RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) TEMATIK

Nama Sekolah : SDN NO. 010058 Bunut
Tema : Hiburan
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi Waktu : 2 minggu

I. STANDAR KOMPETENSI
I. PKn
1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
II. IPS
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan
Sekolah
III. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran
Membaca
3. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca
Dongeng
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi

IV. Matematika
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
V. IPA
1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang
mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan,
dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
3. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari

II. KOMPETENSI DASAR
1. PKn : - Mengenal makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
- Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-
hari

2. IPS : - Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
3. IPA : - Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
- Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat

Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka .Siswa dapat membaca peta dari rumah siswa ke SD Assalaam .Siswa dapat mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa. .Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran.Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan . warna.Menceritakan isi dongeng yang dibaca .Siswa dapat menulis isi teks Sumpah Pemuda . PKn : . bentuk.Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin .Siswa dapat menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari .Siswa dapat menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa . TUJUAN PEMBELAJARAN** 1. pemanasan dan diletakkan di udara terbuka 4.Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar III.Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan .Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan . satu bangsa dan satu bahasa 2. Bahasa Indonesia : .Menentukan letak bilangan pada garis bilangan . atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran.Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami .Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami . IPS : .Siswa dapat membaca denah rumah siswa dan SD Assalaam .Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat .Melakukan operasi hitung campuran 5.Siswa dapat membuat denah SD Assalaam dilengkapi dengan rencana penghijauan .Siswa dapat membuat peta dari rumah siswa ke SD Assalaam . Matematika : .

Siswa dapat mencatat petunjuk tentang permainan . IPA : .3.Siswa dapat membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran.Siswa dapat membaca puisi dengan penghayatan . dan diletakkan di tempat terbuka 4. pemanasan dan diletakkan di tempat terbuka .Siswa dapat mendengarkan petunjuk melakukan permainan . dan = .Siswa dapat mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran.Siswa dapat membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <.Siswa dapat menceritakan pengalaman pribadi yang menyenangkan . >.Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca .Siswa dapat membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar .Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kata- kata sendiri . Matematika : .Siswa dapat mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus .Siswa dapat menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat 5. Bahasa Indonesia : . pemanasan.Siswa dapat memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng yang dibacanya .Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya .Siswa dapat menjelaskan urutan cara melakukan suatu permainan .Siswa dapat membilang secara urut .Siswa dapat menulis puisi karangan sendiri .Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat .Siswa dapat melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) .Siswa dapat membuat tabel 10 x 10 .

Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) IV.  Menceritakan pengalaman yang mengesankan. IPA  Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup. Kegiatan Awal Apresepsi:  Mengisi daftar kelas. Bahasa Indonesia. PKN.  Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak. Informasi 2. PKn  Makna satu nusa. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN A. V. Demontrasi 5.  Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu B. Kegiatan Inti Minggu I Pertemuan pertama : 6 X 35 menit (IPA. panjang dan berat. berdo’a . mempersiapkan materi ajar. Pemberian tugas VI. model dan alat peraga.  Memberikan tanggapan dan saran sederhana.  Perubahan pada makhluk hidup  Sifat-sifat benda 4. 5.  Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan. MATERI POKOK 1. Diskusi 3. IPS  Kerja sama di lingkungan rumah 3. satu bangsa. METODE PEMBELAJARAN 1.  Menjelaskan isi teks. dan satu bahasa 2. Matematika)  Eksplorasi . Matematika  Garis bilangan  Penjumlahan dan pengurangan  Perkalian dan pembagian  Uang  Alat ukur  Hubungan antar satuan waktu. Tanya jawab 4.  Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.

