MAKALAH KESEHATAN HOLISTIK

AKUPUNTUR

ANGGOTA KELOMPOK :

1. BELLA OKTAVIA MAWARNI
2. DEASY NOVIA SARI
3. DIMAS AQIL FIKRINDA
4. DWI ELFIRA KURNIATI
5. NININ KARTIKA ULFA
6. NURINA KHAIRANA LUKFIANTI
7. TIAS PUSPITA SARI
8. YUYUN ARLITA

PROGRAM STUDI SARJANA FARMASI
FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS MULAWARMAN
2016

Apa yang dimaksud dengan akupuntur ? 2. dan tidak adanya dampak sama sekali bila penusukan dilakukan tidak pada titik yang tepat. Apa aja jenis jarum yang biasa digunakan pada pengobatan akupuntur ? 6. Tujuan Penulisan 1. Dampak ini hanya akan terjadi bila penusukan dilakukan pada titik yang tepat. Dimana titik penusukan yang tepat dilakukan pada pengobatan akupuntur ? 5. prosedur operasi dan terapi kesahatan. pengobatan herbal. Apakah pengobatan akupuntur aman digunakan ? 4. B. Bagaimana cara penusukan pada pengobatan akupuntur ? 7. biasanya mengklaim bahwa pengobatan yang mereka lakukan adalah bersifat alami dan bebas dari efek samping. BAB I PENDAHULUAN A. Pengobatan dengan menggunakan obat-obatan dengan bahan kimia dan prosedur operasi merupakan pengobatan yang paling umum digunakan pada saat ini sedangkan untuk penggunaan obat herbal dan terapi kesehatan lain khususnya akupuntur masih jarang diketahui masyarakat umum. Namun sekarang peminat akan pengobatan herbal dan terapi akupuntur mulai meningkat. Para ahli pengobatan akupuntur. Latar Belakang Di dunia pengobatan dikenal berbagai jenis pengobatan. Akupunktur dilakukan dengan cara menusukkan jarum di bagian tubuh tertentu dan dengan penusukan ini diharapkan akan terjadi dampak tertentu. Apa efek samping atau masalah yang dapat terjadi dalam akupuntur ? . yaitu pengobatan dengan menggunakan obat sintetik. Bagaimana mekanisme pengobatan akupuntur ? 3.

Sekarang. Kitab Kesehatan Klasik Kaisar Kuning. akupuntur masih belum terlalu dikenal sampai pada tahun 1970 saat Richard Nixon menjadi presiden Amerika Serikat pertama dan mengunjungi Cina. . dengan setidaknya 4. Pada perjalanan Nixon. dan kemudian dia menulis beberapa cerita yang meyakinkan mengenai efektivitas terapi akupuntur yang ia jalani. Sejak saat itu. Shiatsu. James Reston harus menjalani operasi dan memilih menggunakan akupunktur dibandingkan dengan pengobatan nyeri. Pada saat itu. diperkirakan terbit sekitar 2500 tahun yang lalu. ribuan buku mengenai pengobatan Cina pun banyak ditulis dan filosofi dasarnya tersebar sejak lama dalam berbagai kebudayaan Asia. Akupuntur telah menunjukkan keberhasilan yang tercatat dalam menangani banyak kondisi. para jurnalis terkagum- kagum melihat sebuah operasi besar dilakukan pada pasien tanpa menggunakan anestesi.000 tenaga dokter terlibat di dalamnya. Hampir semua bentuk pengobatan Oriental yang digunakan di Barat saat ini. Kitab tertua Akupuntur yang diketahui adalah Sistematika Klasik Akupuntur yang diperkirakan terbit pada tahun 282. seorang kolumnis terkenal dari New York Times. akupuntur dipraktekan di lebih dari 50 negara oleh lebih dari 9000 praktisi akupuntur. Pada awal masa 1900-an. Pasien yang benar-benar terjaga dioperasi hanya dengan menggunakan penusukan jarum akupuntur untuk mengendalikan rasa sakit. dan lebih dari 15 juta rakyat Amerika telah menggunakannya sebagai solusi kesehatan mereka. Legenda mengatakan bahwa Akupunktur dikembangkan saat dokter perintis di Cina meneliti efek tak terduga dari luka tusukan di tubuh seorang prajurit Cina. Sejarah Akupuntur Kitab asli Kedokteran Cina yang terkenal adalah Nei Ching. termasuk Akupuntur. hanya beberapa dokter Barat yang mengunjungi Cina dan tercengang kagum ketika bersentuhan dengan Akupuntur. namun bagi kalangan diluar komunitas Asia-Amerika. pijat Akupresur dan makrobiotika adalah bagian atau berakar pada pengobatan Cina. BAB II ISI A.

