AL HUDA

Jetis Kutosari Kebumen
Selamat Datang di Website Pondok Pesantren Al Huda Jetis Kutosari Kebumen

Anda disini: Beranda Taushiyah Pengasuh Terjemah Kitab Safinatunnajah Bagian 1

Terjemah Kitab Safinatunnajah Bagian 1
Diperbarui pada Kamis, 11 Juli 2013 21:57 | | | Dilihat: 13617

Halaman ini berupa terjemah kitab Safinatunnajah. Kitab ini dibacakan oleh pengasuh pon pes
Al Huda Jetis, KH Wahib Machfudz di bulan Ramadlan 1433 H/2012 M setiap ba'da shalat
Shubuh. Untuk mengetahui lebih jauh tentang penulis dan kehebatan kitab Safinah silahkan klik
di sini.

‫ سالم بن سمير الحضرمي‬: ‫للشيخ العالم الفاضل‬

‫على مذهب المام الشافعي‬

‫نفعنا ا بعلومه آمين‬

‫ لكل جعلنا منكم شرعة ومنهاجا ا‬: ‫قال ا تعالى‬

Matan kitab Safinatunnajah (bahtera keselamatan), yang membahas masalah fikih dan
ushuluddin. Oleh Syekh al Alim Al Fadhil Salim bin Sumair Hadromi.

Hari pertama - hari ke 5 Ramadlan 1433 H (21 - 25 Juli 2012)

‫بسم ا الرحمن الرحيم‬

‫ وصلى ا وسلم على سيدنا محمد خاتم‬،‫ وبه نستعين على أمور الدنيا والدين‬، ‫الحمد ل رب العالمين‬
‫ ولحول ول قوة إل بال العلي العظيم‬، ‫واله وصحبه أجمعين‬، ‫النبيين‬

(Muqaddimah)

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

yaitu: 1. Beriman kepada sekalian Mala’ikat 3. sahabat sekalian. ‫ و‬، ‫ وإيتاء الزكاة‬، ‫ شهادة أن لإله إلا وأن محمد رسول ا وإقام الصلة‬: ‫ أركان السلم خمسة‬.Segala puji hanya milik Allah Tuhan semesta alam. 5. Shalawat serta salamNya semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW yang menjadi penutup para nabi. 3. 4. Beriman dengan segala kitab-kitab suci. yaitu: 1. Fasal Dua / Aqidah Rukun iman ada enam. 2.‫فصل‬ ‫تعالى‬ ‫ لمعبود بحق في الوجود إل ا‬: ‫ ومعنى لإله إلا‬. . Tiada kekuatan sedikitpun untuk melakukan ibadah dan menghindar dari perbuatan maksiat kecuali hanya dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Perkasa. Beriman kepada Alloh Subhaanahu wa Ta'aala. Menunaikan zakat. Mendirikan sholat (lima waktu).‫فصل‬ ‫ وحج البيت من استطاع إليه سبيل‬، ‫صوم رمضان‬ ‫ وبالقدر خيره وشره من ا‬، ‫ وباليوم الخر‬، ‫ وكتبه‬،‫ وملئاكته‬، ‫ أن تؤمن بال‬:‫ أركان اليمان ستة‬. Bersaksi bahwa sesungguhnya tiada ada tuhan yang berhak disembah dalam kenyataan kecuali Allah Subhaanahu wa Ta'aala dan bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad Sholalloohu 'Alayhi wa Sallam adalah utusanNya. 2. juga terhadap keluarga. dan hanya kepadaNya kita memohon pertolongan atas segala perkara dunia dan akhirat.‫فصل‬ Bab I AQIDAH Fasal Satu / Aqidah Rukun Islam ada lima perkara. Puasa Ramadhan. Ibadah haji ke baitullah bagi yang telah mampu melaksanakannya.

