BAB III

METODE PENELITIAN

3.1. Lokasi dan Waktu Penelitian

Penelitian ini bertempat di RSUD Alaoe Saboe tepatnya di ruangan instalasi rawat

darurat (IRD), dan akan dilaksanakan pada tanggal 12 juni-26 juni 2017.

3.2. Desain Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan desain atau

rancangan Cross Sectional Study dimana variabel independen dan variabel dependen diteliti

dalam waktu yang bersamaan (point time approach) (Notoatmodjo, 2005).

3.3. Variabel Penelitian

Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen

(yangmempengaruhi) dan variabel dependen (yang dipengaruhi).

1. Variabel Independen : Pengawasan kepala ruangan

2. Variabel Dependen :Kepatuhan cuci tangan perawat

3.  Tidak tangan = 2 dilakukan tindakan cuci tangan =2 3. . Populasi Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono.4. dan pengawasan dari Tidak orik) anggota mampu kepala ruangan dilakukan menjalankan tugas. Definisi Operasional Tabel 3. pengawasa tugas yang menjadi =2 tanggung jawabnya dengan sebaik- baiknya Variabel Dependen Kepatuh Kepatuhan adalah  Dilakukan nomi an sejauh mana Kepatuhan tindakan nal(ka perawat perawat terhadap tegori perilaku perawat cuci tangan terhadap penerapan cuci k) sesuai dengan tangan = 1 sesuai cuci tangan ketentuan yang standar diberikan oleh Ketidakpatuhan WHO = 1 professional perawat terhadap penerapan cuci kesehatan.5. Populasi dan Sampel 1.4 Definisi Operasional Penelitian No Variabel Definisi Cara Ukur Hasil Ukur Skala Operasional dan Indikator 1 2 3 4 5 6 Variabel Independen Pengawa Menilai seluruh Lembar observasi Di lakukan Nomi san kegiatan yang telah dengan melihat pengawasan nal kepala direncanakan adanya =1 (kateg ruangan bersama. 2007).

Sampel adalah semua perawat yang bekerja di ruangan IRD RSAS a. Kriteria eksklusi dalam penelitian ini adalah :. 2) Bersedia menjadi Responden. Kriteria Eksklusi Kriteria eksklusi adalah karakteristik sampel yang dapat dimasukkan atau layak untuk diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perawat di ruangan IRD RSAS 2. Data primer : data yang diperoleh langsung dari responden melalui wawancara dengan menggunakan kuisioner. Data sekunder : Data yang diperoleh dari bagian keperawatan tentang jumlah perawat IRD . 2007). b. Tehnik Pengumpulan Data 1. Responden dalam hal ini adalah perawat IRD RSAS b. 3. Tehnik Pengumpulan Data Pengumpulan data diperoleh melalui dua cara yaitu : a.6. 1) Responden yang menolak menjadi responden. Kriteria inklusi dalam penelitian ini adalah : 1) Bisa membaca dan menulis. Kriteria Inklusi Kriteria inklusi adalah karakteristik sampel yang dapat dimasukkan atau layak untuk diteliti. Sampel Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Sugiyono.

7. lama kerja. lama kerja. 3. pendidikan a. b. 2003) : a. Adapun tahap-tahap dalam mengelola data dilakukan sebagai berikut (Nursalam. pendidikan. Editing (Pemeriksaan Data) Data diperiksa dan dikoreksi akan kesalahan-kesalahan yang ditemui dalam proses pengumpulan atau memasukkan data. Karakteristik klien : umur dan jenis kelamin. Jenis Kelamin Kode 1 : Laki-laki . Pengolahan Data Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan komputerisasi program SPSS. jenis kelamin. Umur b. Coding (Pemberian Kode) Merupakan kegiatan merubah data berbentuk huruf menjadi data berbentuk angka/bilangan. Kegunaan koding ialah mempermudah kita pada saat analisis data dan juga pada saat entry data. 2. Alat Pengumpul Data Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah seperangkat alat tulis dengan menggunakan lembar observasi pada saat penelitian berlangsung berupa karakteristik klien (umur. Lembar observasi digunakan untuk melihat adanya pengawasan kepala ruangan dan patuh atau tidaknya perawat terhadap penerapan cuci tangan. Dalam penelitian ini koding yang dilakukan adalah : 1. Tehnik Analisis Data 1.

