PROPOSAL JUDUL TUGAS AKHIR

TAHUN AKADEMIK 2016/2017

RANCANG BANGUN MEDIA AJAR

SISTEM TRANSMISI

Diusulkan oleh:

ARUNG PARMA

Nim : 214017

FRENGKY KADOENA

Nim : 214029

TRI PUJI LESTARI

Nim : 214088

PROGRAM STUDI PERAWATAN DAN PERBAIKAN MESIN

AKADEMI TEKNIK SOROAKO

TAHUN 2017

HALAMAN PENGESAHAN

USULAN JUDUL TUGAS AKHIR MAHASISWA

Judul Tugas Akhir : Rancang Bangun Media Ajar Sistem
Transmisi

Nama Anggota Kelompok : 1. Arung Parma Nim: 214017

2. Frengky Kadoena Nim: 214029

3. Tri Puji Lestari Nim: 214088

Mengetahui/Menyetujui,

Pembimbing 1 Pembimbing 2

JASMAN S.S.T.,M.T. IRDAM S.T.,M.T.

NIDN : 0906036903 NIDN : 090803701

i

M. Untuk itu. selaku Pembimbing 1 4. Penyusun mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan saran. Bapak Jasman S. Bapak Ahyar S... Bapak Irdam S. ii . Proposal Judul Tugas Akhir ini disusun dan diajukan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi di Program Studi Perawatan dan Perbaikan Mesin Akademi Teknik Soroako.T. khususnya kepada : 1.T selaku Ketua Program Studi Perawatan Dan Perbaikan Mesin Akademi Teknik Soroako 2.T.T selaku ketua LPPM 3. Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. penulis sangat menghargai kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnan laporan ini. selaku pembimbing 2 5.T. Akhirnya penulis berharap Proposal Judul Tugas Akhir ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca. M.masukan dan kritik dalam pembuatan proposal ini. April 2017 Penyusun.M. M. M.T.. Semua pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini hingga selesai. KATA PENGANTAR Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia- Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan Proposal Judul Tugas Akhir ini. Bapak Harman S. M. Soroako..S.

...........................2 Jadwal Penelitian .................4 Tujuan Penelitian ........................................................................... iii BAB I PENDAHULUAN 1............................. 18 iii ..................5 Assembly ..................................................................2 Rumusan Masalah .................1 Lokasi Penelitian ....................... 2 1......................................................................................................................................................................................... ii DAFTAR ISI .... 11 3....................................................................... 1 1.................4 Proses Pengerjaan ....... 2 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2........... 4 2............................................................................................... 6 BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3.............................................. 15 BAB IV RENCANA ANGGARAN DAN JADWAL PENILITIAN 4........................................... DAFTAR ISI HALAMAN PENGESAHAN .................................. 3 2......................................... 16 4..........................2 Jenis-jenis Media Pembelajaran ...................................................1 Latar Belakang...........................2 Tahapan Perencanaan Proses Kerja Penelitian .................................... 2 1.......................................... 5 2....................... 7 3..................................................................................................................................................................4 Gambar Rancangan .................................. i KATA PENGANTAR ............................................................................3 Sejarah Mobil .....1 Media Ajar ......................................................1 Rancangan Anggaran.................................................................................................................................................. 17 DAFTAR PUSTAKA ...... 9 3..................................................................... 7 3...............................................................................................................................5 Sistem Transmisi Manual ........................4 Komponen Mobil ............3 Batasan Masalah .......................................................... 3 2...........................3 Peralatan yang Digunakan .. 12 3................

