KERANGKA ACUAN KAJI BANDING

Nomor :

Revisi Ke :

Berlaku Tgl:

PEMERINTAH KABUPATEN KAPUAS
UPT PUSKESMAS BARIMBA
KECAMATAN KAPUAS HILIR
JL. Trans Kalimantan RT. II No. 08. Barimba. email: puskesmas.barimba@yahoo.com

Oleh karena itu perlu upaya peningkatan mutu. Titik pelayanan pelayanan primer adalah promotif. program dan kegiatan. Masyarakat menghendaki pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu serta menjawab kebutuhan mereka. proses pelayanan maupun sumber daya yang digunakan. Dengan adanya sistem dokumentasi yang baik dalam suatu institusi/organisasi diharapkan fungsi-fungsi setiap personil maupun bagian-bagian dari organisasi dapat berjalan sesuai dengan perencanaan bersama dalam upaya mewujudkan kinerja yang optimal. II No. baik kinerja pelayanan. Barimba. Pengaturan sistem dokumentasi dalam satu proses implementasi akreditasi FKTP dianggap penting karena dokumen merupakan acuan kerja. Pendahuluan Tuntutan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu menjadi salah satu daya pacu FKTP untuk berlomba dalam memperoleh pengakuan bagi kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan.barimba@yahoo. Trans Kalimantan RT. Akreditasi FKTP merupakan pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri setelah memenuhi standar akreditasi yang berlaku berdasarkan rekomendasi surveior pada survei akreditasi di lapangan. Latar Belakang Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan tingkat pertama dengan lebih mngutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya diwilayah kerjanya sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan puskesmas wajib diakreditasi secara berkala. Puskesmas dalam rangka proses menuju akreditasi. B.com KERANGKA ACUAN KEGIATAN KAJI BANDING A. Agar akreditasi dapat menjalankan fungsinya secara optimal perlu dikelola dengan baik. melakukan tahapan kegiatan kaji banding ke puskesmas lain yang telah terakreditasi penuh. serta bagian dari salah satu persyaratan Akreditasi FKTP. menjawab resiko dan keselamatan pasien perlu diterapkan dalam pengelolaan puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada masyarakat. preventif yang mendorong meningkatnya peran serta dalam kemandirian masyarakat dalam mengatasi berbagai factor . Salah satu unsur penting dan sangat vital yang menentukan keberhasilan akreditasi FKTP adalah bagaimana mengatur sistem pedokumentasian dokumen. email: puskesmas. bukti pelaksanaan dan penerapan kebijakan. 08. PEMERINTAH KABUPATEN KAPUAS UPT PUSKESMAS BARIMBA KECAMATAN KAPUAS HILIR JL.

Kegiatan Pokok dan Rincian Kegiatan No Kegiatan Pokok Rincian Kegiatan 1 Penyusunan Instrumen Kaji Menyusun instrumen kaji banding untuk Banding kegiatan admen Menyusun instrumen kaji banding untuk kegiatan UKM Menyusun instrumen kaji banding untuk kegiatan UKP 2 Pelaksanaan Kaji Banding Mengajukan permohonan pelaksanaan kaji banding Menyiapkan tim yang akan melaksanakan kaji banding Melakukan wawancara. Melakukan kaji banding proses dan kegiatan administrasi dan manajemen Puskesmas. a. Melakukan perbaikan kinerja secara khusus pada program UKM untuk peningkatan capaian serta pelayanan dan kegiatan inovatif kepada masyarakat d. Melakukan kaji banding proses dan kegiatan persiapan melalui kegiatan wawancara dengan pihak puskesmas yang dikunjungi. penyelenggaraan Program UKM dan penyelenggaran pelayanan klinis (UKP). resiko kesehatan. keberhasilan pelayanan kesehatan primer akan mendukung pelaksanaan jaminan kesehatan nasional akan mengurangi jumlah pasien yang dirujuk. Umum Untuk pembinaan peningkatan mutu. Melakukan pendokumentasian melalui kelengkapan dokumentasi akreditasi D. Melakukan survey fisik berkaitan dengan akreditasi e. kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap system manajemen mutu dan system penyelenggaraan pelayanan dan program serta penerapan manajemen resiko. melihat dokumen kegiatan 3 Laporan Pelaksanaan Kaji Banding Membuat laporan pelaksanaan kaji banding 4 Evaluasi Kaji Banding Melakukan evaluasi kaji banding Melakukan analisa terhadap kegiatan kaji banding 5 Rencana tindak lanjut hasil kaji Membuat rencana tindak lanjut dalam rangka Banding perbaikan Upaya kegiatan Puskesmas Menentukan penanggung jawab pelaksana tindak lanjut . C. c. b. Khusus. 2. Tujuan 1.

Terlaksananya kegiatan kaji banding 3. UKM.E. Tercapainya rencana tindak lanjut kaji banding G. Tercapainya instrumen kaji banding 2. melihat dokumentasi hasil kegiatan F. dengan pelaporan pelaksanaan kaji banding I. Sasaran 1. Terlaksananya laporan pelaksanaan kaji banding 4. Observasi pelaksanaan kegiatan. Monitoring Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan dan Pelaporan Evaluasi kegiatan dilakukan pada saat persiapan proses dan akhir kegiatan. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan No Kegiatan Maret 2017 I II III 1 Penyusunan Instrumen kaji banding X 2 Pelaksanaan kaji banding X 3 Laporan Pelaksanaan kaji banding x 4 Evaluasi kaji banding x 5 Rencana tindak lanjut kaji banding x H. Pencatatan Pelaporan dan Evaluasi Kegiatan Dilakukan pencatatan terhadap hasil-hasil yang dicapai dari hasil kaji banding Dilakukan pelaporan hasil analisi kaji banding oleh penanggung jawab kegiatan kepada kepala Puskesmas . UKP. Cara Melaksanakan Kegiatan Cara melaksanakan kegiatan adalah dengan membentuk tim kaji banding. melakukan wawancara dengan penanggung jwaba program admen.