Lampiran 1

Lembar Observasi
Perilaku dan Sarana Pemilahan Sampah di Rumah Tangga

Indikator Ya Tidak
I. PERILAKU PEMILAHAN SAMPAH
1. Melakukan pemilahan sampah berdasarkan jenisnya, yaitu
organik, anorganik
2 Diberikan tanda khusus pada wadah pemilahan sampah
3. Tidak melakukan pembakaran sampah
II. SARANA PEWADAHAN SAMPAH
1. Kedap air
2. Mudah dibersihkan/dikosongkan
3. Tertutup
4. Volume wadah sesuai dengan volume sampahnya
5. Tidak ditemukan vektor dan binatang pengganggu di sekitar
wadah sampah
6. Tersedia wadah sampah yang memenuhi kriteria, yang sesuai
dengan pengelomokkan jenis sampah
7. Diberikan label sesuai jenis sampah
8. Diberikan warna khusus sesuai dengan kelompok jenis sampah
(Organik-Hijau, Anorganik-Kuning)
9. Tempat sampah diletakkan jauh dari tempat penyimpanan
makanan dan minuman

LEMBAR KUESIONER
PENGETAHUAN MENGENAI PEMILAHAN SAMPAH DI RUMAH TANGGA

I. Karakteristik Responden
1. Nama :
2. Nama KK :
3. Jumlah Anggota KK :

a. Sesuatu benda/barang yang masih digunakan dalam kegiatan sehari-hari manusia.. b. a. Sumber penghasil sampah adalah…. Memudahkan pengolahan dan pemanfaatan selanjutnya. buah-buahan. tulang). Sampah dipilah/dipisahkan untuk…. Tidak tahu.. industry. kaca. b.. b. b. Tidak tahu 4. 3. Pengetahuan Tentang Pemilahan Sampah Petunjuk Pengisisan : Beri tanda silang (X) pada jawaban yang anda anggap benar. Tidak tahu 5. dll. Tidak tahu 6. a. Jenisa sampah yang termasuk sampah anorganik adalah…. . Tidak tahu 8. Umur : 5. a. Anorganik c. nasi. Sisa kegiatan sehari-hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat. a.. Sisa makanan (Sayur. 2. Organik b. Anorganik b.. a. Sampah B3 b. c. Pendidikan Terakhir : II. Besi. kuburan. 7. Organik c. c. Jenis sampah yang tidak mudah membusuk adalah…. Tidak tahu. Sampah adalah…. Pemukiman. Sampah B3 c. Jenis sampah yang termasuk sampah organic adalah…. 4. 1. sungai. tempat umum. dll. Jenis sampah yang beracun dan berbahaya bagi manusia dan lingkungan adalah……. c. Tidak tahu. Jenis sampah yang mudah membusuk adalah…. kain c. a. Alamat : 6. Membuat lingkungan rumah terlihat rapih. Bencana alam.

koran.. c. kulit pisang..4 c. a. Tidak tahu. Tidak tahu. Manfaat pemilahan sampah adalah…. Mengurangi sampah yang dihasilkan. a. Plastik. b. botol bekas sampo. kain. Keterangan : SS : Sangat Setuju S : Setuju . a. Rambut manusia. Jenis sampah yang termasuk sampah B3 adalah…. 9. LEMBAR KUESIONER SIKAP DALAM PEMILAHAN SAMPAH DI RUMAH TANGGA Petunjuk pengisian : Beri tanda checklist (√) pada jawaban yang anda anggap benar. batang. Memudahkan dalam penentuan metode pemanfaatan atau pengolahan. kemasan bekas makanan ringan. Bekas baterai. c. b. Daun. dll. Tidak tahu 10. dll. botol bekas pembersih lantai. daun pisang. b.

anorganik. Pemilahan dilakukan untuk mempermudah pemanfaatn sampah di rumah 6. dan mudah dibersihkan. Wadah sampah organik diberi label sampah organic dan berwarna hijau. yang termasuk didalamnya bekas obat nyamuk dan bekas baterai . 8. Sampah merupakan sisa kegiatan manusia yang berbentuk padat 2. Wadah sampah B3 diberi label sampah B3 dan berwarna merah. Wadah sampah anorganik diberi label sampah anorganik dan berwarna kuning. Tempat sampah haruslah kedap air. tertutup. 11. yang termasuk didalamnya sisa makanan 10.TS : Tidak Setuju STS : Sangat Tidak Setuju Jawaban No. dan sampah B3. Perlu dilakukan pemilahn dan pemisahan sampah sesuai jenisnya di rumah 4. Pernyataan SS S TS STS 1. pemilahan sampah dapat membuat sampah bernilai ekonomis 7. yang termasuk didalamnya plastik dan kaca. Pemilahan sampah di rumah dapat mempermudah pengelolaan dan pemanfaatan sampah 5. 3. Tempat sampah diberi label dan warna sesuai dengan kelompok jenis sampah 9. Jenis sampah yang dihasilkan di rumah berupa organic.

Sampah plastik atau lainnya dibuang pada wadah khusus sampah anorganik 4. LEMBAR OBSERVASI PERILAKU IBU RUMAH TANGGA DALAM PEMILAHAN SAMPAH 1. Sampah yang mengandung bahan kimia dibuang pada wadah khusus sampah B3 5. Nama : 2. Sampah dibuang/diwadahi/dipilah sesuai dengan jenisnya 2. Sampah sisa makanan dibuang pada wadah khusus sampah organic 3. No Cara Pemilahan Sampah Perilaku Pemilah Sampah 1. Memberikan himbauan pada anak dan anggota keluarga lainnya untuk melakukan pemilahan . Mengurangi sampah yang dihasilkan dari kegiatan di rumah tangga 6. Alamat : Petunjuk pengisian : Beri tanda checklist (√) pada jawaban yang sesuai. Nomor Responden : 3.

sampah 7. Memastikan setiap anggota keluarga melakukan pemilahan sampah. .