BAB IIANATOMI, FISIOLOGI DAN EMBRIOLOGI2.

1 Anatomi

Aparatus lakrimal terdiri dari bagian sekresi dan ekskresi. Komponen sekresiterdiri atas kelenjar yang
menghasilkan berbagai unsur pembentuk cairan air mata.Volume terbesar air mata dihasilkan oleh
kelenjar air mata utama yang terletak difossa lakrimal di kuadran temporal atas orbita. Selain kelenjar air
mata utama terdapatkelenjar lakrimal tambahan. Meskipun hanya sepersepuluh dari massa utama,
namunmempunyai peran yang penting. Bagian sekresi terdiri dari:a)

Glandula lakrimalb)

Duktus lakrimalGlandula lakrimal terdiri dari 2 bagian:a)

bagian atas yang lebih besar letaknya di fossa lakrimal os frontalisb)

bagian bawah yang terletak di bawah konjungitva fornix superior bagiantemporalGambar 2.1. Sistem
lakrimal bagian sekresi dan ekskresi

Kelenjar Krause dan Wolfring identicdengan kelenjar utama namun tidak mempunyai system saluran.Bagian ekskresi terdiri dari:a) Pungtum lakrimal superior dan inferiorb) Kanalikuli lakrimal superior dan inferiorc) Sakus lakrimald) Duktus nasolakrimale) .Selain itu. glandula lakrimalis aksesori. glandula Krause dan Wolfring yangterletak di dalam substansia propria di konjungtiva palpebra turut berperan dalammengsekresikan komponen aquos air mata.

Vena dari kelenjarbergabung dengan vena ophthalmica. Pada bayi yang baru lahir. Dengan berkedip. yang dating dari nucleussalivarious superiorc) saraf simpatis yang menyertai arteria dan nervus lakrimalis 2. yang terletak di dalam fossa glandula lakrimalis. orbukularis okuli menekan pada sakus lakrimal. Dengan berkedip.Duktus nasolakrimalis berlanjut ke bawah dari sakus dan bermuara ke meatus inferiorrongga hidung.air mata belum dibentuk dan baru di bentuk pada umur 3 minggu. oleh karenarongga hidung mengandung banyak pembuluh darah.2.sehingga menimbulkan tekanan negative didalamnya.Kelenjar air mata dipersarafi oleh:a) nervus lakrimalis (sensoris). Fisiologi air mataPada waktu mata dibuka.Meatus inferiorAir mata mengalir dari lacus lakrimalis melalui punctum superior dan inferior dankanalikuli ke saccus lakrimalis. yang bermuaradi bawah concha nasalis inferior. Air mata tidak meleleh melalui pipi juga. karena isi dari glandula meibom menjaga tertutup rapatnya . Air mata tidak meleleh melalui hidung. Drainase linfe bersatu dengan pembuluh limfekonjungtiva dan mengalir ke kelenjar getah bening preaurikular. gravitasi. sehingga suhunya panas.Gambar 2. Kombinasi kekuatanisapan kapiler dalam kanalikuli. sehingga mempercepat penguapan. lateral terhadap turbinatus inferior. m. gravitasi dan aktivitas memompa otot Horner kebelakang saccus lakrimalis akan meneruskan aliran air mata ke bawah melalui ductusnasolacrimalis ke dalam hidung. dan kedipan palpebral.Perdarahan kelenjar air mata berasal dari arteria lakrimalis.2 Fisiologi Sekretnya dikeluarkan melalui 6-12 saluran yang berjalan kebawah danbermuara di konjungtiva forniks superior bagian temporal.ditambah dengan pernafasan.air mata disalurkan ke seluruh bagian anterior mata dan terkumpul di daerah sakuslakrimal. dengan adanya tekanan negative ini. Air mata diarahkan ke dalampunctum oleh isapan kapiler. suatu cabang dari divisi pertama trigeminusb) nervus petrosus superficialis magna (sekretoris). air mata dapatterserap pungtum lakrimal dan seterusnya sampai ke meatus inferior.

IgG. Dalam keadaannormal.margo palpebral pada waktu berkedip. lisozim.Air mata ini berguna untuk:a) Membuat permukaan kornea menjadi licinb) Membasahi permukaan konjungtiva dan kornea. untuk menghindarikerusakan epitel pada jaringan tersebutc) Untuk mencegah berkembangnya mikroorganisme pada konjungtiva dankornea karena sifatnya antibakteriAir mata mengandung protein. glukosa. IgE). Air mata membasahi epitel konjungtiva dankornea dengan ketebalan 7-10 mikrometer terdiri dari campuran air mata yangdibentuk kelenjar air mata. Ph rata-rata air mata 7. sekresi kelenja goblet dan kelenjar meibom. natrium. Lisozim bersama gamma globulin IgAmenyebabkan lisis dari bakteri.35. Akhir-akhir ini ditemukan betalisin di dalam . air mata bersifat isotonic. gamma globulin (IgA.betalisin. ion kalium.

yang uga mempunyai antibakteri seperti lisozim. Reflexmengedip juga memegang peran penting dalam sekresi oleh kelenjar meibom danzies.Komponen lipid air mata disekresi oleh kelenjar Meibom dan Zeis di tepianpalpebra. glandula Krause dan Wolfring terletak di dalamsubstansia propria di konjungtiva palpebra. Stimulasi reseptor saraf V yang terdapat di kornea danmukosa nasal memacu sekresi air mata oleh kelenjar lakrimalis.Gambar 2. kelenjar Krause dan Wolfring.3.Air mata yang menutupi epitel kornea dan konjungtiva terdiri dari 3 lapisan:a) Lapisan superfisial terdiri dari secret glandula Meibomb) Lapisan tengah mengandung cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar air matac) Lapisan terdalam terdiri dari lapisan mucin. Komponen aquos air mata disekresi oleh glandula lakrimalis dan glandulalakrimalis aksesori. Mekanisme pengaturan sekresi musin oleh sel ini tidak diketahui. Kelenjar Krause dan Wolfringidentic dengan kelenjar utama namun tidak mempunyai system saluran.Komponen musin lapisan air mata diskresi oleh sel goblet konjungtiva dan selepitel permukaan. permukaan kornea dan konjungtiva dijaga tetap basahdan licin.air mata. yang dibentuk oleh sel goblet danmembasahi seluruh permukaan epitel kornea dan konjungtivaDengan adanya kedipan mata.Hilangnya sel goblet berakibat mengeringnya kornea meskipun banyak air mata darikelenjar lakrimal. Sekresi lipid ini dipengaruhi oleh serabut saraf kolinergik yang berisi kolinesterase. Mengedip menyebabkan lipid mengalir ke lapisan air mata. Mekanisme sekresi aquos dipersarafi olehsaraf kranial V (trigeminus). Selain itu sekresi kelenjar ini dipengaruhi oleh hormone androgen sementarahormone antiandrogen dan estrogen akan menekan sekresi kelenjar lipid. Struktur air mata .Glandula lakrimalis aksesori.

saccus lakrimalis. Saluran korda ini terbentuk sesaat sebelumlahir. yang berkembang darikorda epitel padat yang terbenam di antara processus maxillaris dan nasalis struktur-struktur muka yang sedang berkembang. System drainase lakrimal (kanalikuli.2. .3 Embriologi Kelenjar lakrimal dan kelenjar lakrimal aksesorius berkembang dari epitelkonjungtiva. dan duktusnasolacrimalis) juga merupakan derivate ectoderm permukaan.

Related Interests