Modul Tugas Komputasi

1

PROGRAM GFORTRAN DAN
PROGRAM OCTAVE

Dibuat Untuk
Memenuhi Tugas Akhir Semester (UAS) Komputasi
Oleh Bapak
Irwandi, S.Si, M.Si

oleh:
T.Rykard Yudha Pratama
1404107010057

PROGRAM STUDI TEKNIK GEOFISIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
BANDA ACEH
2016

2

BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Bahasa pemrograman adalah bahasa tertentu yang digunakan oleh para programmer
untuk membuat suatu aplikasi atau software pada komputer, dasar-dasar yang dipakai
adalah prinsip kerja algoritma yang sudah dipelajari sebelumnya, bahasa
pemrogaman itu sendiri sudah ditemukan pada tahun setelah diketemukannya mesin
komputer, mulai generasi yang paling pertama kali yaitu kode mesin, sampai sampai
generasi sekarang yang banyak digunakan sebagai bahasa pemrograman dalam
pembuatan berbagai aplikasi, dalam konteksnya adalah setiap bahasa pemrograman
mempunyai yang namanya kode, kode tersebut akan mendasari berbagai pemrosesan
tiap step/langkah beradasarkan tipe data yang diinputkan oleh programmer,
contohnya dalam bahasa pemrograman pascal adalah penggunaan tipe data integer
untuk bilangan angka yang nantinya akan diproses dan penggunaan tipe data string
untuk data-data yang terdiri dari susunan huruf dan nantinya tidak akan diproses
dalam perhitungan algoritma dan akan dimunculkan (dicetak/write) pada akhir
sequence. Pada dasarnya bahasa pemrograman adalah hal yang sangat lumrah
dikalangan para programmer dan para pengambil keputusan/ decision maker, sebagai
seorang engineer kita dituntut untuk menyelesaikan masalah secara runtut dan
sistematis, dengan menggunakan pola pikir yang dimiliki tersebut, kita akan dengan
optimal mempertimbangkan segala sesuatu yang mempengaruhi/factor dari nilai baik
tidaknya atau positif negatifnya suatu keputusan yang kita ambil, pembahasan dalam
makalah ini akan mengerucut pada pengenalan bahasa pemrograman meliputi
berbagai bahasa pemrograman berdasarkan generasi, jenis, penggunaan, dan
kelebihan ataupun kekurangan dari tiap jenis bahasa pemrograman yang kami
definisikan. Pada bahasa pemograman ini yang digunakan yaitu fortran dan Octave.
2. Tujuan
Adapun tujuan dari makalah ini dibuat untuk mengetahui cara-cara penggunaan atau
pun tutorial dari bahasa pemograman Fortrain dan Octave.

3

4 .

