UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA
FAKULTAS KEDOKTERAN
Sekretariat : Jalan Pos Tromol No. 1 Gonilan, SukoharjoTelp : (0271) 7931951

‫بسم ا الرحمن الرحيم‬
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Program Kerja
DPM Fakultas Kedokteran UMS Periode 2016

A. PENGERTIAN
1. Program kerja yang direncanakan oleh DPM ini merupakan pedoman kerja bagi setiap
anggota DPM dalam melaksanakan kegiatannya sebagai lembaga legislatif tingkat
fakultas.
2. Program kerja ini perlu direalisasikan mengingat pentingnya kegiatan - kegiatan yang ada
dalam setiap kinerjanya.
3. Program kerja DPM ini sewaktu-waktu bisa diubah sesuai dengan kepentingan yang ada
di tingkat fakultas.

B. MAKSUD DAN TUJUAN
Program kerja ini dimaksudkan untuk menetapkan sasaran serta langkah – langkah DPM
dalam usaha mewujudkan dan membangkitkan peran serta fungsi DPM di tingkat Fakultas.

C. FUNGSI dan TUGAS
Fungsi dari DPM ialah :
1. DPM sebagai lembaga perwakilan mahasiswa dalam KAMA FK UMS
2. DPM sebagai pengawas kinerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran dalam
menegakkan undang – undang dan anggaran dasar / anggaran rumah tangga KAMA
3. DPM sebagai penampung dan menyalurkan aspirasi dari mahasiswa yang berhubungan
dengan kesejahteraan mahasiswa
4. DPM sebagai penghubung mahasiswa dengan fakultas.
Tugas DPM:
1. mengawasi kinerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas dalam menegakkan
menjalankan pemerintahannya

Bendahara)  Rapat Rutin DPM FK UMS  Rapat evaluasi Pimpinan DPM  Rapat Insidental b. SukoharjoTelp : (0271) 7931951 2. Rencana Anggaran  Proker pimpinan harian = Rp 320.545.000. Program kerja pimpinan harian (Ketua. menampung. bersama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas membuat kebijakan KAMA FK UMS D. 1 Gonilan. Program kerja bidang hubungan public  Kunjungan dan silaturahim ke dekanat  Meet and share ke DPM U  Studi Banding e. Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN Sekretariat : Jalan Pos Tromol No.00 . Program kerja bidang budgeting  Evaluasi keuangan yang keluar dan masuk dari BEM  Evaluasi keuangan yang keluar dan masuk dari UKM E.000. Sekretaris. Program kerja bidang advokasi dan aspirasi  Audiensi  Pendampingan wells  Pembuatan dan Pengelolaan Kotak Aspirasi c.00  Proker bidang pengkajian konstitusi = Rp 720.000.000.00  Proker bidang hubungan publik = Rp 320.00 + Rp 1. Program kerja bidang pengkajian konstitusi  Pelatihan mengenai konstitusi kemahasiswaan  Rapat evaluasi dengan BEM FK UMS  Rapat Pleno  Konferma d.00  Proker bidang advokasi dan aspirasi = Rp 185. mengkaji dan menyampaikan aspirasi mahasiswa kepada fakultas 3.000. Program Kerja a.

SukoharjoTelp : (0271) 7931951 STRUKTUR ORGANISASI DPM PERIODE 2011 KETUA SEKRETARIS BENDAHARA BIDANG ADVOKASI DAN ASPIRASI BIDANG PENGKAJIAN KONSTITUSI BIDANG HUBUNGAN PUBLIK Keterangan : -------. 1 Gonilan. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN Sekretariat : Jalan Pos Tromol No.: garis koordinasi : garis instruksi .

. 1 Gonilan. Bidang Advokasi dan Aspirasi . UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN Sekretariat : Jalan Pos Tromol No.Segala kegiatan keuangan harus diketahui ketua 4. dan Universitas . Bidang Butgeting .Menjembatani permasalahan. Memfasilitasi terbentuknya sistem konstitusi yang rapi dan sistematis melalui musyawarah mufakat 6. pihak Fakultas. Melakukan evaluasi terhadap jalannya sistem konstitusi yang berlaku . SukoharjoTelp : (0271) 7931951 JOB DESCRIPTION MASING-MASING BIDANG 1. Memperluas jejaring organisasi dalam rangka penguatan bargaining position DPM 7. Menjalin kerjasama yang sinergis antara mahasiswa. Serta memberikan transparansi dari uang yang di berikan UNIVERSITAS kepada ORMAWA di Fakultas Kedokteran . Bendahara . 5. Mengawasi kinerja BEM . Ketua . . Bidang Pengkajian Konstitusi .Mendokumentasikan rencana kegiatan 3. Berkoordinasi dengan dekanat 2. Fakultas. kritik dan saran mahasiswa terhadap kebijakan BEM. Bidang Hubungan Publik . dan Universitas . Mengkoordinasikan kegiatan masing – masing bidang . Mengkaji konstitusi yang ada di dalam KAMA. Pengambilan keputusan dan kebijakan . Memberikan pendidikan sistem konstitusi kepada anggota DPM khususnya dan mahasiswa umumnya. Fakultas. usulan.Mendokumentasikan segala kegiatan DPM dan hal – hal yang berhubungan dengan administrasi . dan Universitas. Pengelolaan permasalahan untuk pencapaian solusi yang adil demi kebaikan bersama. Mengevaluasi dan membukukan uang keluar dan masuk dari BEM dan UKM . Sekretaris .Melakukan pembukuan uang yang masuk dan keluar .