d. Kapas yang digunakan tidak bersih Kapas yang kotor akibat debu atau bekas dipakai oraang lain walaupun terlihat masih bersih mampu menjadi perantara masuknya bakteri pada tubuh pasien lain. Seorang terapis akupuntur harus memastikan jarum atau alat-alat yang digunakan untuk terapi akupuntur bersih dan steril untuk menghindari dari permasalahan : a. Mekanisme Kerja Akupuntur D. Metode yang digunakan adalah dengan menusukkan jarum-jarum halus pada titik-titik tertentu di permukaan tubuh.B. Pengertian Akupuntur C. Karena bahaya asap rokok dapat menjadi penyebab utama tidak sterilnya jarum akupuntur dan kapas yang digunakan ketika proses pengobatan dilakukan. Titik Penusukan pada Tubuh F. akupuntur atau tusuk jarum dipercaya sangat berkhasiat bagi kesehatan atau penyembuhan penyakit. penting untuk menyimpan jarum akupuntur pada tempat yang tidak langsung disinari matahari atau udara yang kotor seperti udara penuh asap rokok. b. Namun. Jarum akupuntur yang telah terkontiminasi radikal bebas Jarum akupuntur sangat rentan dihinggapi berbagai bakteri yang kasat mata yang biasanya terbawa oleh radikal bebas termasuk sinar matahari dan polusi udara. Jenis Jarum yang Digunakan pada Pengobatan Akupuntur G. penobatan dengan menggunakan terapi akupuntur juga memiliki beberapa risiko diantaranya : 1. Cara Penusukan Akupuntur H. c. Kondisi ruangan pasien yang kotor . Hal ini untuk cara mencegah penularan bakteri dan virus dari satu pasien kepada pasien yang lain. Keamanan Pengobatan Akupuntur E. Jarum akupuntur bekas dipakai orang lain Sebaiknya jarum yang digunakan hanya untuk satu pasien saja. Masalah Terkait Akupuntur Secara umum.

f. Para terapis yang tidak menggunakan sarung tangan Tenaga terapis yang tidak membersihkan kedua tangannya dan tidak memakai sarung tangan dapat menjadi pengantar bakteri paling mudah kejarum akupuntur yangsebelumnya telah tersentuh atau terpegang. Waktu penusukan jarum akupuntur yang terlalu lama Penusukan jarum akupuntur biasanya berlangsung tidak lebih dari 5 menit. Bengkak pada permukaan kulit Metode akupuntur yang dilakukan oleh tenaga terapis tidak berengalaman dapat menyebabkan permukaan kulit yang mendapatkan penusukan jarum akupuntur mengalami pembengkakan dan nyeri ketika disentuh. 2. Infeksi Metode akupuntur yang dilakuakn para terapis dengan menggunakan jarum yang tidak steril atau sebelumnya telah dipakai pada pasien lain maka resiko yang akan ditanggung pasien berikutnya adalah tertular . Apabila seorang terapis akupuntur belum atau kurang terlatih maka dapat menyebabkan : a. Tetapi jika lebih dari itu maka pasien akan mengalami keluhan kesehatan lain. lantai yang kotor atau jendela serta tempat tidur pasien yang tidak pernah dibersihkan secara berkala dapat mengakibatkan munculnya berbagai macam bakteri yang dapat mengganggu jalannya proses pengobatan. Tubuh lelah Metode akupuntur yang dilakukan seseorang yang tidak profesional dapat menyebabkan pasien merasa kelelahan dan letih usai menjalani terapi akuountur. Hal ini terjadi karena sang terapis melakukan penusukan pada titik titik saraf tubuh yang ternyata tidak tepat sasaran. b. Seorang terapis akupuntur harus berpengalaman untuk dapat melakukan pengobatan akupuntur dengan baik dan benar. c. Sangat penting mengetahui manfaat membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum melakukan proses pengobatan. Ruangan terapi yang berdebu. Hal ini terjadi karena penusukan jarum yang terlalu dalam dan mengiritasi pembuluh darah. e.