Jadi.1 Bahasa Pemograman Bahasa pemrograman atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer. bentuk awal dari bahasa komputer adalah berupa gerakan secara mekanik. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu set aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. hal ini dapat dipahami sebagai suatu rangkaian pengetikan kedalam komputer dan kemudian dijalankan. selanjutnya gerakan mekanik tersebut digantikan dengan sinyal listrik ketika pemerintah AS mengembangkan ENIAC pada tahun 1942. John Von Neumann yang bekerja pada Institute for Advanced Study mengemukakan dua konsep yang secara langsung mempengaruhi masa depan dari bahasa pemrograman komputer. difference engine-nya Charles Babbage hanya dibuat untuk menjalankan tugas dengan menggunakan perpindahan gigi roda untuk menjalankan fungsi kalkukasi. Pada teknik ini dinyatakan bahwa hardware komputer haruslah sederhana 5 . adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. komputer membutuhkan sejumlah instruksi untuk melakukan suatu tugas tertentu. 2. Instruksi-instruksi ini dikenal sebagai bahasa pemrograman.2 Sejarah Perkembangan Bahasa Pemograman Sejak pertama komputer difference engine diciptakan oleh Charles Babbage pada tahun 1822. bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan. Bahasa komputer mulanya terdiri dari sejumlah langkah pengkabelan untuk membuat suatu program. Pada 1945. Pada awalnya. tetapi masih banyak mengadopsi prinsip- prinsip dasar dari Babbage’s engine yang mana diprogram dengan mengeset switch dan perkabelan pada seluruh sistem pada setiap “program” maupun kalkulasi. BAB II DASAR TEORI 2. Yang pertama dikenal sebagai “shared-program technique”. dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Ide ini berkembang menjadi bentuk subrutin. Bagian kedua dari ide tersebut menyatakan bahwa kode komputer harus dapat bercabang berdasarkan pernyataan logika seperti IF (ekspresi) THEN. yang dirancang dari awal sebagai bahasa untuk para pebisnis. dan perulangan seperti FOR statement. dengan dikembangkannya COBOL. “Conditional control transfer” mengembangkan ide adanya “libraries. bahasa ini terbatas pada hanya terdiri dari perintah IF. Pada 1957. Hal tersebut juga memungkinkan pengelompokan menjadi array dan record. Type data yang ada hanya berupa number dan text string. sehingga data di telusuri dan diorganisasikan dengan lebih baik. Konsep yang kedua. instruksi-instruksi yang lebih kompleks harus digunakan untuk mengendalikan perangkat keras yang lebih sederhana. dan bilangan integer. Sesuatu hal yang menarik untuk 6 . hal ini memungkinkan komputer diprogram ulang dengan cepat. dan menyediakan bagi programmer akses tingkat rendah kedalam komputer. tetapi pada waktu itu. bahasa khusus yang pertama muncul dalam bentuk FORTRAN yang merupakan singkatan dari sistem FORmula TRANslating. DO. Sebagai gantinya. Von Neumann menyebutnya sebagai “conditional control transfer”. Komponen-komponennya sangat sederhana. FORTRAN sangat baik dalam menangani angka-angka. yang mana merupakan hal yang penting pada komputasi bisnis. atau blok kode yang kecil yang dapat panggil berdasarkan aturan tertentu. dari pada suatu himpunan tunggal urutan kronologis yang harus dijalankan oleh komputer. perintah- perintah ini merupakan lompatan besar kearah depan. serta double-precision. tetapi tidak terlalu baik untuk menangani proses input dan output. Pada 1949. Komputasi bisnis mulai tinggal landas pada 1959. Type data dasar yang digunakan sampai sekarang ini dimulai dari FORTRAN. real.” yang mana merupakan blok kode yang dapat digunakan berulang kali. Sampai saat ini. setelah beberapa tahun Von Neumann bekerja. yang merupakan bahasa komputer yang pertama untuk peralatan elektronik yang membutuhkan programmer untuk mengubah perintah kedalam 0 dan 1 dengan tangan. Bahasa ini dirancang pada IBM untuk perhitungan scientific. hal ini meliputi variabel logika (TRUE atau FALSE). dan GOTO. bahasa Short Code dilahirkan.dan tidak perlu dilakukan pengkabelan dengan menggunakan tangan untuk setiap program.

dimana variabel dapat dibuat ketika suatu program sedang berjalan. Karena dirancang untuk fungsi spesialisasi yang tinggi. sehingga membuatnya agak mudah dipelajari. maka tata cara penulisannya jaring kelihatan sebelum ataupun sesudahnya. John McCarthy di MIT membuat bahasa LISt Processing (atau LISP). Pascal dimulai pada tahun 1968 oleh Niklaus Wirth. dan juga dapat berkembang sendiri. 454). 177). Pada 1958. Tata cara penulisan LISP dikenal sebagai “Cambridge Polish. dan ALGOL. yang ditandai dengan suatu urutan item yang dicakup dengan tanda kurung. yang dikenal sebagai Backus-Naar Form atau BNF (McGraw-Hill Encyclopedia of Science and Technology. Prinsipnya mereka mengembangkannya untuk alat pengajaran pemrograman yang baik seperti kemampuan debug dan perbaikan sistem dan dukungan kepada mikroprosesor komputer yang digunakan pada institusi pendidikan. Bahasa Algol dibuat oleh suatu komite untuk pemakaian scientific pada tahun 1958. dia mengkombinasikan kemampuan yang terbaik dari bahasa-bahasa saat itu. 7 . sehingga LISP memiliki kemampuan yang khusus untuk memodifikasi dirinya. melalui perintah NEW dan DISPOSE. Pascal dirancang dengan pendekatan yang sangat teratur (terstruktur). Program LISP sendirinya dibuat sebagai suatu himpunan dari list. Pascal juga mengembangkan variabel dinamis. Dia juga merupakan bahasa pertama dengan suatu tata bahasa formal. COBOL.dicatat bahwa suatu program COBOL dibuat menyerupai suatu essay.” sebagaimana dia sangat berbeda dari logika Boolean (Wexelblat. Pada awalnya bahasa ini dikembangkan bukan dengan harapan adopsi pemakaian secara luas. dengan empat atau lima bagian utama yang membentuk keseluruhan yang tertata dengan baik. FORTRAN. Perintah-perintah COBOL sangat menyerupai tata bahasa English. Dalam pengerjaannya banyak perintah-perintah yang tidak teratur dan aneh dihilangkan. dan Java. C++. Kontribusi utamanya adalah merupakan akar dari tiga bahasa selanjutnya yaitu Pascal. Semua ciri-ciri ini dikembangkan agar mudah dipelajari dan mudah diterapkan pada dunia bisnis. C. Tujuan pengembangannya adalah untuk kebutuhan pengajaran. yang dirancang untuk riset Artificial Intelligence (AI). Sesuatu perbedaan yang paling nyata dari bahasa ini dengan bahasa lain adalah dasar dan type satu-satunya adalah list. sehingga sangat menarik bagi pemakai.

