JENIS-JENIS AWAN DAN GAMBARNYA

Awan yang kita amati dapat dikaji dalam ketinggian dan bentuk. Awan dibagi menjadi sepuluh klasifikasi sbb:

Awan-awan dalam WMO dibagi menjadi 10 jenis awan, yaitu :Cirrus, Cirrocumulus,Cirrostratus, Altocumulus,
Altostratus, Nimbostratus, Stratocumulus, Stratus, Cumulus, Cumulonimbus.

Jenis awan

nanti akan muncul penjelasan yang lebih rinci.AWAN CIRRO STRATUS .AWAN CIRRUS 2. Jenis jenis Awan & Ketinggiannya Penjelasan lebih lanjut. silahkan klik masing-masing nama awan di bawah ini. 1. klik gambar dapat dilakukan untuk memperjelas gambar.

3.AWAN ALTO CUMULUS 5.AWAN NIMBO STRATUS .AWAN ALTO STRATUS 6.AWAN CIRRO CUMULUS 4.

AWAN STRATO CUMULUS 9.AWAN CUMULUS .STRATUS 8.7.

stratocumulus dibedakan menjadi dua jenis. Terdiri dari massa awan yang bulat. begitupun awan stratocumulus. secara umum. Semua awan rendah dapat menghasilkanpresipitasi.yaitu stratocumulus undulatus (bergelombang) dan stratocumulus cumuliformis(seperti cumulus). Fisisnya . Bentuk/wujudnya Stratocumulus berupa perca-perca atau lembaran-lembaran berwarna abu-abu atau keputih-putihan atau campuran keduanya. gumpalannya nampak mengumpul/terpisah.CUMULUS NIMBUS JENIS AWAN DAN GAMBAR : STRATOCUMULUS Stratocumulus merupakan awan rendah. dan elemen-elemennya tersusun secara teratur yang besarnya sekitar 5derajat.10.

2) Stratocumulus Opacus (mirip CL=5). 5) Stratocumulus Comuloginitus (CL=4). hujan terus-menerus tanpaGuntur. Bentuknya mirip Cl = 5. . Fisisnya pada umumnya nimbostratus terdiri dari titik-titik air untuk daerah tropis sedangkan pada daerah lintang tinggi mengandung butir-butir salju atau campuran keduanya. JENIS AWAN DAN GAMBAR : NIMBOSTRATUS Awan nimbostratus merupakan awan menengah. terjadi dari bentangan Cumulus. mirip Altocumulus translucidus yang membedakan tingkat dasarnya. Terdiri dari Altostratus yang menebal lalu merendah. Jenis/spesies 1) Stratocumulus Translucidus (CL=5). Awan ini dapat menghasilkan endapan baik hujan maupun salju. Catatan Pada umumnya awan ini sendirian dan dasar awannya tidak tampak. Nimbo berasal dari baha latin Nimbus yang artinyaendapan atau presipitasi. Umumnya di daerah lintang tinggi/sedang yang disertai dengan hujan salju yang tidak continue. mirip Altocumulus Opacus. namun pada kenyataannya awan ini dapat merendah di ketinggian awan rendah. Bentuk/wujudnya Nimbostratus berupa lembaran/lapisan awan berwarna abu-abu dan tampak gelap tidak teratur. 3) Stratocumulus Undulatus. Karena ketebalannya maka matahari tidak tampak di balik awan ini. CL=4 bentuk lapisannya tebal tipis. Ketebalan dan bentuk elemennya berubah sesuai dengan tingkat transparansinya. bentuknya bergelombang 4) Stratocumulus Veperalis. ketebalan awan nimbostratus bisa mencapai 2 km atau 2000 m.Stratocumulus terdiri dari tetes-tetes air.