LAPORAN PENDAHULUAN

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA Tn. S
DENGAN KURANG PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)
DI BANJAR KAWAN, DESA SABA

OLEH :

MANIK RAPITRI
NIM : 16.901.1437

PROGRAM STUDI PROFESI NERS
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WIRA MEDIKA PPNI BALI
2017

S DENGAN KURANG PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI BANJAR KAWAN. mahasiswa ingin menggali lebih dalam mengenai perilaku hidup bersih dan sehat keluarga Tn. LAPORAN PENDAHULUAN ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA Tn. Tanggal : Rabu. tidak semua anggota keluarga yang melakukan cuci tangan yang baik dan benar serta kurangnya pengetahuan tentang pemberantasan jentik nyamuk. Mengkaji tindakan yang dilakukan keluarga untuk mengatasi permasalahan yang ada di keluarga d. S c. Mengklarifikasi mengenai permasalahan yang ada di keluarga Tn. KARAKTERISTIK KELUARGA Latar belakang penemuan kasus yaitu berawal dari praktik profesi mahasiswa STIKes Wira Medika PPNI Bali di banjar Pemalukan. Kecamatan Denpasar Utara. Melakukan perkenalan dengan pertemuan langsung ke keluarga Tn. 2. S agar dapat diberikan intervensi lebih lanjut. Menentukan kontrak waktu untuk kunjungan berikutnya . peguyangan mengatakan perilaku hidup bersih dan sehat di dalam keluarga belum sepenuhnya dilaksanakan seperti masih ada anggota keluarga yang merokok di dalam rumah. DESA SABA LAPORAN PENDAHULUAN KUNJUNGAN KE-1 Hari. DATA YANG PERLU DI KAJI LEBIH LANJUT a.00 – Selesai LATAR BELAKANG 1. Klien yang beralamat di Jalan A. Kelurahan Peguyangan. 15 Januari 2014 Pukul : 14. Yani no 365. Berdasarkan keluhan tersebut. S b.

Tujuan Khusus : Setelah pertemuan selama 30 menit.Yani no 365. Tempat : Jalan A. Alat tulis dan kertas b. Pukul : 14. diharapkan keluarga Tn. Hari/Tanggal : Rabu. Wawancara c. Waktu dan Tempat a. Mengkaji 5 tugas keluarga IMPLEMENTASI DAN TINDAKAN KEPERAWATAN 1.00-selesai c. diharapkan keluarga dapat menerima kedatangan mahasiswa dan dapat melakukan pengkajian. Metoda a. Memberi informasi tentang permasalahan di dalam keluarga 3. 15 Januari 2014 b.PROSES KEPERAWATAN Tujuan Umum : Setelah pertemuan selama 30 menit. Tensimeter 3. Media dan Alat a. S dapat : 1. Tanya jawab 2. Menerima kedatangan mahasiswa 2. peguyangan . Diskusi b.

Data keluarga Tn. Evaluasi Hasil a. LP sudah siap 1 hari sebelum pengkajian b. 15 Januari 2014 Mahasiswa. Keluarga dapat mengenal mahasiswa dan mau menerima kunjungan keluarga b. S sudah diketahui 2. Selama kegiatan. Kontrak waktu telah dilakukan oleh mahasiswa dan keluarga 3. Media dan alat telah siap c. S telah di dapat dan telah di dokumentasikan c.KRITERIA EVALUASI 1. Struktur a. (Ni Luh Eka Widia Jayanti Dewi) . Evaluasi Proses a. keluarga aktif dan mahasiswa melakukn komunikasi 2 arah untk saling mengenal dan menjelaskan tujuan kunjungan mahasiswa ke keluarga b. Alamat rumah Tn. Keluarga mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir d. Selama wawancara keluarga aktif menjawab pertanyaan dan aktif mengikuti kegiatan c. Kontrak pertemuan selanjutnya dapat disepakati bersama keluarga pada tanggal 17 Januari 2014 Denpasar.

M. 2009.M. Keperawatan Keluarga (Teori dan Praktek). K.H. Jakarta : Sagung Seto Friedman. Aplikasi Praktis Asuhan Keperawatan Keluarga (Bagi MAhasiswa Keperawatan Dan Praktis PerawatPuskesmas).A. DAFTAR PUSTAKA Achjar. Jakarta : EGC . 1998.