PANDUAN PKL 2016 POPMA HYDRAULIC RAM

I. POMPA HIDRAM

Pompa hidram adalah pompa yang digunakan untuk menaikkan sejumlah air dengan
kuantitas kecil dari tempat yang rendah ke tempat yang tinggi, dalam arah vertikal, dengan
memanfaatkan tekanan dinamik air.
Cara kerja dari pompa hidram adalah sebagai berikut : Air mengalir dari tank A pada
ketinggian H mengalir kedalam penampung E melalui pipa pengalir P. waste valve (Katub limpahan)
C yang awalnya pada kedaan terbuka akan menutup karena kecepatan alir pada drive pipe (pipa
penghantar) P mengalami peningkatan, sehingga menekan penutup pada waste valve (katub
limpahan) C dan mengakibatkan air pada penampung E akan terjebak, sehingga tekanannya akan
meningkat. Peningkatan tekanan pada penampung E akan mengakibatkan air mengalir dan
menaikkan penutup pada katub F, sehingga air akan menuju ruang udara D. Air pada ruang udara
(air chamber) D akan menekan udara pada ruang D sehingga katub F akan menutup disertai dengan
mengalirnya air pada pipa arah vertikal dengan ketinggian H2 menuju bak penampung B.
“Untuk fluida incompressible yang mengalir pada suatu aliran , total energi dari setiap
poinnya (Head) adalah sama di sepanjang aliran fluida” merupakan makna fisis dari persamaan
Bernoulli yang dirumuskan :

?2 ?
?+ + = konstan
2? ?

Persamaan Bernoulli diatas merepresentasikan total energi yang bekerja fluida yang mengalir.
Energi tersebut antara lain :
? : Merepresentasikan Energi Potensial
?2
2?
: Merepresentasikan Energi Kinetik, dan
?
?
: Merepresentasikan Eneri Tekanan , yakni jumlah kerja yang digunakan untuk memaksa elemen
fluida mengalir pada jarak tertentu melawan arah tekanan fluida.

Persamaan Bernoulli pada pompa hidram ditinjau dari aliran bak penampung (poin 0)
menuju ke waste valve (poin 3) dapat dituliskan sebagai berikut :

?0 2 ?0 ?3 2 ?
?0 + + = ?3 + + + ??
2? ? 2? ?

PANDUAN PKL 2016 POPMA HYDRAULIC RAM Dengan harga-harga yang ditentukan sebagai berikut : ?0 = 0 ?/?2 (tekanan di poin 0 adalah tekanan atmosfer) ?3 = 0 ?/?2 (tekanan di poin 3 adalah tekanan atmosfer) ?0 = 0 ?/? (kecepatan di poin 0 adalah 0 karena debit konstan) ?3 = 0 ?/? (kecepatan di poin 3 adalah 0 karena debit terhenti) ?0 = ? ? (ketinggian di titik 0 dari datum) ?3 = 0 ? (ketinggian di titik 3 sejajar datum) ? = ? . yakni : ? = ? . Sehingga persamaan Bernoulli menjadi : ?3 2 ? − ?? = 2? ?3 didapatkan dengan persamaan kontinuitas ? = ? . ?3 sehingga energi yang dibangkitkan dari pompa hidram adalah 1 ?? = ??3 2 2 II.? ? ?. Panjang drive pipe (pipa pengalir) Pipa pengalir diharapkan dapat menahan tekanan yang diakibatkan oleh penutupan katub waste valve. ? (berat jenis fluida (N/m3 ) ?? = ℎ??? ???? Kondisi di atas disubstitusikan ke dalam persamaan Bernoulli untuk mencari besarnya tekanan pada poin 3. maka akan didapatkan : ?3 ? − ?? = ?? Air pada supply tank yang memiliki ketinggian tertentu akan memiliki gaya yang disebabkan oleh percepatan yang mengikuti hukum Newton II. Hubungan empiris untuk menentukan panjang drive pipe adalah : 6? < ? < 12? (Eropa dan Amerika) ℎ ? = ℎ + 0. ? ?? ?3 = = = = ?. saat air masuk ke badan hidram langsung keluar melalui waste valve dengan kecepatan tertentu ?3 dan tekanan pada titik ?3 akan sama dengan tekanan atmosfir (=0) karena katub limbah dalam keadaan terbuka penuh. ? ? ? ? ?? ?? ?.3 ( ) (Eytelweyin) ? 900? ?= (Rusia) ?2 ? ? ? = 150 < ? < 1000 (calvert) . ASPEK DESIGN DAN BAGIAN UTAMA POMPA HIDRAM A. ? ?. ? ? − ?? = ?? = ? ?? ?? ? ?? Besarnya energi yang dibangkitkan oleh pompa hidram. ?. ?.

