TUGAS KONSERVASI 2

“PERBEDAAN PULPITIS REVERSIBLE DAN IRREVERSIBLE”

Oleh:

Ramadhani
2014-11-140

Kelas C

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo
Tahun Ajaran 2016/2017

Pulpitis reversibel dapat ditimbulkan oleh stimulus. yaitu lanjutan dari pulpitis reversible. ringan hingga sedang. Pulpitis irreversible merupakan inflamasi parah yang tidak bisa pulih walaupun penyebabnya dihilangkan. thermal+ b. setempat. Apabila penyebabnya telah dihilangkan. kavitas kering atau dehidrasi Pulpitis Irrevesible. Nyeri pulpitis irreversible ini dapat tajam(persisten). atau difus (menyebar) dan dapat berlangsung hanya beberapa menit atau berjam- jam. Pulpitis reversibel dapat disebabkan karena adanya trauma oklusi. Tes vitalitas: thermal +.) Asimptomatik : gejala asimtomatik dapat disebabkan oleh karies yang baru mulai (karies email) dan normal kembali setelah karies dihilangkan dan gigi direstorasi dengan baik. Tes vitalitas sondase +. inflamasinya akan pulih kembali dan pulpa akan kembali normal. PULPITIS REVERSIBEL a. perkusi - Perawatan Asimtomatik: Karena karies hanya sampai email maka perawatannya yang tepat adalah Filling Simtomatik: Karena pada simtomatik karies sudah mencapai dentin maka perawatan yang dibutuhkan adalah Pulp caping / Filling karena untuk mencegah karies berlanjut sampai pulpa . tumpul. adanya bakteri penyebab karies. Cepat atau lambat pulpa akan menjadi nekrosis.Pulpitis reversibel merupakan suatu kondisi inflamasi pulpa yang tidak parah.) Simtomatik: rasa sakit tajam dan dan hanya sebentar (karies dentin) lebih sering disebabkan karena oleh minuman yang dingin timbulnya juga tidak spontan dan bila penyebab dihilangkan maka rasa sakit pun akan hilang.

Bila karies tidak diambil.Pulpitis reversibel dapat memburuk menjadi pulpitis irreversibel.Pasien dapat melukiskan rasa sakit sebagai menusuk. tajam-menusuk. atau menyentak-nyentak. dan umumnya adalah parah. Pulpitis irreversibel dapat disebabkan oleh suatu stimulus berbahaya yang berlangsung lama seperti misalnya karies. .” . perubahan inflamasi di dalam pulpa akan meningkat keparahannya jika kerusakan mendekati pulpa.Keterlibatan bakteri pulpa melalui karies. tanpa penyebab yang jelas. Gejala-gejala Pada tingkat awal pulpitis irreversibel. mungkin juga menyebabkan pulpitis. PULPITIS IRREVERSIBEL Gangguan ini mempunyai tingkatan inflamasi kronis dan akut di dalam pulpa. termal. “Rasa sakit biasanya tetap berlangsung meski penyebabnya dihilangkan. tekanan makanan yang masuk ke dalam kavitas atau pengisapan yang dilakukan oleh lidah atau pipi . Sebab-sebab Sebab paling umum pulpitis irreversibel adalah . atau mekanis yang telah disebut sebagai penyebab penyakit pulpa. bahan makanan manis atau masam . suatu paroksisme rasa sakit dapat disebabkan oleh hal- hal berikut : . Rasa sakit dapat sebentar-sebentar atau terus-menerus tergantung pada tingkat keterlibatan pulpa dan tergantung pada hubungannya dengan ada tidaknya suatu stimulus eksternal. sikap berbaring yang menyebabkan kongesti pembuluh darah pulpa. dan dapat datang dan pergi secara spontan. Bila karies menembus dentin dapat menyebabkan respon inflamasi kronis. kimiawi. meskipun faktor klinis.

Perawatan yang dipilih pulp caping / filling Pulpitis Irreversible: karies dalam sampai pulpa tes.Bila pulpa tidak terbuka oleh proses karies. . PSA KESIMPULAN Pulpitis reversible: 1. Perawatan . Pulpektomi .Waktu mencapai jalan masuk ke lubang pembukaan akan terlihat suatu lapisan keabu-abuan yang menyerupai buih meliputi pulpa terbuka dan dentin sekitarnya. perkusi -. Probing ke dalam daerah ini tidak menyebakan rasa sakit pada pasien hingga dicapai daerah pulpa yang lebih dalam. mungkin memperlihatkan suatu kavitas proksimal yang secara visual tidak terlihat. . atau mungkin memberi kesan keterlibatan suatu tanduk pulpa. PSA . sondase+.) simtomatik(ada keluhan) karies sampai dentin tes thermal +.Diagnosis .)Asimtomatik (tanpa keluhan): karies hanya pada email tes thermal +. thermal + Perawatan pulpektomi. karies di bawah suatu tumpatan. Pada tingkat awal pulpitis irreversibel. Perawatan yang dipilih Filling 2. . Suatu radiografi dapat juga menunjukkan pembukaan pulpa. bila pulpa terbuka. dapat terlihat sedikit nanah jika dicapai jalan masuk ke kamar pulpa. atau suatu kavitas dalam atau tumpatan mengancam integritas pulpa. Hasil pemeriksaan untuk tes mobilitas. dapat bereaksi secara normal. Pada tingkat belakangan. Sakit berdenyut. Pemeriksaan radiografik mungkin tidak menunjukkan sesuatu yang nyata yang belum diketahui secara klinis..Pemeriksaan biasanya menemukan suatu kavitas dalam yang meluas ke pulpa atau karies di bawah tumpatan. Pada tingkat ini dapat terjadi sakit dan perdarahan. tes termal dapat mendatangkan rasa sakit yang bertahan setelah penghilangan stimulus termal. perkusi dan palpasi adalah negatif.Pulpa sudah terbuka.