LAPORAN WALKING SEMINAR

Tanggal Metaplan : 16 Mei 2017
Kelompok : 9 (Program Promosi Kesehatan)
Anggota Kelompok : 1. Ifititah Shofiyati 101511133160
2. Andiyana Nur Wulan 101511133163
3. Ainun Jaria 101511133166
4. Wanda Widya Wisesa 101511133169
5. Hirda Ulis Fitriani 101511133172
6. Luluk Lady Laily 101511133175
Kelas : IKM C 2015
Nama Puskesmas : Puskesmas Tanah Kali Kedinding
Konsep Pendekatan : Precede - Proceed
Tujuan Metaplan :
1. Untuk mendapatkan informasi terkait indikator PHBS rumah tangga yang
belum tercapai di wilayah kerja Puskesmas Tanah Kali Kedinding
2. Untuk mendapatkan informasi terkait faktor penyebab masalah (Indikator
PHBS rumah tangga yang belum tercapai)
3. Untuk mendapatkan informasi mengenai program yang telah berjalan
terkait masalah (Indikator PHBS yang belum tercapai)
4. Untuk mendapatkan informasi mengenai upaya rekomendasi yang
diinginkan oleh masyarakat mengenai indikator PHBS rumah tangga yang
belum tercapai.
Sasaran Metaplan : Ibu Kader Puskesmas Tanah Kali Kedinding Kelurahan
Tanah Kali Kedinding

1. Gambaran Umum Puskesmas Tanah Kalikedinding
UPTD Puskesmas Tanah Kalikedinding adalah Puskesmas yang terletak di
wilayah Kecamatan Kenjeran, dengan wilayah kerja satu kelurahan yakni
kelurahan Tanah Kalikedinding yang terdiri dari 12 Rukun Warga dan 142 Rukun
Tetangga. Semua wilayah kerja puskesmas merupakan daerah dataran rendah
jumlah penduduk sekitar 58.907 jiwa.

1

UPTD Puskesmas Tanah Kalikedinding memberikan pelayanan rawat jalan pagi dan sore hari serta rawat inap persalinan dan rawat inap umum 24 jam dengan 14 tempat tidur. 1 (satu) orang co fasilitator. Tanah Merah V yang memberikan pelayanan rawat jalan pagi hari. indikator manakah yang belum tercapai? No. Namun pelaksanaan kegiatan metaplan kurang kondusif dikarenakan kegiatan metaplan dilakukan bersamaan dengan pembagian uang PMT untuk ibu-ibu kader. Pelayanan yang dilakukan di Pustu Tanah Merah adalah pelayanan medis dasar. 3. berikut hasil diskusi berupa pertanyaan beserta jawaban dari peserta: a. 2 (dua) orang notulen. Gambaran Peserta Metaplan Metaplan adalah kegiatan diskusi untuk menggali ide atau pendapat masyarakat tentang suatu masalah dan membangun komitmen pendapat atas hasil individu sebagai keputusan kelompok secara bertahap. Dari 10 indikator PHBS rumah tangga. Kegiatan metaplan yang diadakan pada tanggal 16 Mei 2017 dihadiri oleh 12 peserta yang terdiri dari ibu-ibu kader Puskesmas Tanah Kalikedinding di Aula Puskesmas Tanah Kalikedinding. Mayoritas peserta sudah paham dan hafal terkait 10 indikator PHBS rumah tangga dengan baik. Dalam pelaksanaan metaplan terdapat 1 (satu) orang fasilitator yang memfasilitasi jalannya metaplan. Kegiatan metaplan berjalan dengan lancar dan mendapat respon yang baik dari peserta metaplan. Indikator Jumlah Jawaban 1) Tidak merokok dalam rumah 10 2) Menggunakan jamban sehat 5 3) Makan buah dan sayur setiap hari 3 4) Membuang sampah sembarangan 5 2 . UPTD Puskesmas Tanah Kalikedinding mempunyai 1 puskesmas pembantu yang terletak di jl. Peserta metaplan aktif dalam menjawab pertayaan yang diajukan oleh fasilitator. Peserta diskusi metaplan dapat terdiri dari 8-12 orang. Surabaya. dan 1 (satu) orang pada bagian dokumentasi. 2. Kecamatan Kenjeran. Hasil Metaplan Berdasarkan diskusi metaplan yang telah diadakan.