Media ajar ini digerakkan oleh motor listrik sebagai pengganti mesin kendaraan. yang kemudian dihubungkan dengan pully dan belt.1 Latar Belakang Di Indonesia terdapat banyak sekolah-sekolah kejuruan dan sekolah vokasi. Dengan adanya Media Ajar Sistem Transmisi ini diharapkan dapat mengatasi atau membantu masalah tersebut. Dari poros terhubung dengan transmisi yang telah dilengkapi dengan sensor sebagai penanda pada proses perpindahan gigi. Hal yang serupa juga dialami oleh Akademi Teknik Soroako. BAB I PENDAHULUAN 1. Selain itu dengan adanya suatu media ajar juga dapat meningkatkan minat mahasiswa dalam mempelajari sistem transmisi. Salah satu yang sangat dibutuhkan oleh sekolah-sekolah tersebut adalah media ajar. Media Ajar Sistem Transmisi merupakan salah satu media untuk memudahkan proses praktikum. Dari transmisi ke deferensial yang terhubung dengan poros propeller dan meneruskan putaran ke roda belakang yang dilengkapi dengan rem sebagai faktor keselamatan. dalam rangka mengefektifkan komunikasi instruktur dan mahasiswa. Akademi Teknik Soroako yang merupakan sekoalah vokasi yang pada proses pendidikannya lebih banyak pada proses praktek tentunya sangat membutuhkan media untuk memudahkan para pengajar. Untuk memudahkan pengamatan media ajar ini dilengkapi dengan rangka atau dudukan penyangga dan papan modul untuk pengamatan hasil sensor. Selain yang disebutkan di atas. dengan adnya bantuan media ajar juga akan memudahkan mahasiswa dalam mengingat suatu pelajaran. 1 . Dimana.

3.1 Media ajar ini menggunakan motor listrik sebagai pengganti motor bakar. penyusun membatasi permasalahan yang ada. maka fokus yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah: 1. 1.2. 1.belt dan poros. 1.2 Bagaimana membuat dudukan rangka dari transmisi manual? 1.4 Tujuan Penelitian Adapun tujuan dibuatnya Media ajar Sistem Transmisi ini adalah sebagai berikut: 1.3.2 Media ajar ini menfokuskan pada cara kerja sistem transmisi pada kendaraan roda empat penggerak belakang.2 Membuat perhitungan pada media ajar.3 Bagaimana membuat sistem pengontrolan pada sistem transmisi manual? 1. 2 . 1. 1.3 Perhitungan hanya dilakukan pada elemen-elemen yang dibuat seperti pully.3.2 Rumusan Masalah Berdasarkan uraian latar belakang di atas.1 Merancang dan membuat media ajar sistem transmisi manual.1.4.2. dapat diidentifikasikan permasalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.4.3 Batasan Masalah Berdasarkan rumusan masalah yang telah dijelaskan di atas.1 Bagaimana membuat sistem transmisi manual pada kendaraan roda empat penggerak belakang? 1.2.4.3 Melakukan pengujian terhadap media ajar.

c) media audio semi gerak. dan materi yang ingin disampaikan adalah pesan pembelajaran. yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan instruktur dan diperlukan saat kegiatan belajar berlangsung. b) media audio visual diam. f) media audio . perasaan.dan g) media cetak. Media pembelajaran mempunyai banyak jenisnya. 2. maka peneliti menyimpulkan bahwa media pembelajaran adalah suatu alat bantu yang digunakan oleh dosen untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran serta merangsang siswa untuk bergairah dan lebih tertarik untuk belajar. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. 3 .perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.1 Media Ajar Media pembelajaran adalah suatu alat bantu yang dugunakan oleh guru agar kegiatan belajar berlangsung secara efektif.dan bahwa tujuan yang ingin dicapai adalah terjadinya proses belajar. Menurut Bringgs berpendapat bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.2 Jenis-jenis Media Pembelajaran Media meliputi semua sumber belajar yang dibutuhkan oleh mahaiswa untuk meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim keperima sehingga dapat merangsang pikiran. d) media visual gerak. Menurut Trianto Media sebagai komponen strategi pembelajaran merupakan wadah dari pesan yang oleh sumber atau penerima pesan tersebut. Berdasarkan beberapa pendapat para ahli di atas. Rudi & Breatz mengklasifikasikan media kedalam tujuh komponen media yaitu : a) media audio visual gerak. e) media visual diam.

