai x yang memenuhi : |3−x
x+ 2
|≤ 4
2. Hitunglah limit berikut :
tg ( 2 x ) −sin(2 x)
a. lim
x→ 0 ( x
3

1
)
a2 x +b 2 x 2 x
b. lim
x→ 0
(
2 )
2+ 3 x−2 x 2
c. lim
x→ 2 (
x 2 +2 x −8 )
dx
3. Tentukan jika :
dy
2
sin x
a. y = 2 + cos (ln x3 ¿
4
b. y = ( x 2+ 3 ) ( 2 x +5 )3

Jelaskan mengenai hubungan antara hukum HAM dan demokrasi! 6. Dilihat dari hubungan antar negara dan agama ada beberapa tipe negara. bukan negara kekuasaan (MAACHTSTAAT). Jawablah pertanyaan berikut : a. Bagaimana sebaiknya peran mahasiswa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara? 3. menurut pendapat anda bagaimana hal ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? . Berikan penjelasan tentang pengertian negara kesatuan dan negara federal! b. Jelaskan perbedaan kedua negara tersebut! 4. Jelaskan menurut pemahaman anda tentang masalah globalisasi! b. Bagaimana sebaiknya bentuk nasionalisme dan upaya penanaman nasionalisme dalam masa globalisasi ini? 2. Jelaskan urgensi Pendidikan Kewarganegaraan diberikan kepada mahasiswa! b. Jawablah pertanyaan berikut : a. Jelaskan masalah ini dalam kaitannya dengan Indonesia! 7. Indonesia adalah negeara hukum (RECHTSTAAT). Korupsi di Indonesia sudah sampai pada titik yang memprihatinkan.BANK SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL 2010 / 2011 Mata kuliah : Pendidikan Kewarganegaraan Hari / tanggal : Senin. Jawablah pertanyaan berikut : a. Jawablah pertanyaan berikut : a. jelaskan! b. jelaskan mengenai pengertian ini! b. Bagaimana sebaiknya upaya mengatasi kelemahan pada negara demokarasi? 5. Jawablah pertanyaan berikut : a. 1 November 2010 Pilih 6 dari 7 soal yang tersedia! 1. Jelaskan kelemahan dan kelebihan dari pemerintahan demokrasi dan monarkhi! b. Jawablah pertanyaan berikut : a.

01 . faktor apa saja yang mempengaruhi pergeseran reaksi tersebut? Diketahui : Berat atom : O = 16. Asam askorbat (Vitamin C) mengandung karbon 40. Tulis reaksi hujan asam dari nitrogen dioksida dengan air dalam udara bebas dan jenis reaksi apakah yang saudara tulis tersebut? Jelaskan! b. hidrogen 4. dan Cl = 35. Bagaimana aturan-aturan yang berlaku dalam penataan elektron dalam atom? Contohkan untuk logam Mu dengan no atom 25! 3.5%. Saudara telah mempelajari ikatan kimia.BANK SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL 2010 / 2011 Mata kuliah : Kimia Dasar Hari / tanggal : 30 Desember 2010 1. H = 1.9 .5 R = 0. Jelaskan tentang perkembangan teori atom setelah ditemukannya tabung sinar katoda! 2. Terangkan dengan jelas tentang ikatan tersebut dan macam-macamnya! b.9%.58%.08026 atm L mol-1 K-1 . Apa rumus empiris dari asam askorbat tersebut? 5. Jika rekasi yang saudara tulis tadi (3a) dalam keadaan setimbang. Jawablah pertanyaan berikut : a. N = 14. Na = 22. Bagaimanakah cara membuat larutan NaCl 1 molar menjadi 0.5 molar dengan volume 100 ml diketahui kerapatan larutan 1.2 kgL -1? 4.01 . dan oksigen 54. Jawablah pertanyaan berikut : a.01 .

