Faktor Budaya

a. Masyarakat Kabupaten Natuna khususnya pulau-pulau kecil yang ada
disekitar Natuna, masih kuat memegang adat istiadat Melayu, yang secara
turun-temurun masih tetap dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.
b. Masyarakat Kabupaten Natuna khususnya pulau-pulau kecil di sekitar
Natuna, memiliki sikap mental yang telah melembaga, dan terbentuk
sebagai suatu sistem nilai yang sukar untuk di ubah, selalu berorientasi ke
masa lalu, kurang memiliki kreativitas dan inovasi, menerima nasib apa
adanya, tidak memiliki semangat berkompetisi dan berprestasi.
c. Tempat tinggal masyarakat nelayan umumnya menghadap ke jalan,
membelakangi laut, dan banyak yang tidak layak huni.
d. Kabupaten Natuna memiliki Jalan raya dan beberapa jembatan yang
menghubungkan antarkampung sehingga memudahkan masyarakat dalam
beraktivitas.
e. Kabupaten Natuna yang ada di Provinsi Kepulauan Riau kaya akan budaya
Melayu
f. Pengetahuan budaya bahari dan berkebun di kalangan masyarakat
Kabupaten Natuna, khususnya nelayan, sudah dimiliki secara turun-
temurun, pengetahuan itu juga diperoleh baik secara lisan maupun
pengalaman sehari-hari di laut.
g. Masyarakat Natuna memiliki anyaman tikar, ada 50 motif tikar yang baru
dapat didokumentasikan. Tikar ini terbuat dari tanaman pandan. (Pesona
Motif Tikar Natuna lifestyle. okezone. com)
h. Masyarakat Natuna memiliki budaya berdah, biasanya berdah ini
dimainkan pada saat upacara perkawinan masyarakat Natuna.
i. Kabupaten Natuna memiliki tarian yang cukup terkenal yaitu tari
senandung ujung utara yang meraih juara III tingkat nasional (Batam
Pos.co.id)

Analisis: Menurut kelompok kami. ilegal l fishing d. trafficking g. Faktor Keamanan Gangguan keamanan di Kabupaten Natuna adalah: a. narkoba (shabu-shabu) f. Objek wisata tersebut berada di daerah- daerah pesisir pantai. Simpulan dan Saran A. Perubahan sosial sangat lambat. Faktor keamanan yang dijelaskan kurang lengkap. Kabupaten Natuna memiliki objek wisata sangat banyak dan masih alami. Tetai. rawan terjadinya pergeseran garis batas yang dilakukan oleh negara tetangga ter-hadap wilayah Indonesia.dari adat isdtiadat yang digunakan. Simpulan a. Hal ini disebabkan struktur sosial yang tidakber-pihak pada masyarakat. ilegal logging c.seperti siapayang melakukan dan bagaimana cara masyarakat Natuna mengatasinya. terutama objek wisata bahari. . bahkan statis. budaya rumah nelayan. j. ada satu hal yang kurang terperinciyaitu mengenai budaya masyarakat Natuna dalam berpakaian. budaya yang dijelaskan sudah terperinci dan dijelaskan dengan jelas pada setiap poitnya. Analisis: Menurut kelompok kami. apakah ada pakaian adat khusus dan kesenian apa yang ada di daerah Natuna. kerajinan yang dibuat. hanya menyebutkan jenis gangguan keamanan tanpa ada keterangan lebih lanjut. ilegal trading e. Budaya yangb dijelaskan juga sudah lengkap. ilegal mining b. sikapmental masyarakat.

Masyarakat nelayan memiliki sikap mental yang telah melembaga dan terbentuk sebagai suatu sistem nilai yang sukar di ubah. dan humanistik yang tidak terlalu . diharapkan masyarakat nelayan memiliki percaya diri yang tinggi. agar anak-anak ne-layan mampu bersaing dengan anak-anak yang tinggal di kota. Meningkatkan bantuan dana untuk pendidikan. Kegiatan ekonomi masyarakat Kabupaten Natuna. Saran a. d. Perlu kiranya membangun kembali lembaga adat yang memiliki nilai-nilai kelokalan yang bersifat spritualistik. khususnya masyarakat nelayan. di antaranya me-nyediakan sarana produksi berupa bantuan kapal. banyaknya wilayah tangkapan yang sudah tercemar. c. pada umumnya nelayan tradisional. seperti air besih dan listrik. yaitu nelayan dan berkebun. yang lebih cepat ke arah perubahan yang bersifat positif. jaring. antara lain dengan meningkatkan kesejahteraan ma-syarakat nelayan melalui kegiatan ekonomi. Keterbatasan alat tangkap. dan perubahan cuaca yang tidak menentu membuat masyarakat sulit untuk me-menuhi kebutuhannya. Mengundang private sector participation dalam melakukan investasi untuk pengembangan pulau-pulau kecil terluar f. Analisis: Kesimpulan yang dibuat berdasarkan rumusan yang ada pada bab pendahuluan dan merupakan garis besar dari setiap point yang di jabarkan. dan non-produksi. kurangnya permodalan. b. d. e. Mendorong agar terjadinya pe-rubahan sosial di kalangan ma-syarakat Kabupaten Natuna. Dengan perubahan ini b. Yang ada di pulau-pulau sekitarnya adalah nelayan. dan sanggup bersaing sehingga tidak bergantung pada nasib. Pemberdayaan masyarakat nelayan yang tinggal di pulau-pulau kecil terdepan. c. dengan melalui program pemerintah mengenai perubahan mental dan moral. dengan pola hidup sederhana.

h. yang dapat membangun kembali budaya yang sudah dilupakan oleh masyarakat Kabupaten Natuna dan pulau-pulau kecil sekitarnya. maupun mancanegara. formalistik. Pemerintah daerah perlu men-sosialisasikan kearifan lokal yang dimilikinya kepada masyarakat daerah. agar dapat mengantisipasi kejahatan baik yang ada di pantai maupun di tengah laut. . luardaerah. Membangun Community Policing bagi masyarakat yang tinggal di pulau- pulau kecil terdepan. g.

Related Interests