Beriman dengan ketentuan baik dan buruknya dari Alloh Subhaanahu wa Ta'aala. 2. yaitu: 1. Beriman dengan hari kiamat. 6. (atau sebuah batu yang mempunyai tiga bagian/sisi) 2. 3.‫فصل‬ ‫ و الحيض في النثى لتسع سنين‬، ‫سنين‬ BAB II THAHARAH (BERSUCI) Fasal Satu / Thaharah Tanda-tanda baligh (mencapai usia remaja) seseorang ada tiga. Mensucikan tempat keluar najis dengan batu tersebut. 4. yaitu: 1. 3. Keluar darah haidh sesudah berumur sembilan tahun (khusus bagi perempuan) NB: Hitungan tahun yang dimaksud di sini adalah tahun hijriyah bukan tahun masehi ،‫ ول ينتقل‬،‫ وأن ل يجف النجس‬،‫ وأن ينقي المحل‬،‫ أن يكون بثلثة أحجار‬:‫ شروط إجزاء الجحججرر ثمانية‬. Najis tersebut tidak kering. yaitu: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah dalam kenyataan selain Alloh ‫ والحتلم في الذكر والنثى لتسع‬، ‫ تمام خمس عشرة سنه في الذكروالنثى‬: ‫ علمات البلوغ ثلثا‬.‫فصل‬ ‫ وأن تكون الحجار طاهرة‬،‫ ول يصيبه ماء‬،‫ ول يجاوز صفحته وحشفته‬،‫ول يطرأ عليه آخر‬ Fasal Dua / Thaharah Syarat boleh menggunakan batu untuk beristinja ada delapan. . Menggunakan tiga buah batu. 5. Genap berumur lima belas tahun bagi seorang laki-laki dan perempuan. Beriman dengan sekalian Rosul-rosul. Fasal Tiga / Aqidah Adapun arti “La ilaha illah”. Bermimpi (junub) bagi laki-laki dan perempuan ketika melewati umur sembilan tahun.

5.‫فصل‬ ‫ والماء الكثير ل يتنجس إل إذا تغيرطعمه أو لونه أو ريحه‬. Tempat istinja tersebut tidak terkena benda yang lain sekalipun tidak najis. Najis tersebut tidak berpindah. ‫يتغير‬ Fasal Lima / Taharah . Membasuh kedua kaki serta kedua mata kaki 6. Niat. Tertib (berurutan) ‫ ووقتها عند غسل أول جزء من‬، ‫ ومحلها القلب والتلفظ بها سنة‬، ‫ قصد الشيء مقترنا بفعله‬: ‫ النية‬. 6. Membasuh muka 3. Membasuh kedua tangan serta kedua siku.‫فصل‬ ‫ والترتيب أن ل يقدم عضو على عضو‬، ‫الوجه‬ Fasal Empat / Taharah Niat adalah menyengaja suatu (perbuatan) bersamaan dengan melakukan bentuk suatu perbuatan tersebuat.‫فصل‬ ‫الترتيب‬: ‫ السادس‬، ‫ غسل الرجلين مع الكعبين‬: ‫ الخامس‬، ‫مسح شيء من الرأس‬ Fasal Tiga / Thaharah Rukun wudhu ada enam. Menyapu sebagian kepala. Niat tempatnya d idalam hati. : ‫ الرابع‬، ‫ غسل اليدين مع المرفقين‬:‫ الثالث‬، ‫ غسل الوجه‬: ‫ الثاني‬، ‫النية‬:‫ الول‬:‫ فروض الوضوء ستة‬. 8. Najis tersebut tidak terkena air . 4. yaitu: 1. 2. 7. Najis tersebut tidak berpindah tempat istinja (lubang kemaluan belakang dan kepala kemaluan depan) . 4. 5. Adapun tertib yang dimaksud adalah tidak mendahulukan satu anggota terhadap anggota yang lain (sebagaimana yang telah tersebut) ‫ القليل يتنجس بوقوع النجاسة فيه وإن لم‬. Batu tersebut suci. Adapun mengucapkan lafadz niat tersebut hukumnya sunnah. dan waktu niat wudlu ketika pertama membasuh sebagian muka.‫ والكثير قلتان فأكثر‬، ‫ القليل مادون القلتين‬: ‫ الماء قليل وكثير‬.