c) Media audio-visual. d) Multimedia. misalnya: media visual non proyeksi (benda realita. misalnya: video kaset dan flem bingkai. Penggunaan mesin uap pada kendaraan pertama kali dilakukan oleh Nicolas J.3 Sejarah Mobil Pada tahun 1600-an seorang serjana bangsa Belanda yang bernama Simon Steven membuat Sailling Chaorit yaitu sebuah kereta tidak ditarik oleh kuda tetapi digerakkan oleh angin. 2. a) Media visual. pita kaset suara. Perubahan terus terjadi hingga tahun 1898 Dr. model protetif. seorang perwira tentara Prancis pada tahun 1769. 4 . yaitu. misalnya: radio. yaitu jenis media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam suatu kegiatan.J. Menurut Asyar ada empat jenis media pembelajaran. Tetapi masih dianggap sangat tidak efektif karena sangat bergantung pada arah angina. dengan bantuan sebuah layar. yaitu media yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan hanya mengandalkan indra pendengaran mahasiswa. Selanjutnya pada tahun 1760-an James Watt seorang ahli mekanik dari Inggris berhasil menciptakan mesin–uap (system engine). motor starter dan lain-lain. dan media proyeksi (power point. yaitu media yang melibatkan beberapa jenis media dan peralatan secara terintegritasi dalam suatu proses atau kegiatan pembelajaran misalnya: TV dan power point. dan piringan hitam. Rodofl Desel seorang insinyur mesin dari Ausburg. Selanjutnya pada tahun 1801 Richard Trevihick ahli mesin asal Ingris berhasil membuat mobil mesin uap pertama. Kemudian pada tahun 1858 J.Jerman berhasil menciptakan motor bakar dengan efisiensi kerja yang sangat tinggi dan tanpa menggunakan alat penyala yang kemudian dikenal dengan mesin –Diesel dan pada tahun 1912 mobil dilengkapi dengan sistem kelistrikan seperti lampu. yaitu jenis media yang digunakan hanya mengandalkan indra penglihatan semata-mata dari peserta didik. paint dan outo cad). dan grafis). Etiene Lenoir seorang ahli teknik di Prancis berhasil menciptakan mesin gas yang cukup ringan yang walaupun masih kurang efisien. b) Media audo. Cognoti.

tetapi walupun demikian pada prinsipnya tetap sama. Perlengkapan motor merupakan suatu sistem komponen yang berfungsi sebagai sarana penunjang yang sangat dibutuhkan oleh motor agar dapat melakukan fungsinya. Sistem transmisi Diguakan untuk memindahkan daya dari motor ke roda-roda penggerak dangan mekanisme tertentu. sistem pendingina. sistem pelumasan. perseneling. dan lain-lain. b. c. Mekanisme yang digunakan dinamakan Sistem Transmisi Daya. Selain itu. sistem penyalaan.4 Komponen Mobil Komponen mobil sangat banyak jumlahnya dan terdiri dari barbagai jens yang masing-masing menpunyai fungsi yang tidak sama. seperti: sistem bahan bakar. dan sistem pengapian.2. Adapun komponen-komponen utama yaitu kopling. 5 . Motor dan perlengkapanya Motor merupakan bagian mobil yang paling utama yang merupakan komponen penggerak untuk menghasilkan daya (power) yang diperlukan untuk menggerakkan mobil tersebut. karena adanya kemajuan dibidang teknologi senantiasa mengalami perubahan sebagai upaya penyempurnaan kunstroksinya. Casing dan Aksesoris Casing merupakan tempat pemasangan dari sebagian besar komponen- komponen dasar dari mobil seperti motor dan perlengkapanya sistem transmisi. Secara umum komponen mobil dapat dikempokkan menjadi lima bagian utama yaitu: a. garden dan diferensial. Aksesoris merupakan suatu komponen yang sangat penting untuk perlengkapan suatu mobil tang terdiri dari banyak macam dan mempunyai fungdi yang berbeda-beda. Namun secara umum fungsi aksesoris terdiri dari dua yaitu alat keamanan (safety) dan alat kenyamanan (comfort).