Lava g. Sill j. Jelaskan istilah-istilah dibawah ini : a. Uniformitarianism b. Kalsit e. Marmer d. Jelaskan siklus batuan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya! 3. Superposisi 2. Breksi c. Erupsi Gunung Api i.BANK SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL 2010 / 2011 Mata kuliah : Geologi Fisik Hari / tanggal : 3 November 2011 1. Lahar h. Apa hubungan konsep “tektonik lempeng” dengan siklus batuan tersebut? 4. Dyke . Apa dasar klasifikasi batuan beku. Apa yang kau ketahui dari konsep (teori) geologi berikut ini : a. Cross cutting relationships c. Kwarsa b. Kwarsit f. dan sebutkan ciri dari masing-masing perbedaan! 5.

Apa dampak positif adanya gunungapi di dunia? . jelaskan masin-masing dengan contoh akibatnya! 3. Apa penyebab gerakan lempeng tektonik? Jelaskan dengan gambar! 2. Jelaskan bukti adanya gerakan lempeng tektonik pada kulit bumi serta dampak negatif dan positif dari adanya gerakan tektonik lempeng ini! 4. 27 Desember 2010 1. Ada 3 jenis mekanisme gerakan LEMPENG TEKTONIK. Ada berapa jenis struktur geologi? Bagaimana terjadinya? Dan manfaat apa dengan adanya struktur geologi tersebut 5.BANK SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL 2010 / 2011 Mata kuliah : Geologi Fisik Hari / tanggal : Senin.

Jelaskan! (20 poin) Acara Geologi Foto 1. Setiap terjadi patahan / sesar akan selalu dijumpai bukti berupa gores garis. Jelaskan komponen-komponen dasar dalam penginderaan jauh? Gambarkan skemanya! (35 poin) 3. Jelaskan istilah di bawah ini : a. Sheeting joint (10) b. Reverse fault (10) c. Sebutkan dan jelaskan jenis struktur geologi! Berikan contoh gambar sertai gambar struktur! (20) 2. creep. Recumbent fold (10) e. staglatit. Apa yang dimaksud dengan meander. Jelaskan cara mendapatkan gambar 3 dimensi pada foto udara dengan menggunakan stereoskop! (35 poin) Acara Geologi Struktur 1. Jelaskan macam-macam bentang alam (minimal 7 bentang alam)! (15 poin) 3. volcanic neck. Apakah ada hubungan antara lempeng tektonik dengan pembentukan bentang alam? Bila ada. Unconformity (10) 3. jelaskan! (30 poin) 4. Slicken side (10) d. pantai naik. Bernarkah pernyataan tersebut? Mengapa? (20) . Shear joint (10) f. Jelaskan pengertian penginderaan jauh! (30 poin) 2.BANK SOAL RESPONSI PRAKTIKUM 2010 / 2011 Mata kuliah : Geologi Fisik Acara Geomorfologi 1. Apakah Geomorfologi itu? (5 poin) 2. Jelaskan mengenai orogenesis! (30 poin) 5.

Mengapa pada daerah selatan Pulau Jawa didominasi oleh bentang alam karst dan batugamping sebagai penyusunnya? (40 poin) 3. Jelaskan cara ploting area dengan menggunakan kompas geologi! (2 cara) Acara Observasi Lapangan 1. Jelaskan yang dimaksud dengan isolated hill? Jelaskan macamnya (2)! (30 poin) BANK SOAL . Jelaskan cara pengukuran strike dan dip perlapisan dengan menggunakan kompas geologi! 2. Sebutkan dan jelaskan proses-proses yang mempengaruhi pembentukan perlapisan batupasir tuffan dan breksi pada STA 1 dan 2! 2. Jelaskan urutan kejadian geologi yang terjadi pada STA 4 dari pembentukan struktur primer hingga pembentukan struktur sekunder dan jelaskan korelasinya dengan keberadaan perlapisan dan bentuklahannya! Acara Fieldtrip 1. Jelaskan proses terbentuknya pillow lava pada STA 1 Daerah Watu Adeg! (30 poin) 2.Acara Pengenalan Alat Geologi Lapangan 1. Sebutkan dan jelaskan struktur sekunder yang terdapat pada STA 3 dan proses pembentukannya! 3.