Penentuan jenis bahasa tidak ditentukan oleh perkembangan zaman.2.3 Fungsi Bahasa Pemrograman Fungsinya adalah supaya dapat memerintahkan komputer untuk mengolah data sesuai kehendak kita. lebih tepat jika menggunakan bahasa yang logic dan prolog. Contohnya adalah mesin penghitung yang sering digunakan di mal atau pasar swalayan. Output dari bahasa pemrograman adalah berupa program/aplikasi. 8 . Misalkan saja untuk membuat suatu aplikasi mengenai kecerdasan. namun lebih kepada kesesuaian antara masalah yang kehendak dipecahkan dengan kelebihan dari suatu bahasa pemrograman itu sendiri.

pilih folder yang ingin diselesaikan formulanya  Kemudian ketikkan “dir”  Ketikkan gfortran (nama file)  Ketikkan “a”. BAB III PEMBAHASAN  Program Perkalian (Faktorial) Problem I Pemrograman : Pengoperasian program Fortran di Geany dapat dilakukan dengan mengklik Compile  Bulid  Excute Atau dapat menggunakan bantuan Command Prompt (CMD) Pemrograman :  Buka Command Prompt (CMD)Pastikan file program yang ingin ditampilkan sudah terinput didalam CMD  Ketikkan cd \ (nama folder yang menyimpan file)  Setelah mucul beberapa file yang tersimpan dalam folder. Setelah itu akan muncul penyelasaian program dari formula yang dibuat. 9 .

Contoh :  Buka CMD  cd \komputasi  dir gfortran faktorialA.f95  a Hasil pemrograman formula faktorialA.f95  Program Faktorial Problem II Pemrograman :  Pengoperasian program Fortran di Geany dapat dilakukan dengan mengklik Compile 10 .

Contoh :  Buka CMD  cd \komputasi  dir  gfortran faktorialB. Setelah itu akan muncul penyelasaian program dari formula yang dibuat.f95  a 11 . Bulid  Excute Atau dapat menggunakan bantuan Command Prompt (CMD) Pemrograman :  Buka Command Prompt (CMD)  Pastikan file program yang ingin ditampilkan sudah terinput didalam CMD  Ketikkan cd \ (nama folder yang menyimpan file)  Setelah mucul beberapa file yang tersimpan dalam folder. pilih folder yang ingin diselesaikan formulanya  Kemudian ketikkan “dir”  Ketikkan gfortran (nama file)  Ketikkan “a”.

Hasil pemrograman formula faktorialB.f95  Program Faktorial Problem III Pemrograman :  Pengoperasian program Fortran di Geany dapat dilakukan dengan mengklik  Compile  Bulid  Excute Atau dapat menggunakan bantuan Command Prompt (CMD) 12 .

pilih folder yang ingin diselesaikan formulanya  Kemudian ketikkan “dir”  Ketikkan gfortran (nama file)  Ketikkan “a”. Contoh :  Buka CMD  cd \komputasi  dir  gfortran faktorialC.f95  a Hasil pemrograman formula faktorialC.Pemrograman :  Buka Command Prompt (CMD)  Pastikan file program yang ingin ditampilkan sudah terinput didalam CMD  Ketikkan cd \ (nama folder yang menyimpan file)  Setelah mucul beberapa file yang tersimpan dalam folder.f95  Program Sum (Penjumlahan) Problem I 13 . Setelah itu akan muncul penyelasaian program dari formula yang dibuat.

Pemrograman :  Pengoperasian program Fortran di Geany dapat dilakukan dengan mengklik Compile  Bulid  Excute Atau dapat menggunakan bantuan Command Prompt (CMD) Pemrograman :  Buka Command Prompt (CMD)  Pastikan file program yang ingin ditampilkan sudah terinput didalam CMD  Ketikkan cd \ (nama folder yang menyimpan file)  Setelah mucul beberapa file yang tersimpan dalam folder. pilih folder yang ingin diselesaikan formulanya  Kemudian ketikkan “dir”  Ketikkan gfortran (nama file) 14 .