000. KAMA atau mahasiswa yang bersifat mahasiswa yang bersifat urgent jika tidak urgent jika tidak dilakukan. KAMA atau internal DPM.000.000.000. Rapat Rutin Direncanakan Rapat rutin seluruh .Menjembatani dan Rp 100. dilakukan.Mengevaluasi kinerja Rp 100.Membahas masalah- masalah yang ada di FK masalah yang ada 2. Rapat evaluasi Pimpinan 3 bulan sekali meliputi progresifitas .Mempererat silaturahim Rp 120. SukoharjoTelp : (0271) 7931951 PROKER PIMPINAN HARIAN DPM FK 2016 N PROGRAM KERJA WAKTU DESKRIPSI TUJUAN ANGGARAN O 1. Rapat Insidental insidental Rapat terkait dengan .00 DPM bidang. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN Sekretariat : Jalan Pos Tromol No. .000.00 sekali mengenai masalah. . 1 Gonilan.00 DPM FK UMS dua minggu anggota DPM FK antar anggota @ rapat Rp 5.00 tercapai 3. kendala program pimpinan harian dan @ rapat Rp serta tujuan yang sudah pimpinan bidang 25.00 permasalahan internal menganalisis permasalahan DPM.

00 berlangsungnya WELLS yang berlaku. SukoharjoTelp : (0271) 7931951 PROKER BIDANG ADVOKASI DAN ASPIRASI DPM FK 2011 N PROGRAM KERJA WAKTU DESKRIPSI TUJUAN ANGGARAN O 1. tertib dan @ 1 hari Rp WELLS mahasiswa baru selama lancar sesuai targetan 20.000.00 Pengelolaan Kotak sekali berjumlah 5 buah. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN Sekretariat : Jalan Pos Tromol No. kepada panitia pelaksana WELLS.000. Audiensi Insidental Metode penyelesaian .Pencarian Solusi Atas Rp 100. aspirasi mahasiswa lewat @ kotak aspirasi Rp . 1 Gonilan.00 pelaksanaan solusi serta kritik dari demokratis.Tercipta WELLS yang Rp 60. Pendampingan WELLS Pada saat Menjembatani aspirasi.Menyediakan wadah bagi Rp 25.00 masalah dengan Masalah menghadirkan pihak-pihak yang berkepentingan untuk mencari solusi yang adil dan disepakati bersama. Pembuatan dan 2 mingu Pembuatan kotak aspirasi . 3. . 2.000.000.

00 BEM FK UMS yang dilakukan BEM. SukoharjoTelp : (0271) 7931951 Aspirasi. diskusi untuk memberikan tambahan untuk seluruh pengetahuan kepada seluruh anggota DPM yang anggota DPM FK mengenai berhubungan dengan sistem konstitusi kinerjanya nanti kemahasiswaan dengan menghadirkan pembicara yang berkompeten di bidang ini. PROKER BIDANG PENGKAJIAN KONSTITUSI DPM FK 2016 N PROGRAM KERJA WAKTU DESKRIPSI TUJUAN ANGGARAN O 1.00 pembukaaan dan penganalisaan kritik saran.000. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN Sekretariat : Jalan Pos Tromol No.Untuk mengevaluasi Rp 120. Rapat evaluasi dengan 2 bulan sekali Evaluasi jalannya konstitusi .. 2. kinerja BEM apakah @ rapat Rp .Memberikan wawasan Rp 200.000. Pengelolaan meliputi tulisan.00 konstitusi kemahasiswaan bulan…….000. 5. Pelatihan mengenai Direncanakan Di sini sebagai suatu wadah . 1 Gonilan.

000.00 . dengan dekanat 20.00 ke dekanat aspirasi mahasiswa. Rp 300.Membahas kebijakan. Konferma Setahun sekali Konferensi mahasiswa yang .Untuk memperbaiki Rp 100. Rapat Pleno Insidental Menindaklanjuti evaluasi .00 konstitusi yang ada atau belum 3. berlaku yang sesuai dengan kaidah konstitusi. Kunjungan dan silaturahim 3 bulan sekali Membahas mengenai . UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN Sekretariat : Jalan Pos Tromol No.000. SukoharjoTelp : (0271) 7931951 sudah sesuai dengan 20.Untuk meningkatkan Rp 100.000.00 konstitusi KAMA yang sistem konstitusi yang kurang sesuai. 4.000. 1 Gonilan. silaturahim mahasiswa @ kunjungan Rp evaluasi kebijakan dekanat.000.00 dihadiri seluruh mahasiswa kebijakan mengenai FK KAMA PROKER BIDANG HUBUNGAN PUBLIK DPM FK 2016 NO PROGRAM KERJA WAKTU DESKRIPSI TUJUAN ANGGARAN 1.

00 sekali silaturahim sesame silaturahim dengan DPM organisasi DPM inter inter fakultas antar fakultas antar universitas universitas .Untuk meningkatkan Rp 200. dan hal-hal yang menyangkut kepentingan mahasiswa dan fakultas.Untuk silaturahim Rp 20.Untuk menambah wawasan anggota DPM tentang kinerja DPM inter fakultas antar universitas .000. 2.Menanggapi dan isu-isu yang permasalahan yang berkembang di dalam berkembang di dalam mahasiswa mahasiswa 3. 1 Gonilan. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN Sekretariat : Jalan Pos Tromol No.000. SukoharjoTelp : (0271) 7931951 kurikulum. Studi Banding Setahun Meningkatkan jejaring . Meet and share ke DPM U Insidental Bertemu dan saling .00 bertukar wawasan dan dengan anggota DPM U wacana terkait kebijakan .

SukoharjoTelp : (0271) 7931951 . 1 Gonilan.UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN Sekretariat : Jalan Pos Tromol No.