13 mm b. Data percobaan Pengamatan ke.2 cm 3.1 x2 + z3 F= y Hitung nilai F dan δF! BANK SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL 2010 / 2011 .RESPONSI PRAKTIKUM 2010 / 2011 Mata kuliah : Fisika Dasar Hari / tanggal : 1.25 mm dan 2.2 4 1. Daya listrik d.6 2. Jangka sorong 7. Kenapa air laut berwarna biru? 4. Mikrometer sekrup 2.1 4.0 4.4 1. Periode f.25 mm dan 4.1 3 1.0 4.2 5 1. Kalor c.4 2.5 2. Gaya gravitasi e.0 4.2 2 1. Hitung nilai Y dan δY menggunakan grafik perhitungan dari data berikut dengan Y = a / c! a 24 27 29 32 36 39 45 c 4 6 7 9 11 14 17 5. Ayunan 2.9 4. Suhu b. Jelaskan pengertian dari : a. x y z 1 1. Gambarkan skala yang menunjukkan : a.5 2.

jelaskan! Bagaimanakah syarat alinea yang baik dalam karya ilmiah? Jelaskan! Buat alinea deduktif! 5. Apakah beda kalimat efektif dan kalimat luas itu? Jelaskan! Berikan contoh kalimat efektif dan kalimat luas dalam tata kalimat yang baik dan benar! 4. Mengapa karya ilmiah harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar? Jelaskan! Buatlah 2 contoh kalimat dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar! 2.Mata kuliah : Bahasa Indonesia Hari / tanggal : Jawablah dengan tepat! 1. Apakah yang dimaksud ragam non ilmiah? Jelaskan! Mengapa tugas akhir (skripsi) harus menggunakan ragam ilmiah? Jelaskan! 3. Bagaimana kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia. jelaskan! Mengapa bahasa bisa dijadikan sebagai alat kontrol sosial? Jelaskan! BANK SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP 2010 / 2011 . Mengapa karya ilmia menggunakan bentuk karangan argumentasi atau eksposisi.

Mata kuliah : Kimia Dasar Hari / tanggal : 1. Menurut pandangan saudara perbaikan apa yang telah dilakukan oleh Sir Humpri Davy dan Rutherford terhadap terori atom sebelumnya? Beri penjelasan singkat dan jelas! 3. Apa yang menjadi ciri khas suatu atom sehingga tiap atom yang berbeda bisa diketahui perbedaannya? Jelaskan! 4. Mengapa teori Mekanika Kalsik tidak bisa menjelaskan teori atom? Jelaskan! b. Apa perbedaan teori atom Dalton dan Demokritus? Jelakan! Bagaimana Dalton memperhitungkan masa atom? 2. Bilangan kuantum apa saja yang bisa diturunkan dari persamaan Schrodinger? 5. Aturan apa saja yang digunakan untuk pengisian elektron pada atom? Jelaskan dan berikan contoh untuk atom 12C! BANK SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2010 / 2011 Mata kuliah : Mineralogi . Jawablah pertanyaan berikut : a.

Sebutkan dan jelaskan genesa. Saat fieldtrip mineralogi pada STA 2 (daerah watu perau) terdapat beberapa mineral pada batuan yang dapat diamati. terdapat beberapa mineral pada batuan yang dapat diamati. 4 Juli 2011 1.Hari / tanggal : Senin. sebutkan serta jelaskan genesa dan ciri-ciri fisik mineral yang dapat diamati pada mineral tersebut! 5. ciri-ciri fisik yang dapat dilihat dari mineral hornblend! 4. Diferensiasi magma b. Metasomatisme 3. Jelaskan proses terbentuknya mineral! 2. 27 April 2011 . sebutkan serta jelaskan genesa dan ciri-ciri fisik mineral yang dapat diamati pada mineral tersebut! BANK SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP 2010 / 2011 Mata kuliah : Kalkulus II Hari / tanggal : Rabu. Jelaskan apa yang dimaksud dengan (bilamana perlu dapat disertai contoh ataupun gambar) : a. Saat fieldtrip mineralogi pada STA 3 (daerah joko tuo) yang merupakan STA terakhir.