Setelah itu akan muncul penyelasaian program dari formula yang dibuat.f95  a Hasil pemrograman formula sumA. Contoh :  Buka CMD  cd \komputasi  dir  gfortran sumA.f95  Program Sum (Penjumlahan) Problem II 15 . Ketikkan “a”.

Setelah itu akan muncul penyelasaian program dari formula yang dibuat. Contoh :  Buka CMD  cd \komputasi  dir  gfortran sumB.f95  a 16 .Pemrograman :  Pengoperasian program Fortran di Geany dapat dilakukan dengan mengklik  Compile  Bulid  Excute Atau dapat menggunakan bantuan Command Prompt (CMD) Pemrograman :  Buka Command Prompt (CMD)  Pastikan file program yang ingin ditampilkan sudah terinput didalam CMD  Ketikkan cd \ (nama folder yang menyimpan file)  Setelah mucul beberapa file yang tersimpan dalam folder. pilih folder yang ingin diselesaikan formulanya  Kemudian ketikkan “dir”  Ketikkan gfortran (nama file)  Ketikkan “a”.

f95  Program Sum (Penjumlahan) Problem III 17 . Hasil pemrograman formula sumB.

Contoh :  Buka CMD  cd \komputasi  dir  gfortran sumC.f95  a 18 . Setelah itu akan muncul penyelasaian program dari formula yang dibuat.Pemrograman :  Pengoperasian program Fortran di Geany dapat dilakukan dengan mengklik  Compile  Bulid  Excute Atau dapat menggunakan bantuan Command Prompt (CMD) Pemrograman :  Buka Command Prompt (CMD)  Pastikan file program yang ingin ditampilkan sudah terinput didalam CMD  Ketikkan cd \ (nama folder yang menyimpan file)  Setelah mucul beberapa file yang tersimpan dalam folder. pilih folder yang ingin diselesaikan formulanya  Kemudian ketikkan “dir”  Ketikkan gfortran (nama file)  Ketikkan “a”.

f95  Program Sum (Penjumlahan) Problem IV Pemrograman :  Pengoperasian program Fortran di Geany dapat dilakukan dengan mengklik  Compile  Bulid  Excute Atau dapat menggunakan bantuan Command Prompt (CMD) 19 . Hasil pemrograman formula sumC.

pilih folder yang ingin diselesaikan formulanya  Kemudian ketikkan “dir”  Ketikkan gfortran (nama file)  Ketikkan “a”.f95  a 20 . Setelah itu akan muncul penyelasaian program dari formula yang dibuat. Contoh :  Buka CMD  cd \komputasi  dir  gfortran sumD.Pemrograman :  Buka Command Prompt (CMD)  Pastikan file program yang ingin ditampilkan sudah terinput didalam CMD  Ketikkan cd \ (nama folder yang menyimpan file)  Setelah mucul beberapa file yang tersimpan dalam folder.

Hasil Pemrograman formula sumD.f95  Program Modulus Problem I Pemrograman :  Pengoperasian program Fortran di Geany dapat dilakukan dengan mengklik  Compile 21 .

 Bulid  Excute Atau dapat menggunakan bantuan Command Prompt (CMD) Pemrograman :  Buka Command Prompt (CMD)  Pastikan file program yang ingin ditampilkan sudah terinput didalam CMD  Ketikkan cd \ (nama folder yang menyimpan file)  Setelah mucul beberapa file yang tersimpan dalam folder.f95  a 22 . Contoh :  Buka CMD  cd \komputasi  dir  gfortran modA. pilih folder yang ingin diselesaikan formulanya  Kemudian ketikkan “dir”  Ketikkan gfortran (nama file)  Ketikkan “a”. Setelah itu akan muncul penyelasaian program dari formula yang dibuat.

Hasil pemrograman formula modA.f95  Program Modulus Problem II Pemrograman :  Pengoperasian program Fortran di Geany dapat dilakukan dengan mengklik Compile  Bulid  Excute 23 .