guru: IPA  Setelah menyimak materi penggolongan hewan. siswa diminta menjelaskan cara pengelompokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki. penutup tubuh. Penumpukkan sampah dinmana-mana.m. Para remaja sedang berlatih cara membalut luka 2. Apa akibatnya bagimu?  Hasil diskusi dituliskan pada selembar kertas . Sampah dikumpulkan untuk diolah 2. Mengapa banjir seperti pada gambar bisa terjadi? 2. Sampah di sungai 3.dm dan cm  Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang  Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang Bahasa Indonesia  Guru membacakan petunjuk cara menjaga kebersihan kelas  Siswa diminta menyampaikan penjelasan cara menjaga kebersihan kelas  Guru menyuruh siswa menjawab pertanyaan yang diajukan IPS  Mengajak siswa untuk mengamati gambar : 1. Bagaimana cara mereka menolong korban? 3. PKn  Mengajak siswa untuk memperhatikan gambar : 1. Apa akibatnya jika menolong korban dilakukan sendiri? Matematika  Tanya jawab tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter  Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya  Membahas cara membulatkan suatu bilangan  Mendiskusikan hubungan satuan km. jenis makanannya.Dalam kegiatan eksplorasi. cara bergerak. Siapa saja yang ditolong oleh PMR? 2.  Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok. Apa yabg akan kamu lakukan untuk mencegah agar bencana banjir tidak terjadi?  Melakukan tanya jawab dan diskusi dengan siswa dengan memberikan pertanyaan 1. dan tempat hidupnya. Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel. Pertanyaan sebagai berikut : 1. Bila pernah apa penyebabnya? 3. Pernakah di daerahmu terjadi banjir? 2. Para remaja sedang menolong korban banjir  Dilanjutkan dengan melakyukan tanya jawab dengan siswa mengenai gambar- gambar yang telah diamatinya. karena tidak ada TPA  Mengajak siswa untuk mengamati gambar-gambar banjir di Bandung Setelah pengamatan ini dilanjutkan tanya jawab dengan memberikan pertanyaan sebagai berikut : 1. setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka.

Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel. cara bergerak. jenis makanannya.Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia.m. siswa diminta menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki. guru: Bahasa Indonesia  Siswa mendengarkan pembacaan naskah drama  Siswa mempraktekan pembacaan naskah drama  Guru menyuruh siswa mengungkapkan pendapatnya tentang isi teks drama yang didengarkan Matematika  Tanya jawab tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter  Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya  Membahas cara membulatkan suatu bilangan . dan tempat hidupnya. penutup tubuh. memisahkan antara sampah kering dan sampah besar kemudian menguburkan sampah basah tersebut b.  Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok. IPS. Matematika)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. Kelompok satu : mengumpulkan sampah yang ada di lingkungan sekolah. Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia. Matematika.dm dan cm  Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang  Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang IPA  Setelah menyimak materi penggolongan hewan. Kelompok dua : Menanam pohon di sekolah Membebaskan siswa untuk memilih tanaman yang akan ditanam dan memotivasi siswa agar selalu merawat tanaman tersebut Matematika  Tanya jawab tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter  Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya  Membahas cara membulatkan suatu bilangan  Mendiskusikan hubungan satuan km. IPA)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka. guru: Bahasa Indonesia  Guru membacakan cerita yang berjudul meniru yang baik  Guru menyuruh siswa menyebutkan tokoh-tokoh dari cerita yang didengarnya  Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru IPS  Membagi siswa menjadi dua kelompok untuk melakukan praktek kesadaran lingkungan  Mengajak siswa untuk mempersiapkan alat-alat kebersihan a.

Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel. Hasil pengamatan dimasukkan ke dalam tabel Minggu II Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA. dan tempat hidupnya.  Mendiskusikan hubungan satuan km. jenis makanannya. jenis makanannya. cara bergerak. guru: IPA  Setelah menyimak materi penggolongan hewan. Matematika)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. siswa diminta menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki. PKn  Mempraktekkan cara membalut luka  Mempraktekkan cara menolong kecelakaan/mushibah Matematika  Tanya jawab tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter  Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya  Membahas cara membulatkan suatu bilangan  Mendiskusikan hubungan satuan km.  Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok. IPS. PKn. Matematika) Bahasa Indonesia  Guru menunjukkan gambar rambu-rambu lalu lintas  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai arti rambu-rambu lalu lintas  Guru mengintruksikan siswa menggambar salah satu rambu lalu lintas  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai arti rambu lalu lintas yang digambarnya IPS  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kelurahan  Guru mengajak siswa berkunjung ke kelurahan Balonggede  Guru memberikan tugas pada siswa untuk mencatat data jumlah penduduk mengenai kelahiran dan kematian di kelurahan Balonggede . penutup tubuh.dm dan cm  Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang  Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang Pertemuan ke dua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia. setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka.m. dan tempat hidupnya. setiap kelompok diminta mengamati ciri-ciri berbagai hewan disekitar mereka.m. penutup tubuh. siswa diminta menjelaskan cara penegeloimpokkan hewan yaitu berdasarkan persamaan ciri misalnya jumlah kaki.dm dan cm  Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang  Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang IPA  Setelah menyimak materi penggulongan hewan. cara bergerak.  Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok.