x2 - 6x dan sumbu X. Tentukan volume benda putar yang terbentuk apabila daerah yang dibatasi oleh kurva y = x 3 . diputar mengelilingi sumbu x! 2 4. Tentukan panjang busur kurva y = ( x−1)3 /2 antara titik-titik kurva dengan x = 1 dan x = 4! 3 BANK SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2010 / 2011 . √(¿¿ 3+3 x)ds 3 ∫¿ 1 2. Tentukan luas daerah yang dibatasi oleh kurva y = x 2/ 3 dan y = x2 ! 3. 1. Hitung : a. ∫ e (3 x−1 ) dx s 2 (s +1) b.

Tentukan sentroid benda putar sebagai hasil pemutaran terhadap sumbu x dari daerah rata yang dibatasi oleh kurva y = x3 dan y =4 √ 2 x serta garis x = 0 dan x = 2! BANK SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP 2010 / 2011 Mata kuliah : Geomorfologi dan Geologi Foto . Tentukan luas benda putar yang terbentuk apabila daerah yang dibatasi oleh kurva y = X 3. garis x = 0 dan garis x = 1 diputar mengelilingi sumbu x! 2. garis x = 1 dan sumbu x! 3. x = -1. 5 Juli 2011 1.Mata kuliah : Kalkulus II Hari / tanggal : Selasa. Tentukan titik berat daerah rata yang dibatasi oleh kurva y = -x 2 + 3x + 4.

River terrace c. Delta b. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan bentang alam. Proses-proses apa saja yang membentuk bentuklahan berikut. 3? BANK SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2010 / 2011 Mata kuliah : Geomomorfologi dan Foto Geologi Hari / tanggal : Kamis. Fault scrap e. Sand dune e. Folded mountain b. jelaskan dengan contoh! 2. jelaskan dengan gambar : a. Lava field d. 30 Juni 2011 . Kaldera d. Jelaskan kemungkinan material / litologi yang membentuk landform pada no. 25 April 2011 1. Jelaskan dengan gambar landform berikut ini : a. Oxbow lake c. Meander field 4.Hari / tanggal : Senin. Lahar 3.

Jenis spektrum b. Skala foto c. dan berikan penjelasan dan contoh dari jenis bentuk lahan genetik yang engkau ketahui (masing- masing jenis “landform” beri 2 contoh dengan gambarnya). Jenis foto (tunggal-stereoskopis) Mengapa demikian? Apa manfaatnya dalam interpretasi untuk geologi? (30%) 3. Dalam interpretasi memakai foto udara diperlukan pemahaman tentang : a. (30%) 2. 1. Apa manfaat peta geomorfologi dalam geologi umumnya dan khususnya dalam kehidupan sehari-hari / pembangunan? Berikan contoh penggunaannya! (20%) BANK SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2010 / 2011 Mata kuliah : Statistika Hari / tanggal : . Unsur-unsur foto udara apa yang dapat dipaka dalam interpretasi geologi / geomorfologi jelaskan dengan contoh (gambar) dan penerapannya! (20%) 4. Apa yang kau ketahui tentang klasifikasi bentuklahan secara genetik? Apa manfaatnya.

Rata-rata jumlah batuan (unit / luasan daerah (m 2)) di sepanjang sungai Bebeng sebulan pasca letusan gunung merapi diperkirakan berhubungan erat dengan jarak sungai dengan puncak merapi (km).15. 1.30? Gunakan tarif nyata 5%. Hasil penelitian mengenai debit sedimen bulanan dari suatu hulu sungai (dalam 100 ton / hari) selama 3 tahun terakhir (2008-2010) mempunyai rata-rata 0. BANK SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2010 / 2011 Mata kuliah : Kimia Fisika Hari / tanggal : Rabu. Tentukan sebuah model regresi linier sederhana yang sesuai! b. Lakukan pengujian untuk kecocokan model regresi! c. Lakukan pengujian apakah rata-rata sebit sedimen bulanan tersebut lebih dari 0.40 dengan simpangan baku 0. 6 Juli 2011 . Hitung koefisien determinasi dan koefisien korelasi serta interpretasikan maknanya! d. 2. Lakukan uji apakah benar ada korelasi antara jumlah batuan yang dihasilkan dengan jarak sungai dari puncak merapi Gunakan taraf nyata 5%. Seorang peneliti memberoleh data sebagai berikut : Jumlah batuan (yi) Jarak (xi) Jumlah batuan (yi) Jarak (xi) 141 20 185 27 147 21 199 28 152 25 196 29 175 25 210 30 162 24 199 30 180 24 187 30 188 26 167 30 170 26 200 31 180 27 210 32 a.