3. rasa atau baunya. sekalipun tidak berubah. .syarat wudhu ada sepuluh. Keluar darah nifas (darah yang keluar setelah melahirkan). Keluar darah haidh (datang bulan). Melahirkan. Keluar air mani. Mati selain mati syahid ‫ وتعميم البدن بالماء‬، ‫ النية‬: ‫ فروض الغسل اثنان‬. ‫ والنقاء عن الحيض والنفاس وعما يمنع وصول الماء إلى‬، ‫ والتمييز‬، ‫ السلم‬: ‫شروط الوضوء عشرة‬ ‫ والموالة لدائام الحدثا‬،‫ ودخول الوقت‬، ‫ وأن ل يكون على العضو ما يغير الماء الطهور‬، ‫البشرة‬ Fasal Delapan / Taharah Syarat . Memasukkan kemaluan (kepala dzakar) ke dalam farji (kemaluan) perempuan. 5. 6.‫فصل‬ Fasal Enam / Taharah Hal yang mewajibkan mandi ada enam. 2. Niat mandi wajib. Air sedikit adalah air yang kurang dari dua qullah . yaitu: 1. Islam.‫فصل‬ Fasal Tujuh / Taharah Fardhu . 4. Adapun air yang banyak tidak akan menjadi najis kecuali jika air tersebut telah berubah warna.Air dibagi menjadi dua macam.fardhu (rukun) mandi yang diwajibkan ada dua perkara. 2. yaitu: 1. ‫ وخروج المنى والحيض والنفاس والولدة والموت‬، ‫ إيلج الحشفة في الفرج‬:‫ موجبات الغسل ستة‬.Dan air yang banyak itu adalah yang sampai dua qullah atau lebih. yaitu: air sedikit dan air yang banyak. yaitu: 1. (Ada yang berpendapat bahwa dua kulah adalah sama dengan ukuran panjang x lebar x tinggi = 60 cm x 60 cm x 60 cm) Air sedikit akan menjadi najis dengan sebab tertimpa najis kedalamnya. Menyampaikan air ke seluruh tubuh dengan sempurna.

kecuali tidur dalam keadaan duduk rapat bagian punggung dan pantatnya dengan tempat duduknya. Muwalat (terus menurus dan tidak terputus/terpisah) Dua syarat terakhir ini khusus untuk da`im al-hadats (orang yang selalu berhatas seperti perempuan yang sedang keputihan atau orangtua/uzur yang air kencingnya selalu keluar) ، ‫ الول الخارج من أحد السبيلين من قبل أو دبر ريح أو غيره إل المنى‬: ‫ نوا قض الوضوء أربعة أشياء‬. yang bukan muhrim baginya dan tidak ada penghalang antara dua kulit tersebut seperti kain dll.  Bersentuhan antara kulit laki–laki dengan kulit perempuan yang keduanya sudah besar. 3. gila. 7. Lepas dari segala hal dan sesuatu yang bisa menghalang sampai air ke kulit. Tidak boleh beri`tiqad (berkeyakinan) bahwa salah satu dari fardhu–fardhu wudhu` hukumnya sunnah (tidak wajib). 8. 4. pingsan dan lain . Tamyiz (cukup umur dan ber’akal). sehingga yakin tidak keluar angin sewaktu tidur tersebut. (Mahram/muhrim adalah orang yang haram dinikahi seperti saudara kandung). ‫ الصلة والطواف ومس المصحف وحمله‬: ‫ من انتقض وضوؤه حرم عليه أربعه أشياء‬. Suci dari haidh dan nifas.  Menyentuh kemaluan orang lain atau dirinya sendiri atau menyentuh tempat pelipis dubur (kerucut sekeliling) dengan telapak tangan atau telapak jarinya. Kesucian air wudhu` tersebut. 2. 10. Mengetahui bahwa hukum wudhu` tersebut adalah wajib. Masuk waktu sholat yang dikerjakan.‫فصل‬ .‫فصل‬ ‫ الثالث التقاء بشرتي رجل وامرأة‬، ‫ ممكن مقعده من الرض‬، ‫الثاني زوال العقل بنوم أو غيره إل نوم قاعد‬ ‫ الرابع مس قبل الدمي أو حلقة دبره ببطن الراحة أو بطون الصابع‬، ‫كبيرين من غير حائال‬ Fasal Sembilan / Taharah Yang membatalkan wudhu` ada empat. 6. Tidak ada sesuatu di salah satu anggota wudhu` yang merubah keaslian air. (keluar mani tidak membatalkan wudlu tapi mewajibkan mandi besar)  Hilang akal seperti tidur.lain. kecuali air mani. 9. 5. yaitu:  Sesuatu yang keluar dari salah satu jalan kemaluan baik depan maupun belakang seperti angin dan lainnya.