Gangguan sumsum tulang belakang Penusukan jarum akupuntur yang sembarangan dan tidak tepat sasaraan atau terlalu dalam maka dapat menyebabkan seorang pasien mengalami . penyakit hepatitius atau virus penyakit lain. d. Kondisi ini dikarenakan titik titik akupuntur atau simpul saraf pasien mengalami penyumbatann aliran darah . Akibatnya pasien mengalami gangguan kerusakan paru. Akibatnya aliran darah sekitar leher menuju kepala menjadi tersendat sendat yang memicu seseorang terserang depresi ringan dan rasa gelisah yang berkesinambungan. i. Insomnia Seorang pasien yang menderita insomnia dapat disembuhkan penyakitnya dengan terapi akupuntur yang sesuai dengan aturan tetapi jika tidak. g. h. Maka seorang pasien justru dapat mengalami kesulitan tidur yang lebih berat. Kehilangan kesadaran diri Seorang terapis yang melakukan penusukan jarum secara sembarangan dan tidak tepat dapat mengakibatkan seorang pasien tidak sadarkan diri atau pingsan. Depresi Ada para terapis akupuntur yang tidak profesional melakukan penusukan jarum disekitar leher tetapi tidak tepat mengenai titik titik saraf yang diinginkan. sebaiknya penggunaan jarum hanya berlaku untuk satu orang saja. Gangguan paru paru Adakalanya tenaga terapis yang tidak profesional melakukan kesalahan besar berupa penusukan jarum kebagian dada tetapi menembus organ vital internal yaitu paru paru. Hal ini disebabkan jarum yang ditusukkan pada titik titik saraf tertentu seputar dahi terlalu dalaam dan tidak tepat sasaran. Jika kondisi tersebut berulang setiap melakukan terapi maka pasien dapat terserang depresi berat. e. Kepala menderita pusing Metode akupuntur yang dilakukan para terapis dengan tidak profesional dapat menyebabkan seseorang menderita pusing pusing dan kepala terasa berat usai terapi dilakukan. f.

Kelenjar ini berada di kulit. Pityrosporum ovale et obiculare 8. terlalu dalam dan melukai pembuluh darah. nodus dan kista. Kulit berminyak . Pada beberapa orang jerawat bisa mengalami peradangan yang mengarah ke jerawat yang lebih besar. temperatur 5. diantaranya : a. Timbul nyeri Tenaga terapis yang tidak profesional kerab melakukan penusukan jarum terlalu kasar. Ras 3. Psikis 6. Terapi akupuntur tidak dapat digunakan pada pasien dengan kondisi tertentu. Infeksi bakteri Corynebacterium acnes. Seorang yang memiliki kelainan hemoglobin disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada ahli akupuntur yang telah berpengalaman atau pada dokter yang terkait agar pasien tidak mengalami keluhan kesehatan. Seseorang yang menderita kelainan hemoglobin rentan terserang pembengkakan dan pendarahan ketika penusukan jarum akupuntur dilakukan I. Genetik 2. jerawat merupakan kelainan dari folikel rambut kelenjar sebaceous dengan gambaran klinis berupa komedo. biasanya disebut sebagai kista. gangguan sumsum tulang belakang. postul. Kelembapan udara. Hormonal 7. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit yang mendapat penusukan menjadi membiru serta nyeri. maka akan menjadi akne (jerawat). j. Penyebab Akne : 1. Staphylococcus albus et epidermis. Pasien memiliki kelainan hemoglobin 4. Sinar Ultra violet 4. Penyumbatan pori–pori diperparah dengan bakteri yang ada di kulit. Jika pori–pori tersumbat. 3. papul. Contoh Pengobatan dengan Metode Akupuntur Pengunaan Terapi Akupuntur dalam Pengobatan Jerawat Menurut medis.