Suatu campuran cairan yang terdiri dari 54% mol heksana dan sisanya berupa heptana. diferensiasi magma. 1. Seseorang mencoba mengekstraksi larutan tersebut dengan 500 ml eter. Apabila diketahui tekanan uap murni heksana adalah 1050 torr dan tekanan uap murni adalah 427 torr. hitung jari-jari atom Fe! BANK SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL 2011 / 2012 Mata kuliah : Petrologi Hari / tanggal : Kamis. 03 November 2011 1. dan pembentukan batuan beku! . Jelaskan secara kronologis dan komprehensif hubungan dinamika tektonik lempeng dengan pelelehan sebagian / partial melting. Apabila koefisien distribusi larutan tersebut adalah 3 (C et / Cair). Jelaskan bagaimana hal tersebut dapat terjadi! 5. tentukan berapa jumlah atom Fe dalam satu unit kristal! Apabila panjang sisi BCC 286 pm. Suatu material cairan dengan komposisi kimia yang sama setelah mengalami kristalisasi dapat membentuk berbagai jenis material yang berbeda fassa. hitunglah asam butirat yang terekstraksi bila ekstraksi dilakukan sekali (500 ml) dan ekstraksi dilakukan dua kali (@250 ml)! 2. Asam butirat sebanyak 4 gram terlarut dalam air 500 ml air. Besi membentuk struktur BCC. Jelaskan bagaimana proses kristalisasi dapat berlangsung dan faktor apa saja yang mempengaruhinya! 4. Berapa pengayaan heksana pada kondisi uapnya? Dan berapa kandungan heptana pada uapnya? 3. Campuran tersebut kemudian dipanaskan sehingga mendidih untuk didestilasi.

granit b. syenit c. 2. seting tektonik dan genesanya a. Jawablah pertanyaan berikut : a. jenis- jenis tekstur dan struktur yan mungkin terbentuk pada tiap jenis batuan sedimen tersebut! . Jelaskan jenis-jenis endapan piroklastik berdasarkan proses terbentuknya! BANK SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL 2011 / 2012 Mata kuliah : Petrologi Hari / tanggal : Kamis. andesit. lapii tuff. Dunit. peridotit. Komatit. basalat. breksi andesit 3. bagaimana karakteristiknya! b. Jelaskan secara sistematis / dengan menggunakan table. Jelaskan klasifikasi batuan sedimen berdasar proses yang mengontrol pembentukannya. riolit. Sebut dan jelaskan jenis-jenis pyroclast! c. Tuff. Apa yang dimaksud dengan batuan piroklasik. granodiorit. 05 Januari 2012 1. persamaan dan perbedaan berbagai jenis batuan berikut ini meliputi aspek tekstur. gabbro. komponen penyusun (mineralogi dan komposisi kimiawi). diorit.

Jelaskan klasifikasi batuan metamorf berdasarkan genesa / proses pembentukannya! 5. Jelaskan jenis-jenis batuan karbonat berdasar klasifikasi Dunham! 3. eclogite. sanidinite BANK SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL 2011 / 2012 Mata kuliah : Teknologi Informasi (MWU 110) Hari / tanggal : Senin. 07 November 2011 . tipe metamorf. dan setidaknya 2 mineral indeks dari fasies metamorf berikut : zeolit. Jelaskan + sketsa tiga hal yang terjadi pada proses pembentukan foliasi pada batuan metamorf! 4. 2. blue schist. Jelaskan mengenai kondisi P/T pembentukan.

