LAPORAN

KEGIATAN PENYULUHAN

FAKTOR RESIKO PENYAKIT TIDAK MENULAR

DI SDN 1 CAKRANEGARA

Disusun oleh :

Dr. Ni Putu Sasmita Lestari

Pembimbing :

Dr. Mei Ira Ikayanti

PROGRAM DOKTER INTERNSIP

PUSKESMAS PERAWATAN KARANG TALIWANG

DINAS KESEHATAN KOTA MATARAM

2016

Peserta Pendamping dr. Mei Ira Ikayanti NIP. Ni Putu Sasmita Lestari dr. 19790521 2006042014 . LAPORAN PENYULUHAN FAKTOR RESIKO PENYAKIT TIDAK MENULAR Disetujui dan Disahkan Pada Tanggal 2016 Mengetahui.

4% disebabkan oleh stroke disusul 31. Tujuan Umum . Berdasarkan survey data Riskerdas. Peningkatan penyakit tidak menular tentu saja berarti menurunkan angka orang sehat dan berdampak pada penurunan kinerja dan kesehatan masyarakat. Berdasarkan data tersebut pula penyebab kematian 15.00 WITA Tempat : SDN 1 Cakranegara Jumlah Peserta : 20 orang LATAR BELAKANG : PTM merupakan penyakit yang tidak membahayakan orang-orang disekitar karena tidak akan menularkan penyakitnya.7% pada tahun 1995 menjadi 49.7% karena hipertensi. penyakit jantung 7.5% pada tahun 2007.5%. 18 Desember 2015 Waktu : 08-00 sd 11. tidak menyukai olahraga. Penyakit tidak menular merupakan akibat dari pola hidup yang tidak sehat. Mei Ira Ikayanti Nama Wahana : Puskesmas Karang Taliwang Tema Penyuluhan : Faktor risiko Penyakit Tidak Menular Tujuan Penyuluhan : Mengenalkan kepada masyarakat apa saja faktor resiko penyakit tidak menular dan bagaimana pencegahannya Hari/Tanggal : Sabtu. 30. angka kematian akibat penyakit tidak menular meningkat dari 41.9% pada tahun 2001 dan 59. Ni Putu Sasmita Lestari Nama Pendamping : dr. sehingga tersisa menempel di dinding usus menjadi racun dan sumber penyakit. pola hidup serta kontrol yang baik untuk mencegah komplikasi dan mencapai kualitas hidup yang optimal. LAPORAN KEGIATAN PENYULUHAN Nama Peserta : dr. TUJUAN PENYULUHAN a. Penyuluhan faktor resiko penyakit tidak menular merupakan kegiatan pemberian informasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan penyakit.2% dan cedera 7. mengkonsumsi makanan yang minim nutrisi kaya akan lemak jahat dan tidak terserap baik oleh usus.3% disebabkan arthritis. baik pengobatan.

baik pengobatan. 18 Desember 2015 WAKTU PELAKSANAAN 08.11.00-11. pola hidup serta kontrol yang baik untuk mencegah komplikasi dan mencapai kualitas hidup yang optimal.Mengetahui dan memahami faktor resiko penyakit tidak menular .Mengetahui dan memahami bagaimana cara pengendalian dari penyakit tidak menular .00 WITA Penyuluhan mengenai faktor resiko penyakit tidak menular DOKUMENTASI KEGIATAN . Tujuan Khusus Setelah mengikuti penyuluhan kesehatan selama 1 x 60 menit. b.Menyebutkan komplikasi dari penyakit tidak menular .00 WITA TEMPAT PELAKSANAAN SDN 1 Cakranegara JUMLAH PESERTA 20 Peserta RANGKAIAN KEGIATAN 08.Mengetahui dan memahami tanda dan gejala serta diagnosa penyakit tidak menular .Mengetahui dan memahami apa saja jenis-jenis penyakit tidak menular . diharapkan peserta mampu: .00 .Mengetahui pola hidup yang sehat dan memahami peran keluarga di dalam pengendalian penyakit HARI/ TANGGAL PELAKSANAAN Jumat. Setelah mengikuti penyuluhan Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular peserta diharapkan mampu memahami mengenai pentingnya pengelolaan penyakit.

Penyampaian materi penyuluhan kepada Bapak Ibu Guru SDN 1 Cakranegara Suasana tanya jawab penyuluhan faktor resiko penyakit tidak menular .