RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) TEMATIK

Nama Sekolah : SDN NO. 010058 Bunut
Tema : TEMPAT UMUM
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 2 minggu

I. STANDAR KOMPETENSI
I. PKn
1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

II. IPS
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

III. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran

IV. Matematika
2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah

V. IPA
2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya
menjaga kesehatan lingkungan
3. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari

II. KOMPETENSI DASAR
1. PKn : - Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
- Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-
hari

2. IPS : - Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan
sekolah
- Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan
kelurahan/
desa

Siswa dapat melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan lingkungan sekolah .Siswa dapat menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan .Siswa dapat mengklasifikasi benda-benda di lingkungan sekolah .Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya 4.Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka .Siswa dapar menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian .Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya .Siswa dapat mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok .Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami III. Bahasa Indonesia : . meliputi benda padat.Siswa dapat Mendata jumlah penduduk.Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya . IPS : . TUJUAN PEMBELAJARAN** 1. cair dan gas .Menjelaskan kegunaan benda plastik. dan kertas 4.Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama . IPA : .Melakukan operasi hitung campuran 5.Siswa dapat memberi contoh benda padat . IPA : . Matematika : . Matematika : .Siswa dapat menuliskan contoh benda cair .Siswa dapat Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan 2.Siswa dapat mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah .Siswa dapat menyebutkan contoh benda gas . kematian dan kelahiran di kelurahan Balonggede 3.Siswa dapat memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian 5.Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan .Siswa dapt Menyebutkan tempat kenampakan buatan .Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan.Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar . Bahasa Indonesia : . kayu.Siswa dapat Menyebutkan tempat kenampakan alam . PKn : .3.

Pemberian tugas .  Menceritakan pengalaman yang mengesankan. Informasi 2.  Memberikan tanggapan dan saran sederhana. Tanya jawab 4.  Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak. Diskusi 3.Siswa dapat menuliskan nama-nama tokoh dalam drama .Siswa dapat menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) IV. satu bangsa.  Menjelaskan isi teks. Matematika  Garis bilangan  Penjumlahan dan pengurangan  Perkalian dan pembagian  Uang  Alat ukur  Hubungan antar satuan waktu. PKn  Makna satu nusa. panjang dan berat. 5. Bahasa Indonesia. METODE PEMBELAJARAN 1.  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan. dan satu bahasa 2. . V. Demontrasi 5. IPS  Kerja sama di lingkungan rumah 3. IPA  Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.  Perubahan pada makhluk hidup  Sifat-sifat benda 4.Siswa dapat menjelaskan makna simbol . MATERI POKOK 1.

guru: Bahasa Indonesia  Siswa mendengarkan petunjuk bertelepon yang baik  Siswa menceritakan pengalamannya bertelepon  Guru menyuruh siswa mempraktekkan pemakaian telepon dengan menggunakan telepon mainan IPS  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai apa yang dilihat di lingkungan sekitar  Siswa mendiskusikan perbedaan kenampakkan alam dan kenampakkan buatan Matematika  Guru menerangkan penjumlahan tiga angka dan siswa disuruh mengerjakan soal  Guru mendemontrasikan pengurangan tiga angka dan siswa menyelesaikan soal . Kegiatan Inti Minggu I Pertemuan pertama : 6 X 35 menit (IPA. Kegiatan Awal Apresepsi:  Mengisi daftar kelas.  Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat. berdo’a . IPS. PKN. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN A. guru: IPA  Guru menerangkan pentingnya memelihara kesehatan lingkungan sekolah dan siswa memperhatikannya  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai ciri-ciri lingkungan yang sehat  Guru menyuruh siswa mempraktekan cara memelihara kesehatan lingkunga sekolah PKn  Guru menerangkan tentang makna satu Nusa satu Bangsa dan satu Bahasa dan siswa disuruh menerangkannya kembali  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang waktu pertama kali sumpah pemuda dibacakan  Guru menjelaskan tempat pertama kali dibacakan Sumpah Pemuda Matematika  Guru membagi siswa ke dalam enam kelompok  Guru membagikan lembar tugas pada tiap kelompok  Setiap kelompok mengerjakan lembar tugas mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai kelas 6 Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia. Matematika)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi.VI. Matematika)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. mempersiapkan materi ajar.  Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu B. model dan alat peraga.