13 Januari 2012 . Berikan contoh-contoh yang memperjelas penjelasan saudara! 3. informasi. telah dan ikut mempengaruhi semua bidang profesi dan kehidupan manusia. Perkembangan teknologi terutama teknologi komputer. 1. Pilih salah satu yang sesuai untuk saudara dan berikan alasannya! BANK SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL 2011 / 2012 Mata kuliah : Teknologi Informasi (MWU 110) Hari / tanggal : Jumat. Teknologi Informasi (TI adalah bagian dari Sistem Informasi (SI). Pengertian “S” pada Sistem Informasi Geografik (SIG) dapat dilihat sebagai System. informasi. atau Studies. jelaskan apa saja pengaruh yang dirasakan akibat perkembangan teknologi tersebut. Science. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan pengertian bahwa SI adalah kombinasi dari tatakerja. Dalam konteks informasi spasial. Sedangkan SI adalah kombinasi dari tatakerja. manusia dan TI. manusia dan TI? 2.

12 Januari 2012 . Apa sebenarnya yang dimaksud dengan pengertian bahwa SI adalah kombinasi dari tatakerja. manusia dan TI. yaitu sebagai sistem. 1. Teknologi Informasi (TI adalah bagian dari Sistem Informasi (SI). Berikan imaginasi saudara tentang pembuatan / pengembangan / pemanfaatan Sistem Informasi Geografik pada bidang Geologi! BANK SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL 2011 / 2012 Mata kuliah : Geologi Struktur Hari / tanggal : Kamis. sebagai ilmu pengetahuan. telah dan ikut mempengaruhi semua bidang profesi dan kehidupan manusia. Sebut dan jelaskan pengaruh yang dirasakan akibat perkembangan teknologi tersebut dalam konteks informasi spasial! 2. Berikan penjelasan pengertian dan hal-hal yang mendasar tentang masing-masing sudut pandang tersebut! 5. manusia dan TI? Berikan penjelasan yang memadai disertai contoh yang relevan! 3. dan sebagai bidang studi. informasi. Jelaskan perbedaan Sistem Informasi Spasial dengan Sistem Informasi non-spasial. informasi. Sedangkan SI adalah kombinasi dari tatakerja. Berikan penjelasan yang memadai disertai contoh nyata bidang penerapan yang saudara ketahui! 4. Sistem Informasi Geografik dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Perkembangan teknologi terutama teknologi komputer.

Jelaskan mengenai tanda-tanda di lapangan! 2. Seringkali seseorang mengalami kesulitan ketika mencari tanda-tanda structural patahan di lapangan. jelaskan! BANK SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL 2011 / 2012 Mata kuliah : Makropaleontologi Hari / tanggal : Jum’at. Triangular facet b. Fault zone d. Bagaimana cara mengetahui struktur sesar dekstral dan sinistral? 3. 4 November 2011 Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan padat! . Lipatan menunjam g. Jelaskan yang anda ketahui tentang : a. Net slip 4. Adakah kaitan antara gerakan tanah dengan struktur patahan. Dragfold c. Geosinklin f. 1. Terrace h. Oblique slipt fault e.

1. sedimen. Apa yang saudara ketahui tentang Geostatistik dan jelaskan perbedaannya dengan statistic umum? 2. Jelaskan kegunaan fosil dalam bidang geologi! (bobot 20%) 2. Terangkan bagaimana keterdapatan fosil dalam batuan (batuan beku. 1 November 2011 Soal 1. jelaskan alasannya dan beri contoh! (bobot 25%) BANK SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL 2011 / 2012 Mata kuliah : Geostatistika Hari / tanggal : Selasa. dan metamorf)! (bobot 20%) 4. Fosil binatang invertebrata banyak digunakan sebagai fosil index. Seutkan dan jelaskan macam-macam cara pengawetan fosil! (bobot 35%) 3. Dijumpai 17 lokasi pengambilan contoh batuan dengan kadar sebagai berikut : .