Menyentuh kitab suci Al-Qur`an 4. I`tikaf (berdiam di masjid) 6. Thawaaf 3. ‫ الصلة والطواف ومس المصحف وحمله واللبث في المسجد وقراءة القرآن‬:‫ويحرم على الجنب ستة أشياء‬ ‫ الصلة والطواف ومس المصحف وحمله واللبث في المسجد وقراءة القرآن‬: ‫ويحرم بالحيض عشرة أشياء‬ ‫والصوم والطلقا والمرور في المسجد إن خافت تلويثه والستمتاع بما بين السرة والركبة‬ Fasal Sepuluh / Taharah Larangan bagi orang yang berhadats kecil / batal wudlunya ada empat. Membawa / mengangkat Al-Qur`an 5. I`tikaf (berdiam di masjid) 6. Membaca Al-Qur`an Larangan bagi perempuan yang sedang haidh ada sepuluh. Membaca Al-Qur`an . Shalat 2. Shalat 2. yaitu: 1. Thawaaf 3. Membawa / mengangkat Al-Qur`an Larangan bagi orang yang berhadats besar (junub) ada enam. Thawaaf 3. Menyentuh kitab suci Al-Qur`an 4. Membawa / mengangkat Al-Qur`an 5. Menyentuh kitab suci Al-Qur`an 4. yaitu: 1. Shalat 2. yaitu: 1.

Terkena penyakit yang mengakibatkan tidak boleh memakai air.sebab yang membolehkan seorang melakukan tayamum ada tiga hal. karena itu. 10. 9. 3. Tidak ada air untuk berwudhu`. Ada air tapi hanya sekedar mencukupi kebutuhan minum manusia atau binatang yang muhtaram. Masuk ke dalam masjid sekalipun hanya untuk sekedar lewat jika ia takut akan mengotori masjid tersebut. Murtad. 3. 7. 2. Cerai. Orang yang meninggalkan shalat wajib. 6. 5. Babi. Anjing yang menyalak (tidak menta`ati pemiliknya atau tidak boleh dipelihara).‫فصل‬ ‫ تارك الصلة والزاني المحصن والمرتد والكافر الحربي والكلب العقور والخنزير‬: ‫غير المحترم ستة‬ Fasal Sebelas / Thaharah Sebab . ‫ والحتياج إليه لعطش حيوان محترم‬، ‫ والمرض‬، ‫ فقد الماء‬:‫ أسباب التيمم ثلثة‬. Penzina dalam keadaan Ihshan (orang yang sudah ber’aqad nikah yang sah). Puasa 8.‫فصل‬ ‫ونحوه وأن يقصده وأن يمسح وجهه ويديه بضربتين وأن يزيل النجاسة أول وأن يجتهد في القبلة قبله وأن‬ ‫يكون التيمم بعد دخول الوقت وأن يتيمم لكل فرض‬ Fasal Dua Belas / Thaharah . kafir yang tidak ada perjanjian damai). (keluar dari agama Islam) 4. ‫ أن يكون بتراب وان يكون التراب طاهرا وأن ل يكون مستعمل ول يخالطه دقيق‬:‫ شروط التيمم عشرة‬. yaitu: 1. Kafir Harbiy (kafir yang memusuhi. di larang suami menceraikan isterinya dalam keadaan haidh. Bersenang – senang dengan isteri di antara pusar dan lutut. (Muhtaram = dimuliyakan adalah manusia atau binatang yang tidak boleh dibunuh) Adapun selain muhtaram ada enam macam. 2. yaitu: 1.

