PROPOSAL PENELITIAN

PERANCANGAN LOKASI CELL SITE (BTS) JARINGAN 3G DI KOTA
MALANG MENGGUNAKAN GEOGRAFIS INFORMATION
SYSTEM (ArcGIS)

Disusun oleh:

Adrian Rifqi Anshari NIM 125060300111030

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
MALANG

................ HASIL PENELITIAN ........................................................................ 3 II................................ 9 VIII........................................................................... 4 IV....... LOKASI DAN WAKTU PENELITIAN................... 8 VI.................................. 4 V............... METODE PENELITIAN........................................................... LATAR BELAKANG............ SASARAN PENELITIAN. 8 VII............... RUANG LINGKUP PENELITIAN ................................................................... 4 III............................................................................ TUJUAN..................................................................... 9 2 ............................... PENUTUP ....................... 2 I........................... DAFTAR ISI DAFTAR ISI.....

dimana pengguna telepon selular dapat memiliki akses cepat ke internet. 3G. diperkirakan untuk pengguna jaringan telekomunikasi pada tahun 2020 sebesar 80% dari jumlah penduduk di Indonesia. sedangkan jaringan 3G sudah banyak digunakan. dan 4G. 2008) Aplikasi yang digunakan untuk mengatur lokasi menara BTS berdasarkan coverage area dengan mempertimbangkan menara BTS existing yaitu menggunakan software ArcGIS dengan menggunakan aplikasi ArcMAP di dalam software tersebut. perkembangan ini dimulai dengan teknologi jaringan kabel sampai dengan jaringan nirkabel (wireless). menyimpan. ArcGIS adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun. Namun sekarang ini jaringan 4G masih baru diperkenalkan khususnya di Kota Malang. misalnya data yang diidentifikasi menurut 3 . Berdasarkan survey penetrasi APJI pada tahun 2014. LATAR BELAKANG Telekomunikasi di Indonesia saat ini sudah berkembang dengan cepat dan pesat. (PERMEN KOMINFO. pengguna internet di Indonesia mencapai 34% dan di Jawa Timur mencapai 31% dan pada wilayah Jawa dan Bali yang menggunakan telepon seluler untuk mengakses internet sebesar 92%. Seiring dengan perkembangnya. Untuk mendukung adanya jaringan 3G dibutuhkan beberapa fasilitas penunjang. Dan berdasarkan data dari Ericson Mobility Report Juni tahun 2016. Generasi ke-3 atau biasa disebut 3G merupakan sebuah standar yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang diadopsi dari IMT-2000. jaringan nirkabel berkembang mulai dari 1G. mengelola dan menampilkan informasi bereferensi geografis. Pada tahun 2020 pengguna 3G sebesar 40% dari pengguna telekomunikasi di Indonesia. Jaringan 3G dialokasikan pada pita frekuensi 1900 MHz. 3G merupakan jaringan yang lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Menara merupakan bangunan khusus yang berfungsi sebagai sarana penunjang untuk menempatkan peralatan telekomunikasi yang desain atau bentuk konstruksinya disesuaikan dengan keperluan penyelenggaraan telekomunikasi.I. 2G. tetapi jika dibandingkan dengan jaringan 4G. yaitu salah satunya adalah menara. kecepaatan transmisi 3G telah jauh dibawah 4G.