Tipe transmisi yang manual adalah sliding mesh. Waktu tuas transmisi akan dipindahkan. Ring synchomesh akan menghentikan putaran roda gigi dan menghubungkannya dengan clutch hub yang sudah berhubungan langsung dengan poros output yang menggerakkan roda. constant mesh. pada kendaraan bermotor dipasang satu unit transmisi yang berfungsi mengatur perubahan kecepatan kendaraan. Sliding mesh dilengkapi roda gigi luncur dari berbagai ukuran yang terletak pada poros out put.5 Sistem Transmisi Manual Untuk menggerakkan kendaraan diperlukan momen yang cukup besar. dan syinchro mesh. membuat gigi-gigi dari transmisi tidak sepenuhnya diam. mula- mula kopling diinjak. Untuk mendapatkan kecepatan yang diinginkan. Syinchro mesh mempunyai ring yang berfungsi pada saat kendaraan sedang berjalan. Pada saat melewati jalan lurus momen yang digunakan jauh lebih kecil. Pengaturan posisi roda gigi untuk percepatan yang diinginkan. mula-mula tuas menekan fork yang berhubungan dengan hub sleeve (rumah hubung) yang menjadi rumah dari ring synchromesh dan roda gigi kopling (clutch hub). misalnya pada saat start atau sedang menaiki tanjakan.2. Karena itu. Counstant mesh adalah penempatan roda gigi yang dapat pada poros input (kopling) berkait secara tetap dengan roda gigi pembalik. sekaligus mengatur besar momen dari mesin yang disalurkan ke roda. Pada saat itu sebenarnya gigi trasmisi sudah bebas dari putaran mesin. jika ingin memindahkan gigi sesuai dengan kondisi jalan. 6 . roda gigi luncur ini dikaitkan dengan roda ggi pembalik (counter gear). dilayani dengan garpu pengatur. namun karenamasi ada sisa putaran mesin dan roda belakang terus meluncur.

3.2 Tahapan Perencanaan Proses Kerja Penelitian Mulai -Kajian pustaka -Mencari referensi tidak Pengajuan judul tugas akhir ya A 7 .1 Lokasi Penelitian Penelitian ini akan diadakan di Akademi Teknik Soroako yang berlangsung selama 3 bulan yang difokuskan pada bengkel otomotif. BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3. Dikarenakan pada penelitian ini lebih cenderung berkaitan dengan praktikum otomotif.

A Pengambilan data. Perancangan dan validasi Pengorderan Material Proses Manufaktur Assembling dan Analisis tidak Running test ya Painting Selesai 8 .

Alat-alat yang digunakan dapat dilihat pada tabel 3.1.3.3 Peralatan yang Digunakan Dalam pembuatan media ajar ini terdapat banyak peralatan yang dibutuhkan. Tabel 3.1 Alat yang digunakan NAMA NO GAMBAR FUNGSI ALAT 1 Kunci pas ring Untuk melonggarkan dan mngencangkangkat baut 2 Obeng Untuk melonggarkan dan mengencangkan sekrup 3 Mata bor Digunakan untuk membuat lubang baut 4 Bor tangan Tempat dudukan mata bor Roll meter Digunakan untuk mengukur material 6 Kikir Untuk menghilangkan sisi yang tajam 7 Jangka sorong Untuk mengukur bagian yang presisi 8 Palu lunak Untuk memukul material yang lunak agar tidak merusak permukaannya 9 .

Tabel 3.1. Sambungan 9 Palu las Untuk membersihkan terak las 3 cm 10 Traiker Untuk memasang bearing 11 Snap ring Untuk memasang ring pengunci 12 Dial indicator Digunakan untuk mengatur deferensial 13 Kunci shocket Untuk melepas dan mengencangkan baut 14 Tang Untuk menjepit dan alat bantu perakitan 15 Filler gauge Untuk mengukur celah 16 Palu besi Untuk memukul material 10 .

