SKORING SWOT RUANG ANGGREK

NO STRENGTH (S) SKORING
1 Struktur organisasi
- Ruangan Anggrek memiliki struktur organisasi 5
- Memiliki tenaga keperawatan yang cukup 3
2 Uraian Tugas Ruangan
- Memiliki uraian tugas / jobdes dan pembagian tugas secara umum dan spesifikasi 4
- Metode penugasan diruang Anggrek adalah metode tim 3
- RDK sudah pernah dilaksanakan 4
3 Standar
- Buku standar nasional sudah dimiliki 4
- Terdapat SAK khusus seperti standar asuhan keperawatan kebidanan dan kandungan, 4
penyakit anak, penyakit saraf dan penyakit dalam.
- Di Ruang Anggrek sudah memiliki SOP sesuai standar dimana terdapat 3 jenis SOP (
5
SOP keilmuan, SOP manajerial, SOP administrasi ).
- Ruang Anggrek Sudah memiliki SAK dalam bentuk buku termasuk didalamnya untuk
10 besar penyakit yang sering dirawat di ruang Anggrek. 4
4 Kepemimpinan
- Indikator kinerja klinik baku 4
- Kepala ruangan memberikan pengarahan terkait kebijakan 3
- Penilaian kinerja sudah dilakukan oleh kepala ruangan 3
- Couching dilakukaan secara lisan 3
- Kegiatan supervisi sudah terjadwal 4
5 Komunikasi/Promosi
- Program orientasi staf baru sudah dilaksanakan 4
- Orientasi pasien baru sudah dilakukan 4
- Jadwal rapat/pertemuan setiap bulan sudah dilaksanakan 3
4
- Laporan kejadian kasus sudah disosialisasikan kepada seluruh pegawai di ruangan
6 Jaminan Mutu Pelayanan
- Pendidikan kesehatan secara rutin dilakukan setiap 1 bulan sekali oleh PKMRS, dan 4
sudah tersedia leaflet tentang 10 penyakit
- Sudah terdapat discharge planning untuk pasien pulang 4
5
- pengendalian infeksi nosokomial sudah diterapkan
7 Monitoring dan Evaluasi
- Monitoring dilaksanakan berdasarkan IKK 4
8 Asuhan Keperawatan
- Format askep yang digunakan sesuai standar RS 4
- Laporan jaga setiap shift 3
- Sudah dilakukan discharge planing 4
9 Administrasi Ruangan
- Staf melakukan absensi 4
- Adanya pengembangan SDM 4
- Memiliki buku untuk membuat perencanaan alat/fasilitas. 3
- Memiliki buku program terapi pasien, buku laporan jaga dan buku presensi 3
mahasiswa
- Terdapat lampiran untuk perencanaan linen di ruang Anggrek. 4
TOTAL 109

Tambahan tenaga kontrak yang bertugas di ruangan 4 .Kerjasama baik dengan tim kesehatan lain 5 .Kesempatan untuk melanjutkan pendidikan 4 5 Komunikasi/Promosi .Kesempatan pembelajaran kasus tinggi 4 5 .Program pelatihan tentang manajemen keperawatan 5 .Adanya kasus khsuus yang perlu di dampingi 5 7 Monitoring dan Evaluasi .Peluang perawat untuk meningkatkan pendidikan (pengembangan SDM) 5 .Sebagai lahan praktek mahasiswa atau Rumah Sakit Pendidikan 6 Jaminan Mutu Pelayanan .Program monitoring dan evaluasi sesuai IKK 4 8 Asuhan Keperawatan . 4 Kepemimpinan .Kerjasama yang baik antara RS dan institusi pendidikan 4 2 Uraian Tugas Ruangan .Adanya kerjasama yang baik antara Rumah Sakit dengan institusi pendidikan 4 .RS terakreditasi 5 . c.Mahasiswa keperawatan praktek di ruang Anggrek 5 9 Administrasi Ruangan .Kerjasama baik antar Tim 5 3 Standar b. Monitoring dijadwalkan setiap minggu dan hasil monitoring di catat dalam buku 4 “Anecdotal Note”. pemasangan dan pemeriksaan EKG dan merawat luka. Diruang anggrek pada tahun 2014 memilih KPI dalam fungsi keperawatan 5 seperti pemasangan infus. Hasil wawancaraa monitoring terhadap IKK sudah pernah dilakukan dan 4 terakhir pada tahun 2014.Peluang pengembangan sarana 5 TOTAL 91 .Adanya organisasi PPNI yang menaungi profesi keperawatan 5 . NO OPPORTUNITY SKORING 1 Struktur organisasi .Adanya pengguna Umum dan BPJS meningkat 4 . d.