varians dan standar deviasi dari data tersebut diatas! 3. 4. Proyek T Rp.000. Proyek Q Rp. Apa yang dapat anda sumbangkan pemikiran terhadap maraknya kemunculan bangunan permukiman di daerah berlereng tinggi (lebih dari 20o)? 2. Harga (ppm) 7 9 8 10 9 11 11 13 11 12 16 12 10 11 1 1 1 0 2 5 Lokasi 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 1 1 1 5 6 7 Tentukanlah mean.000.. median.000. 6. Proyek S Rp.- Proyek C Rp.000. 3.000.000. Proyek R Rp..000.- Bantulah Budi untuk menentukan paket manakah yang sebaiknya diambil! BANK SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP 2010 / 2011 Mata kuliah : Planologi Hari / tanggal : Selasa.000.- Proyek B Rp. yang terlibat di dalam perencaan suatu wilayah.. 29 April 2011 1.000. Anda sebagai seorang Geologist.000. Budi sedang kebingungan untuk memilih 2 alternatif paket proyek yang memerlukan biaya yang sama. 1. 12.000. 4.- Total Rp.000. 3.000. yaitu 100 juta rupiah. modus.000.000..- Proyek D Rp. 1. Proyeksi keuntungan kedua proyek tersebut adalah sebagai berikut : PAKET A Proyeksi Keuntungan PAKET B Proyeksi Keuntungan Proyek A Rp. Total Rp.. 3.000. Apa juga yang dapat anda analisis terhadap gejala permukiman dan pengolahan lahan yang berkembang di daerah bantaran sungai? .000.000.000.000. 12.

Bagaimana kesimpulan dan saran yang dapat anda berikan terhadap kondisi di lokasi lapangan anda! . kota) tugas lapangan anda! 2. Uraikan aspek-aspek umum Planologi pada lokasi lapangan anda! 3. 28 Juni 2011 1. 3. kecamatan. Mengapa diperlukan suatu perencaaan terhadap rencana pembangunan di suatu wilayah? BANK SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2010 / 2011 Mata kuliah : Planologi Hari / tanggal : Selasa. Uraikan aspek-aspek Geologi pada lokasi lapangan anda! 4. Sbutkan lokasi (kelurahan.

Suatu ekosistem disebut stabil. Mengapa kita harus menjaga lingkungan kita. Dengan memahami ekosistgem tersebut apa kegunaannya? 4. Apa tujuan anda mempelajari ilmu lingkungan? 2. berikan contoh dengan penjelasan sifat-sifatnya! 3. sebutkan beberapa indikatornya dengan contohnya! 5.BANK SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP 2010 / 2011 Mata kuliah : Ilmu Lingkungan Hari / tanggal : 25 April 2011 1. Apakah ekosistem itu. bagaimana caranya dan berikan contoh akibat yang terjadi bila kita mengabaikannya! .

Indikator lingkungan apa saja yang berkaitan dengan penurunan kualitas lingkngan hidup. Apakah dengan adanya undang-undang tentang Lingkungan Hidup cukup untuk menjamin pembangunan bersifat “sustainable”. berikan penjelasan dengan contoh. Menurut saudara apakah keadaan lingkungan hidup di Indonesia sudah sesuai dengan keadaan lingkungan hidup yang sehat dan stabil. dan bagaimana kita tahu adanya penurunan kualitas lingkungannya! 2. jelaskan dengan contoh! .BANK SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2010 / 2011 Mata kuliah : Ilmu Lingkungan Hari / tanggal : Senin. 27 Juni 2011 1. apa variabelnya dan bagaimana cara mengukurnya.

Tindakan apa yang dapat kita lakukan terhadap berbagai peristiwa “gangguan” stabilitas? Jelaskan dengan contoh! .3. bagaimana seharusnya sikap kita? 4. apa masalah utama yang menyebabkan hingga sekarang masih saja terjadi “kerusakan lingkungan”. Menurut saudara.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.