1 Media Ajar Sistem Transmisi Prinsip kerja media ajar tersebut sama dengan prinsip kerja pada kendaraan roda empat dengan sistem penggerak roda belakang yaitu putaran dari fly wheel akan diteruskan ke transmisi melalui penghubung kopling yang diteruskan ke roda belakang dengan poros propeller sebagai penerus putaran. Tabel 3.1.4 Gambar Rancangan Secara garis besar rancang bangun yang akan dibuat adalah sebaagai berikut: Gambar 3. Sambungan 17 Penyiku Untuk menyiku pertemuan rangka yang akan dilas 18 Stripper Digunakan untuk mengupas kabel 3. 11 .

Gambar 3. dan tap untuk pembuatan ulir. milling. 12 .3.2 Pully dan belt Pada gambar 3.2 perlu diketahui bahwa media ajar ini tidak menggunakan motor bakar melainkan menggunakan motor listrik 1 phasa dengan 1500 rpm yang dihungkan ke fly wheel dengan menggunakan pully dan belt dengan rasio 2. Rasio diambil berdasarkan putaran idle mesin yaitu 600-1000 rpm. Untuk pully yang terhubung dengan fly wheel dibuat dengan proses pembubutan.4 Proses Pengerjaan Pada tahapan ini membahas mengenai proses yang dilalui oleh setiap bagian pada media ajar sistem transmisi ini mulai dari penggerak hingga pada pembuatan dudukan atau rangka serta sistem kontrol.bor. Sedangkan poros penghubung dibuat dengan proses pembubutan.

3 Transmisi Pada gambar 3. Poros Propeller 13 . pengeboran dan tap ulir. Gambar 3.3 yaitu transmisi Proses yang dilakukan yaitu proses pembuatan dudukan poros fly wheel melalui proses pengelasan. Untuk keamanan dibuatkan cover fibergelass sebagai pengganti bagian yang dibelah. Selain itu dilakukan juga proses pembelahan cover untuk memperlihatkan bagian dalam sistem transmisi.4. Gambar 3.

Pada gambar di atas proses yang dilakukan adalah modifikasi ukuran poros melalui proses pemotongan kemudian proses pengelasan untuk menyambung kembali.5 Deferensial Pada gambar bagian 3. Juga akan dibuatkan cover untuk keamanan.6 Rangka atau Dudukan Transmisi 14 . Gambar 3.5 diferensial juga dilakukan proses pembelahan dengan tujuan yang sama dengan bagian transmisi yaitu untuk menunjukkan bagian dalamnya. Gambar 3. Pembuatan guard untuk keamanan melalui tahap pemotongan dan pengelasan.

Selanjutnya menggabungkannya dengan sistem pengontrolan kelistrikan. 3. Selain dari pekerjaan yang disebutkan diatas media ajar ini juga nantinya akan dilengkapi dengan sensor yang terhubung ke papan modul untuk memantau pergerakan perpindahan gigi pada transmisi. Kemudian penyatuan dengan dudukan atau rangka media ajar. Pembuatan rangka ini melalui proses pemotongan. Sedangkan untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan maka media ajar ini akan dilengkapi dengan sistem pengereman sebagai keamanan dan pelengkap dari media ajar sistem transmisi ini. Selain itu untuk memudahkan dalam memindahkan media ajar ini maka pada bagian kaki dari rangka ini akan dilengkapi dengan roda yang bersifat fleksibel. pengelasan dan painting. 15 .5 Assembly Proses ini meliputi penyatuan bagian transmisi dengan komponen lain yaitu poros propeller dan deferensial. Dalam pembuatan rangka seperti gambar di atas terlebih dahulu melakukan pengambilan data karena rangka akan mengikuti ukuran dari transmisi. Untuk memudahkan maintenance maka media ajar ini akan dilengkapi dengan jadwal perawatan dan instruksi kerja untuk memudahkan mahasiswa dalam mengoperasikan media ajar ini.