Metode yang digunakan berupa pengambilan data sekunder yang telah valid dari berbagai sumber. yaitu untuk merancang lokasi cell site (BTS) jaringan 3G di Kota Malang dan merekomendasikan nodeB yang sesuai dengan perencanaan dan penataan letak menara di Kota Malang menggunakan software ArcGIS. Penelitian ini mengkaji penggunaan SIG (Sistem Informasi Geografis) untuk menentukan lokasi BTS di Kota Malang yang dapat menjadi bahan acuan perencanaan atau penataan BTS 3G di Kota Malang pada tahun 2020. Pada penelitian ini pengambilan data hanya data sekunder. Pada penelitian ini. Peneliti hanya membahas pada jaringan 3G saja 2. setelah itu pengolahan data dimulai dari prediksi jumlah penduduk tahun 2020. IV. kartografi dan perencanaan rute. dan penempatan lokasi BTS tersebut berupa titik dengan coverage areanya. pengelolaan sumber daya. karena sumber yang diperoleh terdapat dari instansi ataupun penelitian seseorang. NodeB hanya ditempatkan pada menara atau BTS yang sudah dibangun di Kota Mlaang 4. TUJUAN Tujuan pada penelitian ini. ArcGIS berupa peta Kota Malang dan konturnya yang dibagi atas 5 kecamatan. prediksi pengguna 3G tahun 2020 sampai kebutuhan nodeB di Kota Malang pada tahun 2020 dan diimplementasikan pada software ArcGIS. II. Analisi prediksi penduduk tahun 2020 menggunakan metode linear 3. METODE PENELITIAN Pada bab ini menjelaskan tentang metode yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitiannya. III. perencanaan pembangunan. 4 . Teknologi Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk investigasi ilmiah. lokasinya dalam sebuah database. Parameter perencanaan coverage area yang digunakan adalah arameter dari vendor Huawei. RUANG LINGKUP PENELITIAN 1.

yaitu. Maka setelah itu prediksi penduduk tahun 2020 akan di dapatkan.1 Alur Perkiraan Jumlah Penduduk Tahun 2020 Metode yang digunakan untuk memprediksi jumlah penduduk tetap di Kota Malang pada tahun 2020 menggunakan metode model linear. ada beberapa tahap yang harus dilakukan. B. Prediksi Jumlah BTS Jaringan 3G Prediksi Jumlah Penduduk Kota Malang tahun 2020 5 . diantaranya adalah prediksi jumlah penduduk di Kota Malang pada tahun 2020. maka dari itu dibutuhkan data penduduk 5 tahun terakhir dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang. Pengolahan data pada penelitian ini terbagi menjadi 2. Untuk Memprediksi Jumlah BTS jaringan 3G di Kota Malang. lalu prediksi jumlah BTS jaringan 3G pada tahun 2020. A. perkiraan jumlah BTS jaringan 3G dan lokasi BTS existing jaringan 3G di Kota Malang. Prediksi Jumlah Penduduk Start Data Jumlah Penduduk Metode Model Linear (aritmethic) Prediksi Jumlah Penduduk Kota Malang tahun 2020 Gambar 4.

Usia Produktif (Data DISPENDUKCAPIL) Ericsson Mobility Report dan APJII tahun 2015 Prediksi Jmlah Pengguna 3G tahun 2020 Parameter Analisis Trafik Prediksi Jumlah Kanal Prediksi NodeB yang dibutuhkan di Kota Malang Gambar 4. Untuk menentukan trafik pelanggan pada tahun 2020. Berdasarkan survey penetrasi APJI pada tahun 2014.2 Alur Perkiraan Jumlah BTS Jaringan 3G Untuk memperkirakan jumlah BTS yang dibutuhkan. terlebih dahulu prediksi jumlah pengguna 3G pada tahun 2020 di Kota Malang dengan mempertimbangkan usia produktif dari penduduk Kota Malang yang berkisar antara 15 – 64 tahun dan dengan faktor penetrasi melalui APJII dan Ericson Mobility Report. pengguna internet di Jawa Timur mencapai 31% dan pada wilayah Jawa dan Bali yang menggunakan telepon seluler untuk mengakses internet sebesar 92%. yaitu dengan cara menghitung antara asumsi trafik 6 . Dan berdasarkan Ericson Mobility Report pengguna jaringan 3G pada tahun 2020 di Indonesia sebesar 40% dari jumlah penduduk.