Menurut TCM. Terapi Akupunktur untuk Akne Merupakan suatu cara pengobatan dengan menusukkan jarum akupunktur di titik-titik akupunktur di permukaan tubuh tertentu yang bertujuan untuk menormalisasi dan mengobati berbagai kondisi kesehatan tertentu. Apabila akne banyak terdapat di wajah. yang merupakan salah satu sebab saat ada panas terakumulasi maka jerawat bisa keluar dari tubuh. jerawat dan masalah kulit lainnya yang terjadi waktu menstruasi disebabkan oleh stagnasi (terhambatnya) qi dan darah. Ketika pencernaan bekerja dengan baik dan harmonis tubuh menghasilkan banyak jumlah energi dan mampu menyingkirkan kelembaban. Lambung secara alami cenderung hangat dan membantu dalam pencernaan makanan. Paru-paru juga mengatur pembukaan dan penutupan pori. Dari sudut pandang Cina. Jika limpa tidak bekerja dengan baik. kelembaban dapat menumpuk dan menyebabkan kulit berminyak dan jerawat. jerawat menjadi lebih buruk pada waktu menstruasi. dan marah dapat menyebabkan qi (energi) terhambat. Qi mengalir di seluruh saluran tubuh. Titik-titik akupunktur yang digunakan yaitu tergantung area akne (jerawat). Hal ini terkait dengan qi (energi) dan darah. jerawat paling sering dikaitkan dengan panas dan kelembaban yang mempengaruhi organ-organ seperti paru-paru. yang meliputi dada dan wajah. Menurut Cina. maka digunakan titik akupunktur yang berada di wajah. Dalam banyak kasus sering didapati beberapa penyakit kulit. kecenderungan hangat ini akan menjadi panas dengan mudah dapat memicu jerawat di daerah perut. emosional. Emosi seperti stres. paru – paru bertanggung jawab atas kulit. Namun. . Sering. Pengobatan tradisional Cina memandang fisik. dan faktor lingkungan adalah hal yang berkaitan dengan masalah kulit. yang sering terjadi dengan masalah paru-paru. lambung dan limpa. frustrasi. seperti eksim. limpa bertugas juga dalam pencernaan. Pada wanita.

Kustanti (2004) dalam penelitiannya pada 23 kasus akne vulgaris dilakukan tindakan akupunktur tanpa elektrostimulator dengan kunjungan 2 kali dalam seminggu dan dilakukan sebanyak 10 kali kunjungan. 78% 2. Pada kelompok ke dua dilakukan pada 87 kasus dengan menggunakan elektrostimulator selama 20 menit. 3. . maka emosi seseorang cenderung stabil. Li Fengbo. Dengan begitu jika qi (energi) lancar. 4. Beberapa Hasil Penelitian 1. Pada kelompok yang tidak diberi elektrostimulator. dan efek segmental yang bekerja di kulit maupun organ untuk mengusir panas dan lembab itu. bahwa penyebab akne yaitu karena akumulasi (penumpukan) panas dan lembab yang berada di organ. 65%. Sendangkan pada kelompok yang menggunakan elektrostimulator didapatkan 76 kasus sembuh dan 11 kasus perbaikan. Kunjungan dilakukan sekali sehari sebanyak 20 kali kunjungan. Onie.Mekanisme Kerja Akupunktur pada Akne Seperti yang telah diuraikan di atas. efek sentral. Dua puluh sembilan kasus sembuh setelah dilakukan 3 seri terapi. Maka ketika jarum akupunktur dimasukkan. menggunakan elektroakupunktur pada 30 kasus akne vulgaris setiap hari selama 10 hari (1 seri terapi). Jika akne dikaitkan dengan ketidakstabilan emosi seseorang. Kelompok pertama dilakukan terapi akupunktur pada 57 kasus akne vulgaris tanpa menggunakan stimulator. Chen Jixiang pada penelitian membagi dua kelompok. Han Shuping melaporkan 230 kasus akne yang diobati dengan akupunktur selama 20 kali kunjungan berturut – turut setiap hari efektifitasnya 94. 30 kasus sembuh dan 25 kasus perbaikan. akan memberikan efek lokal. Dilakukan teknik penguatan dan pelemahan dan jarum ditinggalkan selama 20 menit. Didapatkan efektifitas sebesar 95. maka akupunktur akan membantu melancarkan qi (energi) yang terhambat tadi melalui insersi jarum akupunktur. Pada kedua kelompok diperlakukan sama.