BAB IV RENCANA ANGGARAN DAN JADWAL PENILITIAN 4.1 Rancangan Anggaran Rancangan anggaran sangat penting karena berkaitan erat dengan investasi yang yang akan digunakan.5&2.600.- 16 . setelah menganalisa semua komponen yang akan digunakan maka dapat peneliti simpulkan bahwa total harga dibutuhkan untuk pengadaan semua komponen membuat Media Ajar Sistem Transmisi sebesar Rp 10.1 Rancangan Anggaran Jadi..5 5 length 33500 167500 9 Fiber tebal 3 mm 1 sheet 250000 250000 10 Pully 6" 1 ea 45000 45000 12" 1 ea 95000 95000 11 V Belt 1 ea 35000 35000 12 Polumas mesin & Gardan 1 set 150000 150000 13 Motor listrik 1 ea 600000 600000 14 Kontaktor swicht 1 ea 105000 105000 15 Saklar on-off 1 ea 45000 45000 16 Toggel swicht 2 kaki 1 ea 25000 25000 15 Rumah fuse & fuse 1 set 80000 80000 17 MCB 2A 1 ea 66000 66000 18 Lampu indikator 4 ea 5000 20000 19 Kabel body 1.0 2 roll 120000 240000 20 Baut pengikat M17 8 ea 4000 32000 M14 10 ea 3000 30000 M12 12 ea 2000 24000 21 Limit swicht 12V DC 8 ea 30000 240000 Jumlah 10162600 Tabel 4.162. Berikut rancangan anggaran yang dibutuhkan untuk membuat Media Ajar Sistem Transmisi: HARGA TOTAL HARGA NO MATERIAL DIMENSI JML SATUAN SATUAN (RP) (RP) 1 Transmisi 1 ea 1500000 1500000 2 Kopling 1 ea 1250000 1250000 3 Propeller shaft 1 ea 800000 800000 4 Deferensial 1 ea 3000000 3000000 4 Poros axel 1 ea 300000 300000 5 Master & boster rem 1 ea 500000 500000 6 Master silinder kopling 1 ea 300000 300000 7 Pipa sch 5 length 52620 263100 8 Angle L 64x64x6.

2 Jadwal Penelitian BULAN NO KEGIATAN APR MEI JUN JUL AGUS SEPT 1 Penyusunan proposal pembuatan proposal seminar proposal perbaikan proposal 2 Pelaksanaan proposal Desain Pengeorderan Bahan dan alat Pembuatan Alat Run Tes Pengambilan Data Pengolahan Data Penulisan TA Bimbingan TA 3 Sidang TA Persiapan Administrasi Penyerahan Draft TA Sidang TA Perbaikan.2 Jadwal Penelitian Dalam penelitian juga sangat penting untuk membuat jadwal penelitian agar semua yang dilakukan dapat terkontrol dan dengan adanya jadwal penelitian ini diahapkan semua tujuan dapat terlaksana dengan baik. Berikut jadwal penelitian tersebut: Tabel 4. Evaluasi Akhir dan Penyerahan TA 17 .4.

Sistem Kerja Komponen Mesin Mobil. dan Pemanfaatannya. 1998. Budiman Anton. Retrived from http://edutaka. dan Priambodo Bambang. Teori dan Perbaikan Rem Mobil. Media Pendidikan. Yogyakarta. Bandung Daryanto.G. Yarama Windya. Liberty.Yogyakarta.P. 1999. 2006. Sadiman Arif S. Sistem Kelistrikan pada Mobil. Buntarto. Raja Grafindo.. 18 . dkk.htm|?m=1 ( Diunggah pada tanggal 15/03/2015) . 2002. Pengertian. Penerbit Erlangga.. Jakarta. Elemen Mesin. 2015. Mengenal Konstruksi Mobil. Nieman. Pustaka Baru Press.co. Budiarjo.blogspot. Pengembangan. Jakarta.2000. DAFTAR PUSTAKA Tim Yayasan Pendidikan Haster.id/2015/03/media-pembelajaran.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.