IPA)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. PKn. Matematika) IPA  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai contoh benda yang terbuat dari plastik  Guru melakukan tanya jawab mengenai kegunaan benda yang terbuat dari plastik  Guru memberikan contoh benda yang terbuat dari kertas dan siswa menyebutkan contoh yang lain  Guru melakukan tanya jawab mengenai kegunaan benda yang rterbuat dari kertas PKn  Guru menjelaskan contoh pengamalan nilai-nilai sumpah pemuda  Siswa menyebutkan kembali contoh pengamalan nilai-nilai sumpah pemuda  Guru menyuruh siswa memberikan contoh kegiatan kepemudaan  Guru membagi siswa kedalam enam kelompok  Siswa mendiskusikan kegiatan kepemudaan mengenai tempat kegiatan dan kegiatan yang dilakukan Matematika  Guru memberikan contoh hitung campuran perkalian dan pembagian  Siswa mengerjakan soal hitung campuran perkalian dan pembagian . guru: Bahasa Indonesia  Siswa mendengarkan pembacaan naskah drama  Siswa mempraktekan pembacaan naskah drama  Guru menyuruh siswa mengungkapkan pendapatnya tentang isi teks drama yang didengarkan Matematika  Guru memberikan contoh hitung campuran penjumlahan dan pengurangan  Siswa mengerjakan soal hitung campuran penjumlahan dan pengurangan  Guru mendemontrasikan cara menggunakan kartu bilangan untuk menyelesaikan hitung campuran  Siswa melakukan permainan hitung campuran dengan menggunakan kartu-kartu bilangan IPA  Guru bersama siswa menyebutkan contoh benda-benda di lingkungan sekolah yang termasuk benda padat  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai benda cair yang berada di lingkungan sekolah  Guru menyebutkan sifat-sifat benda padat dan siswa menyebutkannya kembali  Guru menanyakan kepada siswa mengenai sifat-sifat benda cair Minggu II  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. Guru menyuruh siswa untuk melakukan pengurangan secara langsung membeli barang di warung Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia. Matematika. guru: Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA.

IPS. penjumlahan dan pembagian . pengurangan. guru: Bahasa Indonesia  Guru menyajikan teks drama dan mengintruksikan siswa membentuk kelompok sesuai dengan tokoh yang ada dalam teks drama  Guru meminta siswa membagi peran dan mempelajari peran kemudian memerankannya secara bergantian IPA  Guru memberikan contoh benda yang terbuat dari kayu  Siswa memberikan contoh benda yang terbuat dari kayu  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kegunaan benda yang terbuat dari kayu Matematika  Guru menjelaskan cara menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan hitung campuran penjumlahan. Guru mendemontrasikan cara menggunakan kartu bilangan untuk menyelesaikan hitung campuran  Siswa melakukan permainan hitung campuran dengan menggunakan kartu-kartu bilangan Ke Pertemuan dua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia. pengurangan dan perkalian  Menjelaskan soal cerita dengan menggunakan hitung campuran penjumlahan. dan perkalian  Siswa menyelesaikan soal cerita penjumlahan. IPA. Matematika)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. guru: Bahasa Indonesia  Guru menunjukkan gambar rambu-rambu lalu lintas  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai arti rambu-rambu lalu lintas  Guru mengintruksikan siswa menggambar salah satu rambu lalu lintas  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai arti rambu lalu lintas yang digambarnya IPS  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kelurahan  Guru mengajak siswa berkunjung ke kelurahan Balonggede  Guru memberikan tugas pada siswa untuk mencatat data jumlah penduduk mengenai kelahiran dan kematian di kelurahan Balonggede Matematika  Guru mendemontrasikan hitung campuran perkalian dan pembagian dalam soal cerita  Siswa mengerjakan hitung campuran perkalian dan pembagian dalam soal cerita  Guru menguji keterampilan siswa mengerjakan hitung campuran secara individu di papan tulis  Guru bertanya kepada siswa mengenai cara hitung campuran perkalian dan pembagian dengan dengan cepat Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia. perkalian dan pembagian  Siswa menyelesaikan soal cerita pembagian. Matematika)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi.

Buku Pendidikan Kewarganegaraan 2. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman.  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas. Koran dan majalah Alat Peraga 1.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. menganalisis. dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis. Benda padat dan cair . Teks drama 5.  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif. secara individual maupun kelompok. Buku Matematika 4.  memberi kesempatan untuk berpikir.  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis. Buku IPS 6. diskusi. menyelesaikan masalah. Gambar kenampakan alam 2. Buku Bahasa Indonesia 5. Contoh/tanda rambu-rambu lalu lintas 6. dan bertindak tanpa rasa takut. Gambar kenampakan buatan 3. Pesawat telepon mainan 7.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. guru:  Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan  Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan  Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan VII. Kegiatan Akhir Dalam kegiatan Akhir. Buku IPA 3. memberikan penguatan dan penyimpulan C. Gambar peristiwa alam 4. Kamus Bahasa Indonesia 7. ALAT DAN SUMBER BELAJAR Sumber Belajar 1. guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas- tugas tertentu yang bermakna.