Hans de Long 1979). sehingga akan terjadi efek palu (waste hammer effect).45 cm2 untuk setip liter-nya. B. G. selain itu surge tank juga berfungsi untuk memastikan tidak terdapat udara pada drive pipe. Besarnya air valve harus disesuaikan karena jika katub udara terbuka terlalu besar maka ruang udara akan terisi udara dalam jumlah yang besar. jadi drive pipe yang panjang akan memerlukan ruang udara yang besar. H. Pipa yang telalu panjang akan mengakibatkan air akan mengalami gaya gesek terhadap dinding pipa. apabila ukurannya terlalu kecil pompa hidram akan bergetar. Udara tersebut harus diganti dengan udara baru. selanjutnya udara akan menuju drive pipe. Udara yang berada di katub udara akan terkompresi ketika air masuk melalui air chamber. C. Namun. solusinya adalah dengan memperbesar air valve. ukuran waste valve dianjurkan 1.PANDUAN PKL 2016 POPMA HYDRAULIC RAM Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa persamaan Calvert lebih baik dari yang lain. Fungsi surge tank adalah untuk mengendapkan material yang terlarut dan terbawa oleh air. Tabung udara (air chamber) Volume ruang udara dianjurkan 100x volume air yang dikirim D. Tinggi bak penampung penyuplai air Bak penampung suplai air tidak boleh lebih dari 4 meter. EFISIENSI POMPA HIDRAM Peniliaian efisiensi dari instalasi pompa hidram dapat dihitung dengan menggunakan persamaan D’Aubuisson. Volume ruang udara harus sama dengan volume air dalam drive pipe. Perhitungan efisiensi pompa hidram berpatokan pada klep buang sebagai datum dengan persamaan sebagai berikut : ? x ℎ? ?= x 100% (untuk D′ Aubuisson) (? + ?? ) x H . F. Surge tank ( tangki perantara) Surge tank sangat berguna ketika hidram diaplikasikan di lapangan. III. Panjang drive pipe biasanya adalah 4x dari tinggi H1 (Jahja Hanafie. sedangkan katub dengan tekanan yang lebih kecil akan mengakibatkan denyutan atau palu yang lebih cepat dan hasil pemompaan yang besar pada tinggi pemompaan yang rendah. Waste valve (katub limpahan) Waste valve dengan tegangan yang besar dan jarak antara lubang katub dengan karet yang cukup jauh memungkinkan kecepatan aliran dalam pipa semakin besar. E. Air valve (katub limpahan) Katub limpahan cukup dengan ukuran lubang kurang dari 1 mm. Air chamber (ruang udara) Ruang udara dibuat sebesar mungkin untuk memampatkan udara dan menahan pulsa tegangan (pressure pulse) dari siklus ram. sehingga yang akan dipompa adalah udara. Luas aliran yang melalui waste valve harus sama dengan atau lebih dari luas tampang lintang drive pipe untuk menghindari hambatan aliran. karena akan mengakibatkan katub menutup lebih cepat sehingga mudah rusak. Delivery valve (katub penghantar) Ukuran lubang delivery valve haru mempunyai diameter yang besar sehingga memungkinkan air yang dipompa menuju air chamber tidak mengalami hambatan.

PANDUAN PKL 2016 POPMA HYDRAULIC RAM Sedangkan menurut Rankine. sehingga efisiensinya adalah : ?x? ?= x 100% (untuk Rankine) (? + ?? ) Dimana : ? = Efisiensi pompa hidram (%) ?= debit pemompaan (liter/menit) ?? = debit limpahan (liter/menit) ℎ= tinggi pemompaan dengan sumber (m) ? =tinggi sumber dengan waste valve (m) ℎ? = tinggi total dari bukaan waste valve hingga penampung (m) . permukaan air pada tangki pemasukan digunakan sebagai datum.

Related Interests