Kode 2 : Perempuan c. Kepatuhan cuci tangan perawat Kode 1 : dilakukan penerapan cuci tangan menurut WHO Kode 2 : tidak dilakukan penerapan cuci tangan c. Tabulation (Penyajian Data) Pengelompokan data dalam suatu bentuk tabel menurut sifat yang dimiliki sesuai tujuan penelitian dan disajikan dalam bentuk narasi dan tabel distribusi frekuensi. Scoring (Pemberian Skor) Yaitu memberikan skor atau bobot pada setiap variabel berdasarkan lembar dokumentasi. Variabel yang diteliti : pengawasan kepala ruangan dan kepatuhan cuci tangan perawat a. Pengawasan kepala ruangan Kode 1 : dilakukan pengawasan Kode 2 : tidak dilakukan pengawasan b. . Lama kerja Kode 1 : <1 tahun Kode 2 : 2-5 tahun Kode 3 : > 5 tahun Kode 4 : > 10 tahun d. Tingkat pendidikan Kode 1 : d3 keperawatan Kode 2 : S1 Ners 2. d.

Analisis univariat untuk pengawasan yang dilakukan kepala ruangan dan kepatuhan perawat terhadap cuci tangan digambarkan dengan mencari jumlah dan persentase yang disajikan melalui tabel distribusi frekuensi. Apabila ada cell nilai expected count kurang dari 5 dan . Analisis Univariat Analisis univariat adalah analisa yang dilakukan untuk menganalisis tiap variabel dari hasil penelitian Analisa univariat berfungsi untuk meringkas kumpulan data hasil pengukuran sedemikian rupa sehingga kumpulan data tersebut berubah menjadi informasi yang berguna.2. tabel dan grafik (Sopiyudin.05). 2008). Peringkasan tersebut dapat berupa ukuran statistik. Analisis Data Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan program pengolahan data statistik. Analisis Bivariat Analisis bivariat digunakan untuk melihat hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen yaitu pengaruh pengawasan kepala ruangan terhadap kepatuhan cuci tangan perawat. Dengan syarat uji chi- squere tidak boleh ada 1 cell yang memiliki nilai expected count kurang dari 5 dan tidak boleh lebih dari 20 %. Analisis data adalah tahapan untuk mengolah data menjadi bentuk yang dapat memberikan informasi yang mudah dimengerti dengan menggunakan metode statistik. a. Dalam penelitian ini uji hipotesis yang digunakan adalah uji chi-squere dengan tingkat kemaknaan 5% (a=0. b. Setelah dapat memberikan informasi baru kita dapat membandingkan dengan teori yang ada. M.

2008). jenis data yang dibutuhkan. Maknanya hipotesis nol ( Ho) di tolak jika p value < 0.05 yang artinya ada hubungan antara variabel independen dan variabel dependen (Sopiyudin. tujuan dilakukannya tindakan. Tanpa Nama (Anonimity) Masalah etika keperawatan merupakan masalah yang memberikan jaminan dalam penggunaan subjek penelitian dengan cara tidak memberikan atau mencantumkan nama responden pada lembar alat ukur dan hanya menuliskan kode pada lembar pengumpulan . 2. 2003) : 1. Etika penelitian keperawatan meliputi (Nursalam.8. sehingga perlu diperhatikan. Dalam penelitian ini. potensial masalah yang akan terjadi. manfaat dan kerahasiaan. komitmen. mengingat penelitian keperawatan berhubungan langsung dengan manusia. Informed Consent Informed Consent merupakan bentuk persetujuan antara peneliti dengan responden penelitian dengan memberikan lembar persetujuan. dan responden menandatangani lembar informed consent yang telah disediakan. Etika Penelitian Etika dalam penelitian keperawatan merupakan masalah yang sangat penting. M. tidak memenuhi syarat uji chi-squaere maka uji yang digunakan adalah uji arternatif fisher exact Test. peneliti meminta persetujuan responden untuk dijadikan subjek penelitian. karena manusia mempunyai hak azasi. prosedur pelaksanaan. Informed Consent diberikan sebelum penelitian dilakukan dengan memberikan lembar persetujuan menjadi responden. Beberapa informasi yang terdapat dalam informed consent antara lain partisipasi pasien. 3.

secara langsung ataupun tidak langsung atau efeknya jauh dikemudian hari. . Kerahasiaan (Confidentiality) Kerahasiaan informasi responden dijamin oleh peneliti. nama baik dan aspek hukum dan psikologis. 3. Dalam penelitian tidak boleh membukakan identitas obyek penelitian baik individu maupun kelompok atau institusi. hanya kelompok data tertentu saja yang akan disajikan dan dilaporkan sebagai hasil riset. ini untuk kepentingan privasi/kerahasiaan. data yang akan disajikan.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.