Matematika : terbuat dari kertas dan Mencatat jumlah siswa kelas 1 kegunaannya sampai dengan kelas 6 pada 4. PKn : Menyebutkan waktu dan Tes lisan uraian Sebutkan waktu dan tempat tempat pertama kali Sumpah Tes tertulis isian pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan Pemuda dibacakan Menyebutkan tempat-tempat Sebutkan tempat-tempat yang yang digunakan untuk digunakan untuk kegiatan kegiatan kepemudaan kepemudaan 2. IPS : 2. kematian kelurahan Balonggede dan kelahiran di kelurahan 3. IPS : Menyebutkan tempat Sebutkan tempat kenampakan kenampakan alam alam Menyebutkan tempat Sebutkan tempat kenampakan kenampakan buatan buatan Mendata jumlah penduduk. Matematika : lembar tugas secara Ada berapakan jumlah siswa berkelompok kelas 1 sampai dengan kelas Menggunakan sifat operasi 6 pada lembar tugas secara .VIII. IPA : memelihara kesehatan Bagaimana cara melakukan lingkungan sekolah kegiatan untuk memelihara Mengklasifikasi benda-benda kesehatan lingkungan di lingkungan sekolah sekolah Memberi contoh benda padat Jelaskanlah benda-benda di Menuliskan contoh benda cair lingkungan sekolah Menyebutkan contoh benda Sebutkanlah contoh benda gas padat Mengidentifikasi benda-benda Tuliskan contoh benda cair di lingkungan sekolah Sebutkan contoh benda gas Menyebutkan benda-benda Jelaskanlah benda-benda di yang terbuat dari plastik dan lingkungan sekolah kegunaannya Sebutkan benda-benda yang Menyebutkan benda-benda terbuat dari plastik dan yang terbuat dari kayu dan kegunaannya kegunaannya Sebutkan benda-benda yang Menyebutkan benda-benda terbuat dari kayu dan yang terbuat dari kertas dan kegunaannya kegunaannya Sebutkan benda-benda yang 4. PENILAIAN Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Contoh Instrumen Instrumen 1. IPA : Balonggede Melakukan kegiatan untuk 3. PKn : 1. Bagaimana cara mendata kematian dan kelahiran di jumlah penduduk.

Aspek Kriteria Skor 1. Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Contoh Instrumen Instrumen hitung pertukaran dan sifat berkelompok ? pengelompokan untuk Bagaimana cara mempermudah perhitungan menggunakan sifat operasi perkalian dan pembagian hitung pertukaran dan sifat Memecahkan masalah yang pengelompokan untuk melibatkan perkalian dan mempermudah perhitungan pembagian perkalian dan pembagian 5. Aspek Kriteria Skor 1.  Kriteria Penilaian 1. Kerjasama * bekerjasama 4 * kadang-kadang kerjasama 2 * tidak bekerjasama 1 2. Lembar Penilaian . Produk ( hasil diskusi ) No. Konsep * semua benar 4 * sebagian besar benar 3 * sebagian kecil benar 2 * semua salah 1 2. Bahasa Indonesia : dalam drama Sebutkan tokoh-tokoh dalam Menjelaskan makna simbol drama Menjelaskan urutan kegiatan Tuliskan nama-nama tokoh lomba melalui gambar dalam drama Jelaskan makna simbol Jelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar  LKS  Lmbar observasi. Bahasa Indonesia : Bagaimana cara memecahkan Menyebutkan tokoh-tokoh masalah yang melibatkan dalam drama perkalian dan pembagian Menuliskan nama-nama tokoh 5. Partisipasi * aktif berpartisipasi 4 * kadang-kadang aktif 2 * tidak aktif 1 3. Performansi No.

19620829 198304 2 002 NIP. 3..………………2016 Kepala Sekolah SDN NO. S. ) ( WAGINAH ) NIP. Performan Jumlah No Nama Siswa Kerjasama Partisipasi Produk Nilai Skor 1..…. 010058 Bunut Guru Kelas III ( SUNARTI. 4. 5.Pd. . SD. 2. CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10. Mengetahui. Bunut.