Atau dapat menggunakan bantuan Command Prompt (CMD) Pemrograman :  Buka Command Prompt (CMD)  Pastikan file program yang ingin ditampilkan sudah terinput didalam CMD  Ketikkan cd \ (nama folder yang menyimpan file)  Setelah mucul beberapa file yang tersimpan dalam folder. pilih folder yang ingin diselesaikan formulanya  Kemudian ketikkan “dir”  Ketikkan gfortran (nama file)  Ketikkan “a”. Contoh :  Buka CMD  cd \komputasi dir  gfortran modB. Setelah itu akan muncul penyelasaian program dari formula yang dibuat.f95  a 24 .

Tan Problem I Pemrograman :  Pengoperasian program Fortran di Geany dapat dilakukan dengan mengklik  Compile  Bulid  Excute Atau dapat menggunakan bantuan Command Prompt (CMD) Pemrograman :  Buka Command Prompt (CMD)  Pastikan file program yang ingin ditampilkan sudah terinput didalam CMD  Ketikkan cd \ (nama folder yang menyimpan file) 25 .f95  Program Sinus. Cosinus. Hasil pemrograman formula modB.

Setelah itu akan muncul penyelasaian program dari formula yang dibuat.f95  a  Program Persamaan Gelombang Problem I Pemrograman :  Pengoperasian program Fortran di Geany dapat dilakukan dengan mengklik 26 . Setelah mucul beberapa file yang tersimpan dalam folder. pilih folder yang ingin diselesaikan formulanya  Kemudian ketikkan “dir”  Ketikkan gfortran (nama file)  Ketikkan “a”. Contoh :  Buka CMD  cd \komputasi  dir  gfortran sinnx.

 Compile  Bulid   Excute Atau dapat menggunakan bantuan Command Prompt (CMD) Pemrograman :  Buka Command Prompt (CMD)  Pastikan file program yang ingin ditampilkan sudah terinput didalam CMD  Ketikkan cd \ (nama folder yang menyimpan file)  Setelah mucul beberapa file yang tersimpan dalam folder. Setelah itu akan muncul penyelasaian program dari formula yang dibuat. pilih folder yang ingin diselesaikan formulanya  Kemudian ketikkan “dir”  Ketikkan gfortran (nama file)  Ketikkan “a”.f95  a 27 . Contoh :  Buka CMD  cd \geanytest  dir  gfortran gelombangA.

Hasil pemrograman formula gelombang.f95  Program Persamaan Suhu Problem I Pemrograman :  Pengoperasian program Fortran di Geany dapat dilakukan dengan mengklik  Compile  Bulid  Excute Atau dapat menggunakan bantuan Command Prompt (CMD) 28 .

f95  Program Persamaan untuk Pembuatan Kontur Suhu Problem I 29 .Pemrograman :  Buka Command Prompt (CMD)  Pastikan file program yang ingin ditampilkan sudah terinput didalam CMD  Ketikkan cd \ (nama folder yang menyimpan file)  Setelah mucul beberapa file yang tersimpan dalam folder. Contoh :  Buka CMD  cd \komputasi  dir  gfortran persamaansuhuA. Setelah itu akan muncul penyelasaian program dari formula yang dibuat. pilih folder yang ingin diselesaikan formulanya  Kemudian ketikkan “dir”  Ketikkan gfortran (nama file)  Ketikkan “a”.f95  a Hasil pemrograman formula PersamaansuhuA.

Pemrograman :  Pengoperasian program Fortran di Geany dapat dilakukan dengan mengklik  Compile  Bulid  Excute Atau dapat menggunakan bantuan Command Prompt (CMD) Pemrograman :  Buka Command Prompt (CMD)  Pastikan file program yang ingin ditampilkan sudah terinput didalam CMD  Ketikkan cd \ (nama folder yang menyimpan file)  Setelah mucul beberapa file yang tersimpan dalam folder. pilih folder yang ingin diselesaikan formulanya  Kemudian ketikkan “dir”  Ketikkan gfortran (nama file) 30 .

f95 Data formula dalam CMD type kontursuhuA. Setelah itu akan muncul penyelasaian program dari formula yang dibuat. Contoh :  Buka CMD  cd \komputasi  dir  gfortran mabokberdua2. Ketikkan “a”.f95 Data type kontursuhuA.f95  a  type kontursuhu.txt 31 .

pertama-tama buka program Octave.Pemrograman : Untuk membuat kontur dari data tersebut. kemudian tentukan letak file program berada di localdisk yang telah ditentukan misalnya C: Contoh :  Buka program Octave  cd C:\komputasi  dir  load suhu.txt  contour(suhu) Pemrograman melalui program Octave 32 .

Hasil Kontur Suhu dari Data Fortran yang Dimasukkan ke Program Octave 33 .