Buku kesan dan pesan dari pasien tidak ada 5 . NO WEAKNESS SKORING 1 Struktur organisasi .RDK terlaksana tetapi belum optimal 5 3 Standar .Monitoring terakhir dilakukan tahun 2014 4 Kepemimpinan .Ronde tidak pernah terlaksana 5 .Timbang terima yang memperkenalkan pasien dengan perawat tidak dilakukan pada 5 sift siang dan malam TOTAL 75 . SK pemberlakuan masih sedikit dan belum diperbaharui .Struktur organisasi ruangan belum diperbaruhi dalam nama anggota tim 5 .Jumlah standar asuhan keperawatan ( SAK ) standar nasional diantaranya profesi.IKK terakhir tahun 2014 5 5 .Pelaksanaan RDK terakhir tahun 2014 5 5 Komunikasi/Promosi Tidak terdapatnya leaflet secara lengkap mengenai pendidikan kesehatan 5 6 Jaminan Mutu Pelayanan . 5 SPO.Survei tingkat kepuasaan pasien tidak ada 5 .Pendidikan perawat mayoritas di ruang Anggrek adalah DIII keperawatan. 5 2 Uraian Tugas Ruangan .Belum dilakukannya coaching secara terprogram 5 .Ronde Keperawatan dilaksanakan tetapi tidak ada pendokumentasian 5 .Belum ada nomor bed disetiap ruangan 5 7 Asuhan Keperawatan .

Tingginya kesadaran masyarakat tentang tanggung jawab dan tanggung gugat 4 perawat sebagai pemberi asuhan keperawatan.Uji kompetensi 5 2 Uraian Tugas Ruangan .Tingginya tingkat pengetahuan masyarakat tentang kesehatan 4 8 Asuhan Keperawatan .Akreditasi RS 4 .Semakin tingginya tuntutan masyarakat terhadap alat-alat yang lebih canggih 4 . .Makin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingginya kesehatan 3 .Adanya tuntutan masyarakat yang makin tinggi terhadap peningkatan kwalitas 4 pelayanan keperawatan professional 6 Jaminan Mutu Pelayanan .Tingginya kemajuan dari perkembangan teori-teori baru berkaitan dengan 4 peningkatan standar kesehatan .Tuntutan dari masyarakat untuk memperoleh pelayanan yang terbaik 5 9 Administrasi Ruangan .Pelaksanaan PMKK 4 TOTAL 63 Penilaian S-W= 109-91 = 18 O-T= 96-63 = 33 .Ancaman globalisasi 7 Monitoring dan Evaluasi .Tingginya rasa ingin tahu pasien dan tingginya keinginan untuk mendapatkan 3 pelayanan kesehatan terbaik dari rumah sakit sesuai prosedur dan tanpa kesalahan 4 Kepemimpinan . NO THREATS (T) SKORING 1 Struktur organisasi .Persaingan dengan RS Swasta 4 .Makin tingginya kesadaran masyarakat akan hukum 4 .Tingginya kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan 3 .Tingginya keinginan untuk meningkatkan kualitas SDM 3 5 Komunikasi/Promosi .Tuntutan masyarakat terhadap peningkatan pelayanan keperawatan yang lebih 5 professional 3 Standar .

DIAGRAM LAYANG ANALISIS SWOT RUANG ANGGREK RSU BANGLI O 50 45 40 Kuadran II Kuadran I 35 30 25 20 15 10 T 5 S -45 -40 -35 -30 -25 -20 -15 -10 -5 5 10 15 20 25 30 35 40 45 50 55 -5 -10 Kuadran IV Kuadran III -15 -20 -25 W .

.memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.Kesimpulan : Berdasarkan diagram layang dan analysis swotdapat disimpulkan bahwa Rumah Sakit berada di kuadran satu yaitu situasi yang menguntungkan. Strategi yang di terapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.