Prediksi trafik pelanggan digunakan untuk menentukan jumlah BTS yang dibutuhkan di Kota Malang dengan mempertimbangkan jumlah kanal pada BTS tersebut. maka perlu di pertimbangkan berdasarkan dari coverage area dari BTS tersebut. 7 . Dalam penelitian ini perhitungan cell site menggunakan metode okumura-hatta. Untuk mendapatkan besarnya cell site umumnya didapatkan melalui perhitungan. Link Path Budget Loss Model Propagasi Okumura-Hatta Coverage Area nodeB Finish Gambar 3. Untuk tinggi menara dapat disesuaikan dengan data yang diperoleh dari menara existing di Kota Malang. Untuk menentukan titik BTS di Kota Malang. kapasitas kanal BTS tersebut menggunakan konfigurasi 4x4x4 dengan GOS 2%.pelanggan sebesar 50 mErlang yaitu rata-rata lama percakapan pengguna seluler 1 BTS dalam 1 hari pada jam sibuk selama 1 jam adalah 3 menit/jam pada jam sibuk pada daerah urban terhadap pengguna 3G di Kota Malang. Bentuk akhir dari ArcGIS tersebut berupa peta Kota Malang dengan titik-titik BTS dan coverage area nya. Lokasi cell site dipilih berdasarkan skala pelayanan dari BTS tersebut atau Coverage Area dari BTS jaringan 3G. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa pemetaan lokasi cell site jaringan 3G di Kota Malang menggunakan software ArcGIS dengan mempertimbangkan referensi lokasi cell site existing. dengan mempertimbangkan dan meminimalisir blank spot area dan over lap area. 3 Alur Coverage Area Coverage area berkaitan dengan cell site.

BAGI MAHASISWA  Hasil dari penelitian ini dapat menjadi bahan kajian atau refensi untuk penerus penelitian atau skripsi berikutnya. efektif. B. HASIL PENELITIAN A.V. SASARAN PENELITIAN  Untuk memaksimalkan menara telekomunikasi di Kota Malang yang dapat digunakan provider secara bersama sesuai dengan PERMEN KOMINFO. Lokasi Penelitian  Badan Pusat Statistika Kota Malang  Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang  Kantor Kecamatan Blimbing  Kantor Kecamatan Lowokwaru  Kantor Kecamatan Klojen  Kantor Kecamatan Sukun  Kantor Kecamatan Kedungkandang B.  Agar tertatanya BTS di Kota Malang sesuai dengan aturan yang berlaku sehinga estetika tata ruang wilayah dan lingkungan menjadi lebih baik. BAGI PROVIDER PENYEDIA LAYANAN TELEKOMUNIKASI  Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pembangunan jaringan 3G di Kota Malang 8 . dan efisien  Untuk mengetahui konfigurasi cell site (BTS) 3G di kota Malang  Dengan menggunakan software Sistem Informasi Geografis (AcrGIS) dharapkan dapat dilakukan pemetaan lokasi cell site (BTS) jaringan 3G di Kota Mlaang menjadi lebih baik. LOKASI DAN WAKTU PENELITIAN A.  Sebagai bekal untuk mempersiapkan diri terjun ke dalam masyarakat atau ke duniua kerja.  Mendekatkan perguruan tinggi kepada masyarakat dan dunia kerja yang nyata agar program perguruan tinggi sejalan dengan tuntutan pembangunan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Waktu Penelitian Waktu pelaksanaan pengambilan data dilakukan mulai tanggal 26 Oktober hingga 11 November 2016 VI. VII.

Terimakasih atas perhatinnya. dan dijadikan acuan dalam menggunakan menara bersama agar lebih efektif. Semoga proposal yang saya buat ini dapat dimengerti dan semoga proposal yang saya buat dapat bermanfaat untuk semua kalangan dan untuk penelitian selanjutnya. C. 25 Oktober 2016 Adrin Rifqi Anshari 9 . BAGI PEMERINTAH  Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan acuan dan pertimbangan untuk pemberian izin dalam pembuatan menara telekomunikasi agar dalam penggunaannya sesuai dengan kebutuhan dan tidak ada menara yang tidak terpakai. PENUTUP Demikian proposal ini saya buat dan saya ajukan. Malang. VIII.