‫ ما أبطل الوضوء والردة وتوهم الماء إن تيمم لفقده‬: ‫ مبطلت التيمم أربعة‬. Debu harus murni dari campuran yang lain seperti tepung dan seumpamanya. yaitu: 1. Mengqoshod atau menghendaki (berniat) bahwa sapuan dengan tanah tersebut untuk di jadikan tayammum. Menyapu muka dan dua tangannya dengan dua kali usapan secara masing – masing (terpisah) 7. 5. yaitu: 1. Bertayammum tiap kali sholat fardhu tiba. 5. 3. 6.‫فصل‬ ‫ الترتيب بين المسحتين‬: ‫ الخامس‬، ‫اليدين إلى المرفقين‬ Fasal Tiga Belas / Thaharah Rukun-rukun tayammum ada lima. Niat. 2. Bertayamum setelah masuk waktu shalat fardhu 10. Memindah debu. Mengusap kedua belah tangan sampai siku. Tertib antara dua usapan. Bertayammum dengan debu. yaitu: . 4. 4. 2.‫فصل‬ Fasal Empat Belas / Thaharah Perkara yang membatalkan tayammum ada tiga. Menggunakan debu yang suci tidak terkena najis. 3. 8. Berhati – hati dan bersungguh – sungguh dalam mencari arah qiblat sebelum memulai tayammum 9. Menggunakan debu yang belum pernah di pakai sebelumnya. Menghilangkan segala najis di badan terlebih dahulu.Syarat–Syarat mengerjakan tayammum ada sepuluh. (satu tayamum hanya untuk satu kali shalat fardhu) ‫ مسح‬: ‫ الرابع‬، ‫ مسح الوجه‬: ‫ الثالث‬، ‫ النية‬: ‫ الثاني‬، ‫ نقل التراب‬: ‫ الول‬: ‫ فروض التيمم خمسة‬. Mengusap wajah.

‫فصل‬ ‫الغلبة وإزالة عينها‬ ‫ التي لها لون وريح وطعم فل بد من إزالة لونها‬: ‫ العينية‬. yaitu anjing. cara menyucikannya dengan membasuh sebanyak tujuh kali. ‫إحداهن بتراب‬، ‫ تطهر بسبع غسلت بعد إزالة عينها‬: ‫ المغلظة‬. Menyangka terdapatnya air. Murtad. . ‫وريحها وطعمها‬ Fasal Tujuh Belas / Thaharah Cara menyucikan najis-najis: Najis besar (Mughallazoh). Najis besar (Mughallazoh). ‫ مغلظة ومخففة ومتوسطة‬: ‫ النجاسة ثلثه‬. ‫ الخمر إذا تخللت بنفسها‬: ‫ الذي يظهر من النجاسة ثلثة‬. babi atau yang lahir dari salah satunya. yaitu: 1. 1. setelah hilang ‘ayin (benda) yang najis. yaitu air kencing bayi yang tidak makan. Najis sedang (Mutawassithoh).‫ بول الصبي الذي لم يطعم غير اللبن ولم يبلغ الحولين‬: ‫والمخففة‬ Fasal Enam Belas / Thaharah Macam macam najis ada tiga. . ‫ تطهر برش الماء عليها مع‬: ‫ والمخففة‬. 3. apabila dia bertayammum karena tidak ada air.‫فصل‬ Fasal lima Belas / Thaharah Perkara yang menjadi suci dari yang asalnya najis ada tiga. Kulit binatang yang disamak. selain susu dari ibunya. yaitu semua najis selain dua yang diatas. Khamar (air yang diperah dari anggur) apabila telah menjadi cuka. ‫ عينية وحكميه‬:‫والمتوسطة تنقسم إلى قسمين‬ ‫ التي ل لون لها ول ريح ولطعم لها يكفيك جري الماء عليها‬: ‫ والحكمية‬. Najis ringan (Mukhaffafah). Semua yang membatalkan wudhu’. ‫ وجلد الميتة إذا دبغ وما صارا حيوانا‬. salah satunya menggunakan debu. 3. 2. ‫ نجاسة الكلب والخنزير وفرع أحدهما‬: ‫ المغلظة‬. dan umurnya belum sampai dua tahun.‫فصل‬ ‫ والمتوسطة سائار النجاسات‬. yaitu: 1. 3. 2. 2. Semua najis yang telah berubah menjadi binatang.