m. lingkungan sehat  Guru menyuruh siswa melengkapi kalimat sesuai dengan gambar  Guru menyuruh siswa untuk memberikan saran terhadap kedua gambar tersebut IPA  Meminta siswa mengmti photo seorang anak dari usia balita hingga dewasa. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi kesehatan anak? 4.dm dan cm  Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang  Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang Pertemuan keempat 4 x 35 menit (Bahasa Indonesia. Matematika  Tanya jawab tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter  Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya  Membahas cara membulatkan suatu bilangan  Mendiskusikan hubungan satuan km. Matematika)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi.dm dan cm  Memberikan trik yang cepat hubungan antar satuan panjang  Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan panjang Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia. guru: Bahasa Indonesia  Guru memberikan dua buah gambar : 1.m. IPA. guru: Bahasa Indonesia Aspek Menulis  Guru memberikan tiga buah gambar seri . Matematika)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. siswa diminta menjelaskan perubahan yang terjadi dari usia balita hingga dewasa  Secara kuantitatif guru dapat menunjukkan grafik di dalam KMS. Permasalahan yang perlu didiskusikan : 1. Pola makan bagaimana yang paling baik agar tumbuh sehat? Setelah diskusi siswa diminta mengungkapkan pendapatnya. Bagaimana pertumbuhan anak yang sakit? 2.Matematika  Tanya jawab tentang satuan panjang yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya meter  Membimbing siswa untuk mengukur tinggi badan teman-temannya  Membahas cara membulatkan suatu bilangan  Mendiskusikan hubungan satuan km. Guru meminta siswa menyerahkan KMS yang dibawa siswa. Bagaimana pertumbuhan anak yang sehat? 3. lingkungan kotor 2. kemudian guru menggambarkan grafik tinggi dan berat badan seperti yang ada di dalam KMS siswa  Siswa diminta mencari informasi tentang bermacam-macam vitamin dan bahan makanan yang mengandung vitamin tersebut  Berdiskusi tentang pertumbuhan dua orang anak yang berbeda tingkat kesehatannya.

dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. Pertemuan kelima 2 x 35 menit (Matematika)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi.  memberi kesempatan untuk berpikir. ons. ons. dan bertindak tanpa rasa takut. menganalisis.  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas. menyelesaikan masalah. gram)  Memberikan trik cepat hubungan antar satuan berat  Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan berat. Guru menyuruh siswa untuk membuat kalimat sesuai dengan gambar  Kemudian siswa menyusun karangan berdasarkan gambar  Siswa mengurutkan tiga buah gambar seri menjadi sebuah paragraf Matematika  Mengajak siswa menyebutkan alat ukur berat dalam kehidupan sehari-hari  Dengan teman sebangku pergantian mengukur berat badan  Mendiskusikan hubungan antar satuan berat (kg.  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis. guru: Matematika  Mengajak siswa menyebutkan alat ukur berat dalam kehidupan sehari-hari  Dengan teman sebangku pergantian mengukur berat badan  Mendiskusikan hubungan antar satuan berat (kg. gram)  Memberikan trik cepat hubungan antar satuan berat  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. diskusi. ons. gram)  Memberikan trik cepat hubungan antar satuan berat  Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan satuan berat. guru:  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas- tugas tertentu yang bermakna. Pertemuan keenam 2 x 35 menit ( Matematika)  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi.  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif. guru: Matematika  Mengajak siswa menyebutkan alat ukur berat dalam kehidupan sehari-hari  Dengan teman sebangku pergantian mengukur berat badan  Mendiskusikan hubungan antar satuan berat (kg. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa . secara individual maupun kelompok.