Menurut Anda apakah saran yang dapat diberikan untuk mengatasi perilaku merokok? No. Tetapi 3 .b. yaitu berupa penyuluhan tentang bahaya merokok. Sudah ada program dari puskesmas terkait perilaku merokok di dalam rumah. Tetapi faktor yang menjadi penyebab utama adalah hobi. Saran Jumlah Jawaban 1) Disarankan agar tidak merokok kembali 6 2) Disediakan tempat khusus merokok 4 3) Harus sadar bahwa rokok itu berbahaya 2 4) Pabrik rokok ditutup 2 5) Memperbanyak makanan sehat (sayur dan 1 buah) Berdasarkan hasil diskusi tersebut dapat disimpulkan bahwa: a. kurang pengetahuan. Faktor Jumlah Jawaban 1) Hobi 5 4) Lingkungan 3 5) Kurang pengetahuan 2 6) Harga terjangkau 2 c. lingkungan. berupa penyuluhan tentang 5 bahaya merokok 2) Belum ada 3 d. Terdapat empat faktor yang menyebabkan merokok di dalam rumah. Program Jumlah Jawaban 1) Sudah ada. Apakah sudah terdapat program dari puskesmas yang berhubungan dengan perilaku merokok di masyarakat? No. c. dan harga rokok yang terjangkau. yaitu: hobi. Apa saja faktor yang menyebabkan orang merokok dalam rumah? No. b. Indikator PHBS rumah tangga yang belum tercapai adalah perilaku merokok di dalam rumah.

Terdapat lima saran yang diberikan terkait perilaku merokok yaitu: 1) Disarankan agar tidak merokok kembali 2) Disediakan tempat khusus merokok 3) Harus sadar bahwa rokok itu berbahaya 4) Pabrik rokok ditutup 5) Memperbanyak makanan sehat seperti sayur dan buah 4. Hasil Walking Seminar Walking Seminar dilakukan pada hari Rabu. Evaluasi 1) Kelompok kami belum menggunakan kalimat pertanyaan yang spesifik pada pertanyaan nomor 2. 4 . distribusi informasi program tidak merata.20- 20. sehingga terdapat masyarakat yang belum mengetahui program tersebut. dengan sasaran yang dituju adalah orang yang berpengaruh dalam suatu keluarga. yaitu pada kalimat “solusi perilaku merokok pada masyarat” seharusnya diganti menjadi “solusi yang dapat dilakukan untuk masyarakat yang merokok didalam rumah”. Berikut ini hasil yang didapatkan oleh kelompok 9.30 WIB di RK 1 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.”. Solusi Pada Walking Seminar tersebut diadakan pembahasan mengenai hasil metaplan yang telah dilakukan oleh kelompok kami. 2) Kelompok kami belum menggunakan kalimat pertanyaan yang spesifik pada pertanyaan nomor 4. Kelompok kami mendapat saran dari kelompok 6 berupa solusi terkait masalah perilaku merokok dalam rumah: 1) Melakukan edukasi untuk keluarga terkait perilaku merokok dan bahanyanya. yaitu pada kalimat “faktor penyebab masyarat merokok” seharusnya diganti menjadi “faktor masyarakat merokok didalam rumah”. d. 31 Mei 2017 pukul 18. 2) Pembentukan kelompok anti rokok yang terdiri dari remaja untuk mencegah perilaku merokok dalam rumah. b. a.

Peserta metaplan memiliki pemahaman yang kurang terkait program puskesmas yang berhubungan dengan perilaku merokok. Peserta metaplan dapat memaparkan solusi untuk mengurangi perilaku merokok dengan baik. Kesimpulan Berdasarkan pemaparan hasil metaplan.5. peserta metaplan memiliki pemahaman yang cukup mengenai indikator PHBS rumah tangga Hal tersebut terlihat dari jawaban peserta metaplan yang cukup baik. Peserta metaplan rata-rata juga menganggap hobi adalah faktor utama yang menyebabkan seseorang merokok. karena terdapat beberapa peserta yang masih belum mengetahui program tersebut. meskipun terdapat beberapa solusi yang kurang relevan. Peserta metaplan rata-rata menjawab indikator PHBS rumah tangga yang belum tercapai adalah perilaku merokok di dalam rumah. 5 .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.