bau. Berlanjut ke : Terjemah Kitab Safinatunnajah Bagian 2 fShare inBagikan  < Sebelumnya Comments #9 Suwanto 2017-05-27 13:33 izin copy Quote #8 Asep Taufik 2016-06-13 15:49 . yaitu: 1. ‫ يوم وليله وغالبة ستة أوسبع وأكثره خمسة عشرة يوما بلياليها‬: ‫ أقل الحيض‬. dan tidak terbatas untuk masa sucinya. Paling sedikit masa nifas adalah sekejap. cara menyucikannya dengan memercikkan air secara menyeluruh dan menghilangkan ‘ayin yang najis.Najis ringan (Mukhaffafah). Paling sedikit masa suci antara dua haid adalah 15 hari. yaitu najis yang tidak nampak warna. dan tidak akan lebih dari 15 hari.‫فصل‬ ‫أقل النفاس‬. dan tidak akan melebihi dari 60 hari. ‫ أقل الطهر بين‬. maka cara menyucikan najis ini dengan menghilangkan sifat najis yang masih ada. 2. Hukmiyyah. Najis sedang (Mutawassithoh) terbagi dua bagian. namun pada umumnya 24 atau 23 hari. 'Ainiyyah yaitu najis yang masih nampak warna. bau dan rasanya. atau rasanya. maka cara menyucikan najis ini cukup dengan mengalirkan air pada benda yang terkena najis tersebut. ‫الحيضتين خمسة عشرة يوما وغالبه أربعة وعشرون يوما أو ثلثة وعشرون يوما ولحد لكثرة‬ ‫مجة وغالبة أربعون يوما وأكثرة ستون يوما‬ Fasal Delapan Belas / Thaharah Darah haid yang keluar paling sedikit sehari semalam. namun pada umumnya selama enam atau tujuh hari. pada umumnya 40 hari.

Ustadz. terima kasih sebelumnya Quote #6 Fahmi 2016-05-22 18:37 izin print Quote #5 M. izin Copy dan mengajarkannya. FAHRUR ROZI 2016-01-22 02:04 izin copy Quote #4 misbah 2015-10-03 08:16 izin copas ustadz Quote #3 lukmanul hakim 2015-06-20 22:25 . Quote #7 hrsya 2016-06-12 16:50 izin copy.

but will not display) Website 1000 symbols lef .izin copas Quote #2 ahmad rizki mubarok 2015-02-21 13:23 izn copy terimakasih Quote #1 ahmad rizki mubarok 2015-02-21 13:23 izn copy terimakasih Quote Refresh comments list Add comment Name (required) E-mail (required.

Notify me of follow-up comments Refresh Send JComments Kategori: Taushiyah Pengasuh Menu Utama  Beranda  Profil  Tentang Kami  Alamat Kami  Hubungi Kami Santri Menulis  Berita Media  Tanya Jawab Agama  Artikel Islam  Artikel Umum .

Kutosari.  Cerita Santri  Ubudiyah  Tokoh Islam  Humor Santri Link Rekomendasi  Blog Pon Pes Al Huda  SMA VIP Al Huda  Alumni PP Al Huda  Link Lainnya  SMK VIP Al Huda  SMP VIP Al Huda  PBNU Galeri Foto  Galeri Foto Haul 2016 Statistik Pengunjung 18087 Today 8 Yesterday 53 This_Week 122 This_Month 447 All_Days 18087 Home | About us | Contact me Copyright © 2016. Kebumen. Jetis. Jawa Tengah Tlp (0287) 384964 . Pondok Pesantren Al Huda.

Designed by Fajar. .