IPS : bangsa dan satu bahasa Menjelaskan manfaat denah 2. IPA : berdasarkan bunganya Bagaimana caranya golongkan Membedakan kondisi lingkungan tumbuhan berdasarkan sehat dan tidak sehat melalui bunganya gambar Bedakan kondisi lingkungan Mendemonstrasikan adanya sehat dan tidak sehat melalui perubahan sifat pada benda gambar akibat pembakaran.  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. PENILAIAN Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Contoh Instrumen Instrumen 1. satu Diskusikan cara kita bangsa dan satu bahasa mengamalkan satu nusa. IPS : dalam kehidupan sehari-hari Jelaskan manfaat denah dalam Membuat denah SD Assalaam kehidupan sehari-hari dilengkapi dengan rencana Buatkanlah denah SD YPBK penghijauan dilengkapi dengan rencana Membuat denah rumah siswa penghijauan dengan menentukan arah mata Buatkanlah denah rumah siswa angin dengan menentukan arah mata Membaca denah rumah siswa dan angin SD Assalaam Bacakanlah denah rumah siswa  Membuat peta dari rumah siswa dan SD Assalaam ke SD Assalaam Buatkanlah peta dari rumah Membaca peta dari rumah siswa siswa ke SD Assalaam ke SD Assalaam Bacakanlah peta dari rumah 3. PKn :   1. satu 2. guru:  Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan  Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan  Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan VIII. memberikan penguatan dan penyimpulan A. Kegiatan Akhir Dalam kegiatan Akhir. pemanasan dan dan sesudah mengalami diletakkan di tempat terbuka . pemanasan Jelaskanlah adanya perubahan dan diletakkan di tempat terbuka sifat pada benda akibat Membandingkan benda sebelum pembakaran. IPA : siswa ke SD Assalaam Menggolongkan tumbuhan 3. PKn : Menulis isi teks Sumpah Pemuda Tes lisan uraian Tuliskanlah isi teks Sumpah Menyanyikan lagu Satu Nusa Tes isian Pemuda Satu Bangsa tertulis Nyanyikan lagu Satu Nusa Satu Mendiskusikan cara kita  Bangsa mengamalkan satu nusa.

Bahasa Indonesia : melakukan permainan Jelaskanlah petunjuk melakukan Mencatat petunjuk tentang permainan permainan Buatkanlah petunjuk tentang Menceritakan pengalaman permainan pribadi yang menyenangkan Ceritakan pengalaman pribadi Menjelaskan urutan cara yang menyenangkan melakukan suatu permainan Jelaskanlah urutan cara Membaca puisi dengan melakukan suatu permainan penghayatan Bacakanlah puisi dengan Menyebutkan nama dan sifat penghayatan tokoh dari dongeng yang dibaca Sebutkan nama dan sifat tokoh Menceritakan kembali isi dari dongeng yang dibaca dongeng dengan kata-kata Ceritakan kembali isi dongeng sendiri dengan kata-kata sendiri Memberi saran tentang sifat Jelaskanlah tentang sifat tokoh tokoh dari dongeng yang dari dongeng yang dibacanya dibacanya Bagaimana cara melengkapi Melengkapi kalimat dengan kata kalimat dengan kata yang tepat yang tepat Tuliskanlah puisi karangan Menulis puisi karangan sendiri sendiri Melengkapi kalimat berdasarkan Bagaimana cara melengkapi gambar dalam puisi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi LKS Lmbar observasi. >. dan Bandingkan benda sebelum dan diletakkan di tempat terbuka sesudah mengalami 4. >. Bahasa Indonesia : cepat Mendengarkan petunjuk 5. Matematika : bilangan dengan simbol <.  Kriteria Penilaian . Matematika : pembakaran. dan Membilang secara urut diletakkan di tempat terbuka Membandingkan dua buah 4. Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Bentuk Contoh Instrumen Instrumen pembakaran. dan = pembagian sampai dengan Jelaskanlah perkalian dan seratus pembagian sampai dengan Membuat tabel 10 x 10 seratus Menghitung perkalian dan Buatkanlah tabel 10 x 10 pembagian oleh 2 dan 10 secara Hitungkan perkalian dan cepat pembagian oleh 2 dan 10 secara 5. Jelaskanlah bilangan secara urut dan = Bandingkan dua buah bilangan Mengingat perkalian dan dengan simbol <. pemanasan. pemanasan.

4.………………2016 Kepala Sekolah SDN NO. 3.Pd. Aspek Kriteria Skor 1. S. Lembar Penilaian Performan Jumlah No Nama Siswa Kerjasama Partisipasi Produk Nilai Skor 1.. 19620829 198304 2 002 NIP. . Bunut. Kerjasama * bekerjasama 4 * kadang-kadang kerjasama 2 * tidak bekerjasama 1 2. Produk ( hasil diskusi ) No. Aspek Kriteria Skor 1.…. SD. CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10. 010058 Bunut Guru Kelas III ( SUNARTI. Konsep * semua benar 4 * sebagian besar 3 benar 2 * sebagian kecil 1 benar * semua salah 2. 5..1. Performansi No. ) ( WAGINAH ) NIP. 2. Partisipasi * aktif berpartisipasi 4 * kadang-kadang aktif 2 * tidak aktif 1 3. Mengetahui.